Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu SEO? Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Kerjanya

3 min read

Apa Itu SEO? Pengertian, Manfaat, Jenis, Faktor, dan Cara Kerjanya

Dalam era digital yang semakin maju, memiliki kehadiran online yang kuat adalah kunci kesuksesan perusahaan yang mempromosikan bisnisnya melalui website. Nah, SEO adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas dan menarik pengguna ke website bisnis Anda.

Dalam artikel ini, mari kita pahami lebih dalam apa itu SEO, manfaat, jenis, faktor, dan bagaimana cara kerjanya. Sehingga, website Anda berkesempatan mendapatkan ranking dan traffic yang lebih baik di mesin pencari.

Apa Itu SEO?

Secara harfiah, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Praktik optimasi website ini berguna untuk meningkatkan ranking atau traffic suatu website di hasil mesin pencari organik seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Artinya, tujuan utama dari SEO adalah memastikan kesuksesan website Anda untuk muncul di halaman pertama hasil mesin pencarian atau Search Engine Result Page (SERP) ketika pengguna menuliskan kata kunci tertentu. Sehingga, Anda dapat meningkatkan visibilitas atau jangkauan yang mana akan mengarahkan lebih banyak pengguna ke website Anda. 

Cara Kerja Search Engine Optimization (SEO)

Cara kerja SEO melibatkan serangkaian strategi yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat website Anda di SERP. Para ahli setuju bahwa cara kerja SEO adalah sebagai berikut:

1. Crawling

Crawling dalam konteks Search Engine Optimization merujuk pada proses mesin pencari menjelajahi lalu mengumpulkan informasi dari halaman-halaman website di seluruh internet. Proses ini dilakukan oleh program yang disebut “web crawler” atau “spiderbots” untuk memperoleh informasi tentang konten dan struktur website yang diinginkan.

2. Indexing

Selanjutnya, mesin pencari akan melakukan indexing atau proses menyimpan dan mengorganisir informasi yang web crawler kumpulkan dari halaman-halaman website. Setelah halaman website berhasil di-crawl, langkah selanjutnya adalah mengindeks konten tersebut agar dapat ditemukan dan ditampilkan dalam hasil pencarian.

3. Ranking

Kemudian, mesin pencari akan melakukan ranking yang merupakan proses menampilkan posisi atau urutan website untuk kata kunci tertentu di SERP. Di mana setelah mesin pencari menerima pertanyaan pencarian yang pengguna berikan, mesin pencari menggunakan algoritma Google Mobile First Index.

Tujuannya adalah untuk menentukan urutan dan peringkat halaman website yang paling relevan dengan kata kunci tersebut. Algoritma tersebut akan mempertimbangkan berbagai faktor seperti relevansi konten, struktur website dan kredibilitasnya, kualitas tautan atau link, pengalaman pengguna, dan faktor lainnya.

Jenis Teknik Search Engine Optimization (SEO)

Pada dasarnya, SEO terbagi ke dalam 4 area teknik yang semuanya digunakan untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas website di mesin pencari. Jenis teknik-teknik SEO tersebut adalah sebagai berikut:

1. On-Page SEO

Teknik onpage SEO melibatkan pengoptimalan elemen-elemen yang ada di dalam halaman website. Seperti judul halaman, tag header (H1, H2, H3, dst), URL, internal linking, penggunaan kata kunci yang tepat, gambar dengan atribut alt, dan deskripsi meta. Pastikan konten mudah dibaca oleh mesin pencari dan menarik bagi pengguna. Selain itu, perhatikan kepadatan kata kunci yang seimbang dan hindari praktik spamming kata kunci.

2. Off-Page SEO

Berbeda dengan on-page SEO, teknik off-page SEO melibatkan usaha mengoptimalkan elemen-elemen yang ada di luar halaman website, misalnya membangun backlink berkualitas dari website lain (link building). Selain itu, Anda juga perlu berpartisipasi dalam promosi media sosial, meningkatkan domain authority dan page authority, serta berkolaborasi dengan pemilik website lain. 

3. Technical SEO

Technical SEO adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan aspek teknis sebuah website agar sesuai dengan karakteristik algoritma SERP. Sehingga, halaman website dapat diindeks dengan baik oleh mesin pencari. Fokus dari teknik ini adalah pada struktur dan pengaturan teknis website, yang dapat mempengaruhi peringkat SEO dan visibilitas website dalam hasil pencarian. Adapun beberapa poin utama dalam technical SEO yaitu:

  • Memiliki struktur URL yang baik, relevan, dan mudah dibaca dapat membantu mesin pencari dan pengguna memahami konten halaman.
  • Sitemap XML adalah kumpulan URL yang ada di dalam halaman website. Sitemap menyediakan daftar halaman penting di website dan memberikan petunjuk kepada mesin pencari tentang halaman mana yang perlu diindeks.
  • Schema markup merupakan kode yang ditambah ke halaman website untuk memberikan informasi tambahan tentang jenis konten yang ada di halaman tersebut. Dengan schema Markup, mesin pencari dapat memahami konten dengan lebih baik, dan dalam beberapa kasus, menampilkan tampilan khusus seperti cuplikan hasil (rich snippets) dalam hasil pencarian.
  • Mengoptimalkan kecepatan waktu muat atau loading website dengan cara mengkompresi gambar, meminimalkan kode, menggunakan caching, dan mengoptimalkan hosting.

4. Local SEO

Local SEO adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website dalam pencarian lokal bisnis yang memiliki lokasi fisik di wilayah tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa bisnis muncul di hasil pencarian yang relevan ketika pengguna mencari produk atau layanan di daerah Anda. Adapun beberapa poin utama dalam Local SEO yakni:

  • Mendaftar dan mengoptimalkan profil bisnis di Google My Business. Pastikan informasi bisnis Anda lengkap, mulai dari nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan kategori bisnis.
  • Optimalisasi kata kunci yang berhubungan dengan lokasi bisnis dalam konten website, tag judul, deskripsi meta, dan tag heading.
  • Mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan positif tentang bisnis di platform ulasan lokal seperti Google atau Yelp. Sehingga, Anda dapat meningkatkan otoritas dan kepercayaan pengguna pada bisnis Anda.

Mengapa Search Engine Optimization (SEO) Penting untuk Website dan Bisnis?

Berdasarkan penjelasan teori-teori di atas, SEO yang mana adalah singkatan dari Search Engine Optimization sangatlah penting bagi website dan bisnis Anda karena dapat:

  • Meningkatkan peringkat dan visibilitas website di SERP, sehingga pengguna sebagai target audiens dapat menemukan website dengan mudah.
  • Membantu mendapatkan organic traffic, yaitu pengguna yang datang ke website melalui hasil pencarian tanpa harus membayar iklan. 
  • Membantu membangun otoritas dan kepercayaan bahwa website adalah sumber yang terpercaya atau kredibel dan berkualitas.
  • Memberikan brand awareness dan pengalaman pengguna yang baik dalam hal kecepatan muat halaman, navigasi yang mudah, tautan yang relevan, dan konten yang informatif.
  • Meningkatkan penjualan, konversi, dan ROI atau Return on Investment karena Anda bagaikan memiliki investasi jangka panjang.

Faktor Penting dalam Search Engine Optimization (SEO)

Selain manfaatnya, Anda juga bisa menggolongkan beberapa faktor atau indikator utama dalam SEO berdasarkan penjelasan di atas. Faktor-faktor tersebut adalah:

  • Meneliti dan memilih kata kunci yang paling populer serta yang paling sesuai dengan konten website.
  • Menciptakan konten yang berkualitas, informatif, dan menarik bagi pengguna.
  • Memiliki struktur website yang teratur dan mudah dinavigasi.
  • Mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari situs otoritatif dan relevan.
  • Mesin pencari memberikan perhatian khusus pada pengalaman pengguna di perangkat mobile serta website yang responsif dan mobile-friendly.
  • Mesin pencari akan memberikan ranking lebih tinggi kepada website yang memiliki page speed yang cepat.

Kesimpulan

Demikian beberapa penjelasan teori apa itu SEO serta manfaat, jenis, faktor, dan cara kerjanya. Kesimpulannya, SEO adalah faktor penting bagi kesuksesan sebuah website dan bisnis. 

Anda bisa belajar SEO dengan mudah karena sudah ada banyak sumber yang mengupas teori-teori SEO melalui internet atau kursus. Dengan menerapkan praktik yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas, organic traffic, dan kredibilitas website Anda di mesin pencari.

Makinrajin menyediakan jasa SEO murah untuk meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Dengan begitu, harapannya website Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung dan penjualan dari sisi organik.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development