Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Desain Kemasan Produk: Pengertian dan Tips Membuatnya

5 min read

Desain Kemasan Produk: Pengertian dan Tips Membuatnya

Membuat dan memasarkan sebuah produk memerlukan banyak hal pendukung. Salah satunya adalah kemasan. Adanya kemasan yang menarik tentu akan meningkatkan nilai jual produk. Oleh karena itu, desain kemasan produk menjadi salah satu hal yang perlu Anda kembangkan dalam menjalankan sebuah usaha. 

Apa Itu Desain Kemasan Produk?

Desain kemasan produk adalah sebuah usaha untuk membuat benda yang berfungsi sebagai pembungkus sebuah produk secara kreatif dan inovatif. Adanya desain kemasan yang menarik pasti akan menambah ketertarikan pelanggan akan produk tersebut. 

Dalam membuat desain kemasan, Anda dapat mengacu pada produk itu sendiri. Misalnya mengacu pada bentuk, warna produk, fungsi produk, target pasar, dan sebagainya. Sedangkan dalam melakukan desain, Anda perlu mempertimbangkan bahan dasar produk, warna, jenis font, dan elemen grafisnya. 

Anda juga harus membuat desain kemasan produk kreatif dengan menambahkan beberapa unsur tertentu di dalamnya. Seperti menambahkan cerita, menambahkan tantangan, dan lain sebagainya. Karena itu, Anda bisa membuat desain brief lebih dulu untuk menentukan tujuan dari pembuatan kemasan tersebut.

Mengapa Desain Kemasan Produk itu Penting?

Setelah mengetahui definisinya, kini Anda akan mempelajari tentang seberapa penting desain grafis kemasan pada sebuah bisnis atau industri. Berikut ini adalah beberapa penjabarannya:

1. Sebagai Sarana Marketing sebuah Produk 

Adanya kemasan yang menarik pada suatu produk akan memudahkan produk tersebut dikenal dengan baik oleh konsumen. Sehingga, orang akan tertarik untuk membeli produk Anda. Secara tidak langsung, adanya kemasan produk yang menarik dapat meningkatkan penjualan produk.

2. Memberikan Identitas Khusus pada Produk

Orang akan dikenal karena keberadaan identitasnya, begitu juga dengan sebuah produk. Dalam mengembangkan produk, harus ada identitas yang Anda tonjolkan. Sehingga produk tersebut bisa konsumen ingat dengan mudah. Salah satu cara membangun identitas adalah melalui desain kemasan produk yang kreatif. 

3. Menambah Keindahan Produk 

Estetika tidak hanya perlu ada dalam sebuah lukisan, bangunan. atau karya seni lainnya. Sebuah produk juga memerlukan estetika agar bisa konsumen pandang dengan nyaman. Melalui desain kemasannya, Anda dapat menciptakan nilai estetika pada sebuah barang yang akan dijual.

Pada beberapa kasus, ada produk yang tidak unggul dalam segi kualitas, namun memiliki estetika kemasan yang baik. Hasilnya, produk tersebut akan tetap mampu bersaing dengan produk lain yang memiliki kualitas lebih unggul. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan orang akan tertarik akan nilai-nilai estetika.

4. Sebagai Branding Jangka Panjang

Dalam dunia bisnis, untuk memenangkan persaingan jangka panjang Anda harus memiliki branding atau brand image yang baik pada sebuah produk. Oleh karena itu, kemasan produk yang Anda buat harus memiliki nilai yang kuat untuk mempertahankan branding jangka panjang

Prinsip dalam Membuat Desain Kemasan Produk

Sebelum mengetahui berbagai tips dalam membuat desain kemasan. Berikut ini adalah beberapa prinsip untuk membuat desain kemasan yang bisa Anda jadikan sebagai acuan: 

1. Memiliki Nilai Kesederhanaan

Adanya bentuk serta desain yang sederhana, namun jelas akan lebih menarik jika Anda bandingkan dengan kemasan yang terlalu ramai dan rumit. Hal tersebut karena calon pembeli akan dengan mudah membaca deskripsi produk pada kemasan yang sederhana tersebut.

Anda dapat memprioritaskan kesederhanaan dalam desain seperti penggunaan warna yang tidak terlalu banyak, penggunaan elemen yang senada, dan bentuk huruf yang mudah untuk dibaca. Tampilkan juga informasi penting yang ingin Anda tonjolkan pada sebuah produk dan beri highlight desain tertentu. 

2. Memiliki Nilai Kejujuran

Desain kemasan produk tidak hanya membutuhkan nilai kreatif, namun juga membutuhkan nilai kejujuran. Hal tersebut bertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan pada produk yang Anda pasarkan. Tampilkan gambar atau informasi sesuai fakta yang ada pada sebuah produk dan tidak usah melebih-lebihkannya.

Ketidakjujuran ini kerap kali terjadi, khususnya pada produk makanan dan minuman. Misalnya terdapat klaim tanpa pewarna dan pengawet, padahal di dalamnya masih ada substansi tersebut. Dalam berbisnis, jangan sampai Anda mengecewakan pembeli melalui kebohongan.

3. Food Safety

Prinsip satu ini berguna untuk produk makanan dan minuman. Anda harus menjunjung tinggi keamanan pangan atau food safety. Ini karena tidak semua bahan pengemas makanan aman untuk makanan dan minuman tertentu. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terkait pilihan pengemas produk.

Misalnya, produk makanan akan Anda sajikan dalam keadaan panas. Tentu saja, memiliki pengemas berupa styrofoam atau plastik bukan hal yang tepat. Lalu, untuk produk yang memiliki nutrisi tinggi, tidak baik jika Anda kemas dalam plastik bening. Karena paparan cahaya akan mendegradasi komponen nutrisi tersebut.

4. Unik

Sebuah desain kemasan produk harus memiliki nilai unik dan menarik untuk membuat produk lebih mudah untuk dikenali. Selain itu, produsen biasanya akan membayangkan isi dari suatu produk melalui desain yang tertera pada kemasan. Sehingga, Anda dapat membuatnya nyata namun juga semenarik mungkin.

Agar dapat membuat kemasan yang unik, ada banyak aspek yang bisa Anda pertimbangkan. Seperti pemilihan bentuk kemasan, pemilihan warna, pemilihan tulisan, hingga ilustrasi yang menarik. Ambil perhatian konsumen sebanyak-banyaknya dari awal produk terlihat. 

5. Otentik dan Berbeda

Karena persaingan dalam pemasaran semakin ketat, banyak orang memilih desain kemasan menyerupai milik kompetitor yang jauh lebih terkenal. Tentu saja dengan harapan, produk yang tersebut akan laku keras. Namun nyatanya, nilai autentik dan original dari sebuah produk menjadi hal yang lebih penting.

Anda bisa menjadikan kompetitor sebagai salah satu inspirasi untuk membuat desain. Namun, gunakan prinsip ATM atau amati, tiru, dan modifikasi pada produk tersebut. Jangan buat desain serupa karena akan menghilangkan identitas dari sebuah produk. Berikan nilai pembeda yang dapat memberikan keunikan tersendiri. 

Tips Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

Sebelum Anda memulai membuat desain kemasan, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan sebagai gambaran untuk melakukan desain: 

1. Gunakan Warna Cerah

Warna cerah pada sebuah kemasan dapat menarik perhatian konsumen. Hal tersebut terjadi karena warna cerah akan terlihat lebih mencolok dibandingkan dengan warna lainnya. 

Anda bisa menggunakan warna cerah seperti kuning, orange, merah muda, atau hijau muda. Tentu saja, warna ini tetap harus Anda selaraskan dengan produk.

2. Tambahkan Informasi Penting dengan Highlight Berbeda

Jika produk Anda memiliki keunggulan tertentu yang perlu pelanggan ketahui, maka Anda bisa meletakkannya dalam kemasan produk. Karena informasi penting tersebut diharapkan harus terbaca konsumen, maka Anda dapat memberikan highlight tertentu sebagai pembeda. Baik dari segi warna atau jenis tulisan. 

3. Gunakan Gambar yang Menarik

Adanya tambahan gambar pada desain kemasan produk akan menambah ketertarikan tersendiri. Selain menambah keunikan, adanya gambar juga berfungsi untuk memberikan gambaran terkait isi sebuah produk pada konsumen. Anda bisa membuat ilustrasi gambar sendiri atau mengunduh dari berbagai website gratis.

4. Gunakan Desain yang Simpel 

Desain yang menarik tidak selalu rumit dan memiliki banyak ornamen. Sesuai dengan prinsipnya, justru desain kemasan sederhana lebih banyak peminat akhir-akhir ini. 

Desain yang tidak kompleks akan memberikan kesan elegan pada sebuah produk. Selain itu, desain simpel cenderung dapat mempermudah pelanggan menyerap informasi yang ada. 

5. Gunakan Kemasan dengan Bahan yang Unik 

Terdapat banyak sekali pilihan bahan kemasan yang tersedia. Anda bisa menggunakan bahan kemasan yang unik dan berbeda, sehingga produk Anda akan tampak lebih menonjol. Misalnya, dari pada menggunakan plastik PE transparan, Anda bisa menggunakan standing pouch buram sebagai bahan pengemas. 

Contoh Desain Kemasan Produk yang Kreatif

Berikut ini adalah beberapa contoh desain kemasan yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi:

1. Kemasan Jus

desain kemasan produk
Pinterest

Kemasan jus tersebut sangat menampilkan desain yang kreatif. Terlihat dari pemilihan warna cerah yang sangat menarik sesuai buah. Peletakan nama brand pada sisi depan yang mencolok dengan tulisan yang sederhana. Pada bagian belakang kemasan, dibuat desain ilustrasi yang unik sesuai dengan jenis buah.

2. Desain Kemasan Kosmetik

desain kemasan produk
Pinterest

Tidak banyak tulisan dan corak warna yang terdapat pada desain tempat kosmetik tersebut. Namun, justru kesederhanaan itulah yang menjadi keunikan desain kemasan satu ini. Lewat bentuk kemasan yang menyerupai koper, produk terlihat unik serta mudah untuk pelanggan bawa. 

Corak warna dan bahan kemasan ini akan sangat cocok bagi Anda yang mengusung tema ramah lingkungan bagi produk yang sedang Anda kembangkan. Penggunaan kardus yang mudah di daur ulang dan penggunaan tinta yang tidak boros menjadi kuncinya. 

3. Desain Kemasan Biskuit

desain kemasan produk
behance

Contoh desain kemasan produk unik lainnya adalah desain kemasan biskuit seperti yang terlihat pada gambar. Pemilihan warna dasar coklat akan sangat sesuai dengan warna biskuit. 

Terdapat juga paduan warna cerah sebagai highlight. Hal yang membuat unik adalah pembuka pada bagian atas yang bisa ditutup kembali. Sehingga dapat memudahkan konsumen untuk memakannya.

4. Kemasan Botol

desain kemasan produk
pinterest

Selain menarik, Anda juga menambahkan hal unik yang tertera dalam kemasan botol di atas. Pada kemasan botol tersebut, terdapat permainan unik yang bisa konsumen kerjakan. Meskipun memiliki berbagai permainan, terlihat bahwa desain kemasan tidak terlalu rumit. Sehingga masih menarik bagi calon pelanggan. 

5. Kemasan Bola Lampu

desain kemasan produk
packagingbee

Pemilihan desain kemasan juga bisa berdasar pada permasalahan konsumen. Pada produk lampu yang memiliki permukaan licin, menggunakan kemasan kardus biasa akan membuatnya mudah jatuh dan pecah. 

Oleh karena itu, muncul inovasi untuk membuat kemasan seperti yang tertera untuk menghindari jatuhnya lampu. Selain memiliki sisi ergonomis yang baik, kemasan lampu tersebut juga memiliki desain yang elegan namun tetap sederhana. Pemilihan warna ungu dan oranye yang bergradasi menambahkan kesan mewah pada produk.

6. Kemasan Bumbu 

desain kemasan produk
pinterest

Selain menambah tingkat keunikan, kemasan produk juga harus menggambarkan isi di dalamnya. Pada kemasan produk bumbu di atas, penjual tidak perlu menerka-nerka lagi isi produk. Karena terdapat mika transparan yang membuat pelanggan dapat langsung melihat isi produk. 

Keunikan kemasan seperti inilah yang bisa membuat nilai jual dari sebuah produk meningkat. Selain keunikannya, produk tersebut juga memiliki desain yang sederhana dan jelas. Sehingga pelanggan mudah untuk mengenalinya. 

Ayo, Segera Buat Desain Kemasan untuk Produk Anda!

Demikian ulasan mengenai desain kemasan produk mulai dari definisi, prinsip, tips pembuatan, hingga contoh desain yang kreatif. Ketika sudah mempelajari desain packaging, diharapkan Anda dapat memasarkan produk Anda dengan lebih kreatif lagi.

Makinrajin menyediakan jasa desain kemasan yang cocok untuk meningkatkan perhatian orang terhadap produk Anda. Kemasan yang elegan akan meningkatkan penjualan karena orang menganggap produk Anda berkualitas dan higienis.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development