Cache adalah

Apa itu Cache? Pengertian, Cara Kerja, dan Pentingnya Sebuah Cache

Mengenal Apa Itu Cache

Zaman saat ini komputer merupakan salah satu alat yang cukup banyak dimiliki oleh masyarakat. Pengetahuan tentang komputer juga cukup menjadi salah satu hal yang penting diketahui mulai dari dasarnya. Terkadang banyak kata-kata atau konsep yang detail mengenai komputer atau internet yang kita tidak tahu.

Komputer dan internet merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar di jaman yang satu ini. Maka dari itu, berbagai pengetahuan tentang internet memang perlu diketahui bagi milenial masa kini. Salah satu yang harus anda ketahui adalah tentang cache. Nah, apa itu cache? Salah satu konsep yang kerap hadir di smartphone maupun computer anda adalah cache bukan?

Cache Adalah…

Cache adalah sebuah memori yang memiliki ukuran kecil dan memiliki sifat yang sementara atau temporer. Atau bisa dikatakan cache adalah sebuah hardware, perangkat keras atau software perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan sesuatu, biasanya data, untuk sementara waktu yang ada di lingkungan komputasi.

Cache memiliki ciri khas yakni ukuran file yang cukup kecil dan memiliki kecepatan yang cukup tinggi.. Di dalam terminologi hardware atau perangkat keras, istilah cache  ini biasanya merujuk pada memori yang memiliki kecepatan tinggi. Cache ini paling sering digunakan oleh klien cache, misalnya seperti CPU, aplikasi, browser web atau Operation System atau sistem operasi.

apa itu cache

Memori dengan kecepatan yang tinggi ini juga  menjembatani aliran data antara processor dengan RAM atau memori utama. Karena biasanya RAM atau memori utaa memiliki kecepatan jauh lebih rendah. Penggunaan cache ini ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck yang ada di dalam aliran data antara processor dan RAM atau memori utama.

Sedangkan dalam terminologi software atau perangkat lunak, istilah yang satu ini merujuk pada tempat penyimpanan sementara untuk beberapa file yang paling sering diakses. Biasanya cache dalam terminology software diterapkan di dalam jaringan. Cacheitu sendiri pada umumnya terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis dari cache seperti L1 cache, L2 cache dan L3 cache.

Cacheini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan untuk data atau instruksi yang dibutuhkan oleh processor secara sementara.  Dapat disimpulkan, fungsi dari cache ini dapat mempercepat akses data pada komputer.  Hal ini karena cache sendiri dapat menyimpan data atau beberapa informasi yang telah diakses oleh suatu buffer. Maka dari itu, cache dapat meringankan kerja dari sebuah processor.

Cara Kerja dari Cache

Salah satu cara mempercepat proses browsing di dalam internet adalah menggunakan proxy cache. Caranya adalah dengan menyimpan data yang telah diakses oleh komputer yang memiliki jarak dengan komputer yang mengakses. Apabila ada user yang sedang akses data yang sama, maka proxy cache akan mengirim data tersebut dari cache, bukan dari tempat yang lebih lama diakses.

Baca : 16 Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android dan PC

Pada mekanisme HTTP sendiri, data yang diberikan oleh proxy merupakan data yang selalu terbaru, karena proxy server ini akan selalu mencocokkan berbagai data yang ada di dalam cache dengan data yang ada pada server luar.

Atau semisal ketika klien cache perlu mengakses data, klien cache ini terlebih dahulu memeriksa apa yang diminta. Ketika data yang diminta ditemukan dalam cache, maka itu disebut cache hit. Persentase upaya yang menghasilkan hit cache dikenal sebagai rasio hit cache atau rasio.

Nah, apabila data yang diminta tidak dapat ditemukan di dalam cache (situasi yang biasa dikenal sebagai cache miss) maka akan ditarik atau diminta dari memori utama dan kemudian disalin ke dalam cache. Bagaimana hal ini dilakukan, dan data apa yang dikeluarkan dari cache untuk memberikan ruang untuk data baru, tergantung pada algoritma caching atau kebijakan yang digunakan sistem.

pentingnya sebuah cachefreepik.com

Mengenai memori cache, di dalam berbagai browser web, seperti Internet Explorer, Firefox, Safari dan Chrome, menggunakan cache browser untuk meningkatkan kinerja pada halaman web yang sering diakses. Saat Anda sedang mengunjungi halaman web, maka file yang diminta disimpan di dalam penyimpanan komputasi Anda berada di cache browser.

Saat mengklik kembali dan browser kembali ke halaman sebelumnya, hal ini memungkinkan browser Anda untuk mengambil sebagian besar file yang dibutuhkan dari cache alih-alih membuat mereka semua memuat kembali dari server web. Pendekatan yang dijelaskan  ini disebut read cache. Browser dapat membaca data dari cache browser lebih cepat dibandingkan dengan mencari  file di web.

Pentingnya Sebuah Cache

  1. Mengurangi latensi data aktif

Penggunaan sebuah cache ini cukup penting karena mengurangi latensi untuk data aktif. Hal ini juga mampu menghasilkan kinerja yang lebih tinggi untuk sebuah sistem atau aplikasi. Hal ini juga mengalihkan I/O ke cache ini  mengurangi operasi I/O ke dalam penyimpanan eksternal dan tingkat lalu lintas SAN yang lebih rendah.

  1. Menjaga konsistensi dan integritas data

Keuntungan atau pentingnya cache ini adalah data dapat tetap secara permanen pada penyimpanan tradisional atau array penyimpanan eksternal. Hal ini menjaga konsistensi dan integritas data menggunakan fitur yang disediakan oleh array, misalnya seperti snapshot atau replikasi.

  1. Mempercepat akses data pada komputer

Telah dijelaskan sedikit di atas bahwa cache ini memiliki peran penting dalam mempercepat akses data yang ada di komputer. Saat Anda sedang mencoba mengunjungi halaman website, maka file yang diminta disimpan di dalam penyimpanan komputasi Anda sudah berada di cache browser.

  1. Meringankan kerja processor

Karena dapat mempercepat akses yang ada pada data komputer ini jelas dapat meringankan kerja pada processor. Hal ini karena cache mampu menyimpan data atau beberapa informasi yang telah diakses oleh suatu buffer dengan baik.

Apabila anda mencari sebuah data yang berbeda-beda, jelas membuat komputer atau smartphone lebih lama dan membuat kinerja lebih lelet. Maka, jika anda tipikal orang yang suka mencari dan mengeksplor berbagai macam data, maka disarankan untuk rajin-rajin menghapus cache yang ada di komputer atau smartphone.

Cache yang sudah terhapus ini akan mampu membuat kuota lebih banyak dalam mengunduh script dengan lengkap di dalam sebuah website browser. Selain itu, jika anda mencari data menggunakan smartphone atau laptop, maka menghemat daya dari baterai.

Telah dijelaskan di atas mengenai berbagai hal tentang cache, mulai dari apa itu cache, cara kerja dan fungsi dan pentingnya sebuah cache. Namun, cache juga memiliki beberapa kekurangan, yakni memperlambat kinerja sebuah komputer jika anda mencari data di luar penyimpanan cache itu sendiri. Maka, cache juga beberapa kali perlu dihapus.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *