Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Panduan Cara Posting Video Panjang di Instagram dengan Mudah

3 min read

Panduan Cara Posting Video Panjang di Instagram dengan Mudah

Instagram menjadi salah satu media populer saat ini yang menjadi wadah baru untuk menuangkan ide dan kreatifitas secara visual. Selain mengupload foto ke Feed, Anda juga bisa posting video yang memiliki durasi panjang di Instagram, baik itu dengan cara menggunakan aplikasi tambahan maupun tidak.

Ada berbagai opsi yang Instagram suguhkan apabila Anda ingin memposting video dalam format Instagram Stories, Feed, dan Reels. Penasaran bagaimana caranya? Pastikan baca artikel ini sampai selesai, ya! 

Berapa Durasi Maksimal Video Instagram?

Sebagai salah satu platform dengan banyak pengikut, Instagram selalu mengembangkan berbagai fiturnya. Mulai dari adanya beberapa pilihan bentuk postingan video, durasi unggahan juga mengalami perubahan, menyesuaikan permintaan sebagian besar pengguna.

Agar tidak kebingungan, sebelum membahas cara posting video dengan durasi panjang di Instagram, Anda harus tahu perbedaan beberapa fitur Instagram Stories, Feed, dan Reels. Sebab, ketiga fitur tersebut memiliki ketentuan durasi video yang berbeda-beda.

Instagram Stories adalah fitur yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna untuk membagi cerita sehari-hari lewat video pendek. Anda dapat menggunakan aplikasi edit video Instagram Story dan membagikannya dalam durasi yang cukup singkat, yaitu 15 detik dan akan hilang dalam waktu 24 jam.

Apabila Anda ingin unggahan video Anda bisa terus terlihat secara publik, Anda dapat mengunggahnya di Instagram Feed dengan durasi 60 detik. Selain video bisa langsung terpampang di profil, Anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan sesama pengguna melalui kolom komentar.

Sedangkan Instagram Reels adalah fitur terbaru yang menjadi salah satu keunggulan Instagram di dunia perkontenan. Dalam format video dengan durasi maksimal 90 detik, Anda bisa menambahkan berbagai elemen kreatif seperti musik, efek, dan potongan berbeda dalam video Reels.

Sehingga, para kreator konten sering memilih cara ini saat ingin mengupload video ke Instagram dengan durasi yang lebih panjang. Selain memungkinkan eksplorasi beragam jenis konten, Reels juga merupakan pilihan yang cocok jika Anda ingin meningkatkan interaksi di platform tersebut secara kreatif dan efisien.

Bagaimana Cara Posting Video Panjang di Instagram?

Seperti sosial media lainnya, Instagram pasti mengalami banyak adaptasi dengan para pengguna dalam menentukan batasan waktu video. Meskipun Instagram menetapkan batasan waktu hanya 90 detik, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengupload video durasi panjang ke Instagram:

1. Upload Video Panjang Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini tergolong sederhana dan anti ribet, karena Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk memposting video dengan durasi yang lebih lama. Langkah-langkah ini bisa Anda lakukan langsung dengan memanfaatkan fitur editing dari Instagram.

1. Seri Video

Seri video ini bisa menjadi salah satu pilihan cara posting video durasi panjang di Instagram dengan memanfaatkan batas waktu yang sudah ada. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka galeri dan pilih video yang ingin Anda posting.
  2. Kemudian, potong video menjadi segmen pendek, sesuaikan dengan batasan durasi instagram.
  3. Lakukan proses editing dengan menambahkan judul pada video untuk memudahkan mencari konten saat nanti sudah terposting.
  4. Setelah itu, unggah potongan video tersebut menjadi serangkaian postingan dan berikan caption atau nomor setiap kali mengunggah, untuk memberi tahu pengikut bahwa video adalah bagian dari seri.
  5. Untuk memudahkan pengikut memahami konteks dan alur video, Anda bisa menambahkan hashtag yang relevan.

2. Carousel Post

Opsi selanjutnya adalah carousel atau yang lebih familiar dengan multiple post. Ini adalah salah satu cara mudah karena Anda bisa mengupload beberapa foto atau video durasi panjang ke Instagram secara sekaligus dalam bentuk album. Berikut ini panduannya:

  1. Pastikan Anda sudah masuk di akun Instagram Anda.
  2. Tap ikon “+” untuk membuat postingan baru.
  3. Kemudian, pilih video pertama yang ingin Anda masukkan.
  4. Setelah memilih video pertama, tap ikon tumpukan persegi di ujung kanan bawah. Saat ikon berwarna biru, itu adalah tanda Anda sedang membuat postingan carousel.
  5. Masukkan satu per satu video. Jumlah slide dalam album bisa untuk mengunggah 10 video.
  6. Kemudian, tekan tombol “Next” dan lakukan proses editing. Anda bisa menyesuaikan pencahayaan, menambah filter, dan menuliskan caption atau hashtag.
  7. Terakhir, unggah video dengan tekan tombol “Share”.

2. Upload Video Panjang dengan Aplikasi Tambahan

Mungkin Anda tidak masalah jika video yang hendak Anda kirimkan berdurasi kurang dari 90 detik karena sudah ada beberapa fitur yang memfasilitasi video terposting seluruhnya. Tapi, bagaimana jika durasi video lebih dari itu? Simak cara posting video durasi panjang di Instagram dengan aplikasi tambahan di bawah ini:

1. Aplikasi Story split

Aplikasi yang bisa menjadi rujukan saat Anda kebingungan ingin mengunggah video dengan durasi panjang di Instagram adalah Story Split. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menentukan durasi untuk setiap klip. Berikut ini caranya:

  1. Buka aplikasi, kemudian pilih menu “Preview”.
  2. Tekan tombol “Next”. Pada halaman ini, Anda bisa mengisi kolom “Part duration” sesuai dengan batas waktu yang Anda inginkan. Ini menandakan video panjang Anda akan terpotong menjadi beberapa bagian dan sesuai durasi yang ditentukan.
  3. Setelah itu, tekon tombol “Continue” dan tunggu sampai proses selesai.
  4. Jika sudah berhasil, posting video ke laman Instagram.

2. Aplikasi Inshot

Satu lagi cara posting video panjang di Instagram, yaitu dengan bantuan aplikasi, yaitu menggunakan Inshot. Penggunaan aplikasi ini tergolong cukup mudah dengan proses edit yang cepat. Simak tahapannya di bawah ini:

  1. Pastikan Anda sudah masuk di aplikasi Inshot.
  2. Lalu, dari beberapa pilihan menu, pilih menu “Video”.
  3. Kemudian, pilih video yang ingin Anda edit.
  4. Nantinya, Anda akan melihat beberapa menu di bawah, lalup ilih “Speed”.
  5. Pilih kecepatan yang Anda inginkan. Semakin ke kanan angka yang Anda pilih, video akan semakin cepat.
  6. Jika sudah menemukan durasi yang sesuai, tekan tombol berlogo centang.
  7. Kemudian, tekan tombol “Save” yang ada di pojok kanan atas untuk menyimpan video.

Sudah Tahu Cara Posting Video Panjang di Instagram?

Dalam kesimpulannya, cara untuk posting video yang memiliki durasi panjang di Instagram bisa Anda lakukan dengan editing sederhana langsung dari Instagram. Untuk lebih eksploratif, cobalah dengan aplikasi tambahan untuk hasil video berkualitas tinggi.

Apalagi dalam dunia yang terus berkembang ini, optimasi Instagram menjadi kunci keberhasilan dalam memaksimalkan potensi bisnis Anda. Dalam menghadapi tantangan tersebut, jasa social media management dari Makinrajin dapat menjadi mitra yang tak ternilai dalam mengelola dan mengembangkan kehadiran Anda di platform ini. 

Dengan begitu, Anda dapat fokus pada inti bisnis Anda sambil tetap menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi pengikut Anda di Instagram. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development