sejarah internet

Apa Itu Internet ? Pengertian, 7 Manfaat, Sejarah dan Perkembangan Internet

sejaPada era modern seperti sekarang ini, perangkat telekomunikasi berteknologi canggih serta akses internet merupakan kebutuhan pokok bagi setiap individu. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar aktivitas kehidupan mereka sangat bergantung pada kedua komponen tersebut.

Seolah-olah tanpa kehadiran keduanya aktivitas keseharian mereka jadi terhambat, khususnya dalam hal komunikasi. Mengingat begitu pentingnya peranan internet bagi kehidupan setiap individu, maka mereka pun tidak segan untuk menganggarkan beberapa rupiah untuk penyediaan aksesnya.

Mungkin beberapa dari Anda yang berpikiran kritis akan bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya internet itu? Mengapa perannya sangat signifikan? Bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu?

Jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut akan didapat apabila Anda mempelajari mengenai sejarah internet. Mengapa harus belajar mengenai sejarah dari internet? Hal ini dikarenakan di dalamnya Anda akan menemukan sub bahasan yang sangat kompleks. Mulai dari pengertian, fungsi, perkembangannya serta manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Meskipun sekarang internet telah bertransformasi dengan kecepatan tinggi akan tetapi sadarkah Anda bahwa dahulu aksesnya tentu sangat lambat. Oleh karena itu, agar Anda dapat menelaah mengenai sejarah internet maka perlulah memahami setiap sub bahasan yang disampaikan. Pertama, Anda harus memahami terlebih dahulu soal pengertian dari internet.

Apa Itu Internet ? Sejarah Internet

perkembangan internet

Definisi dari internet (interconnection networking) adalah akses jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan hingga milyaran perangkat komputer dan gadget dari berbagai tipe maupun jenis. Alat yang digunakan untuk menghubungkan semua perangkat tersebut biasanya menggunakan perantara media satelit.

Baca : Apa itu FTP ? Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja FTP

Sesuai dengan pengertian internet di atas bahwa internet dapat menghubungkan jutaan perangkat gadget maupun komputer. Dengan demikian, tentu banyak sekali manfaat yang dapat dihadirkan oleh internet kepada pengguna. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dihadirkan internet kepada pengguna mulai dari aspek komunikasi, bisnis, gaya hidup hingga sebatas hiburan.

Manfaat Internet Untuk Kehidupan Sehari-hari

Tersedianya akses internet memang akan memudahkan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan akses internet, diantaranya berkomunikasi, mencari informasi hingga entertaiment. Berikut ini adalah penjelasan secara terperinci mengenai ketiga manfaat tersebut.

  1. Memperkaya wawasan dan pengetahuan

Kehadiran akses internet membawa perubahan besar bagi wawasan dan pengetahuan manusia. Kini, internet telah menjadi sumber belajar alternatif selain guru maupun buku. Bayangkan saja, asalkan terhunung dengan internet melalui perantara search engine apa pun yang Anda cari pasti menemukan jawabannya.

Jika Anda seorang pelajar, maka kebijaksanaan dalam menggunakan akses internet tentu dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Banyak sekali situs-situs di internet yang menyajikan konten edukatif kepada Anda dengan biaya yang gratis.

Misalnya apabila Anda ingin memperdalam mengenai pemahaman bahasa asing, maka dapat memanfaatkan situs duolingo.com. Tidak hanya sekedar bahasa karena dengan internet Anda juga dapat belajar berbagai pengetahuan. Caranya cukup mudah dimana Anda hanya tinggal mengunjungi situs Khan Academy.

Setiap konten yang tersedia pada masing-masing situs tersedia dalam dua bentuk, yaitu dokumen maupun video. Bagi Anda yang sulit belajar secara tekstual, maka tidak perlu khawatir karena materi video jauh lebih interaktif.

  1. Memperlancar proses komunikasi

kegunaan internet

Perkembangan internet / sejarah internet yang begitu pesat membuat proses komunikasi antar individu menjadi lebih mudah dan semakin cepat. Kini, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan perangkat berupa smartphone maupun komputer PC melalui aktivitas chatting di jejaring sosial media.

Ada beberapa sosial media yang dapat Anda pergunakan untuk proses komunikasi mulai dari Whatsapp, Facebook, Twitter, Line bahkan Email sekalipun. Coba bandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu, dimana setiap orang apabila hendak berkomunikasi harus menggunakan jasa telepon di wartel.

Penggunaan teleponnya pun tidak dapat leluasa karena semakin lama waktunya, maka makin mahal juga harganya. Kini, dengan kehadiran teknologi canggih dan akses internet, maka proses komunikasi menjadi lebih fleksibel dan murah.

  1. Berpotensi membantu bisnis Anda

Banyak orang yang telah merasakan bagaimana manfaat internet bagi perkembangan bisnis mereka. Bahkan beberapa orang mulai memanfaatkan akses internet sebagai bisnis utama mereka melalui online shop.

Selain itu, dengan hadirnya internet orang-orang lebih leluasa untuk menunjukkan potensi yang berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang. Caranya pun sangat bervariasi, dimana Anda dapat berjualan via online dengan membuka online shop.

Baca : 6 Cara Membuat Website yang Menarik dan Dinamis

Jika Anda jago tutorial aplikasi tertentu, maka dapat memanfaatkan situs youtube untuk menghasilkan uang. Selain itu, tulisan-tulisan Anda menjadi lebih berarti dan dihargai jika Anda mempostingnya di blog pribadi. Semua keuntungan tersebut dapat Anda nikmati jika mendaftarkan akun pada Google Adsense.

  1. Menjadi lebih mudah dalam berbagi

Kehadiran internet membuat Anda menjadi lebih leluasa untuk membagikan apapun yang dimiliki. Misalnya pengalaman, resep masakan, video maupun foto melalui akun sosial media hingga blog pribadi. Namun, sekarang nampaknya orang mulai tertarik untuk berbagai konten apapun melalui blog pribadi. Hal ini dikarenakan banyaknya platform gratis yang tersedia seperti wordpress dan blogger.

Bukan hanya melalui blog saja karena seiring dengan berjalannya waktu, internet mulai mewadahi para pengguna dengan menyediakan konten-konten spesifik. Contohnya bagi pengguna yang menggemari aktivitas memasak atau ingin sekedar belajar dapat mengunjungi situs cookpad. Disamping itu, traveling Anda terasa belum lengkap apabila tidak mengunggah foto-foto melalui akun Instagram dan Facebook.

  1. Memberikan hiburan kepada pengguna

Perkembangan sejarah internet tidak hanya membawa dampak dalam hal kemudahan komunikasi tetapi lebih dari itu kehadirannya juga dapat menghibur. Melalui pemanfaatan akses internet, Anda dapat melakukan aktivitas seperti mendengarkan musik, menonton video, mengakses akun sosial media hingga bermain game.

Misalnya: pengguna dapat memanfaatkan situs Youtube maupun Spotify sebagai sarana mendengarkan musik dan menonton video. Selain itu, aktivitas chatting dengan saling berbalasa komentar pada akun jejaring sosial pun terkadang sudah menjadi hiburan tersendiri bagi Anda. Meskipun kelihatannya sangat sederhana tetapi aktivitas ini cukup efektif memberikan hiburan pada diri pengguna.

  1. Belanja menjadi lebih mudah

Semakin maraknya penggunaan internet membuat aktivitas keseharian pengguna menjadi terintegrasi di dalamnya. Kini, orang-orang nampaknya mulai menggemari aktivitas berbelanja secara online karena dianggap lebih mudah dan efisien. Salah satu keunggulan dari aktivitas berbelanja melalui online shop adalah Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Baca : Apa itu Hosting ? Pengertian dan 8 Jenis Hosting Dalam Membuat Website

Selain itu, beberapa penyedia lapak di online shop juga biasanya menawarkan barangnya dengan harga lebih miring dibandingkan toko maupun mall. Hal ini tentu masuk akal karena untuk membuka toko online tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Pembeli dan penjual pun semakin diuntungkan dengan kemudahan berbelanja melalui internet.

  1. Mempermudah dalam pencarian lowongan pekerjaan

Salah satu kegunaan internet adalah dapat memudahkan pengguna dalam mencari informasi apapun termasuk lowongan pekerjaan. Internet menjadi solusi alternatif bagi Anda selain media cetak karena disini tersedia berbagai informasi mengenai bursa kerja.

Anda dapat mengunjungi berbagai situs yang ada di internet untuk mencari lowongan pekerjaan. Dewasa ini, para perekrut karyawan pada setiap perusahaan terkadang juga melakukan riset melalui internet. Itulah sebabnya mengapa beberapa perusahaan seringkali meminta Anda mencantumkan beberapa akun sosial media berupa Facebook, Twitter, Linkedln bahkan Instagram sekalipun.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu menampilkan citra yang positif dalam setiap postingan. Seiring dengan berjalannya waktu penggunaan internet memang semakin masif.

Namun, tahukah Anda untuk dapat berada di posisi seperti sekarang ini para pengembang internet harus melalui jatuh dan bangun. Berikut ini adalah sejarah singkat untuk melihat bagaimana perkembangan dari internet hingga seperti sekarang.

Awal Mula Perkembangan dan Sejarah Internet

Pada awal mulanya, internet merupakan sebuah proyek yang dilakukan oleh ARPANET. Proyek ini berbentuk sebuah rancangan komputer yang bertujuan untuk melihat seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan mengukur kehandalan kinerja internet.

apa itu internet

Segala standar yang diteliti inilah di masa depan akan kita kenal dengan istilah TCP/ITP. Padahal awal mulanya proyek ini hanya dikembangkan untuk keperluan militer semata. Pengembangan sistem jaringan tersebut merupakan salah satu upaya yang diinisiasi oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Tujuannya tentu saja untuk memperoleh akses informasi ke berbagai daerah yang mereka anggap posisinya sangatlah vital. Peroleh akses informasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya serangan nuklir secara mendadak. Barulah pada tanggal 5 Desember 1969 untuk pertama kalinya pihak Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengujicobakan kinerja internet.

Caranya yaitu dengan menghubungkan jaringan internet pada empat universitas di Amerika Serikat. Keempat universitas tersebut adalah University of California Los Angeles (UCLA), Stanford Research Institute (SRI), UC Santa Barbara (UCSB), dan University of Utah.

Akan tetapi, sesudah itu pihak ARPA pun tidak menduga bahwa perkembangan internet menjadi sangat pesat dan signifikan. Hal ini ditandai dengan banyaknya permintaan dari universitas-universitas lain di Amerika Serikat yang ingin merasakan sensasi proyek ARPA. Dalam rangka mewujudkan permintaan tersebut, proyek ARPANET tersebut dibagi menjadi dua bagian.

Bagian pertama dari proyek ARPANET ini yaitu MILNET (Military Network) yang dipergunakan khusus untuk kepentingan militer. Sementara itu, bagian yang kedua adalah ARPANET itu sendiri yang dijadikan wadah para pengembang melakukan riset akademis (non militer).

Seiring dengan berjalannya waktu, proyek yang kedua jauh lebih berkembang dan menghadirkan banyak fungsi internet dalam kehidupan. Berkembangnya waktu membuat organisasi ini sempat mengalami pergantian nama. Awalnya disebut sebagai ARPA kemudian diubah menjadi DARPA pada Maret tahun 1972. Selanjutnya, organisasi tersebut kembali ke nama awal yaitu ARPA pada Februari 1993.

Kemudian, atas dasar pertimbangan para pengembang organisasi ini kembali berubah nama menjadi DARPA pada Maret 1996. Awal mula terbentuknya ARPA adalah diresmikan oleh mendiang presiden Amerika Serikat ke-34 Dwight D. Eisenhower. Pada waktu awal berdirinya organisasi ini hanya memiliki karyawan sejumlah 240 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 15 orang manajemen dan sisa sekitar 140 oarng lebih merupakan staf di bidang teknis.

Sejarah Internet di Indonesia

Awal era tahun 1970 hingga 1980 populasi komputer di Indonesia dapat dikatakan sangat sedikit. Istilah tentang internet pun baru mulai diperkenalkan dan muncul ke publik sekitar 1990-an. Dahulu, penamaan sebuah jaringan komputer ditentukan oleh siapa penggunannya dan pihak yang membiayainya. Misalnya: BITnet, CSnet, NSFnet, dll.

Awal mulanya, internet hanyalah digunakan sebagai media hiburan atau hobi sehingga bersifat non komersial. Akan tetapi, setelah itu internet mulai dikembangkan oleh para mahasiswa, ilmuwan dan akademisi sehingga fungsinya lebih dari sekedar hobi. Hal ini dilakukan melalui upaya pengembangan berbagai infrastruktur pada internet.

Sejarah internet di Indonesia juga dipengaruhi oleh aktivitas mahasiswa pribumi yang belajar di luar negeri. Pada masa itu, satu-satunya cara untuk berkomunikasi antar sesama adalah dengan menggunakan internet. Dengan demikian, seiring berjalannya waktu, maka terbentuklah komunitas mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Para mahasiswa yang berkuliah di luar negeri umumnya adalah aktivis sehingga mereka pun ingin mengetahui bagaimana kondisi di Indonesia. Cara terbaik untuk terhubung dengan mahasiswa di Indonesia adalah dengan menggunakan media internet. Oleh karena itu, para mahasiswa Indonesia di luar negeri pun berinisiatif untuk membuat mailing list agar terhubung dengan tanah air.

Salah satu mailing list pertama yang mereka buat adalah Janus Garuda Indonesia pada tahun 1987. Mailing tersebut memiliki alamat email Indonesians@janus.berkeley.edu yang dibuat oleh Eka Ginting. Saat itu, Eka merupakan salah satu mahasiswa aktif dan masih berkuliah di Seattle University, Amerika Serikat.

Seiring dengan berkembangnya sejarah internet, mailing list tersebut tidak sebatas membahas mengenai kegiatan kampus. Akan tetapi, tema bahasannya pun menjadi lebih luas ke bidang politik, ras dan agama. Jadi, mereka pun terpecah untuk membentuk mailing list baru yang akan membahas mengenai tema-tema tersebut.

perkembangan internet

Sekembalinya mereka ke tanah air, koneksi internet pun tetap dibutuhkan. Namun, pada waktu itu sarana dan prasarana penunjang akses internet masih sangatlah terbatas. Akan tetapi, keberadaanya dapat ditemui pada beberapa universitas seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Agar mengatasi keterbatasan tersebut, mereka pun berinisiatif untuk membangun internet dengan cara membangun jaringan komunikasi (data). Awalnya pengembangan jaringan ini hanya dilakukan pada lingkup kampus saja. Namun, seiring berjalannya waktu mereka mulai menghubungkannya dengan beberapa lembaga milik pemerintah. Pada akhirnya, jaringan ini dapat terhubung secara global dengan ruang lingkup lebih luas.

Internet paling awal di Indonesia muncul pada tahun 1990-an dengan nama Paguyuban Network. Dalam masa perkembangannya, beberapa tokoh dengan penuh semangat menunjukkan dedikasinya demi kemajuan teknologi. Beberapa nama yang berperan penting dalam perkembangan sejarah internet Indonesia di era 1992 hingga 1994 adalah Onno W. Purbo, Adi Indrayanto, Firman Siregar, Robby Soebiakto.

Selain nama-nama tersebut, masih ada juga sosok Putu Surya, Rahmat M. Samik Ibrahim dan Suryono Adisoemarta. Beberapa tokoh legendaris tersebut dahulu masih menggunakan media amatir radio untuk melakukan komunikasi satu sama lain.

Barulah pada awal tahun 1990 saat Onno W. Purbo masih berada di Kanada ia menghubungi rekan-rekannya yang berada di Indonesia menggunakan amatir radio. Selanutnya, komunikasi antara Indonesia dan Kanada pun semakin berjalan lancar.

Singkat ceritanya, setelah beberapa kali melakukan proses percobaan dengan gateway, akhirnya komunikasi melalui internet semakin efisien dan cepat. Hasilnya pada tahun 1997-1998 terdapat sekitar 25 lembaga pendidikan di Indonesia dapat saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan media internet.

Seiring berjalannya waktu, makin banyak dan besar pula jaringan yang terhubung dibawah DIKMENJUR (dikmenjur@egroups.com). Akhirnya, pada 2006 ada kurang lebih 4000 sekolah di Indonesia yang sudah terhubung ke internet. Jumlah sekolah yang terhubung dengan tersebut merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang berorientasi pada pendidikan vokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *