Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Clickbait? Kelebihan, Kelemahan, Contoh & Tipsnya

4 min read

Apa Itu Clickbait Kelebihan, Kelemahan, Contoh & Tipsnya

Apa itu clickbait yang penggunaannya sering Anda temukan pada suatu konten dan kerap kali menimbulkan perdebatan? Ternyata istilah tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang sering digunakan para pembuat konten untuk menarik minat pengunjung maupun pembaca.

Itulah mengapa, sebelum menerapkan penggunaannya dalam suatu judul maupun gambar, penting untuk memahami bagaimana cara pembuatannya terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Clickbait?

Clickbait atau umpan balik merupakan suatu cara yang digunakan untuk menarik minat pembaca melalui penggunaan judul yang yang unik dan menarik. Tidak hanya pada judul, strategi ini juga cukup sering digunakan dalam bentuk gambar dan video.

Penggunaannya bertujuan untuk memancing pengunjung supaya mengklik suatu situs, video, maupun gambar. Pengunjung atau pembaca yang tertarik tersebut akan meningkatkan jumlah audiensi pada situs atau konten yang dibuat.

Sayangnya, beberapa pembuat konten kerap kali memanfaatkan penggunaan clickbait untuk aktivitas negatif, seperti menyisipkan virus. Tidak hanya itu, strategi ini juga sering membuat konten yang tidak berkesinambungan antara judul dan isinya.

Penggunaan seperti itulah yang menyebabkan munculnya pro dan kontra. Oleh sebab itu, dalam menggunakan teknik ini, perlu diperhatikan beberapa hal. Salah satunya isi konten yang sama menariknya dengan judul, sehingga pembaca atau pengunjung tidak merasa tertipu.

Kelebihan Clickbait dalam Konten

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penggunaan strategi ini mengandung berbagai pro dan kontra bagi sebagian orang. Berikut adalah kelebihan clickbait dalam konten:

1. Meningkatkan Jumlah Visitor

Penggunaan strategi ini pada dasarnya akan menarik jumlah pengunjung pada konten atau situs yang dibuat. 

Karena pada era digital, jumlah pengunjung pada suatu situs memiliki pengaruh yang signifikan. Meningkatnya jumlah kunjungan tentu akan membuat situs menjadi lebih dikenal oleh sistem. Hal itu mengakibatkan situs Anda akan lebih sering muncul pada mesin pencarian dan bisa jadi berada pada urutan atas.

2. Meningkatkan Kreativitas

Cara membuat judul clickbait yang memancing dan menarik membutuhkan kreativitas yang tinggi dari pembuat konten. Tidak hanya harus menarik, judul atau gambar yang Anda gunakan juga harus mampu memprovokasi seseorang, sehingga mengklik tautan yang dibagikan.

Inilah pentingnya untuk melakukan observasi mengenai hal yang sedang trend saat ini. Tidak hanya kreatifitas, pengetahuan Anda juga akan meningkat.

3. Meningkatkan Pemasukan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, strategi ini memiliki tujuan untuk memancing orang mengunjungi situs yang Anda miliki. Karena meningkatnya pengunjung pada suatu situs juga bisa meningkatkan pemasukan secara online.

Anda juga bisa menggunakan strategi ini sebagai salah satu cara untuk memasarkan suatu produk. Penggunaannya dalam memasarkan produk akan membuat orang lain menjadi penasaran dan terpancing untuk membeli.

4. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Clickbait memunginkan Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Semakin banyak orang yang mengklik konten atau situs dan membagikannya, akan membuat situs atau konten dikenal lebih luas.

Sebagai pelaku usaha, hal ini dapat digunakan untuk memasarkan produk ke target yang lebih luas. Pangsa pasar penjualan produk juga akan meningkat, dengan meningkatnya jumlah pengunjung pada situs.

Kelemahan Clickbait dalam Konten

Selain memiliki berbagai kelebihan, strategi ini juga mengandung beberapa kekurangan. Kekurangan pada penggunaannya dapat dirasakan oleh pembaca maupun pembuat konten. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

1. Tidak Diterima dengan Baik

Salah satu resiko penggunaan strategi ini adalah penerimaan yang buruk dari pengunjung atau pembaca. Penerimaan buruk tersebut dapat muncul akibat seringnya situs yang menggunakan strategi ini dianggap mengecewakan.

Anggapan buruk tersebut dapat mengakibatkan jumlah pengunjung pada situs atau konten yang dibuat menurun secara drastis. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi pembuat konten. Menurunnya pengunjung akan mengakibatkan rating situs juga turun, sehingga berdampak pada pendapatan.

2. Merusak Citra Bisnis

Pemberian judul yang terlalu berlebihan juga dapat mengakibatkan citra bisnis yang dikembangkan dinilai negatif. Konten yang terlalu sering memanfaatkan strategi ini sering dianggap tidak profesional. Sebagai pembuat konten, penting untuk memahami apa itu clickbait yang baik dan benar.

Penyajian judul konten yang berlebihan tersebut akan membuat pengunjung merasa situs yang Anda jalankan tidak inovatif dan informatif. Itulah sebabnya, penting untuk menyajikan konten yang sesuai, sehingga pengunjung tidak merasa dirugikan.

3. Rating Situs Menurun

Penggunaan strategi ini juga merugikan bagi pengunjung atau pembaca suatu konten. Seringkali pembuat konten menggunakannya untuk menarik pembaca, tetapi informasi yang disampaikan dalam konten tidak sesuai dengan judul.

Bagi pembaca, hal ini cukup merugikan dan menyia-nyiakan waktu. Hal ini terkadang memancing emosi dari pembaca, sehingga membuat rating situs juga menurun, karena anggapan negatif dari pengunjung yang kecewa.

4. Kehilangan Pembeli

Kerugian clickbait bagi pelaku bisnis adalah kehilangan pembeli potensial. Hal ini disebabkan karena jangkaun strategi ini yang meluas, akan membuat pengunjung juga meningkat. Akan tetapi, pengunjung yang tidak sesuai market juga tidak baik bagi pelaku bisnis.

Selain itu, informasi yang tidak sesuai pada isi artikel akan membuat pengunjung menilai situs dengan negatif. Itu akan membuat pembeli potensial enggan membeli produk yang ditawarkan, akibat penilaian negatif yang diterima.

Contoh Judul Clickbait

Nah, inilah beberapa contoh judul clickbait yang sering digunakan, di antaranya sebagai berikut:

1. Berita

Penggunaan strategi ini pada judul seringkali dijumpai pada penulisan judul berita. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkat view atau jumlah pengunjung pada artikel berita tersebut. Berikut contohnya:

“Dikatai Kursi Patah, Inilah Reaksi Olla Ramlan”

“Super Protektif, Atta Larang Putrinya Pacaran”

2. Artikel

Penggunaan clickbait pada judul artikel biasanya memiliki pola yang sama. Berikut adalah beberapa contohnya:

“5 Cara Cepat Kaya, yang Terakhir Bikin Kaget!”

“Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Nanas!”

3. Iklan

Strategi ini sering ditemukan untuk mempromosikan suatu produk. Klaim yang berlebihan seringkali ditemukan pada iklan produk yang memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa contohnya:

“Sudah Pasti Aman, Siap Refund Bila Timbul Efek Samping”

“Turun 5 Kg Sehari, Jaminan Uang Kembali”

Tips Membuat Judul Clickbait yang Baik

Cara membuat judul clickbait yang benar perlu diperhatikan, agar judul yang ditulis tidak merugikan banyak pihak. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuatnya:

1. Isi Konten Berkesinambungan dengan Judul

Untuk dapat menarik pembaca mengklik situs kita, judul yang menarik perlu diperhatikan. Tidak hanya judul yang menarik, isi artikel atau konten juga harus selaras dengan judul, sehingga pembaca atau pengunjung tidak kecewa.

2. Gunakan Kalimat Hiperbola

Penggunaan kalimat hiperbola memiliki nilai plus pada judul artikel dengan strategi ini. Akan tetapi, penggunaan kalimat hiperbola juga perlu diperhatikan.

Kalimat yang terlalu berlebihan akan membuat judul terkesan tidak masuk akal, sehingga berdampak negatif pada konten. Pilihlah kata hiperbola yang tidak berlebihan, sehingga pembaca yakin untuk mengklik konten yang dibuat.

3. Tonjolkan Hal yang Paling Menarik

Kelebihan clickbait dapat ditingkatkan dengan menonjolkan hal yang paling menarik dari konten yang dibuat. Sebelum menentukan judul yang digunakan, observasi kembali konten atau artikel yang dibuat.

Garis bawahi bagian paling penting dan menarik untuk memancing pembaca mengklik konten yang Anda buat. Apabila diperlukan, manfaatkan dengan baik emosi pembaca dengan cara memilih kata yang sesuai.

4. Isi Konten Dapat Dipertanggungjawabkan

Pastikan bawa judul dan isi dalam konten yang dibuat dapat dipertanggungjawabkan. Meski bertujuan untuk memprovokasi pengunjung mengklik tautan, pastikan bahwa informasi yang terkandung dalam konten tidak merugikan orang lain dan berisikan fakta.

Beberapa orang menggunakan strategi ini untuk menyebarkan informasi palsu. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak negatif, baik kepada pembuat konten maupun pembaca. Oleh sebab itu, observasi terlebih dahulu isi konten sebelum dibagikan.

Clickbait Tidak Selamanya Jelek!

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu clickbait. Meski terdapat beberapa pro dan kontra dalam penggunaannya, apabila dimanfaatkan dengan baik, penggunaannya tidak selalu bernilai negatif.

Pada dasarnya, menggunakan strategi ini sah-sah saja, apabila dengan porsi yang sesuai. Keselarasan dan kesinambungan antara isi dan judul juga perlu diperhatikan, agar pengunjung dan pembaca tidak termakan informasi yang salah.

Nah, bagi Anda yang tidak mau repot untuk membuat konten promosi atau copywriting dengan memanfaatkan strategi ini secara tepat, dapat menggunakan jasa copywriting dari Makinrajin. Karena kami mampu memberikan harga yang murah dan kualitas konten artikel yang terbaik.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development