pengertian text editor

12 Contoh Text Editor Terbaik Dalam Membuat Website

  1. Bagi Anda yang sering berkecimprung dengan dunia website sebagai web developer (web programmer atau web designer), pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya text editor. Mereka pasti menggunakan text editor sebagai media dalam membuat karyanya, yaitu website.

Ngomong-ngomong, pengertian text editor menurut Anda itu apa sih ?

Pengertian Text Editor

Kalau menurut saya, text editor adalah sebuah program aplikasi yang sering digunakan para programmer, terutama programmer web dalam menuliskan kode programnya / syntax ketika akan membuat program atau website.

Pada dasarnya, fungsi text editor hanyalah sebagai tempat menuliskan kode program tanpa ada compiler. Itulah sebabnya, text editor digunakan untuk menuliskan kode program bahasa pemrograman dalam membuat website, seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dll.

Tidak semua orang bisa coding (membuat aplikasi dengan menuliskan kode pemrograman), karena keahlian coding ini hanya dimiliki oleh beberapa orang yang minat dan tertarik dengan dunia pemrograman. Bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu pemrograman, sebaiknya Anda baca artikel di bawah ini :

Baca : Apa Perbedaan 3 Jurusan Komputer Ini ?

Baca : 16 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer

Nah, sekarang Anda sudah tahu tentang pengertian text editor pada umumnya dalam membuat sebuah program. Sekarang saatnya membahas tentang text editor terbaik untuk PC

Text Editor Terbaik PC

1. Sublime Text

Nah, text editor Sublime Text ini adalah text editor favorit saya. Saya menggunakan Sublime Text sebagai text editor dalam mengerjakan projek-projek website saya.

Mungkin Anda yang biasa menggunakan Notepad++ sudah tak asing lagi dengan aplikasi Sublime Text yang merupakan text editor berbasis Phyton dengan banyak fitur teks. Kelebihan dari Sublime Text ini adalah adanya fitur Multiple Selection yang berfungsi sebagai pembuat perubahan kode dalam waktu yang sama dan baris berbeda.

Selain itu, sublime text juga memiliki fitur Command Pallete yang berfungsi untuk mengakses file shortcut lebih mudah. Namun sublime text juga memiliki kelemahan yaitu adanya beberapa plug in yang belum tersedia dalam aplikasi ini jika dibandingkan dengan Notepad++.

2. Light Table

Light Table merupakan software editor teks yang dikembangkan oleh Chris Granger dan Robert Attori. Software ini bisa dikatakan sebagai software editor teks yang cukup sederhana pemakaiannya. Ditambah lagi software ini memiliki debug dan akses penyimpanan yang cukup luas. Sehingga, kita bisa lebih mudah dalam pemakaiannya.

contoh text editor terbaik

Namun, Light Table ini jarang digunakan atau bisa dibilang kurang cocok untuk editor pengembangan abstraksi. Walaupun begitu, pengembang Light Table ini hingga kini terus berusaha meningkatkan performa program pada Light Table secara realtime. Dengan begitu, pengguna akan merasakan efeknya saat menuliskan kode.

3. Atom

Editor atom ini sangat populer di kalangan developer dalam editing teks koding di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di mana software ini bisa digunakan bebas dan gratis. Text editor Atom dapat terhubung secara langsung dengan project yang ada di github.

Selain itu, instalasi software ini sangat mudah dilakukan yang mana memiliki performa sesuai kebutuhan kita dalam menulis code. Selain itu, tampilan software ini sangatlah keren, apalagi theme yang disediakan Atom sangatlah banyak, sehingga memudahkan kita melakukan pilihan Theme sesuai keinginan kita.

Atom editor text ini merupakan software dengan basic electron dan javascript. Sehingga kita bisa dengan mudah mengubah settingan Atom yang kita gunakan.

4. Brackets

Brackets merupakan salah satu code editor yang dikembangkan dengan tujuan front-end development dan web design. Jika Anda menggunakan Brackets, Anda bisa melihat secara langsung hasil perubahan dari kode yang Anda edit tanpa melakukan save terlebih dahulu.

Sehingga lebih efektif dalam editing coding. Namun, walaupun begitu, Anda tidak bisa membuka file gambar jika menggunakan Brackets. Tapi, setidaknya Anda akan dipermudah dalam menginspeksi variabel dan control flow, karena brackets dilengkapi dengan JS Debugging dengan Theseus.

Selain itu, Anda Brackets juga dilengkapi fitur New and Improved yang sengaja dikembangkan untuk para developer.

5. Komodo Edit

Komodo edit merupakan aplikasi gratis buatan ActiveState Canada yang mana bisa digunakan dalam pengeditan file html dan php.  Fiturnya pun sangat lengkap di antaranya seperti line numbers, folding, font and color, tab/space indent, commenting, vertical selection, regex and incremental search, normal search, dan beberapa fitur editor code lainnya.

contoh text editor PC

Selain itu Komodo Edit juga memiliki Code Intelligent yang mampu mendukung berbagai macam bahasa pemrograman. Keunggulan lainnya adalah adanya fitur completionnya yang lebih baik dibandingkan notepad++. Jadi, ketika kita mengetik function yang salah, biasanya akan ada tanda salahnya.

6. Ultra Edit

Ultra edit adalah software text editor terbaik yang sangat populer dengan performa yang sangat kuat dan powerfull. Di mana Ultra Edit mampu dijalankan di semua sistem operasi seperti Max Os, Windows, dan Linux. Beberapa fitur yang dimiliki Ultra Text pun juga sama halnya seperti text editor terbaik lainnya seperti unicode support, 64 bit file handling, large file handling, disk based text editing, spell checker, multiline find and replace, dan beberapa fitur editing lainnya.

Walaupun Ultra Edit merupakan software yang bisa didapatkan gratis dan secara bebas, namun Anda perlu membeli lisensinya agar dapat menggunakan semua fitur yang ada di Ultra Text.

7. Visual Code Studio

Seperti halnya pada sublime text dan Atom editor text, bahwa Visual Studio Code juga didukung dengan berbagai jenis bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, PHP, C++, C#, JSON, hingga Go. Di mana software ini bisa mengidentifikasi jenis bahasa pemrograman secara otomatis. Visual Studio Code ini merupakan software text editor terbaik bebas berbasis Electron yang dikembangkan oleh Microsoft.

Selain itu, Visual Studio Code juga sudah terintegrasi dan terhubung secara langsung dengan GitHub. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan dan memanggil semua kode yang sudah Anda kerjakan sebelumnya lebih mudah dan praktis.

8. Blue Fish

Bluefish merupakan editor programming yang sangat populer digunakan oleh kalangan programmer dan web desainer, walaupun sebenarnya popularitasnya masih kalah dengan basis GUI lainnya. Software ini terus mengalami perkembangan yang begitu pesat dan mendukung hampir seluruh pemrograman hingga bahasa markup, seperti C++ hinggga CSS.

Selain itu, Bluefish dikatakan sebagai software editor text yang sangat ringan, yaitu hanya sebesar 4,4 MB. Bluefish pun bukan hanya bisa digunakan di Linux saja, melainkan juga bisa digunakan di Windows. Jadi, tak heran jika Bluefish paling banyak diminati karena autocomplete syntax.

9. Emacs

Mungkin bagi Anda yang baru saja bermigrasi ke LINUX, sudah tak asing lagi dengan software Emacs. Software ini pertama kali diciptakan pada tahun 1976 oleh Richard Stallman yang mana merupakan founder GNU Project. Pada tahun tersebut, mouse masih belum populer, sehingga Emacs sering digunakan dengan menggunakan keyboard.

Seperti halnya bermain game action, Anda bisa terbiasa dengan beberapa kombinasi huruf keyboard dalam menggunakan software ini. Sepintas memang Emacs memang editor text biasa pada umumnya seperti Notepad++. Padahal sebenarnya, software editor text ini memiliki keunggulan yang sangat luar biasa.

10. Notepad++

Karena adanya batasan penggunaan notepad pada Windows, maka kita perlu menggunakan Notepad++ yang bisa digunakan secara gratis dalam mengedit kode. Software ini memiliki fitur tab, sehingga Anda bisa melakukan editing code dengan banyak file yang terbuka dalam satu jendela. Di tahun 2015, Notepad++ mulai dihubungkan ke GitHub untuk memudahkan para programmer menggunakannya.

Semua programmer tahu, bahwa Notepad++ ini selain gratis, juga sangat ringan dan sederhana penggunaannya. Ditambah lagi software ini sudah aktif dengan notasi http. Jadi, cukup klik 2 kali url-nya, maka kita bisa menuju halaman situs yang kita maksud.

11. Vim

Vim merupakan aplikasi text editor terbaik buatan Bram Moolenaar, di mana mampu membuat para programmer lebih produktif saat menggunakan software ini. fungsinya pun sama dengan Text Editor terbaik lainnya yaitu menulis dan mengedit kode pemrograman. Bahkan Vim ternyata sangat populer digunakan oleh kebanyakan programmer luar negeri. Hal ini terbukti adanya beberapa film tentang hacker yang menggunakan Vim, salah satunya adalah film Social Network.

Memang, untuk pemula akan merasa kesulitan dalam penggunaan Vim. Tapi jika sudah dibiasakan, penggunaan Vim ini sangat simpel dan mudah digunakan. Uniknya, kita bisa bergerak ke baris lain tanpa menggunakan mouse jika menggunakan Vim. Fitur ini disebut Motion.

12. Intype

Intype merupakan salah satu software text editor terbaik yang bisa digunakan di Windows dan Linux. Di mana software ini sangat sederhana tampilannya sehingga memiliki kecepatan loading yang ringan dan cepat. Namun, hingga sampai sekarang software ini masih tersedia versi Alpha.

Jadi, bisa dibilang kalau perkembangan development software ini tidak begitu berkembang pesat. Update terakhir dari pengembang software ini pun bulan Desember 2009, hingga sekarang masih belum ada update terbaru lagi. Namun, setidaknya Anda bisa menggunakan software Intype sebagai pilihan software editor text untuk melakukan coding atau edit code program.

One thought on “12 Contoh Text Editor Terbaik Dalam Membuat Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *