Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

11 Teknik Copywriting yang Bisa Memikat Konsumen

4 min read

11 Teknik Copywriting yang Bisa Memikat Konsumen

Dalam dunia digital marketing, salah satu hal yang perlu Anda pelajari adalah teknik copywriting. Teknik ini masih dianggap sebagai salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran.

Copywriting adalah salah satu teknik untuk melakukan pemasaran dengan menggunakan media tulisan. Dengan menggunakan teknik yang benar, maka hal tersebut bisa meningkatkan penjualan dan trafik.

Teknik Copywriting yang Mampu Memikat

Pada penggunaanya saat ini, ada banyak teknik copywriting yang bisa Anda lakukan. Tujuan utama dari penggunaan teknik ini tentu saja untuk membuat calon konsumen tertarik. Berikut adalah beberapa teknik copywriting yang bisa Anda gunakan.

1. Problem Solving

Salah satu teknik copywriting yang banyak digunakan dan cukup efektif adalah dengan memberikan solusi atau pemecah masalah. Dalam hal ini, Anda akan memulainya dengan menyajikan masalah yang ada, memberikan gambaran atau situasi yang ideal, lalu terakhir memberikan solusi atau penyelesaian masalah.

Teknik ini bisa Anda gunakan ketika ingin menjangkau konsumen dengan kebutuhan yang sangat spesifik. Nantinya solusi yang ada akan Anda kaitkan dengan produk yang Anda jual.

Contoh penggunaan teknik copywriting ini adalah “Jika Anda sering merasa sakit di bagian telapak kaki setelah terlalu lama berjalan, mungkin karena sepatu yang Anda gunakan tidak nyaman. Gunakan produk sepatu ini untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih baik dan juga bisa melindungi kaki Anda”.

Baca juga: Contoh Copywriting Produk Herbal

2. Fokus pada Keunggulan

Cara lainnya yang juga banyak digunakan ketika membuat copywriting adalah dengan fokus pada keunggulan, kelebihan, ataupun keuntungan ketika menggunakan produk tersebut.

Ketika menggunakan teknik ini, maka Anda bisa memulainya dengan menjelaskan fitur apa saja yang ada pada produk tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memulainya dengan memberikan penjelasan tentang keuntungan yang akan didapatkan oleh pengguna.

Dengan menggunakan teknik ini, maka fokus utama Anda adalah menonjolkan semua hal yang bisa didapatkan konsumen nantinya. Dalam beberapa kasus, Anda juga bisa menggunakan perbandingan dengan produk lain.

3. Penggunaan Nomor pada Bagian Judul

Cara ini bisa sangat berguna ketika Anda akan membuat copywriting dalam teks yang cukup panjang. Dua hal yang bisa Anda lakukan adalah memberikan nomor pada bagian judul lalu membuat tulisan tersebut dalam bentuk listicle.

Mungkin Anda sering melihat tulisan dengan judul seperti “5 keuntungan menggunakan produk X” atau “4 cara agar sakit punggung Anda hilang”. Keduanya merupakan contoh penggunaan nomor pada bagian judul.

Teknik copywriting ini bisa membantu memberikan informasi pada konsumen dengan lebih ringkas. Sebab, salah satu masalah ketika membuat copywriting yang cukup panjang adalah konsumen akan mudah bosan ketika membacanya.

4. Teknik 4C

Dalam dunia copywriting, mungkin Anda pernah mendengar tentang teknik 4C yaitu, clear, concise, compelling, credible atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi jelas, ringkas, menarik, dan bisa dipercaya.

Ini merupakan salah satu teknik yang bisa Anda gunakan untuk membuat copywriting tidak bertele-tele. Dengan menggunakan teknik ini, Anda bisa langsung fokus dengan tujuan dari pembuatan copywriting itu sendiri.

Teknik ini nantinya akan membuat Anda memiliki kerangka tentang seperti apa copywriting yang akan dibuat. Teknik ini juga banyak dibuat untuk pembuatan copywriting yang singkat.

Baca juga: AIDA: Teknik Copywriting Ampuh  untuk Tingkatkan Penjualan 

5. Clickbait

Cara lainnya yang juga banyak digunakan dalam pembuatan copywriting adalah menggunakan clickbait. Teknik ini biasanya memiliki ciri khas dengan penggunaan judul yang sangat menarik.

Dalam teknik ini, Anda akan mencari kata-kata yang kreatif dan bisa memikat mulai dari penggunaan judul atau headline. Teknik ini sendiri cukup efektif, terutama jika melihat masih banyak orang yang terpikat hanya dengan membaca judulnya.

Meski demikian, teknik ini juga tetap harus dibarengi dengan kualitas isi konten yang berbobot dan relevan. Jika hanya judulnya saja yang menarik namun isinya tidak, maka sama saja dengan penggunaan teknik yang gagal.

6. Persuasif

Mungkin ini merupakan salah satu teknik copywriting paling konvensional, namun masih tetap efektif untuk Anda gunakan sampai sekarang. 

Sesuai namanya, teknik ini akan menggunakan kata-kata ajakan di dalamnya. Teknik ini juga biasanya digunakan dengan menambahkan call to action pada bagian akhir. Teknik ini sendiri bisa Anda gunakan untuk penggunaan hard selling dan juga soft selling.

Penggunaan call to action nantinya untuk mendukung dan memudahkan konsumen yang tertarik sehingga bisa lebih cepat untuk melakukan apa yang diminta.

7. Mengenali Audiens

Teknik lainnya yang juga bisa Anda gunakan ketika akan membuat copywriting adalah dengan mengenali audiens terlebih dahulu. 

Misalnya, ketika membuat copywriting dengan target anak SMA tentu akan berbeda dengan target para pekerja. Di sinilah hal yang perlu Anda perhatikan. Berbeda target berbeda juga cara yang perlu Anda lakukan. 

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengenali audiens adalah melakukan riset. Anda harus paham apa yang dibutuhkan audiens, bagaimana solusi yang ideal, dan bagaimana cara Anda menawarkan produk yang Anda jual agar bisa mereka terima. 

Ini merupakan cara membuat copywriting yang terbilang efektif jika Anda ingin menjual produk dengan niche yang spesifik.

8. Storytelling

Teknik lainnya yang juga banyak digunakan saat ini untuk membuat copywriting yang baik adalah dengan membuat storytelling yang menarik. Pada penggunaan cara ini, Anda dapat mengajak konsumen untuk membaca cerita yang relate dengan apa yang mereka butuhkan.

Penggunaan teknik storytelling ini memang memiliki untung rugi yang cukup besar. Keuntungannya adalah Anda bisa menjelaskan lebih banyak hal karena konten ini bisa Anda buat cukup panjang.

Namun masalahnya, Anda juga harus memastikan konten tersebut tidak membosankan. Banyak orang yang masih malas membaca konten yang cukup panjang.

Salah satu cara untuk membuat konsumen tidak bosan ketika menggunakan teknik ini adalah memastikan setiap bagian membuat mereka penasaran. Dalam banyak kasus, pembuatan copywriting dengan teknik ini juga membutuhkan banyak riset.

9. Penyesuaian Kata Kunci

Sebenarnya, cara ini berkaitan dengan SEO dan kebiasan banyak orang yang mencari dengan menggunakan mesin pencari. Sehingga pada akhirnya banyak orang yang membuat copywriting dengan menyelipkan kata kunci.

Penggunaan kata kunci ini sendiri akan berkaitan dengan hal apa yang paling banyak orang cari berkaitan dengan produk yang Anda jual. Nantinya kata kunci itulah yang akan digunakan.

Kata kunci ini merupakan hal yang nantinya banyak dicari oleh pengguna. Semakin relevan kata kunci yang Anda gunakan maka akan semakin mudah juga konten tersebut untuk ditemukan.

10. Berdasarkan FAQ

Mungkin Anda pernah mendengar istilah FAQ atau Frequently Asked Question. Ini merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika akan membuat copywriting.

Salah satu keuntungan menggunakan cara ini adalah Anda tidak perlu lagi susah-susah mencari isi konten. Anda hanya tinggal melakukan riset apa saja yang menjadi pertanyaan dari para konsumen.

Selain sebagai cara promosi, cara ini juga bisa bermanfaat untuk memberikan penjelasan dengan lebih ringkas untuk konsumen. Dua keuntungan inilah yang membuat penggunaan cara ini menjadi lebih efektif.

11. Fakta dan Data

Teknik copywriting lainnya yang juga banyak digunakan saat ini adalah penyampaian fakta dan data. Cara ini bertujuan untuk memperlihatkan produk yang Anda jual dari sisi lain.

Tentu saja ketika ingin menggunakan cara ini, Anda perlu memiliki sumber yang jelas. Kekuatan riset merupakan hal penting dalam teknik yang satu ini. Anda tentu tidak bisa asal memberikan data dan fakta tersebut.

Memberikan data dan fakta merupakan salah satu cara untuk memikat konsumen yang butuh kepercayaan lebih sebelum memilih produk yang Anda jual. Selain itu, pemberian data dan fakta juga bisa membuat Anda lebih mudah untuk menciptakan kerangka pembuatan copywriting.

Biasanya, penggunaan teknik ini juga akan dibarengi dengan beberapa istilah ilmiah. Maka pastikan penggunaan beberapa istilah tersebut akan mudah untuk dipahami orang umum.

Optimalkan Teknik Copywriting Anda Sekarang Juga!

Tulisan masih menjadi salah satu cara menarik banyak konsumen yang cukup efektif. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa penggunaan teknik copywriting menjadi cukup penting.Saat ini, penggunaan copywriting juga masih banyak digunakan, bahkan untuk platform lain. Termasuk ketika Anda membuat konten video, maka copywriting akan Anda butuhkan dalam penulisan script video tersebut.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development