tips belajar pemrograman

7 Tips Belajar Pemrograman Supaya Ngodingmu Tidak Membosankan

Artikel tips belajar pemrograman ini merupakan guest blog dari mas Haferz F.

Sekarang ini perkembangan teknologi sudah tidak terbendung lagi arusnya. Jika di ibaratkan sebuah bendungan pasti bendungan itu sudah jebol lebar banget hehe dan arusnya tentu akan membuat sesuatu di sekitarnya terseret jika tidak mampu untuk menahannya.

Cara untuk menahan arus tersebut salah satunya dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Kasarnya kita lah yang harus memperbudak teknologi tersebut bukan malah sebaliknya.

Salah satu cara memanfaatkan teknologi tersebut ialah dengan belajar pemrogaman. Karena jika kita mampu menguasainya tentu kita akan mampu melakukan apa saja hanya dengan berbekal laptop/PC saja di era yang serba teknologi ini.

Dan seperti yang saya katakan di atas sudah jelas untuk ke depan nya makin banyak peluang kerja di bidang teknologi terutama programmer. Di Indonesia sendiri, saat ini jumlah programmer masihlah sangat sedikit. Maka dari itu programmer sangatlah di cari cari.

tips belajar pemrograman

Nah masalahnya, belajar pemrogaman itu susah lho, apalagi jika belajarnya otodidak.

Ya, belajar pemrogaman itu emang susah sobat. Saya sendiri juga merasakannya. Kita akan terus dihadapkan pada suatu kasus. Dan tugas kita ialah menyelesaikannya dalam bentuk sebuah program.

Kita perlu paham dulu algoritma dari kasus kasus tersebut serta mengerti struktur dan cara penulisan dari bahasa pemrogaman yang akan kita gunakan.

Lalu, jika emang sesusah itu kenapa kita harus repot repot ambil pusing buat belajar pemrogaman kak ?

Karena manfaat yang sudah saya sebutkan diatas tadi sobat. Setelah belajar pemrogaman dan menguasai nya kalian bisa menjadi seorang programmer handal yang di cari cari di Indonesia bahkan mungkin di luar negeri juga. Emang kalian gak mau ya?? Hehe

Selain itu programmer bukanlah pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan sampai menguras keringat seperti halnya kuli bangunan. Programmer cuma butuh otak untuk bekerja.

Kalian bisa bekerja di rumah saja bagi yang suka menghabiskan waktu bersama keluarganya. Atau pun berkeliling dari kota satu ke kota lainnya jika kamu tipe orang yang suka travelling.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kalian belajar pemrogaman. Tetapi, Anda perlu tahu beberapa tips belajar pemrograman di bawah ini

Masalah kedua yakni terjadi saat kalian sedang belajar pemrogaman khususnya bagi pemula, mengerjakan tugas coding dari guru ataupun saat sedang bekerja membuat sebuah project.

Tentu dari sekian banyak orang yang sedang coding tersebut ada yang sedang dilanda kesurupan. Whats ??? Maksud saya sedang dilanda kesuraman hehe. Pasti kalian akan merasa sangat bosan, jenuh atau bahkan stress.

Maka dari itu kali ini saya akan memberi kalian 7 tips belajar pemrograman supaya coding Anda tidak membosankan lagi.

Tips Belajar Pemrograman #1. Coding lah bersama temanmu

belajar bahasa pemrograman

Ajaklah teman temanmu untuk belajar pemrogaman bersama kalian. Kalian bisa belajar entah itu di warkop, warnet, sekolah ataupun di rumah.

Dengan coding bersama kalian dapat memecahkan suatu perrmasalahan bersama sama. Intinya kalian akan bisa saling melengkapi. Dan yang lebih penting lagi, kalian juga bisa berbagi penderitaan yang sama wkwk. Tentu hal itu sangat seru dan asik untuk dilakukan bukan ?

Namun jika teman kalian tidak ada yang mau, tenang saja. Kalian masih bisa coding bersama dengan mencari kenalan melalui forum forum belajar pemrogaman dan belajar bersama melalui forum tersebut atau melalui chat pribadi.

 

Tips Belajar Pemrograman #2. Buatlah sebuah persaingan

Jika kalian sudah punya teman coding. Kalian bisa coba untuk menantang mereka untuk menyelesaikan bab yang sedang kalian pelajari atau menantang mereka untuk memecahkan sebuah kasus, misalnya.

Dengan adanya persaingan tersebut, di dalam hati kalian pasti akan berkata “Waduh, gue gak boleh sampai kalah nih dari temen gue.. Mau ditaruh mana muka gue nanti”. Kurang lebih seperti itu, ya gak ? hehehe.

Dengan kata lain kalian akan merasa terpacu atau termotivasi untuk mengalahkan teman kalian tadi. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan semangat serta skill kalian nanti dengan cukup cepat.

Coba bedakan dengan belajar sendiri. Asik yang mana coba ??

 

Tips Belajar Pemrograman #3. Coding lah ditempat yang berbeda

Suasana di sekitar kalian juga mempengaruhi aktifitas coding kalian.

Coba bayangkan jika kalian coding di kamar kalian yang berantakan, kurang pencahayaan maupun fentilasi dan lebih parahnya lagi jika kalian buang angin di situ. Tamat sudah riwayat kalian. Wkwk

Kondisi di atas pasti akan membuat coding kalian jadi terganggu. Sudah pasti kalian harus menghindari nya. Intinya buat lah suasana di sekitar kalian menjadi bersahabat.

Misal kalian jenuh coding di kamar kalian tadi. Kalian bisa coba untuk sekedar coding di teras rumah. Atau pergi ke area wifi seperti telkom. Atau bisa juga coding di kafe kafe sambil memesan beberapa makanan atau minuman.

Cobalah tempat tempat baru setiap kali bosan dengan satu tempat.

Tips Belajar Pemrograman #4. Temani coding mu dengan musik, camilan dan secangkir kopi

belajar coding

Ini tips yang sering saya lakukan. Kalian juga bisa mencobanya sendiri dirumah. Putarlah musik musik kesukaan kalian. Sambil coding kalian bisa mengikuti irama lagu nya dan ikut bernyanyi. Nikmati setiap nada yang kalian dengarkan.

Siapkan juga camilan dan secangkir kopi di samping kalian. Seruput lah secangkir kopi tersebut sambil memikirkan langkah kalian selanjutnya atau untuk sekedar istirahat saja.

Musik, camilan dan secangkir kopi tersebut akan mengurangi tekanan yang kalian rasakan saat sedang coding. Atau dengan kata lain akan memberi efek relaksasi pada kalian. Kalain bisa lebih enjoy saat bermain dengan script script tersebut.

 

Tips Belajar Pemrograman #5. Pilih jenis pemrogaman yang kamu suka

Setelah belajar beberapa bahasa pemrogaman, kalian pasti akan menemukan bahasa pemrograman yang menurut kalian mudah atau unik (Contoh : PHP, Javascript, Java, dll). Kalian pasti akan lebih menyukainya daripada bahasa yang lain.

Entah itu Dekstop Programming, Web Programming, Android/Mobile Programming atau jenis yang lainnya. Jika anda menyukainya maka lebih fokuslah pada bahasa tersebut. Kuasai dan terus asah skill kalian terhadap bahasa tersebut.

Namun jangan melupakan bahasa yang lain. Tetap pelajarilah bahasa yang lain tapi nomor dua kan bahasa tersebut. Karena semakin banyak bahasa yang kalian pelajari dan kuasai maka prospek kalian ke depan akan lebih cerah.

 

Tips Belajar Pemrograman #6. Pamerkan kemampuanmu dan rayakan setiap pencapaian kalian

programmer koding

Jika kalian sedang malas untuk berhadapan terus dengan permasalahan dan kasus Kalian bisa coba coding untuk sesuatu yang menyenangkan. Seperi membuat game sederhana, membuat program atau web untuk nembak gebetan (kalau punya) wkwk atau untuk ngerjain PR semua temen sekelas kalian seperti PR Penjumlahan Matriks.

Pamerkan skill programming kalian pada teman, pacar, atau keluarga kalian. Coding lah di hadapan mereka. Mereka pasti akan takjub melihatnya karena mereka menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Hal tersebut akan meningkatkan percaya diri serta semangat kalian untuk terus menunjukkan sesuatu yang lebih dan lebih kepada mereka.

Dan mereka akan terus terkagum kagum akan setiap pencapaian yang kalian dapati terutama orang tua kalian.

Dan jangan lupa untuk merayakan setiap pencapaian yang kalian lakukan. Buatlah penghargaan untuk dirimu sendiri. Hal hal tersebut yang akan membuat coding mu terasa menyenangkan.

 

Tips Belajar Pemrograman #7. Gunakan code editor yang kamu sukai

text editor terbaik

Pilihlah code editor terbaik menurut kalian.

Misal jika kalian tidak ingin mengetik setiap script karena membuang buang waktu kalian. Maka pilihlah code editor yang memiliki fitur auto complete seperti Sublime Text, Codeblock dll.

Begitu juga jika kalian ingin code editor yang punya interface yang bagus maka pilihlah code editor yang sesuai dengan selera kalian. Begitu pula seterusnya.

Pemilihan code editor yang tepat akan mempermudah coding mu.

Namun jika kalian bosan dengan satu code editor kalian bisa coba berganti ganti code editor untuk sekedar mengetahui perbedaannya. Anda bisa membaca artikel tentang kumpulan text editor terbaik untuk programmer.

Hal itu pasti akan memberi kalian pengalaman coding yang berbeda dan tentunya membuat coding mu menyenangkan.

Itulah 7 tips belajar pemrograman dari saya. Yah memang tidak bisa dipungkiri betapa berat nya belajar bahasa pemrogaman itu. Namun betapa besar manfaat yang bisa di dapat dari hal tersebut.

Bahkan konsep konsep pemrogaman tersebut dapat kita aplikasi kan dalam kehidupan kita. Misal saat sedang menghadapi masalah. Otak kita akan lebih kritis dalam menghadapi nya.

Dan yang paling penting adalah sifat Pantang Menyerah, Ketelatenan dan Keuletan yang kita dapat dari error yang sering kita dapati saat sedang coding.

Cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan tips di atas benar benar bisa memberi manfaat kepada kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *