Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Auto Cuan! Ini Dia Cara Jualan di Facebook Terlengkap

5 min read

Auto Cuan Ini Dia Cara Jualan di Facebook Terlengkap

Facebook adalah media sosial dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Besarnya pengguna Facebook tentu melahirkan potensi besar bagi bisnis, baik besar ataupun kecil. Sehingga, mengetahui cara jualan di Facebook akan mendatangkan banyak untung bagi usaha Anda.

Menurut laporan dari We Are Social, jumlah pengguna aktif Facebook per Januari 2023 sebanyak 1,98 miliar. Ini adalah angka yang luar biasa besar. Tidak heran jika Facebook dianggap sebagai media sosial terbesar. Bisa bayangkan bagaimana jika Anda bisa memaksimalkan potensi Facebook untuk menunjang usaha/bisnis Anda?

Bagaimana Cara Jualan Online Laris di Facebook?

Agar Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk memaksimalkan potensi usaha, Anda harus tahu bagaimana strategi dan cara jualan di Facebook yang tepat. Berikut adalah langkah yang bisa Anda ikuti untuk memulai berjualan online di Facebook:

1. Buat Akun Bisnis di Facebook

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai memanfaatkan Facebook untuk berjualan, yaitu Anda harus punya akun bisnis di Facebook terlebih dahulu.

Tujuan dari membuat akun bisnis adalah agar calon pembeli dapat mengetahui brand dari produk/jasa yang Anda tawarkan di Facebook. Selain itu, akun bisnis akan memberikan kesan yang lebih profesional dan terpercaya bagi usaha Anda.

Tidaklah sulit untuk membuat akun bisnis di Facebook. Justru, caranya terbilang mudah, cepat, dan sederhana. Berikut adalah langkah dalam membuat akun bisnis di Facebook:

  • Login terlebih dahulu ke akun pribadi Facebook Anda.
  • Pada tampilan halaman awal, pilih ‘Halaman’. Kemudian klik ‘Buat Halaman Baru’.
  • Setelah itu, Anda diminta untuk melengkapi seluruh data yang diminta oleh pihak Facebook, seperti:

a. Nama Halaman (Anda bisa isikan dengan nama usaha Anda).

b. Kategori (Pilih kategori sesuai dengan barang atau jasa yang usaha Anda tawarkan).

c. Keterangan (Jelaskan secara singkat tentang barang atau jasa yang usaha Anda tawarkan).

  • Cek kembali seluruh data yang sudah Anda isi. Jika sudah benar dan lengkap, klik ‘Buat Halaman’.
  • Lengkapi akun bisnis yang baru Anda buat dengan foto profil dan foto banner. Pastikan pilih foto yang sesuai dengan usaha yang Anda jalankan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih logo usaha sebagai foto profil dan barang/jasa yang Anda tawarkan sebagai foto banner.
  • Selanjutnya, lengkapi berbagai informasi penting, seperti nomor telepon bisnis, nomor WA bisnis, email, alamat, website, hingga jam buka.
  • Terakhir, buat username yang sesuai untuk akun usaha Facebook Anda. Buatlah username yang singkat. Sebaiknya, gunakan nama brand usaha Anda sebagai username.

2. Bergabung di Grup Facebook

Facebook tidak hanya sekadar media sosial tempat semua orang berbagi dan terkoneksi dengan kerabat atau keluarga. Lebih dari itu, Facebook juga merupakan wadah bagi banyak orang untuk terjalin dalam minat yang sama. Hal ini bisa Anda lihat dari fitur yang sudah Facebook sediakan, yakni fitur grup.

Fitur grup yang ada di Facebook adalah jejaring komunitas yang harus Anda manfaatkan untuk menggaet calon pembeli. Bergabung dengan komunitas tersebut adalah cara jualan di Facebook yang terbilang cukup jitu.

Anda bisa bergabung ke grup yang dibuat khusus untuk berjualan. Biasanya, nama grup tersebut tidak jauh-jauh dari ‘Komunitas Jual Beli’ ataupun ‘Forum Jual Beli’.

Ada banyak sekali grup sejenis yang bisa Anda temukan di Facebook. Tinggal sesuaikan saja grup mana yang sekiranya tepat untuk Anda tawarkan produk/jasa yang usaha Anda rintis.

3. Gunakan Fitur Facebook Marketplace

Meta, sebagai pengembang Facebook, sudah mempermudah kita yang ingin berjualan di Facebook dengan menyediakan fitur Facebook Marketplace.

Fitur ini sangat berguna bagi usaha Anda untuk menjajakan produk/jasa yang ditawarkan. Jika Anda ingin menerapkan cara jualan di Facebook dengan maksimal, memanfaatkan fitur marketplace bisa dibilang cukup penting.

Berikut adalah cara menggunakan fitur Marketplace:

  • Klik tombol garis tiga di bagian atas halaman Facebook.
  • Pilih ‘Marketplace’.
  • Klik ‘Jual’.
  • Masukkan judul produk/jasa. Lalu, masukkan harga dan pilih kategori.
  • Tambahkan foto produk/jasa yang sesuai.
  • Klik ‘Terbitkan’.

4. Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Selain memanfaatkan fitur Grup dan Marketplace, memanfaatkan fitur Facebook Ads juga salah satu cara berjualan di Facebook yang harus Anda lakukan.

Beriklan adalah salah satu cara agar brand kita bisa diketahui khalayak luas, terutama target pasar dari usaha.

Tidak seperti fitur Grup atau Marketplace yang gratis, Anda perlu merogoh kocek untuk menggunakan fitur Ads. Namun, harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung dari iklan apa yang ingin Anda tayangkan.

Semakin detail dan spesifik target pasar dari iklannya, semakin tinggi juga harganya. Pastikan Anda memiliki target pasar yang jelas dan spesifik, agar Anda bisa memanfaatkan fitur ini dengan maksimal. Target iklan biasanya berdasarkan usia, minat, lokasi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan produk/jasa Anda.

5. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi untuk Deskripsi Produk

Salah satu cara berjualan online di Facebook adalah menggunakan foto berkualitas tinggi untuk mendeskripsikan produk yang usaha Anda tawarkan.

Foto berkualitas tinggi tentu akan memberikan gambaran yang jelas terhadap produk yang Anda jual kepada calon pembeli. Selain itu, foto yang bagus juga akan meningkatkan rasa percaya calon pembeli terhadap kualitas produk Anda.

Sebetulnya, tidak hanya foto saja. Video pun juga bisa Anda gunakan untuk memberikan gambaran terkait produk.

6. Berikan Informasi yang Jelas Mengenai Produk

Foto atau video yang bagus tentu harus dilengkapi dengan deskripsi produk yang jelas pula. Justru, salah satu cara jualan online laris di Facebook, yaitu dengan cara membuat informasi yang jelas dan memikat bagi calon pembeli.

Gunakan teknik copywriting untuk membuat deskripsi produk yang menarik calon pembeli untuk membeli. Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan teknik copywriting:

  • Buat caption yang menarik dan membuat orang ingin membaca lebih lanjut. Awali caption dengan kutipan, pertanyaan, atau pernyataan yang memancing rasa penasaran.
  • Sertakan hashtag yang relevan dengan produk yang Anda jual.
  • Usahakan untuk membuat caption yang ringkas dan jelas.
  • Gunakan emoji, agar caption yang Anda buat lebih hidup dan berwarna.

Agar Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas dalam menerapkan teknik tersebut, Anda bisa mencari beberapa contoh copywriting iklan Facebook dan mengadaptasinya.

7. Respon Pertanyaan Calon Pembeli

Calon pembeli adalah raja. Salah satu praktek cara jualan di Facebook yang baik adalah merespon pertanyaan mereka dengan cepat.

Jika ada calon pembeli yang bertanya terkait produk/jasa yang usaha Anda jual, itu artinya mereka punya rasa tertarik dan penasaran terhadap produk/jasa tersebut. Balasan yang cepat, tentu lebih disukai daripada balasan yang lama. Hal ini akan menambah keyakinan calon pembeli untuk membeli produk/jasa Anda. 

8. Terapkan Sejumlah Strategi Pemasaran

Cara jualan di Facebook yang cukup penting untuk Anda ketahui, yaitu terapkan strategi pemasaran saat berjualan di Facebook.

Strategi penjualan ini sangat berguna bagi Anda untuk meyakinkan calon pembeli, agar mereka bersedia membeli produk/jasa usaha Anda. Ada beberapa trik Facebook marketing yang bisa Anda coba yaitu:

  • Diskon
  • Harga coret
  • Cashback
  • Buy and Get (Buy 2 Get 1, misalnya)
  • Sebar testimoni positif dari pembeli sebelumnya
  • Giveaway
  • Voucher belanja, dan lain-lain.

9. Berikan Konten yang Bermanfaat

Meningkatkan eksistensi brand di media sosial, termasuk Facebook, tidak hanya tentang jualan saja. Anda juga perlu memberikan value kepada calon pembeli, agar terjalin hubungan emosional antara mereka dengan brand yang Anda bangun.

Semua orang senang memperoleh manfaat dari apapun yang mereka terima. Termasuk saat berselancar di media sosial. Anda bisa menyajikan konten yang menarik dan bermanfaat bagi calon pembeli atau target pasar brand Anda.

Beberapa contoh konten yang bermanfaat yang bisa Anda bagikan, antara lain:

  • Infografis
  • Fakta unik
  • Video tutorial
  • Kuis
  • Cerita menarik yang Anda hubungkan dengan produk/jasa yang brand Anda tawarkan, dan lain-lain.

Sejumlah trik tersebut bisa Anda sesuaikan lagi dengan produk/jasa yang Anda jual.

10. Cek Hasil Penjualan

Mengecek hasil penjualan sebelumnya adalah salah satu cara berjualan di Facebook yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Hal ini bisa Anda lakukan secara berkala, agar Anda bisa mengetahui apakah Anda sudah menerapkan cara berjualan online di Facebook dengan benar atau belum. Biasanya, analisis hasil penjualan ini dilakukan setiap bulan.

Dari hasil analisis ini, Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan dari strategi berjualan yang Anda terapkan sebelumnya. Sehingga, Anda bisa merancang pendekatan yang lebih efektif di bulan-bulan berikutnya.

Berikut adalah langkah untuk menganalisis hasil interaksi dengan target pasar maupun pelanggan di Facebook:

  • Buka halaman Facebook bisnis.
  • Pilih tombol ‘Insight’.
  • Pilih rentang tanggal atau periode waktu yang ingin Anda ketahui hasilnya.
  • Semua data yang berkaitan dengan hasil penjualan akan muncul.
  • Ambil data sesuai kebutuhan Anda, lalu analisis hasil interaksinya.

Keuntungan Jualan Online di Facebook

Berikut adalah 3 keuntungan dari jualan online di Facebook:

1. Punya Jumlah Pengguna Aktif Terbanyak

Seperti yang sudah sempat kita singgung di awal, Facebook adalah media sosial dengan pengguna aktif terbanyak, yaitu 1,98 miliar pengguna per Januari 2023.

Indonesia adalah salah satu negara penyumbang angka pengguna Facebook terbanyak ke-3 di dunia, dengan 119,9 juta pengguna. Angka yang luar biasa besar ini adalah potensi besar bagi brand Anda untuk dikenal khalayak luas.

2. Bisa Dilakukan Tanpa Menyewa Tempat

Salah satu keunggulan terbesar dari berjualan di Facebook adalah Anda tidak perlu menyewa tempat. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pelaku usaha skala kecil.

Misal, Anda berjualan makanan. Anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai tempat berjualan dan Anda hanya cukup memanfaatkan dapur untuk memproduksi makanannya. Sehingga, Anda tidak perlu repot untuk menyewa toko atau tempat fisik lainnya untuk berjualan.

3. Banyak Fitur yang Mendukung Penjualan

Facebook juga merupakan media sosial yang punya ekosistem yang sangat bagus untuk mendukung kemajuan usaha. 

Beberapa fitur seperti grup, marketplace, ads, hingga fitur insight untuk analisis hasil penjualan yang sangat bermanfaat untuk menjual produk hingga menganalisis strategi berjualan Anda.

Siap Mempraktikkan Cara Jualan di Facebook?

Facebook telah membuka kesempatan bagi banyak orang untuk berjualan dengan lebih mudah dan murah. Sepuluh cara jualan online laris di Facebook yang sudah kita bahas, harapannya mampu membantu Anda mulai berjualan secara online.

Namun, berjualan di Facebook tidak sesederhana itu. Pergerakan pengguna media sosial yang cukup dinamis, menuntut Anda untuk konsisten dalam menerapkan cara jualan di Facebook tersebut. Melihat potensi besar dari Facebook untuk mendongkrak pendapatan bisnis, apakah Anda siap berjualan di Facebook?

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development