Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Schedule Post Instagram dengan Aplikasi Ketiga, Mudah!

3 min read

Cara Schedule Post Instagram dengan Aplikasi Ketiga, Mudah!

Pada era digital yang penuh dengan kesibukan seperti sekarang, konsistensi berbagi konten di media sosial seperti Instagram menjadi semakin penting. Namun, hal tersebut tidaklah selalu mudah. Inilah mengapa para kreator konten selalu mencari cara untuk menjadwalkan postingan atau schedule post di Instagram.

Fenomena ini terjadi seiring dengan update terbaru Instagram yang mana merilis fitur “Schedule Post” pada November 2022 lalu. Walau begitu, Anda juga masih bisa mengatur jadwal upload konten dari aplikasi pihak ketiga dengan praktis. Jika penasaran, baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Schedule Post Instagram?

Sebelum kita masuk ke pembahasan langkah-langkah cara menjadwalkan postingan di Instagram, Anda harus pahami sekilas tentang fitur “Schedule Post”.

Schedule Post adalah fitur Instagram marketing agar pengguna dapat mengunggah berbagai jenis konten, termasuk gambar, carousel, video, dan reels, pada jadwal waktu tertentu. Sebelum membagikan konten, fitur ini dapat Anda atur di menu Advance Setting.

Pengguna dapat menggunakan fitur Schedule Post untuk menjadwalkan posting konten hingga 75 hari ke depan, sesuai dengan hari dan waktu yang mereka inginkan. Dalam hal ini, para kreator konten Instagram dapat menentukan jadwal upload konten tanpa menggunakan aplikasi terpisah. 

Sesuai dengan namanya, fitur ini khusus ditujukan untuk pemilik akun profesional seperti pemilik bisnis dan kreator konten untuk mengatur jadwal unggahannya di Instagram. Namun, hingga saat ini belum ada informasi lanjutan dari Instagram apakah akun pribadi juga bisa mendapat akses fitur tersebut atau tidak.

Bagi akun pribadi, walaupun sementara fitur ini belum secara resmi diaktifkan, tetaplah Anda perlu terus memantau pembaruan dari Instagram. Sebab, platform ini terus berkembang dan menghadirkan fitur-fitur baru untuk memenuhi kebutuhan Anda sebagai penggunanya.

3 Cara Schedule Post di Instagram

Walaupun Anda sudah bisa menjadwalkan postingan langsung dari aplikasi Instagram, Anda juga bisa melakukan schedule post di Instagram melalui aplikasi pihak ketiga dengan langkah-langkah cara yang mudah. Aplikasi post Instagram otomatis tersebut adalah Hootsuite. Berikut ini panduan lengkapnya:

1. Mendaftar Akun Hootsuite

Pertama-tama, download aplikasi Hootsuite di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Lalu, daftarkan akun Hootsuite yang mana tahapannya hampir sama dengan ketika Anda mendaftarkan akun media sosial lainnya. Berikut ini caranya:

  1. Buka aplikasi Hootsuite yang sudah Anda instal sebelumnya. Nantinya Anda akan melihat tampilan halaman registrasi, lalu tekan tombol “I don’t have an account”.

2. Pilih metode sign up dengan alamat email atau melalui salah satu akun media sosial Anda, baik itu dengan akun Google, Facebook, atau Twitter. Pada tutorial ini, kami mencoba menggunakan opsi “Sign up with Google”.

3. Kemudian, pilih akun Google yang telah terdaftar di smartphone Anda.

4. Tunggu beberapa saat hingga sistem Hootsuite selesai mengimpor akun Anda.

2. Menghubungkan Hootsuite dan Akun Instagram

Nah, setelah Anda berhasil masuk ke aplikasi Hootsuite, Anda bisa langsung menghubungkan akun Instagram Anda dengan Hootsuite. Simak tutorial selengkapnya di bawah ini:

  1. Apabila Anda melihat halaman seperti gambar di bawah ini, pilihlah opsi “Connect Instagram” untuk mengakses akun Instagram Anda.

2. Cara selanjutnya adalah log in ke akun Instagram Anda yang ingin mendapat pengaturan Schedule Post. Masukkan username dan password akun dengan benar.

3. Kemudian, tekan tombol “Simpan Info”.

4. Lanjutkan dengan pilih tombol “Otorisasi”.

5. Jika akun Instagram Anda tidak berhasil terhubung ke halaman fanpage Facebook, maka Anda harus memilih opsi “Exit With Limit Access”. Kemudian, tekan tombol “Exit”.

6. Nantinya, akun Instagram Anda telah berhasil ditambahkan ke dalam aplikasi Hootsuite Anda. Setelah itu, tekan tombol “Done” yang ada di sebelah pojok kiri atas layar.

3. Cara Menambahkan Schedule Post di Instagram

Setelah dua langkah pertama selesai, Anda bisa mulai menambahkan postingan Instagram apa pun yang ingin Anda ubah jadwalnya. Berikut ini langkah-langkah cara menjadwalkan postingan di Instagram melalui Hootsuite.

  1. Buka aplikasi Hootsuite, lalu pilih menu “Publisher” yang ada di pojok kanan bawah layar smartphone Anda.

2. Anda bisa mengatur jadwal posting pada menu “Planner”. Misalnya, Anda akan memposting konten pada tanggal 30 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB.

3. Setelah itu, tekan tombol “Compose a New Post” yang muncul saat Anda memilih jam posting.

4. Pilih opsi “Select a New Social Work”, lalu tekan tombol simbol panah di pojok kiri atas yang mana akan muncul setelah Anda memilih akun Instagram yang ditambahkan sebelumnya.

5. Anda bisa menambahkan konten apa pun ke menu “Compose”, termasuk teks, gambar, dan video. Kemudian, tekan tombol “Next” yang ada di pojok kanan atas layar.

6. Pilih tombol “Continue” untuk melanjutkan. Nantinya, Anda akan melihat halaman seperti ini, lalu swipe ke kiri.

7. Lalu, tekan tombol “Ready to Schedule”.

8. Tunggu beberapa saat hingga Hootsuite menyelesaikan prosesnya.

9. Selamat! Anda telah berhasil menyelesaikan cara menggunakan aplikasi Hootsuite untuk schedule post di Instagram secara efektif.

Apabila Anda berhasil mengikuti semua tahapan di atas, kami dapat pastikan bahwa Anda akan selalu bisa merencanakan postingan di platform Instagram dan mengatur waktu publikasi di masa depan dengan mudah.

Namun, penting untuk Anda ingat bahwa walau fitur Schedule Post memberikan manfaat yang signifikan. Tetap berinteraksi secara langsung dengan audiens dan menghadapi momen-momen aktual dengan responsif adalah kunci bagi keberhasilan strategi media sosial yang efektif.

Sudah Tahu Cara Schedule Post Instagram?

Pada intinya, pastikan Anda mengikuti panduan cara schedule post di Instagram yang telah kami jelaskan di atas. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, cari panduan lebih lanjut di website resmi Hootsuite atau menghubungi kontak customer support yang tersedia.

Supaya Anda tidak terlalu kesulitan dalam mempelajari cara schedule post Instagram di atas, Anda bisa menyerahkan pekerjaan ini ke Makinrajin. Saat ini, tim Makinrajin menyediakan jasa social media management yang siap membantu Anda dalam optimasi instagram.

Dengan pengalaman mengoptimalkan platform-platform seperti Instagram, Anda dapat memastikan bahwa postingan Anda akan diatur dengan baik dan diposting pada waktu yang tepat. Selain itu, tim Makinrajin juga akan mengembangkan strategi konten yang sesuai dengan target audiens Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development