Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar, dan Cara Kerja SEO (Lengkap)

Tentunya, Anda pernah menggunakan Google ataupun mesin pencari lain untuk mencari informasi melalui internet. Hasil yang ditampilkan pun relevan dengan kata kunci yang Anda cari.

Pernahkah Anda berpikir bagaimana bisa sebuah mesin pencari menampilkan informasi yang relevan dengan kata kunci? Setiap hasil pada mesin pencari juga memiliki peringkat masing-masing. Ada yang berada di peringkat 1, ada juga yang berada di halaman 10.

Mesin pencari mengatur peringkat setiap konten berdasarkan algoritma dari masing-masing mesin pencari dan bukan secara acak. Semakin tinggi peringkat konten pada mesin pencari, biasanya kualitas konten tersebut semakin baik dibandingkan dengan konten yang berada di bawahnya.

Apa itu SEO?

Untuk dapat menduduki peringkat satu pada kata kunci yang Anda targetkan, Anda perlu SEO. Apa itu SEO? Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah cara bagi pemilik website untuk menyesuaikan website mereka dengan algoritma mesin pencari supaya bisa mendapatkan peringkat satu untuk kata kunci tertentu.

Misalnya, Anda mengetikkan kata kunci tips memilih laptop, maka apabila Anda belajar SEO dengan benar, website Anda akan berada di posisi paling atas pada mesin pencari. Contohnya seperti website saya di bawah:

Apa itu SEO? Belajar SEO untuk pemula

Dengan bantuan SEO, konten website saya dapat menduduki peringkat 1 dengan kata kunci tips memilih laptop dan kata kunci lain yang relevan dengan itu. Mungkin, pada gadget Anda, website saya bisa berada di peringkat 2 ataupun 3. Karena peringkat hasil pencarian pada mesin pencari mudah berubah, tapi tidak terlalu jauh.

Artikel tersebut menyumbang sekitar ribuan views perbulannya. Berikut grafiknya:

grafik views makinrajin

Terbukti SEO memang ampuh untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Pengunjung yang datang dari mesin pencari juga cukup prospek dibandingkan pengunjung dari sosial media, ataupun sumber lainnya. Mengapa demikian?

  • Pengunjung mengunjungi website yang relevan dengan apa yang mereka cari. Otomatis, konten website Anda memiliki informasi yang mereka butuhkan sehingga kualitas pengunjung merupakan yang terbaik nomor 2 setelah email.
  • Volume pengunjung dari mesin pencari atau search engine merupakan yang terbanyak dibandingkan media lain. Itu karena, semua orang pasti menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, ataupun melakukan perbandingan terhadap suatu produk.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Tadi sudah kita bahas bahwa algoritma mesin pencari yaitu menampilkan hasil yang paling berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengunjung. Nah, untuk dapat berada di peringkat paling atas, Anda perlu belajar SEO.

Logikanya seperti ini:

Google dan mesin pencari lain pasti ingin menarik perhatian para pengguna untuk menggunakan layanan mereka daripada layanan saingan mereka. Untuk dapat memuaskan para pengguna, Google pastinya akan menampilkan konten yang berkualitas dengan kata kunci.

Kalau kita sebagai pengunjung disuguhkan dengan konten berkualitas, pastinya kita akan puas dan menggunakan mesin pencari tersebut. Nah, untuk dapat menduduki peringkat satu, Anda harus memiliki konten yang berkualitas dibandingkan dengan konten lain yang membahas topik yang sama.

Sebenarnya, tidak hanya konten yang Anda perhatikan untuk dapat menduduki peringkat satu. Ada beberapa unsur yang juga harus Anda perhatikan untuk menjadi yang terbaik di antara website lain.

  • Navigasi
  • Reputasi

Tiga unsur di atas (konten, navigasi, dan reputasi) merupakan dasar dari SEO on page dan off page.

Apakah SEO itu Penting?

Sebenarnya, penting tidaknya SEO itu tergantung dengan website Anda sendiri. Jika konten Anda biasa dicari melalui mesin pencari, berarti penting. Tapi, jika target pasar Anda bukan dari mesin pencari (sosial media), berarti SEO tidak penting bagi Anda.

Contoh website yang butuh SEO untuk membantu mendapatkan pengunjung adalah toko online, blog yang berisi tutorial, informasi, dan lain-lain.

Dengan adanya SEO, Anda bisa mendapatkan pengunjung dengan tak terbatas setiap harinya. Berdasarkan data dari Moz, website yang menempati meringkat pertama akan mendapatkan jumlah klik sekitar 30% dari total pencarian. Cukup besar untuk mendapatkan pengunjung dari SEO.

Apabila ada 1000 orang memasukkan kata kunci tertentu dan website Anda mendapatkan peringkat 1, maka ada sekitar 300 orang yang mengunjungi website Anda.

SEO tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung. Namun, SEO berguna untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget. Artinya, pengunjung tersebut bukan hanya sekedar mampir ke website atau blog Anda dan kemudian tidak kembali lagi.

Tapi, pengunjung tersebut memiliki ketertarikan yang sama dengan topik yang dibahas pada blog Anda. Dengan adanya pengunjung yang tertarget, maka kemungkinan besar website atau blog Anda bisa menghasilkan penjualan dalam jumlah banyak.

Namun, SEO juga punya kelebihan dan kekurangan. Sebelum memulai panduan belajar SEO online ini, Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan SEO supaya dapat membuat website yang SEO friendly.

Kelebihan SEO

  • Gratis. Untuk dapat belajar dan mengaplikasikan SEO pada website, Anda tidak perlu membayar. Semua teknik SEO bisa Anda lakukan sendiri. Meskipun ada banyak jasa SEO yang beredar di internet. Sebenarnya, Anda bisa melakukan SEO sendiri. Saya pun mengaplikasikan SEO tanpa bantuan orang lain.
  • Membuat website lebih mudah diingat. Apabila Anda menggunakan SEO dan blog Anda muncul di peringkat pertama untuk kata kunci dengan persaingan menengah ke atas, tentunya akan ada banyak pengunjung yang mengingat nama website/blog Anda. Dengan begitu, blog Anda akan memiliki pengunjung loyal.
  • Manajemen mudah. Ada berbagai tools yang mampu membantu Anda dalam belajar SEO. Anda juga bsia memonitor progres peringkat konten blog Anda pada mesin pencari.

Kelemahan SEO

  • Prosesnya lama. Hasil dari penerapan SEO tidaklah instan. Anda harus menunggu berminggu-minggu ataupun berbulan-bulan untuk dapat melihat hasilnya. Jangan pernah berharap konten blog Anda bisa berada di peringkat satu pada mesin pencari dengan kata kunci tertentu (kecuali jika kata kunci tersebut tidak ada yang mencari).
  • Pesaingan yang cukup ketat. Apabila Anda menggunakan SEO, Anda harus bersiap-siap dengan ribuan atau bahkan jutaan blog yang membahas topik yang sama.saingan banyak ketika belajar SEOGambar di atas adalah hasil yang ditampilkan ketika saya mengetikkan kata kunci tips memilih laptop. Ada sekitar 10 juta lebih konten yang berisi tips memilih laptop. Nah, dengan kata lain, saya bersaing dengan 10 juta lebih konten tersebut dan saya berhasil menduduki peringkat 1, mengalahkan website besar lainnya.
  • Algoritma mesin pencari selalu berubah. Anda harus selalu siap ketika peringkat blog Anda turun karena tidak sesuai dengan algoritma terbaru dari mesin pencari. Apabila peringkat Anda turun, segera perbaiki konten tersebut dan lakukan teknik SEO off page dengan tepat.

Tapi tenang, meskipun kelihatannya ribet. Belajar SEO cukup mengasyikkan dan tidaklah susah. Anda perlu kesabaran dan konsistensi yang tinggi. Ada banyak istilah asing yang mungkin belum Anda dengar ketika sedang belajar SEO, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Page Authority (PA) : PA adalah otoritas dari sebuah halaman. Semakin banyak link yang mengarah ke halaman tersebut, maka nilai PA semakin tinggi.
  • Domain Authority (DA) : DA adalah otoritas dari domain tersebut. Faktor yang memengaruhi DA adalah jumlah link yang mengarah ke domain (root ataupun artikel). DA hampir sama dengan PA.
  • Backlink: Backlink adalah sebuah link dari website lain menuju website kita.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa itu SEO serta cara kerja dari SEO. SEO merupakan ilmu penting yang harus dikuasai oleh para pebisnis online yang ingin mendapatkan penghasilan melalui internet.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *