Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

12+ Ide Story Instagram Kreatif untuk Menarik Audiens

3 min read

12+ Ide Story Instagram Kreatif untuk Menarik Audiens

Sudahkah Anda membuat story di Instagram hari ini? Kira-kira, konten story apa yang ingin Anda bagikan? Tunggu dulu, sebaiknya simak ide story Instagram berikut agar konten cerita Anda jauh lebih menarik. 

Instagram menjadi aplikasi yang sangat populer untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Terlebih lagi, Instagram menduduki peringkat kedua media sosial paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia setelah WhatsApp.

Aplikasi ini menyediakan fitur story untuk membagikan foto/video selama 24 jam. Biasanya, para pengguna membagikan momen-momen kehidupan, pengalaman menarik, hingga mempromosikan produk untuk menaikkan engagement dari follower. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa ide konten Instagram menarik di bawah ini.

12+ Ide Story Instagram yang Bagus 

Instagram story merupakan fitur seru yang dimiliki aplikasi ini dan memungkinkan pengguna untuk membagikan konten sementara tanpa batasan. Ada banyak sekali ide kreatif yang bisa dikemas menjadi konten untuk dibagikan di Instagram story, seperti:

1. Tutorial Singkat

Ide story Instagram pertama yang bisa Anda bagikan yaitu dengan membuat tutorial singkat. Mulai untuk memberikan tutorial memasak, cara penggunaan skincare yang baik dan benar untuk pemula, atau tutorial menarik lainnya sesuai dengan penguasaan Anda. Pilih juga diksi atau kata yang menarik agar mudah dimengerti oleh audiens.

2. To Do List

Membuat to do list atau daftar apa saja yang harus dilakukan bisa jadi konten yang menarik, terlebih lagi, jika Anda seorang influencer. Kemas konten to do list sekreatif mungkin dalam bentuk foto atau video. Jangan lupa untuk menambahkan caption yang menarik supaya followers semakin penasaran dengan rutinitas keseharian Anda.

3. Behind the Scenes

Agar para followers tidak jenuh melihat konten yang Anda bagikan di Instagram, coba buat konten di balik layar atau behind the scenes. Cuplikan konten di balik layar seringkali dibagikan oleh para pengguna di Instagram dengan berbagai versi. 

Tidak hanya video saja, Anda juga bisa menggunakan rangkain foto-foto untuk menunjukkan keadaan di balik konten yang Anda buat. Cara ini bisa menyita perhatian para followers untuk mendapatkan pandangan baru mengenai layanan atau bisnis yang sedang Anda jalankan. 

4. Gunakan Stiker GIF

Ide story Instagram selanjutnya yang bisa Anda praktekkan adalah dengan menggunakan stiker GIF. Stiker ini berupa gambar animasi yang bisa bergerak dengan tampilan yang bervariasi yang menarik dan menarik untuk melengkapi cerita Anda. 

Yang lebih menarik lagi, Instagram juga menampilkan trending GIF untuk opsi mudah. Cara menggunakannya cukup sederhana. Setelah Anda mengunggah foto di InstaStory, pilih icon berbentuk kotak dan pilih pencarian GIF. Sesuaikan animasi dengan foto yang Anda unggah dan sesuaikan penempatannya.

5. Manfaatkan Fitur polling

Ingin mengetahui bagaimana pendapat dari followers? Coba gunakan fitur polling. Menggunakan fitur polling akan meningkatkan interaksi dengan para pengikut dan menerima umpan balik secara instan. Fitur ini juga sangat baik untuk mengajak audiens terlibat dengan project yang Anda miliki. 

Menambahkan fitur polling atau jajak pendapat sangatlah gampang. Ketuk ikon stiker di bagian atas layar, lalu pilih stiker “Polling”. Tulis pertanyaan atau cukup pilih opsi “ya dan tidak” sesuai dengan konten yang Anda buat. Manfaatkan fitur ini sebaik mungkin agar para followers semakin tertarik melihat cerita Anda.

6. Ask & Questions

Fitur Ask me a question di Instagram story merupakan fitur yang wajib digunakan untuk bisnis Anda. Benar sekali, fitur ini bisa menjadi ide konten Instagram bisnis yang menarik. Melalui fitur ini, para followers bebas untuk memberikan pertanyaan mengenai brand Anda. 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian bisa Anda tampung dan jawab lewat cerita Instagram. Kesempatan berinteraksi dengan para pengikut pun jauh lebih besar. Tentunya, brand yang Anda miliki juga semakin dikenal oleh calon konsumen. 

7. Konten Shoppable

Instagram mengeluarkan stiker shoppable pada tahun 2019 silam untuk para pengguna akun Instagram bisnis. Fitur ini merupakan cara paling keren untuk menjual produk secara langsung melalui Instagram story

Fitur shoppable mengajak para audiens untuk melihat produk secara lebih detail dengan hanya satu klik saja. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan beberapa ketentuan agar fitur ini dapat digunakan dengan sempurna.

8. Challenge of the Month 

Apa sih Challenge of the Month? Anda bisa membuat permainan tantangan untuk para followers selama satu minggu atau satu bulan. Games ini akan sangat menarik jika Anda mengemasnya dengan rapi dan tertata. 

Yang perlu diingat adalah sesuaikan tantangan yang Anda buat dengan event atau projek yang sedang Anda lakukan. Jangan lupa untuk memberikan hadiah kepada para followers yang berhasil melakukan tantangan tersebut. 

9. Instagram Takeover

Jika belum pernah menggunakan Instagram Takeover, tidak ada salahnya Anda mulai untuk mencobanya sekarang. Seperti namanya, fitur takeover mengizinkan seorang yang tidak memiliki akses ke akun Instagram Anda untuk menggunakannya selama sehari penuh.  

Ide ini merupakan cara paling tepat untuk mengajak rekan atau bahkan influencer untuk bekerjasama untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Selain menyenangkan, cara ini juga bisa menyita perhatian audiens lebih banyak.

10. Sneak Peak

Salah satu ide story Instagram yang bagus untuk meningkatkan rasa penasaran audiens adalah dengan memperlihatkan sneak peak sebelum merilis produk atau project Anda. Tentu saja, konten ini akan menggugah keingintahuan followers terhadap apa yang sedang Anda kerjakan.

Tambahkan musik dan sajikan visual yang unik dan menarik agar konten terlihat lebih segar dan catchy. Jangan lupa pilih musik yang sesuai, agar pesan dapat tersampaikan ke audiens dengan baik.

11. Buat Review atau Testimonial

Anda bisa memanfaatkan Instagram story untuk membagikan testimoni berupa produk atau layanan yang Anda pakai. Jika Anda seorang influencer, testimoni merupakan konten yang sangat ditunggu-tunggu oleh para audiens sebagai pertimbangan sebelum membeli produk.

12. Promosi Produk

Sama halnya dengan mengunggah review atau testimonial, Anda bisa memanfaatkan Instagram story untuk promosi produk. Buatlah promosi di IG story semenarik mungkin dengan tampilan foto atau video sesuai tema produk Anda. Manfaatkan beberapa stiker unik dan bergaya agar para audiens penasaran.  

13. Lakukan Kuis Berhadiah

Membuat kuis berhadiah atau giveaway pada Instagram story bisa jadi ide yang menarik untuk meningkatkan engagement. Anda bisa membuat pertanyaan yang menyenangkan atau bahkan serius. 

Beberapa contoh pertanyaan yang bisa Anda ajukan seperti: Apa nama produk pertama brand? Kapan tanggal launching bisnis? Siapa nama brand ambassador produk brand kami? 

Gunakan stiker Quiz dan sisipkan jawaban yang benar agar follower dapat mengetahui jawaban yang sebenarnya setelah menjawab kuis yang Anda buat. 

14. Posting Kutipan

Tidak ada salahnya untuk membuat postingan kutipan atau Quotes of The Day pada cerita Instagram. Buatlah kutipan pendek yang berisikan motivasi, lelucon, atau inspirasi yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengambil kutipan dari sumber lain yang sekiranya sejalan dengan misi dan visi Anda. 

Ide Story Instagram Mana yang Akan Anda Buat?

Itulah tadi beberapa ide konten story Instagram yang bisa Anda gunakan untuk membuat cerita di Instagram lebih menarik. Jangan lupa sesuaikan ukuran story IG dengan konten yang akan Anda buat supaya terlihat lebih rapi dan membuat followers makin penasaran. 

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development