Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Prime Time Instagram: Kapan Waktu Terbaik Berinteraksi di Instagram?

4 min read

Prime Time Instagram Kapan Waktu Terbaik Berinteraksi di Instagram

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang populer dan berpengaruh selama beberapa tahun terakhir. Setiap harinya, jutaan pengguna menggunakan Instagram untuk berbagi foto dan video mereka. Sehingga, Anda perlu tahu tentang prime time Instagram, bila ingin mempromosikan produk bisnis.

Karena bagi sebagian orang yang melakukan branding atau usaha di media sosial engagement jadi hal yang penting. Hal ini dapat mempengaruhi pandangan viewers terhadap bisnis atau usaha tersebut. Oleh sebab itu, yuk, ketahui kapan waktu yang tepat untuk berinteraksi di Instagram melalui ulasan di bawah ini!

Prime Time Instagram

Prime Time Instagram adalah waktu yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk berinteraksi dengan pengguna Instagram. Pada saat-saat ini, pengguna Instagram lebih aktif dan lebih cenderung untuk menghabiskan lebih banyak waktu di platform

Ini adalah waktu terbaik upload IG, di mana konten yang diunggah oleh pengguna Instagram lebih banyak dilihat dan disukai oleh pengikut akun Anda. Waktu yang tepat untuk berinteraksi di Instagram cukup bervariasi, tergantung pada wilayah geografis Anda dan audiens target Anda. 

Misalnya, pengguna Instagram di Amerika Serikat mungkin memiliki waktu Prime Time yang berbeda dengan pengguna di Asia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui waktu Prime Time untuk audiens target Anda.

Menurut informasi dari situs web Hotsuit, terdapat waktu-waktu puncak yang bisa dijadikan sebagai acuan saat mengunggah sebuah postingan. Berikut detailnya:

  • Senin: Pukul 11.00 AM hingga pukul 01.00 PM, dengan waktu paling efektif pada pukul 12.00 PM.
  • Selasa: Pukul 08.00 AM hingga 10.00 AM, dengan waktu paling efektif pada pukul 09.00 AM.
  • Rabu: Pukul 09.00 AM hingga pukul 11.00 AM, dengan waktu paling efektif pada pukul 10.00 AM.
  • Kamis: Pukul 11.00 AM hingga pukul 01.00 PM, dengan waktu paling efektif pada pukul 12.00 PM.
  • Jumat: Pukul 02.00 PM hingga pukul 04.00 PM dengan waktu paling efektif pada pukul 03.00 PM.
  • Sabtu: Pukul 08.00 AM hingga pukul 10.00 AM, dengan waktu paling efektif pada pukul 09.00 AM.
  • Minggu: Pukul 06.00 PM hingga pukul 08.00 PM, dengan waktu paling efektif pada pukul 07.00 PM.

Cara Menemukan Waktu Terbaik Upload IG

Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan demi menemukan prime time Instagram yang tepat ketika hendak mengunggah konten atau berinteraksi dengan target pasar bisnis:

1. Tentukan Target Viewers

Viewers atau followers adalah para pengguna Instagram yang nantinya akan menonton atau berinteraksi dengan konten-konten yang Anda upload. Namun, mereka memiliki karakteristik atau demografi yang beragam. Sehingga, Anda perlu menentukan secara spesifik, viewers dengan karakteristik seperti apa yang hendak Anda sasar.

Sehingga, konten yang Anda posting bisa related dengan mereka dan mereka mau menonton atau berinteraksi dengan konten yang Anda bagikan. Umumnya, karakteristik atau demografi viewers terbagi atas usia, pekerjaan, domisili, jenis kelamin, tingkat pendidikan, waktu aktif di IG, dan hobi atau minat.

Nah, berdasarkan data-data tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan waktu yang tepat untuk posting konten IG. Contohnya, bila Anda menargetkan viewers berusia 20 tahun yang berprofesi sebagai mahasiswa. Maka, Anda bisa mengupload konten pada saat jam makan siang, waktu sebelum berangkat ke kampus, atau waktu libur.

Baca juga: 11 Cara Jualan di Instagram, Terbukti Menarik Pembeli!

2. Perhatikan Perbedaan Zona Waktu

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia memiliki 3 zona waktu berdasarkan Green Mean Time (GMT) atau letak garis bujur, yakni WIB, WITA, dan WIT. Zona WIB (Waktu Indonesia Barat) mencakup mulai dari Pulau Sumatera hingga Kalimantan Tengah. 

Zona WITA (Waktu Indonesia Tengah) mencakup Kalimantan Selatan hingga Kepulauan Nusa Tenggara. Sementara zona WIT (Waktu Indonesia Timur) mencakup Kepulauan Maluku hingga Pulau Papua. Ketiga zona tersebut memiliki selisih waktu satu jam lebih cepat antara satu dan lainnya.

Nah, berdasarkan data domisili yang telah Anda lakukan saat menentukan target viewers sebelumnya. Maka, Anda bisa tahu kapan waktu post Instagram yang relevan dengan viewers Anda.

Misalnya, Anda ingin menjangkau viewers mahasiswa di kawasan Pulau Sulawesi, sementara Anda berdomisili di Pulau Jawa. Karena zona waktu Pulau Sulawesi adalah WITA dan Pulau Jawa adalah WIB, maka waktu di Pulau Sulawesi 1 jam lebih cepat daripada waktu di Pulau Jawa.

Sehingga, bila Anda ingin mengupload di waktu jam makan siang, yakni pada pukul 12.00 WITA. Maka, Anda harus mempostingnya lebih awal, yakni 11.00 WIB. Agar sesuai dengan zona waktu viewers

3. Posting Konten Secara Konsisten

Setelah menentukan target viewers dan mengetahui zona waktu mereka, maka Anda harus konsisten memposting konten yang relevan dengan karakteristik mereka pada prime time Instagram

Selain dapat meningkatkan engagement, dengan memposting konten secara konsisten juga akan memberikan Anda data terbaru perihal waktu aktif dari viewers Anda. Karena, perilaku pengguna IG relatif berubah, terutama jika Anda mendapatkan banyak viewers atau followers baru.

Sehingga, data yang sebelumnya Anda dapatkan bisa saja berbeda dengan data hari ini. Oleh sebab itu, Anda perlu konsisten mengunggah posting dan mengevaluasinya secara berkala. Agar menemukan waktu terbaik untuk berinteraksi dengan para audiens.

4. Evaluasi Secara Berkala

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala setelah konsisten mengunggah konten di waktu post Instagram terbaik. Sebelum menentukan evaluasi apa yang harus Anda lakukan, tentunya Anda perlu menganalisa terlebih dahulu perilaku atau data dari viewers.

Anda dapat menggunakan tools atau fitur-fitur yang ada di platform Instagram untuk menganalisa perilaku viewers. Misalnya melalui fitur Profesional Dashboard, jika Anda memiliki akun IG bisnis. Pada fitur tersebut Anda akan mengetahui data lengkap perihal perilaku viewers Anda, mulai dari domisili hingga waktu interaksi.

Setelah menganalisa data tersebut, maka Anda dapat mengubah waktu posting konten, bila ada perbedaan antara waktu Anda posting konten sebelumnya dengan data waktu interaksi viewers yang tertinggi. 

Selain itu, Anda juga bisa mengubah waktu upload konten bila Anda mendapatkan banyak viewers baru dari kawasan tertentu. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan perbedaan waktu domisili Anda dengan zona waktu viewers.

Baca juga: Apa Itu Insight Instagram? Manfaat, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya

Tips Memaksimalkan Jam Posting di Instagram

Setelah menemukan waktu prime time Instagram untuk audiens Anda, ada beberapa cara untuk mengoptimalkannya dan memaksimalkan keterlibatan pengguna. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan jam posting di Instagram:

1. Posting Konten yang Relevan dan Berkualitas

Ketika posting konten di prime time, pastikan konten yang Anda bagikan relevan dan berkualitas. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan pengguna untuk menyukai dan mengomentari konten Anda, serta berbagi konten Anda dengan pengikut mereka. 

Konten yang relevan dan berkualitas juga dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut Anda di Instagram.

2. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag dapat membantu memperluas jangkauan konten Anda di Instagram. Saat Anda posting konten, pastikan Anda menggunakan hashtag yang relevan dengan topik konten Anda. 

Hal ini akan membantu pengguna Instagram yang tertarik dengan topik yang sama menemukan konten Anda dan meningkatkan keterlibatan mereka dengan konten Anda.

3. Interaksi dengan Pengguna

Saat prime time, pastikan Anda menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan pengguna dan pengikut akun Anda. Balaslah komentar mereka, berikan “like” pada postingan konten mereka, dan tanggapi pesan langsung dari pengguna. 

Hal ini akan membantu membangun hubungan baik dengan pengikut Anda dan meningkatkan keterlibatan mereka dengan konten Anda.

4. Menggunakan Fitur Instagram

Instagram menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna dengan konten Anda. 

Contohnya, Stories Instagram dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperluas jangkauan konten Anda di Instagram. Gunakan fitur-fitur ini untuk memaksimalkan keterlibatan pengguna di prime time.

Baca juga: Ukuran Story Instagram yang Tepat Untuk Tingkatkan Performa Konten

Sudah Tahu kan Jam Prime Time Instagram?

Prime Time Instagram adalah waktu yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk berinteraksi dengan pengguna Instagram. Dengan mengetahui waktu prime time untuk audiens Anda dan mengoptimalkannya, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dengan konten Anda dan memperluas jangkauan konten Anda di platform ini.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development