Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Ikuti 8 Cara Jualan di TikTok beserta Tipsnya

3 min read

Ikuti 8 Cara Jualan di TikTok beserta Tipsnya

Beberapa tahun belakangan aplikasi TikTok menjadi salah satu platform sosial media yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi, TikTok tak hanya hadir sebagai media hiburan saja, akan tetapi Anda juga bisa berjualan melalui platform ini. Lantas, bagaimana cara jualan di TikTok? 

Bisakah Jualan di TikTok?

TikTok yang dulunya hanya dikenal sebagai aplikasi untuk orang-orang yang suka bergoyang, namun saat ini TikTok sudah bertransformasi menjadi aplikasi yang multifungsi dan menarik dengan berbagai fitur di dalamnya.

Salah satu fitur terbarunya TikTok adalah TikTok Shop. Fitur tersebut merupakan fitur jual beli online yang mempermudah pengguna TikTok atau pebisnis untuk memasarkan sekaligus menjual produk dagangannya. TikTok Shop hadir sebagai jawaban atas meningkatnya penjualan produk melalui platform sosial media.

Penggunaan TikTok Shop memiliki jangkauan yang luas dan cenderung mendapat respons baik dari para penggunanya. Apalagi, tersedia beragam jenis penawaran produk dengan berbagai merek yang tentunya bisa membuat orang-orang kalap untuk membelinya.

Cara jualan di TikTok Shop terbilang sangat mudah dan biaya yang dibutuhkan pun cukup terjangkau. Sebagai penjual, Anda bisa mendapatkan akses ke pusat penjual serta mengunggah dan mengelola informasi mengenai daftar produk yang akan ditampilkan kepada para pengguna TikTok dengan memanfaatkan fitur TikTok Shop.

Selain itu, sebagai penjual Anda juga bisa memberikan harga promo dan hadiah menarik kepada para calon pembeli. Bahkan, melakukan pemasaran dan penjualan di TikTok dinilai dapat meningkatkan brand awareness sekaligus omzet penjualan jika dilakukan dengan tepat dan sesuai target.

Fitur TikTok Shop terpusat pada sistem penerimaan pesanan, memproses penjualan produk, serta melacak proses pengiriman. Dengan begitu, memasarkan dan berjualan produk di TikTok Shop cukup meyakinkan dan bisa untuk dicoba.

Syarat Jualan di TikTok

Agar bisa berjualan di TikTok tentunya ada beberapa syarat yang harus Anda dipenuhi, di antaranya:

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Sudah mempunyai KTP/Paspor.
  • Aktif melakukan upload video dan memiliki 50 video view selama 28 hari terakhir.
  • Memiliki rekening bank.
  • Toko dan produk yang dijual sesuai dengan ketentuan yang berlaku di TikTok.

Cara Berjualan di TikTok

Cara jualan di TikTok Shop ini pada dasarnya tidak membutuhkan langkah yang rumit. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:

1. Fokus pada Produk yang Ingin Dipasarkan 

Cara jualan di TikTok yang harus Anda lakukan pertama kali adalah fokus menentukan target pasar dan kebutuhan konsumen. Selanjutnya, pilihlah produk yang akan Anda jual sesuai dengan target pasar dan kebutuhan konsumen yang sudah Anda tuju. Hal tersebut tentu akan berdampak besar bagi omzet penjualan Anda.

2. Buat Akun TikTok

Cara jualan di Tik Tok Shop dapat dilakukan ketika Anda sudah memiliki akun TikTok. Sebagai penjual di akun TikTok Shop, Anda harus membuat akun khusus yang dapat diakses secara khusus melalui situs TikTok Shop Seller Center.

Bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk berjualan di TikTok Shop, maka buatlah akun terlebih dahulu sebagaimana berikut:

  • Daftarkan akun TikTok Shop Anda sebagai seller.
  • Masukkan nomor HP dan email Anda yang masih aktif.
  • Tunggu verifikasi pesan yang dikirimkan melalui email Anda.
  • Lengkapi identitas toko Anda serta verifikasi tanda pengenal baik KTP/Paspor.
  • Isi profil seller TikTok Shop sesuai dengan toko Anda.
  • Setelah terisi semua, klik Submit untuk menyelesaikan proses pembuatan akun TikTok Shop.

3. Tampilkan Foto Produk Menarik

Setelah membuat akun TikTok Shop, cara yang perlu Anda lakukan selanjutnya agar bisa jualan di TikTok adalah dengan menambahkan produk dagangan pada akun TikTok Shop Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memasukkan foto asli dari produk yang Anda jual secantik dan seestetik mungkin pada keranjang kuning Anda.

4. Hubungkan Akun TikTok Shop dengan Rekening Bank Anda

Cara berjualan di TikTok tentunya tidak lepas dengan menghubungkan akun TikTok Shop dengan rekening bank yang Anda punya. Cara menghubungkannya pun mudah: Anda hanya perlu kembali ke homepage, lalu klik Link Bank Account, selanjutnya klik Link Account, dan tunggu hingga proses selesai.

5. Buatlah Konten TikTok untuk Promosi

Untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, Anda perlu melakukan promosi secara aktif mengenai akun dan produk-produk yang Anda jual. Promosi dapat Anda lakukan dengan sering membuat konten kreatif terkait brand atau produk yang Anda jual. Sehingga toko Anda dapat dikenal luas dan mengundang datangnya pembeli.

6. Buatlah Katalog Produk yang Menarik

Buatlah katalog produk yang Anda punya semenarik mungkin. Katalog produk ini adalah hal pertama yang bakal dilihat oleh konsumen. Jadi buatlah katalog yang bisa menarik perhatian mereka, sehingga mereka tergugah untuk melihat bahkan membeli produk yang Anda pasarkan.

7. Buatlah Link di Bio TikTok Anda

Cantumkan satu tautan yang dapat diklik pada bio TikTok Anda. Deskripsi pada bio bisa berisi 80 karakter. Anda bisa memaksimalkan bio tersebut untuk menggambarkan produk yang Anda tawarkan kepada para konsumen.

8. Buat Caption yang Unik untuk Produk Anda

Cara jualan di TikTok yang terakhir adalah pastikan Anda menulis caption dengan unik sesuai dengan produk yang Anda jual, baik terkait nama produknya, informasi mengenai produk, harga produk, dan yang lainnya. Hal tersebut berguna agar para pengguna TikTok tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Rekomendasi Caption TikTok FYP 

Tips Jualan di TikTok

Setelah mengetahui cara jualan di TikTok, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah mengenai tips-tips agar produk yang Anda jual di TikTok Shop laku keras. Berikut ini ada 3 tips berjualan di TikTok yang bisa Anda coba.

1. Pahamilah Cara Kerja TikTok

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang berfokus pada sharing konten video dengan durasi 15 detik sampai 3 menit. Salah satu tips agar jualan Anda di TikTok laku keras adalah membuat video produk secara singkat dan dengan latar musik viral atau yang sedang digandrungi oleh para pengguna TikTok.

Baca Juga: Cara agar Video TikTok FYP dan Mendapat Banyak Like 

2. Menjalin Kerja Sama dengan Influencer TikTok

Menjalin kerja sama dengan influencer TikTok dapat menarik lebih banyak konsumen, sehingga dapat meningkatkan brand awareness sekaligus omzet penjualan di toko Anda. 

Jangan lupa pastikan influencer yang Anda ajak kerja sama adalah influencer yang kontennya membahas jenis produk yang sama dengan yang Anda jual.

Misalnya, Anda menjual produk makanan, Anda bisa memilih influencer yang sering mereview makanan. Dengan begitu, Anda bisa mengajak kerja sama dengan membuat video testimoni terkait produk makanan yang Anda jual.

3. Promosi dengan Live TikTok

Dengan menggunakan live TikTok Shop, memungkinkan para pengguna TikTok untuk berkomunikasi langsung dengan Anda sebagai penjual produk. Biasanya akan ada diskon khusus yang ditawarkan oleh penjual pada saat Live. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk membeli produk yang saat itu Anda tawarkan.

Baca Juga: Cara Live di TikTok untuk Pemula 

Sudah Tahu Cara Jualan di TikTok?

Setelah mengetahui cara jualan di TikTok, Anda dapat mempraktikkannya agar dapat meraih tujuan yang ingin dicapai. Pembuatan konten TikTok yang tepat sasaran akan membantu bisnis Anda cepat berkembang. Oleh karena itu, mari mulai jualan di TikTok Shop untuk mendukung pemasaran produk Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development