Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

20 Strategi Instagram Marketing yang Efektif Tingkatkan Engagement

6 min read

20 Strategi Instagram Marketing yang Efektif Tingkatkan Engagement

Instagram telah menjadi platform marketing yang sangat populer bagi bisnis untuk mempromosikan produk dan layanannya, serta membangun komunitas yang berhubungan dengan brand bisnisnya. 

Apabila Anda ingin mendapatkan peluang-peluang tersebut, salah satu langkah yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan sejumlah strategi pemasaran Instagram. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari wawasan mendalam tentang pemasaran Instagram untuk mencapai kesuksesan promosi bisnis dalam dunia digital.

Apa Itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah upaya atau praktik pemasaran yang dilakukan melalui platform media sosial Instagram. 

Popularitas Instagram sebagai saluran pemasaran digital terbaik saat ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya pengguna aktif yang mengakses Instagram tiap harinya. Oleh karena itu, tak sedikit pemilik bisnis menganggap praktik Instagram marketing adalah langkah terbaik untuk:

  • Mempromosikan produk atau layanan bisnis kepada audiens luas.
  • Membangun citra brand dan brand awareness ke arah yang lebih positif.
  • Memperluas hubungan dan jangkauan audiens bisnis dalam waktu singkat.
  • Meningkatkan visibilitas bisnis, karena jumlah dan engagement pelanggan bertambah.
  • Menghasilkan lebih banyak penjualan atau konversi bisnis.

20 Strategi Instagram Marketing Terbaik untuk Meningkatkan Engagement

Kini saatnya Anda ketahui dan terapkan sejumlah strategi pemasaran Instagram yang paling efektif pada panduan berikut ini:

1. Pahami dan Tentukan Target Audiens

Langkah pertama dalam melakukan Instagram marketing yang sukses adalah memahami siapa target audiens Anda. Lakukan penelitian yang mendalam untuk mengidentifikasi hingga menentukan karakteristik demografis (usia, jenis kelamin, dll), minat, dan perilaku pengguna yang paling cocok dengan produk atau layanan bisnis Anda. 

Berkat pemahaman yang baik tentang audiens, Anda dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi audiens tersebut.

2. Analisis Instagram Milik Kompetitor 

Setiap kali menerapkan suatu strategi bisnis, tahapan ini tak boleh dilewatkan. Bahkan, dalam Instagram marketing, Anda juga harus menganalisis kompetitor, untuk memahami serta membandingkan strategi, kinerja, dan keunggulan kompetitor di Instagram.

Pelajari apa yang kompetitor Anda lakukan untuk memaksimalkan pemasaran bisnisnya melalui Instagram. Seperti memperhatikan jenis konten yang sukses menarik banyak audiens, strategi pendekatan dan taktik pemasaran apa yang diterapkan, dan bahkan jadwal posting mereka. 

Informasi-informasi tersebut dapat menjadi tolak ukur Anda dalam mengembangkan akun Instagram bisnis Anda sendiri.

3. Buat Profil Bisnis yang Menarik

Profil bisnis Anda di Instagram adalah kesempatan pertama untuk membuat kesan yang kuat. Maka dari itu, optimasi akun Instagram bisnis untuk menggunakan foto profil bisnis yang jelas dan menggambarkan brand Anda, misalnya menggunakan logo bisnis. 

Kemudian, memilih username yang relevan dengan nama brand Anda dan mudah ditemukan oleh target audiens

Selain itu, tulislah bio yang informatif dan menarik, lalu sertakan pula link website atau halaman landing page Anda. Sehingga, profil bisnis Anda akan tampak lebih profesional, yang mana dapat mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan tetap. 

4. Aktifkan Akun Instagram for Business

Beberapa pakar juga menyarankan untuk mengaktifkan fitur “Instagram for Business”, yang mana lebih powerful daripada akun Instagram pada umumnya. Akun Instagram yang sudah menjadi akun Instagram Business akan memiliki akses ke fitur “Insight”, yang terdiri dari gambaran statistik untuk kebutuhan analisis performa akun. 

Anda juga bisa membuat iklan bisnis secara eksklusif menggunakan fitur “Instagram Ads”.

5. Buat Konten Visual yang Berkualitas

Tips Instagram marketing yang satu ini wajib Anda pahami. Pasalnya, konten visual yang menarik dan berkualitas tinggi adalah kunci untuk memikat target audiens dan mendorong interaksi di antara Anda dan target audiens

Saat ini, Anda bisa membuat konten promosi di Instagram dalam bentuk empat jenis postingan, yaitu Instagram Feed, Story, Reels, dan Live. 

Cobalah untuk membuat berbagai jenis konten, seperti konten video interaktif, konten edukasi berupa gambar panduan atau video tutorial, konten review dari influencer, konten repost postingan audiens, dan lain-lain.

6. Gunakan Fitur Instagram Story

Instagram Story telah menjadi fitur yang sangat populer di platform ini. Walaupun konten yang Anda unggah ke dalam Story akan bertahan selama 24 jam saja, Anda bisa memperoleh brand awareness yang maksimal. 

Oleh sebab itu, lakukan sejumlah cara promosi di Instagram Story dengan berbagi konten yang lebih spontan secara rutin. Misalnya, konten terkait pengumuman khusus, polling, questions, quiz, atau konten eksklusif yang hanya tersedia dalam waktu terbatas. 

Apabila Anda rutin membuat Story, maka akun Instagram bisnis Anda akan sering dilihat oleh followers setiap kali mereka membuka aplikasi Instagram.

7. Buat Instagram Reels

Serupa dengan aplikasi TikTok, Instagram Reels merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat dan berbagi video pendek. Nah, dalam konteks Instagram marketing, Anda perlu membuat dan membagikan konten video berdurasi pendek yang bersifat kreatif, menarik, dan menghibur. 

Tips dari kami, buat konten video Reels yang tidak terlalu panjang, yaitu sekitar 30-60 detik. Kemudian, Anda bisa gunakan musik yang sesuai dengan suasana dan pesan dari konten yang Anda buat. Selain itu, tambahkan caption yang menarik dan mudah dibaca untuk memperjelas pesan atau cerita di balik konten Reels Anda.

8. Lakukan Siaran Langsung Melalui Instagram Live

Melakukan siaran langsung melalui Instagram Live juga menjadi salah satu strategi pemasaran Instagram yang efektif untuk terhubung secara langsung dengan audiens bisnis Anda, membangun engagement, dan meningkatkan brand awareness

Hal ini lantaran fitur Instagram Live dapat Anda gunakan untuk kebutuhan melaporkan kejadian secara real-time, mempromosikan produk atau layanan bisnis, hingga menyelenggarakan seminar online yang lengkap dengan sesi tanya jawab.

Supaya acara siaran langsung Anda mendapat banyak penonton, beritahu audiens Anda tentang jadwal acara siaran langsung melalui Instagram Story, unggahan Feed, atau website

Lalu, pastikan tampilan video dan audio siaran langsung Anda jelas dan berkualitas. Agar akun bisnis Anda tetap mendapat atensi, walau siaran langsung sudah selesai, Anda bisa memposting rekaman Instagram Live dalam bentuk video ke Feed.

9. Manfaatkan Fitur-Fitur Khusus Instagram Business

Selain menggunakan Instagram Feed hingga Instagram Live, Anda juga perlu memanfaatkan fitur-fitur Instagram lain yang dikhususkan untuk akun Instagram Business. Berikut ini beberapa pilihan terbaiknya:

  • Instagram Ads: Fitur untuk membuat iklan yang dipromosikan di dalam platform Instagram.
  • Insight: Alat analitik untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang performa akun, seperti statistik followers, jumlah click dan impression, serta statistik Instagram Ads.
  • Quick Reply: Fitur untuk membuat format pesan otomatis, agar Anda bisa membalas pesan yang masuk ke direct message (DM) dengan cepat.
  • Link: Fitur yang memungkinkan Anda dapat menautkan konten atau external link secara langsung ke dalam Story.

10. Buat Iklan dengan Instagram Ads

Jika Anda ingin meningkatkan jangkauan dan efektivitas strategi Instagram marketing, maka pertimbangkan untuk membuat iklan menggunakan Instagram Ads. Platform ini menawarkan berbagai jenis iklan yang berguna dalam mempromosikan postingan konten Anda, termasuk iklan foto, video, dan iklan di Instagram Story. 

Anda bisa membuat iklan dengan Instagram Ads melalui platform Instagram itu sendiri atau melalui Facebook Ads Manager.

11. Tambahkan Caption yang Menarik

Bukan hanya mengoptimalkan kualitas konten gambar atau video, Anda juga harus ingat untuk selalu menambahkan caption yang relevan dan menarik di bagian deskripsi konten. Tujuannya adalah agar audiens bisa memahami maksud dari konten yang Anda unggah, sehingga mempengaruhi peningkatan engagement bisnis.

Mulailah dengan mengidentifikasi kata kunci yang mewakili makna dari konten. Kemudian, jabarkan kata kunci tersebut ke dalam 3-4 kalimat pertama, perhatikan bahwa Anda tetap boleh membuat caption yang panjang. 

Supaya semakin menarik, tambahkan kalimat CTA (call-to-action) yang dapat mengajak audiens untuk melakukan sesuatu, misalnya “mention teman Anda yang butuh produk ini”.

12. Gunakan Hashtag yang Relevan

Strategi Instagram marketing berikutnya adalah menggunakan hashtag atau tagar sebagai elemen non-visual dalam Instagram. Praktik ini sangatlah penting, karena hashtag dapat membuat konten Instagram Anda mudah ditemukan oleh target audiens.

Tipsnya, lakukan riset hashtag yang berkaitan dengan industri atau brand Anda di menu “Explore” dan gunakan kombinasi hashtag populer dengan niche yang relevan. 

Selain itu, buat hashtag khusus brand Anda untuk memperkuat identitas brand dan memudahkan audiens untuk mencari postingan konten yang berhubungan dengan brand Anda.

Baca Juga: 30+ Hashtag Instagram Agar Banyak Like dan Followers

13. Bangun Interaksi dengan Followers atau Komunitas

Instagram marketing bukan hanya tentang memposting konten promosi, tetapi juga tentang membangun interaksi dan engagement dengan followers Anda. Oleh sebab itu, rutinlah untuk merespons komentar, membalas DM, dan mengikuti followers yang performanya dapat mendukung proses bisnis Anda. 

Selain itu, bergabunglah dalam komunitas yang terkait dengan industri Anda dan berpartisipasi dalam diskusi. Beberapa pemilik bisnis yang mengoptimalkan Instagram juga memanfaatkan kekuatan influencer untuk memperluas jangkauan brand.

14. Berkolaborasi dengan Influencer

Upaya kolaborasi dengan influencer atau selebgram juga menjadi salah satu strategi yang paling efektif dalam Instagram marketing. Pada intinya, temukan influencer yang relevan dengan bisnis Anda dan memiliki audiens yang cocok dengan target pasar Anda. 

Berkolaborasilah dengan banyak influencer terpercaya, agar Anda secara tidak langsung mempromosikan produk atau layanan Anda kepada followers milik influencer

15. Pertimbangkan Menjual Produk atau Layanan dengan Instagram Shopping

Bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk menjual produk atau layanan bisnis, tak ada salahnya untuk menggunakan fitur Instagram Shopping. Utamanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat katalog produk langsung di dalam platform Instagram. 

Selain itu, Anda juga bisa menandai produk dalam postingan foto atau video Anda, di mana audiens dapat mengklik tanda tersebut untuk melihat detail produk, harga, dan membelinya langsung melalui Instagram. 

Pastikan untuk mengoptimalkan deskripsi produk, sehingga Anda dapat membuat pengalaman berbelanja yang mulus bagi pengikut Anda. 

16. Buat Kontes dan Giveaway di Instagram

Kontes dan giveaway dapat menjadi strategi Instagram marketing yang juga efektif untuk meningkatkan engagement audiens dan memperluas jangkauan brand Anda secara organik. Karena Anda hanya perlu mempromosikan kontes dan giveaway tersebut melalui Instagram Feed dan Story.

Buatlah peraturan yang mudah untuk diikuti oleh target audiens, seperti mem-follow akun Anda, like dan comment postingan, atau share informasi tentang kontes kepada teman-teman mereka. Pastikan hadiahnya menarik dan relevan dengan audiens Anda. 

17. Pilih Waktu Posting Terbaik

Kelima belas tips Instagram marketing di atas tidak akan optimal apabila Anda melakukannya di waktu yang kurang tepat. Sebab, waktu posting yang tepat dapat berdampak besar pada engagement audiens bisnis Anda. 

Perhatikan pola dan kebiasaan followers Instagram Anda, dan coba posting pada waktu yang paling banyak dijamah oleh audiens Anda. Menurut beberapa sumber, prime time Instagram ada di jam berikut:

  • Senin setiap pukul 11.00-17.00 
  • Selasa setiap pukul 05.00 dan 09.00-18.00 
  • Rabu setiap pukul 05.00, 11.00, dan 15.00 
  • Kamis setiap pukul 05.00, 11.00, dan 15.00-16.00 
  • Jumat setiap pukul 05.00 dan 09.00-16.00 
  • Sabtu setiap pukul 11.00 
  • Minggu setiap pukul 10.00-14.00

18. Manfaatkan User-Generated Content (UGC)

Sederhananya, User-Generated Content (UGC) adalah jenis konten yang dibuat oleh pengguna atau konsumen dari produk atau layanan tertentu. Konten yang dimaksud bisa berupa gambar, video, ulasan, testimoni, atau postingan lain yang dibagikan oleh pengguna di platform media sosial atau website.

Nah, Anda bisa memanfaatkan keberadaan UGC atau konten buatan audiens yang menggunakan produk atau layanan Anda dengan memposting ulang ke Instagram Story Anda. 

Agar semakin maksimal, ajak audiens untuk berbagi pengalaman, foto, atau video yang berkaitan dengan brand Anda dan beri mereka pengakuan dengan menyebutkan nama akun Instagram-nya.

19. Jaga Konsistensi Tampilan Konten Anda

Strategi penting lainnya dalam Instagram marketing adalah konsistensi konten. Maksudnya, sebagai pengelola akun Instagram bisnis, Anda harus memastikan bahwa desain, gaya, nada suara, dan pesan brand Anda konsisten di setiap postingan dan interaksi dengan audiens Anda. 

Upaya ini dapat membantu Anda dalam membangun citra brand yang kuat, membuat audiens dapat mengenali brand Anda dengan mudah, dan memperkuat engagement dengan audiens Anda.

20. Pantau dan Analisis Performa Instagram Marketing

Terakhir, Anda harus terus memantau dan menganalisis hasil dari strategi Instagram marketing Anda. Gunakan analytics tools seperti Instagram Insights atau platform pihak ketiga untuk memahami bagaimana postingan Anda tampil di depan audiens, tingkat engagement audiens, dan konversi yang dihasilkan. 

Melalui pemahaman yang mendalam tentang data ini, Anda dapat mengoptimalkan strategi, mengidentifikasi aspek mana yang berhasil, dan menyesuaikan suatu aspek yang mungkin tidak efektif.

Tertarik Melakukan Pemasaran di Instagram? 

Baik, itulah tadi 20 strategi terbaik dalam menerapkan Instagram marketing. Harapannya, panduan ini bisa membuat Anda lebih menyadari betapa pentingnya strategi pemasaran yang efektif dalam mencapai kesuksesan bisnis di dunia digital. Semoga berhasil!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development