wordpress vs joomla vs drupal

WordPress vs Joomla vs Drupal : Mana yang Lebih Baik Menurutmu?

CMS atau Content Management System merupakan salah satu fitur yang sangat penting untuk proses mengelola sebuah website. Pastinya hampir seluruh layanan dalam proses pembuatan website sudah termasuk dengan fitur tersebut.

Hal ini sangat penting karena segala sesuatunya di jaman ini sudah menggunakan internet dan penting untuk menghadirkan website menjadi berkualitas untuk dinikmati. Anda bisa merasakan adanya dampak CMS adalah ketika anda ingin memperbaharui konten yang ada di website milik anda pribadi.

CMS yang terkenal banyak digunakan adalah WordPress, Joomla, dan Joomla yang memiliki kelebihannya masing-masing untuk para pengguna. Dengan adanya hal ini, maka ketika anda ingin merubah segala sesuatu pada website, anda cukup merubahnya dengan adanya CMS.

WordPress

belajar wordpress

Untuk CMS yang pertama yaitu WordPress, platform satu ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan paling banyak pengguna. Peluncuran pertama pada WordPress adalah tahun 2003 dan hingga saat ini diperkirakan sudah digunakan oleh 26 – 28% dari total seluruh website terbaik di dunia.

Penggunaan pada CMS ini sangat beragam, yaitu mulai dari blog pribadi, profil perusahaan hingga bisnis yang besar. Berikut ini keunggulan utama ketika anda menggunakan CMS ini :

  1. Proses SEO mudah

Bagi anda yang memiliki website tentunya membutuhkan SEO agar membuat website menjadi halaman pertama pada mesin pencari. Untuk para pemula, perlu anda ketahui bahwa CMS WordPress sendiri sangat mendukung untuk proses SEO yang mudah.

Baca : 3 Cara Install WordPress (XAMPP, File Manager, Softaculous)

Dengan begitu, maka website yang anda miliki dapat memiliki banyak pengunjung dalam sehari. WordPress sangat membantu untuk pemula dalam website untuk mudah dalam mengembangkan website tersebut. Bila anda cukup rajin untuk melakukan SEO, maka website milik anda akan mudah diakses dan dilihat oleh banyak orang.

Dengan kemudahan segala proses tersebut, maka WordPress sangatlah bersahabat dengan pemilik website untuk melakukan SEO.

  1. Mudah digunakan

Kelebihan untuk user atau pengguna itu adalah sangat mudah digunakan dan akses. Bahkan, untuk pengguna baru pun tidak akan mendapatkan kesulitan berarti jika menggunakan CMS satu ini dengan berbagai fitur yang tersedia. Anda bisa belajar WordPress dengan cara klik cover buku di bawah.

Panduan Belajar WordPress Mudah Untuk Pemula

panduan belajar wordpress

Proses install pada WordPress juga sangat sederhana dan orang awam yang belum mengetahui tentang website pun tidak akan butuh waktu lama untuk memahami fitur tersebut.

  1. Tampilan yang baik pada ponsel pintar

Saat ini tentunya bagi siapapun yang ingin mengakses sebuah situs sudah tidak harus menggunakan komputer karena kecanggihan ponsel masa kini. WordPresss memiliki kualitas CMS yang baik untuk mendukung tampilan kepada pengunjung agar tetap terlihat menarik. Pada CMS ini, mobile friendly merupakan aspek yang sangat penting agar penggunjung bisa betah berada di situs anda.

  1. Perkembangan yang baik

Perkembangan pada WordPress terbilang cukup pesat dan mengikuti kebutuhan dari waktu ke waktu. Ini jugalah yang menjadi aspek mengapa CMS ini sangat populer untuk para pengguna baru. Segala keluhan yang anda miliki juga bisa teratasi dengan laporan pada komunitas pengguna WordPress. Aspek ini yang membuat para pengguna sangat betah menggunakan CMS WordPress untuk website apapun.

  1. Tingkat kemanan yang baik

Salah satu masalah yang banyak menimpa di suatu website adalah masalah ancaman bobol oleh hacker. Namun, WordPress terkenal dengan kemampuan yang baik dalam mengatasi masalah seperti ini. Masalah seperti ini juga diberikan solusi dengan adanya update secara berkala. Update tersebut sangat berpengaruh untuk mencegah terkena masalah dari luar atau oleh pengguna.

  1. Modifikasi mudah

Pengguna dan pemilik website pasti tau WordPress terkenal dengan kemudahan untuk modifikasi tema dan plugin. Tentunya tema tersebut bisa ada yang berbayar atau yang gratis dengan kelebihannya masing-masing. WordPress bisa merubah tema dan plugin agar sesuai dengan keinginan anda pada umumnya. Adanya hal ini tentunya membuat anda lebih mudah untuk membuat website yang paling cocok.

  1. Menyimpan berbagai jenis file

WordPress adalah CMS yang mampu membantu pengguna untuk menambahkan berbagai macam jenis file. Contohnya adalah audio, gambar, dan video dengan kapasiitas yang lumayan dan prosesnya sangat mudah. Proses yang dibutuhkan biasanya dengan Copy dan Paste atau drag dan drop file yang diingkan dari internet anda. Maka anda juga bisa menjadikan WordPress sebagai tempat menyimpan file juga.

Joomla

joomla logo

Selain WordPress, anda bisa juga melirik pada CMS Joomla yang terbilang cukup banyak digunakan oleh pengguna website. Sejak tahun 2005, CMS ini cukup banyak diminati oleh para pengguna karena kelebihan tersendiri. Kelengkapannya juga tidak kalah dengan CMS lain sehingga cukup banyak diperhitungkan untuk penggunaannya.

Berikut ini kelebihan pada CMS Joomla :

  1. Pengelolaan pada CMS mudah

Untuk mengelola CMS Joomla, bisa dibilang tidak terlalu sulit dan membingungkan anda sebagai pengguna. Pada administratos nanti, anda hanya perlu mengelola dari membuat halaman, menu, konten, artikel, dll. untuk menunjang website. Untuk pemula yang baru mengetahui website pun dapat menjalankan dan menggunakan dengan baik karena tidak terdapat bahasa pemrograman apapun.

  1. Banyak Fitur Menarik

Ketersediaan untuk fitur di Joomla, bisa dibilang cukup banyak dan tinggal anda pilih yang sesuai. Pengunduhan pada komponen dan modul pada CMS bisa didapatkan secara mudah dan gratis. Maka dampaknya untuk pengguna adalah kemudahan dalam merubah segala jenis tampilan yang terdapat pada website. Ini juga karena tersedia fitur upload dan ganti tema dengan mudah.

  1. Fungsi Built-in SEO

Selain website yang menggunakan CMS WordPress, website yang menggunakan Joomla juga menerapkan kemudahan untuk melakukan SEO di CMS-nya. Dengan hal ini, maka akan berdampak pada posisi website yang berada di halaman pertama dari mesin pencari di internet. Pada fungsinya, ini meliputi meta title, meta description, hingga meta keywords pada setiap halaman yang ada pada website.

  1. Keamanan yang terjaga

Anda tidak perlu khawatir akan keamanan yang terdapat pada website yang berbasis dari Joomla. Ini karena keamanan yang terdapat pada CMS ini tidak main-main. Hal tersebut karena setiap adanya pembaharuan versi, maka itu akan berdampak dengan keamanannya juga. Jadi, website anda nanti sudah secara otomatis mendapatkan tambahan keamanan dan menghindari dari masalah yang ingin dihindarkan.

  1. Mudah dalam menyunting konten

Konten pada website adalah sesuatu yang penting dan harus baik untuk dinikmati seseorang. Pada Joomla, jika anda ingin mengelola, menyunting, menambahkan, dll. pada konten yang terbuat sangat mudah. Hal ini juga dibantu dengan kemampuan Joomla yang dapat menjaga kerahasiaan pada setiap data yang dimiliki oleh anda.

  1. Open source atau gratis

Joomla merupakan sebuah CMS yang memiliki sifat open source sehingga gratis untuk menggunakannya. Dengan begitu, CMS aslinya dapat anda langsung unduh di situs resmi dari Joomla. Bagi pengguna yang menggunakan hosting, maka akan menjadi lebih mudah karena CMS Joomla sudah tersedia di dalam auto installer yang dimiliki dari CMS ini.

Drupal

drupal icon

Selain 2 macam CMS tadi, yang tidak kalah bagus untuk digunakan adalah jenis CMS Drupal yang cukup baik. Potensi yang dapat anda gunakan pada CMS satu ini terbilang cukup baik namun tidak cocok untuk pemula yang baru memahami website.

Walau begitu, anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya karena framework yang dimiliki Drupal termasuk yang cukup baik. Keunggulan yang ada sebagai berikut :

  1. Sifat open source atau gratis

Untuk CMS Drupal juga menganut sifat open source sehingga mudah untuk mengatur konten yang ada. Tentunya ini sangat cocok untuk website yang berjenis situs diskusi atau tempat forum, situs perusahaan bisnis, aplikasi e-commerce, blog pribadi,dll. Segala komponen yang dibutuhkan bisa anda dapatkan secara gratis jika anda mengunduhnya langsung dari website resminya.

  1. Ukuran yang ringan

Untuk kinerja pada website, CMS Drupal adalah yang paling ringan dengan memakan hanya sekitar 1 – 4 MB saja, Bila dibandingkan dengan WordPress yang dapat mencapai ukuran 2,5 MB dan diekstrak menjadi sekitar 5MB. Untuk Joomla bahkan mencapai 7MB dan diekstrak menjadi sekitar 10MB dan cukup menjadi beban untuk website. Itulah mengapa kinerja pada Drupal bisa menjadi sangat ringan.

  1. Tingkat keamanan yang baik

Dalam masalah kemanan pada website, Drupal jangan anda ragukan lagi. Ini karena sudah cukup banyak website milik pemerintah pada beberapa negara yang lebih menggunakan CMS ini sehingga anda bisa prediksi. Jika terjadi masalah, maka penyelesaian masalah oleh komunitas akan dilakukan dengan cepat untuk mengatasi masalah yang ada.

  1. Kemudahan untuk digunakan

Walau memang tidak terlalu cocok untuk pemula, namun jika anda cukup penasaran maka sebenarnya CMS satu ini tidak terlalu sulit digunakan. Hanya saja membutuhkan pengalaman dalam teknis dibanding CMS seperti WordPress atau Joomla. Namun, kebanyakan hasil yang didapatkan ketika seseorang menggunakan Drupal adalah pengembangan tersendiri pada website yang dimilikinya.

  1. SEO yang mudah

Proses SEO tentunya menjadi sangat penting untuk berbagai macam website tak terkecuali yang menggunakan CMS Drupal. Ini karena mudahnya website membuat link yang dapat dibaca dengan mudah dan dikenali oleh mesin pencari. Alasan ini juga yang membuat website menggunakan CMS ini akan selalu berada diurutan teratas dari mesin pencari.

  1. Update Otomatis

Pada website tentunya akan terdapat beberapa pembaharuan yang terjadi agar membuat website lebih baik. Drupal memberikan kemudahan untuk penggunanya agar tidak perlu rajin memeriksa pembaharuan terbaru karena akan secara otomatis ter-update. Tentu jika anda harus memeriksa satu per satu akan sangat merepotkan dan membuang banyak waktu anda.

  1. Pembaharuan cepat

Pengembang dari Drupal memberikan banyak pembaharuan yang dapat memperbaiki banyak kesalahan seperti bug. Ini berguna agar membuat website tetap stabil dan tidak terjadi masalah yang berarti pada saat digunakan.

Baca : CMS Terbaik yang Perlu Anda Coba Untuk Membuat Sebuah Website

Pembaharuan juga berguna untuk menambahkan banyak fitur yang dapat membuat website menjadi lebih menarik dari waktu ke waktu. Dengan adanya mengenai kelebihan dari masing-masing ini tentunya dapat membantu anda sebagai calon pengguna menjadi lebih paham.

Tentu saja membuat anda lebih yakin agar memilih CMS yang tepat untuk mendukung website menjadi lebih optimal. Banyak pertimbangan seperti fitur yang dapat membuat para pengunjung ke situs anda selalu betah dan menyukai segala konten yang terdapat di dalamnya.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *