Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Catat! Ini Dia 14 Tools Copywriting yang Harus Anda Tahu!

3 min read

Catat! Ini Dia 14 Tools Copywriting yang Harus Anda Tahu!

Copywriter memiliki tugas untuk membantu bisnis dalam mencapai eksistensi di dunia digital. Oleh sebab itu, tools copywriting sangat dibutuhkan oleh seorang copywriter, sebagai teknik copywriting, agar bisa membuat tulisan yang menarik.

Karena, tulisan yang menarik akan memudahkan jalan bagi sebuah bisnis untuk sukses di pemasaran digital. Bagaimana caranya membuat tulisan yang menarik? Penasaran apa saja tools copywriting tersebut? Cek di bawah ini

14 Tools untuk Copywriting Terbaik

Berikut adalah 14 tools untuk copywriting terbaik yang bisa Anda gunakan:

1. Ejaan.id

Ejaan.id

Ejaan.id adalah salah satu tools copywriting yang bisa Anda coba. Aplikasi berbasis web ini bisa Anda gunakan untuk memeriksa ejaan dalam Bahasa Indonesia. Jika Anda ingin membuat copy dengan bahasa yang terkesan profesional dan baku, web ini wajib Anda coba.

2. Lektur.id

Lektur.id

Lektur.id adalah tools copywriting Bahasa Indonesia lainnya yang Anda butuhkan untuk membuat contoh soft selling yang menarik.

Bagaimana tidak? Di web ini Anda bisa mencari sinonim dari banyak kata dalam Bahasa Indonesia. Sehingga, Anda akan bisa membuat copy dengan bahasa yang variatif.

Tidak hanya menyediakan fitur sinonim, Lektur.id juga menyediakan fitur antonim, cek typo, KBBI, dan kamus Inggris-Indonesia. Cukup lengkap, bukan?

3. Rima Kata

Rimakata

Salah satu jurus ampuh dalam melakukan copywriting adalah dengan menggunakan rima. Copy yang mengandung rima cenderung mudah diingat dan lebih bisa memikat calon pembeli.

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat rima, jangan khawatir! Sekarang, Anda bisa menggunakan Rima Kata.

4. KBBI Daring

KBBI daring

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bisa dibilang adalah buku wajib bagi seorang copywriter. Apalagi, saat membuat tulisan yang formal, baku, dan profesional.

Sekarang, Anda tak perlu repot-repot lagi membawa KBBI secara fisik, karena KBBI sudah ada dalam bentuk daring.

Anda juga tidak perlu repot membuka halaman satu-satu untuk mencari kata. Cukup dengan mengetik suatu kata, Anda bisa langsung menemukan kata yang Anda cari. 

5. EYD Edisi V (ke-5)

EYD

Selain pemilihan kata, tanda baca yang benar juga sama pentingnya dalam copywriting. EYD (Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan) adalah web yang bisa membantu Anda menulis dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mulai dari bagaimana caranya menggunakan huruf kapital, tanda baca, dan lain-lain.

6. Tesaurus Tematis

Tesaurus

Thesaurus Tematis adalah salah satu tools copywriting Bahasa Indonesia yang paling terkenal dan tidak boleh Anda lupakan. Di web ini, Anda bisa mencari berbagai opsi berdasarkan kelas katanya, seperti adjektiva, adverbia, konjungsi, nomina, dan lain-lain.

7. Copy.ai

Copyai

Kadang, seorang copywriter juga bisa menulis copy dalam Bahasa Inggris. Terutama jika target pasarnya adalah orang asing. Maka, Copy.ai adalah web berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa Anda andalkan. Di sini, Anda bisa memperoleh beberapa opsi copy yang bisa digunakan sesuai perintah yang diberikan.

Beberapa opsi ini nantinya akan Anda pilih dan sunting lagi, agar sesuai dengan target pasar bisnis.

8. Grammarly

Grammarly

Grammarly adalah tools yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa ejaan dalam Bahasa Inggris. Web ini bisa membantu Anda untuk membuat copy yang lebih singkat, padat, namun tetap memikat. Selain itu, Grammarly juga bisa mengoreksi jika terjadi kesalahan grammar pada copy Anda.

9. DIA dari MTARGET

DIA MTARGET

Salah satu media yang sering membutuhkan kemampuan copywriting adalah email. Nah, DIA (Digital Intelligence Assistant) dari MTARGET ini adalah tools yang bisa Anda manfaatkan untuk menulis copy di email marketing. DIA dari MTARGET ini juga merupakan AI email marketing pertama di Indonesia.

10. Wordcounter

Wordcounter

Salah satu syarat dalam copywriting adalah menggunakan kata yang singkat, padat, jelas, dan mampu membuat calon konsumen tertarik. Wordcounter adalah web yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah tulisan yang Anda buat sudah cukup ringkas atau belum, dengan cara menghitung jumlah karakter dan kata.

11. Copywritely

Copywritely

Copywritely merupakan tools copywriting yang bisa Anda coba untuk mengecek kualitas copy yang sudah Anda tulis. Tools ini bisa Anda gunakan untuk mencari opsi kalimat yang lebih baik pada copy

Selain itu, di web ini Anda juga bisa memeriksa kesalahan tata bahasa. Copywritely juga cocok bagi pengerjaan SEO (Search Engine Optimization).

12. Words to Use

Words to Use

Jika ada Lektur.id dalam bahasa Indonesia, maka ada Words to Use dalam Bahasa Inggris. Words to Use adalah web yang menyediakan banyak pilihan sinonim kata, agar copy yang Anda buat lebih berwarna. 

13. Copywriting Examples

Copywriting Examples

Mencari ide atau perspektif dalam menulis menjadi tantangan tersendiri bagi seorang copywriter. Hal ini lazim disebut dengan writer’s block. Jika Anda seorang copywriter, pasti pernah mengalami ini, bukan?

Copywriting Examples adalah tools copywriting yang berbeda dari berbagai tools-tools sebelumnya. Di sini, Anda bisa melihat banyak contoh copy yang terbukti sukses di bidangnya.

Selain Anda mendapatkan ide, Anda juga akan mendapatkan pemahaman baru mengenai copywriting di web ini. Tapi, web ini hanya menyediakan copy dalam Bahasa Inggris.

14. Headline Analyzer

Headline Analyzer

Headline adalah elemen terpenting di dalam copywriting. Minat atau tidaknya target konsumen untuk membaca copy Anda lebih lanjut, sangat ditentukan dari headline-nya.

Headline Analyzer adalah tools untuk copywriting yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kualitas headline yang sudah Anda buat. Web ini mampu menilai seberapa besar nilai emosi yang terkandung pada copy.

Yang Mana Tools Copywriting Favorit Anda?

Jika dilihat dengan saksama, berbagai tools tersebut memiliki fungsi dan spesialisasinya masing-masing. Anda bisa menggunakan tools tersebut sesuai dengan kebutuhan dan bahasa yang digunakan dalam copy Anda.

Selain membuat copy, Anda pun juga bisa menggunakan jasa copywriter untuk membuat bisnis Anda makin eksis.

Makinrajin adalah agensi digital marketing terbaik di Indonesia. Dengan pembuatan copy yang original dan SEO friendly, buat penjualan produk Anda meningkat dengan pesat.

Masalah harga? Jangan khawatir! Anda bisa mendapatkan copy yang berkualitas dengan harga terjangkau, agar bisa menghemat budget marketing Anda. Jadi, tools copywriting bukanlah satu-satunya solusi bagi Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development