Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic, Cocok untuk Brand Image!

3 min read

Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic, Cocok untuk Brand Image.

Instagram merupakan media sosial yang mendukung penggemar fotografi karena bisa mengunggah hasil jepretannya di feed. Supaya foto hasil jepretan Anda lebih menarik, sebaiknya atur feed agar menyajikan visual yang memukau. Cara membuat feed Instagram aesthetic ini mudah karena Anda bisa melakukannya sendiri.

Mulanya, fungsi Instagram yaitu sebagai wadah untuk menyalurkan hobi fotografi atau mengabadikan momen-momen spesial. Perkembangan dunia digital yang pesat membuat fungsi Instagram mengalami perluasan. Anda bisa menggunakan platform tersebut untuk promosi atau brand image.

Silakan ikuti ulasan artikel ini supaya bisa mengubah tampilan feed yang biasa menjadi lebih keren dan berseni.

Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik tampilan feed Instagram, yakni sebagai berikut:

1. Menentukan Tema

Tips pertama untuk membuat feed IG lebih keren yaitu menentukan tema. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk terus mengunggah foto dengan tema yang relevan. Alhasi, feed akan tampak rapi, indah, dan terkonsep dengan baik.

Tema yang bisa Anda pilih untuk membangun brand image antara lain minimalis, cheerful, vintage, pastel, atau bahkan black and white.

Id.pinterest.com

Gambar di atas adalah contoh feed yang mengusung tema pastel dengan konsep minimalis. Feed tersebut memberikan kesan rapi, manis, dan ceria.

2. Menentukan Grid

Jika Anda sudah menemukan tema yang ingin Anda hadirkan di feed, selanjutnya bisa mendukung tampilan feed lebih estetik dengan menentukan pola grid. Berikut merupakan sejumlah inspirasi grid yang bisa Anda pertimbangkan:

a. Vertical Line

Wellnessstockshop.com

Menyajikan tampilan feed yang rapi dan aesthetic bisa dengan menggunakan grid vertical line. Bagian kanan dan kiri feed Anda isi dengan koleksi foto, sedangkan bagian tengah Anda isi dengan postingan quotes atau bahkan informasi mengenai foto yang berada di sebelah kanan dan kiri.

b. Horizontal atau Row by Row

Skedsocial.com

Untuk membuat tampilan feed row by row atau horizontal, Anda bisa mengunggah tiga baris foto sekaligus. Selanjutnya, unggah quotes atau postingan teks sebagai jeda. Lanjutkan lagi dengan mengunggah foto produk atau foto hasil kreativitas Anda tiga baris lagi.

c. Checkerboard

Wellnessstockshop.com

Jenis grid lainnya yang juga dapat mendukung tampilan feed IG estetika dan unik adalah checkerboard karena tampak seperti papan catur. Cara membuat feed Instagram aesthetic dengan grid checkerboard adalah dengan mengunggah foto secara selang-seling seperti contoh di atas.

d. Border

Freepik

Kehadiran border pada setiap unggahan foto juga akan memberikan kesan yang berbeda. Anda bisa memilih jenis border mulai dari yang tipis hingga tebal. Tak hanya terlihat aesthetic, feed juga menjadi lebih rapi.

e. Puzzle

a-creative.id

Jenis grid terakhir yang mampu menghadirkan suasana aesthetic dan artsy yaitu puzzle. Untuk membuat kotak yang saling berkaitan satu sama lain ini memang sedikit rumit. Namun demikian, sebanding dengan visual yang ditampilkan.

3. Pilih Filter yang Seragam

Rahasia feed tampak menawan adalah menggunakan filter yang seragam pada semua postingan. Filter tersebut akan menjaga konsistensi dari konsep yang ingin Anda hadirkan. Alhasil, feed menjadi lebih rapi, bersih, dan estetik.

4. Menyusun Perencanaan Konten

Cara membuat feed Instagram aesthetic yaitu dengan menyusun perencanaan konten. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengoleksi foto-foto yang relevan dengan tema yang Anda gunakan. Selain itu, membuat perencanaan konten juga membantu Anda untuk tidak secara asal dalam memilih foto.

Alhasil, tampilan grid tidak hanya cantik, namun unggahan foto tersebut juga akan berkaitan dengan foto lainnya. Sekalipun Anda mengunggah tema foto yang berbeda, maka foto-foto tersebut akan berada pada kelompok feed yang masih satu tema.

5. Pilih Foto Berkualitas Tinggi

Apabila Anda menggunakan Instagram sebagai wadah untuk promosi atau brand image, usahakan untuk mengunggah foto dengan kualitas tinggi. Dengan demikian, tampilan foto akan tampak jernih dan tidak mudah pecah. 

Jika ingin lebih profesional, maka bisa mengambil foto menggunakan kamera DSLR. Anda juga bisa memanfaatkan smartphone dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi untuk mengambil foto.

6. Tentukan Skema Warna

Elemen penting lainnya yang perlu Anda terapkan sebagai cara membuat feed Instagram aesthetic yaitu skema warna. Tampilan warna feed juga mempunyai peran dalam memengaruhi suasana hati. Oleh sebab itu, pilihlah warna sesuai dengan foto produk yang Anda tawarkan.

Misal Anda menggunakan sebagai sarana promosi makanan cepat saji, maka pemilihan warna yang tepat adalah merah atau kuning. Sedangkan jika Anda menawarkan produk herbal atau natural, memilih warna hijau akan lebih cocok. 

7. Cari Inspirasi Feed IG Orang Lain yang Keren

Jika Anda masih baru menggunakan Instagram, tentu belum terlalu familiar dengan fitur atau cara menggunakannya. Anda bisa melihat beberapa feed akun Instagram orang lain yang mempunyai tampilan feed estetik. Hal ini bisa Anda jadikan referensi, sehingga bisa mengkolaborasikan dengan ide yang Anda miliki.

Baca Juga: Ukuran Feed Instagram 9 Kotak dan Cara Membuatnya di Canva

Contoh Ukuran Feed Instagram

Saat membuat konten foto atau video yang akan Anda ungguh di feed IG, Anda perlu mengetahui ukuran setiap jenis unggahan contoh feed Instagram aesthetic. Silakan intip ukuran feed Instagram sebagai berikut:

1. Foto atau Gambar

Ada tiga acuan rasio yang cocok Anda gunakan untuk unggahan foto. Rasio tersebut antara lain 1.91:1 untuk foto landscape, sedangkan foto portrait yaitu 1:1 dan 4:5. Resolusi yang maksimal untuk rasio 1:1 yaitu 1080 X 1080 PX dan 1080 X 1350 PX untuk rasio 4:5.

2. Reel

Reel merupakan fitur terbaru Instagram yang dapat memuat video durasi hingga 60 detik. Supaya video tidak terpotong dan terlihat bagus, maka gunakan rasio 9:16. Jika Anda ingin membuat video untuk story, maka bisa menggunakan acuan rasio yang sama dengan reel.

3. IGTV

Fitur IGTV ini cocok untuk Anda yang suka membagikan video dalam durasi sangat lama. Anda bisa menggunakan rasio 16:9 dengan resolusi 1920 X 1080 PX atau 9:16 dengan resolusi 1080 X 1920 PX

4. Video Instagram

Untuk mengunggah video Instagram di feed, ada dua acuan yang bisa Anda gunakan. Pertama adalah video portrait, yaitu 4:5 dengan resolusi minimal 1080 X 1350 PX. Sedangkan video landscape yaitu 1.91:1 dan rasio minimal 1080 X 608 PX.

Siap Mencoba Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic? 

Setelah membaca cara membuat feed Instagram aesthetic di atas, Anda pun bisa mempraktikannya pada akun Instagram yang Anda miliki. Anda pun bisa melihat contoh feed Instagram aesthetic tersebut sehingga bisa mendapatkan inspirasi.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development