Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Inspirasi Teknik Copywriting Legit dari Brand Apple

2 min read

Inspirasi Teknik Copywriting Legit dari Brand Apple

Apple adalah sebuah perusahaan besar yang produk dan teknologinya telan banyak kita gunakan, seperti iPhone, iPad, dan AirPods serta masih banyak lagi.  Tak hanya pandai dalam menciptakan produk atau teknologi baru yang jenius. Namun, juga ahli dalam Apple copywriting yang mereka gunakan. 

Maksudnya adalah mereka mampu menerapkan metode penulisan persuasif yang dengan tujuan mempromosikan produk dan layanan mereka. Sehingga, mampu meningkatkan daya beli yang tinggi.

5 Teknik Copywriting yang Digunakan Apple

Apple memiliki banyak teknik pemasaran yang menunjukkan nilai, ciri khas, dan pendekatan yang unik. Berikut ini adalah 10 teknik beserta contoh copywriting Apple yang dapat Anda pelajari:

1. Judul Menggambarkan Konsep Besar

Apple paham betul, bahwa konsumen tidak memiliki waktu luang untuk melihat secara detail tentang produk mereka dalam sekali lihat. Karena itulah, diperlukan judul yang menarik dan memberikan gambaran terhadap produk yang mereka ditawarkan. 

Contoh pengaplikasian copywriting Apple pada MacBook Pro, yakni:

The best for the brightest.” (Yang terbaik untuk yang paling cerdas.)

Judul ini mencerminkan konsep besar MacBook Pro yang menawarkan kualitas terbaik dengan performa yang unggul disertai fitur-fitur terbaru. Teknologi ini cocok digunakan pengguna yang ingin bekerja dengan MacBook secara efektif dan cerdas. 

2. Memanfaatkan Konsep Repetisi

Dalam copywriting, konsep repetisi bermakna pengulangan kata, frase, atau gagasan tertentu, dengan tujuan mudah diingat oleh pembaca dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan. 

Apple menerapkan konsep ini untuk memperkuat pemasaran produk mereka. Contoh penerapan teknik ini dapat dilihat dalam Apple copywriting iPhone 11 Pro:

Pro cameras. Pro display. Pro performance.”( Kamera pro. Tampilan Pro. Kinerja pro.)

Dalam kalimat ini, frasa “Pro” diulang tiga kali untuk menyoroti keunggulan produk Apple dalam tiga aspek utama, yakni kamera, tampilan, dan performa.

3. Gambarkan Kualitas Produk dengan Analogi

Apple menggunakan analogi yang mudah diterima konsumen untuk menggambarkan kualitas produk mereka. Analogi adalah konsep perbandingan melalui objek atau situasi yang dikenali. 

Kalimat promosi iPad Pro adalah contoh copywriting Apple yang digambarkan dengan analogi:

“iPad Pro: Your next computer is not a computer.”(iPad Pro: Komputer Anda selanjutnya bukanlah komputer) 

Apple ingin memberitahu konsumen bahwa komputer dapat dibuat lebih fleksibel dan efisien, melalui produk mereka iPad Pro.

4. Berpegang pada KISSES (Keep It Short, Simple, Effortless)

Dalam sebuah studi, membuktikan apabila rata-rata orang kehilangan konsentrasi setelah 8 detik. Apple mampu membuat solusi, dengan copywriting yang simple dan efektif. 

Sehingga, Apple mampu mencapai target pemasaran, dengan membuat konsumen paham keunggulan dari produk yang ditawarkan, hanya dari beberapa kata singkat.

Contoh penerapan teknik Apple copywriting ini dapat dilihat dalam produk MacBook dan iPhone X:

“MacBook Light. Years ahead.” dan “iPhone X Brilliant. In every way.”

Contoh dua kalimat singkat tersebut mampu menjelaskan karakteristik produk kepada konsumen secara efektif.

5. Berdasar pada Kutipan Populer

Pernah menonton film Spider-man?

With great power comes great responsibility.”(Dengan kekuatan besar, datang tanggung jawab besar)

Kalimat di atas menjadi populer, karena diucapkan Ben Parker, salah satu karakter dalam film tersebut. Kemudian, Apple memanfaatkan kutipan tersebut untuk dijadikan bahan dasar teks iklan. Sebagai contoh:

With great power comes great capability.”

(Dengan kekuatan besar, datang kemampuan besar)

Apple memodifikasi kutipan dalam film Spiderman menjadi kalimat pemasaran yang menarik dan relevan dengan produk mereka.

Yuk, Buat Copywriting yang Legit!

Apple mendapatkan kesuksesan besar dalam penjualan produk mereka, disamping dari kualitas produk itu sendiri. Peranan copywriting yang cemerlang untuk pemasaran, mengambil andil besar dalam kesuksesan.

Jika Anda ingin menjadi copywriter yang hebat, selain belajar dari bagaimana kesuksesan copywriting Apple dalam mempromosikan produknya, Anda juga harus mempelajari tools copywriting yang sesuai untuk Anda gunakan. Selain itu, pastikan membuat teks sesuai dengan urutan anatomi copywriting yang tepat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development