Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Durasi Story Cuma 15 Detik? Ini Dia Cara Mengatur Durasi Story Instagram!

2 min read

Durasi Story Cuma 15 Detik? Ini Dia Cara Mengatur Durasi Story Instagram!

Semua platform media sosial terus bersaing mengembangkan fitur-fitur terbarunya, termasuk Instagram. Media sosial yang satu ini menyediakan fitur untuk membuat story, namun durasinya masih terbatas hingga 15 detik saja. Lantas, adakah cara mengatur durasi story Instagram agar bisa lebih dari 15 detik?

Sebab, 15 detik memang terlalu pendek, sehingga tidak bisa menampilkan seluruh konten yang ingin Anda bagikan. Padahal, Instagram story merupakan sarana menarik untuk melakukan promosi atau membagikan informasi penting lainnya. 

Anda bisa mengikuti pembahasan artikel di bawah ini jika ingin mengetahui cara memperpanjang durasi Instagram story.

Baca Juga: 10 Cara Promosi di Instagram Story untuk Pengembangan Bisnis Online

Cara Membuat Durasi Story Instagram Lebih Lama

Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk membuat video story lebih panjang:

1. Unggah Langsung Video Panjang pada Story

Jika Anda sudah memiliki rekaman video dengan durasi 60 detik, maka bisa langsung mengunggahnya di story Instagram. Secara otomatis, Instagram akan memotong video dengan durasi 60 detik tersebut menjadi beberapa bagian dengan masing-masing durasi 15 detik. 

Meskipun cara ini belum bisa menampilkan video 60 detik penuh tanpa terpotong, namun cukup efektif untuk Anda coba. Sebab, Anda tidak perlu mengatur sendiri untuk memotong video tersebut. 

Selain itu, mengunggah story dengan cara ini juga tidak akan ada bagian video yang hilang karena terpotong. Dengan demikian, semua konten dalam video tersebut tetap bisa disampaikan dengan baik.

Baca Juga: Ukuran Story Instagram yang Tepat Untuk Tingkatkan Performa Konten

2. Gunakan Fitur +

Mengunggah durasi video story Instagram yang lebih dari 15 detik juga bisa Anda coba dengan menggunakan fitur +. Di bawah ini adalah panduan yang bisa Anda ikuti:

Gadgetren
  • Silakan buka smartphone Anda lalu buka aplikasi Instagram.
  • Masuk ke Home, kemudian ketuk tanda + yang terdapat pada bagian atas.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapati 4 pilihan yaitu post, story, reels, dan live. Ketuk opsi Story.
  • Setelah itu, Anda bisa memilih opsi Hands-Free dengan ikon lingkaran.
  • Ketuk tombol tersebut, dan rekam objek yang Anda inginkan hingga satu menit atau 60 detik. 
  • Untuk mengakhiri proses merekam, silakan ketuk tombol yang sama. 
  • Silakan tekan tanda panah ke kanan untuk melanjutkan proses berikutnya.
  • Instagram akan memunculkan menu pop-up Share, lalu ketuk opsi Your Story lanjutkan lagi ketuk Share.
  • Ketuk opsi Done untuk mengakhiri semua proses tersebut.

Apabila video yang Anda rekam tadi durasinya 60 detik, maka Instagram story pun akan menampilan video durasi 60 detik tersebut tanpa terpotong. Namun, apabila rekaman video Anda lebih dari 60 detik, secara otomatis Instagram akan memotong video tersebut. 

Menggunakan mode hands-free untuk mengambil video tentu akan lebih nyaman karena Anda tidak perlu terus menekan tombol untuk merekam. Jika Anda mengambil video dengan cara terus menekan tombol biasanya akan membuat video mudah terpotong.

Hal tersebut bisa terjadi karena jari tidak sengaja lepas atau bergeser ketika sedang menekan tombol tersebut. Nah, supaya bisa merekam dengan mulus, sebaiknya menggunakan mode hands-free saja. 

3. Upgrade atau Install Ulang Aplikasi

Penyebab aplikasi Instagram Anda tidak bisa menampilkan story durasi 60 detik adalah karena belum diupdate, sehingga tidak kompatibel dengan fitur terbaru. Untuk mengatasi hal ini, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu melakukan update aplikasi atau menginstal ulang aplikasi Instagram Anda.

Cara melakukan upgrade cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna IOS. Selanjutnya, cari aplikasi Instagram dan klik update. Sedangkan jika belum berhasil juga, maka hapus aplikasi dan kemudian install kembali.

Baca Juga: 12+ Ide Story Instagram Kreatif untuk Menarik Audiens

Sudah Tahu Cara Mengatur Durasi Story Instagram?

Itulah tiga cara mengatur durasi story Instagram lebih dari 15 detik yang bisa segera Anda coba. Jika Anda berhasil membuat durasi story menjadi 60 detik, tentu akan lebih mudah dalam berkreativitas lagi. Semoga berhasil! 

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development