Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Arti Logo Starbucks Ternyata Menyimpan Sejarah Ini

3 min read

Arti Logo Starbucks Ternyata Menyimpan Sejarah Ini

Siapa yang tidak mengenal Starbucks? Hampir tidak ada yang asing dengan brand ini, mengingat produknya yang sangat populer. Bahkan, tak jarang pula orang-orang menggunakannya sebagai ajang untuk pamer, karena harganya yang cukup mahal. Namun, bukan ini yang akan menjadi pembahasannya, melainkan tentang arti logo starbucks.

Ya, meski banyak yang membeli produk kopinya, tapi jarang ada yang mengetahui makna logo Starbucks itu sendiri. Apa itu logo? Jadi, logo bisa diartikan sebagai simbol atau identitas suatu perusahaan. Pernahkah Anda memperhatikan bentuk dari simbol yang terdapat pada gelas kopi Starbucks? Bagaimana bentuknya?

Tak sedikit yang berpikir bahwa logo tersebut menggunakan konsep ratu yang artinya produknya mampu menguasai dunia layaknya seorang ratu di kerajaan. Namun, ternyata arti logo starbucks tidaklah demikian. Ada beberapa cerita dan sejarah dibalik pembuatan logo Starbucks. Yuk, simak ulasannya di sini!

Kisah Dibalik Logo Starbucks

Setiap perusahaan berusaha sebaik mungkin untuk membuat logo. Tak hanya itu saja, filosofi logo yang termuat dalam proses pembuatannya juga tak jauh dari sejarah bisnis itu berdiri. Begitupun dengan Starbucks yang menyimpan cerita dari identitas yang saat ini Anda bisa ketahui dari wadah produknya.

Dari beberapa sumber menyebutkan, bahwa logo Starbucks menggunakan gambar sosok makhluk mitologi dari Yunani. Sosok ini memiliki wujud layaknya putri duyung yang sangat cantik, namun memiliki dua ekor. Nama dari duyung tersebut adalah Siren yang konon katanya sering menampakkan diri untuk menggoda para pelaut.

Siren sangat terkenal dengan suara merdunya. Dengan kelebihan inilah ia akan menggoda para pelaut untuk menggiring mereka ke sebuah pulau kecil di Lautan Pasifik. Lantas, apa arti logo starbucks dan hubungannya dengan Siren?

Arti Logo Starbucks

Makna logo Starbucks adalah mempesona dan menyihir para pecinta kopi, agar mau singgah di kedai-kedai miliknya. Jadi, dalam sekali lihat, mereka akan langsung tergiur dan pada akhirnya menjadi langganan tetapnya. Nah untuk memperjelasnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang logo Starbucks:

1. Siren

Seperti yang Anda baca tadi, bahwa Siren merupakan sosok yang wujudnya setengah ikan dan manusia. Namun, siapa yang bisa menolak pesona dari makhluk ini? Konon, kecantikan Siren bisa membuat para pelaut lupa tujuannya dan terlena. Selain itu, suara merdunya juga mampu menarik perhatian pelaut agar mau mengikuti kemanapun Siren pergi.

Sama halnya dengan kedai kopi dari Starbucks. Semua orang akan terlena dan bersantai di kedai ini tanpa sadar mereka telah membuang waktu berharga untuk menikmati kopi. Cukup miris sebenarnya arti logo Starbucks ini. Namun, inilah tujuan dari perusahaan menggunakan lambang Siren untuk menarik perhatian masyarakat.

2. Kisah Seram Siren

Jika tadi Anda mengetahui tentang sisi baik dari Siren si pemikat, ternyata ada kisah seramnya, lho. Terkenal memiliki kelebihan pada sisi kecantikan dan suara merdunya, ternyata Siren adalah sosok psikopat yang kerap dihubungkan dengan kematian. Bahkan, arti dari simbol logo Starbucks adalah Obsesi, Kecanduan, dan Kematian.

Logo Siren menjadi pilihan untuk perusahaan, karena misi utamanya adalah mencari tema yang dapat menangkap semangat Seattle. Seattle sendiri terkenal dengan pelayarannya di lautan lepas pada masa kuno.

Sementara itu, Siren juga menjadi makhluk mitologi yang memiliki hubungan erat dengan lautan. Namun, itu tidaklah menjadi pertanda kebaikan, karena Siren juga memiliki sisi kejam dan termasuk psikopat brutal yang suka membunuh pelaut.

Saat Siren sudah bernyanyi, maka tidak ada satupun pelaut yang bisa lepas dari godaan tersebut. Pendengarannya seolah akan tuli dan tanpa sadar mereka terbawa Siren menuju lembah kematian yang mengerikan. Entah itu tergulung ombak atau bahkan menabrak batuan karang.

Lalu, apa yang Anda tangkap dari cerita ini? Perusahaan membuat arti logo Starbucks sama seperti Siren. Pemikat handal untuk membuat orang terobsesi dengan kopi yang mereka buat. Kemudian, tanpa sadar mengeluarkan uang untuk membeli dan menikmatinya. Pada akhirnya, berlangganan untuk nongkrong di kedainya. Tidak jauh dari dunia marketing kan?

Makna Warna Logo Starbucks

Bentuk dari logo sudah sangat jelas menggambarkan makhluk mitologi Siren. Namun, kenapa Starbucks memilih warna hijau untuk dominan logonya? Sebenarnya warna hijau ini termasuk salah satu bentuk perubahan dari warna logo yang sebelumnya. Berikut adalah makna warna logo Starbucks dari tahun ke tahun:

1. Cokelat

Sebelum berwarna hijau, pada tahun 1971 Starbucks memilih warna cokelat untuk logonya. Warna ini memiliki makna hangat, nyaman, aman, dapat diandalkan, dan kuat. Kesan mahal akan terpancarkan pada produknya. Namun, penggunaan warna ini tidak bertahan lama. Hanya sekitar 16 tahun sudah berganti.

2. Hijau

Pada tahun 1987, logo perusahaan Starbucks berubah warna sekaligus bentuk. Tetap Siren sebagai simbol utamanya, namun lebih sederhana lagi. Warnanya ganti menjadi hijau sebagai simbol dari pertumbuhan. 

Makna warna logo Starbucks ini berarti bibit-bibit kesuksesan di kemudian hari, yang artinya perusahaan akan memiliki banyak cabang di seluruh dunia.

Dari setiap perubahan logo pasti ada saja komponen yang menghilang. Perubahan pertama mengubah simbol Siren dari yang sangat terbuka dengan menampilkan semua bentuk tubuhnya menjadi lebih tertutup. Kedua, memunculkan Siren yang lebih tertutup lagi, karena pusarnya tidak lagi nampak.

Perubahan terakhir, Starbucks menghilangkan bingkai sekaligus hanya menampilkan simbol Siren tidak full

Arti logo starbucks yang baru adalah untuk menegaskan simbol perusahaan yang mendunia dan iconic. Dengan begitu, desainnya terlihat semakin elegan, sederhana, dan bermakna. Warna tetap dipertahankan, karena perusahaan ingin terus tumbuh.

Selain itu, ada arti lain kenapa Starbucks mempertahankan logo barunya sampai sekarang. Perusahaan berharap bisa lebih mengeksplorasi produk-produk lain, namun tetap mengutamakan kopi sebagai produk utamanya. Para petinggi pun juga menjelaskan bahwa terjadinya perubahan ini tidak lain karena strategi perusahaan.

Menurut mereka, apabila perusahaan tidak berani melakukan perubahan, sekalipun arti logo Starbucks versi lama sudah terkenal di kalangan masyarakat, maka tidak akan ada kemajuan. Sedangkan yang Anda baca tadi, warna hijau menjadi pilihan utama karena perusahaan mengarah untuk terus mengalami kemajuan.

Dalam artian, makna warna logo Starbucks ini juga membebaskan perusahaan untuk terus bertumbuh ke tempat-tempat yang baru, agar lebih terkenal. Buktinya, saat ini nama Starbucks juga melegenda di setiap negara. Ikonik mereka berhasil membuat masyarakat terpikat oleh produk-produk yang dijual oleh Starbucks.

Meskipun mahal, namun fakta lebih mengatakan kalau masyarakat tetap akan menjadikan Starbucks sebagai tempat ngopi yang paling trendy di semua kalangan. Untuk itulah, dari sini Anda paham bahwa keberadaan logo itu sangat penting untuk keberhasilan suatu perusahaan.

Sudah Paham Arti Logo Starbucks?

Setelah mengetahui arti logo Starbucks, kini saatnya Anda mulai berpikir untuk membuat desain logo yang seperti apa. Jika merasa belum memiliki kemampuan desain, jasa pembuatan logo Makinrajin bisa membantu Anda. Dijamin hasilnya bagus dan berkualitas.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development