Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

10 Cara Promosi Bisnis di Instagram, Bikin Banjir Orderan!

3 min read

10 Cara Promosi Bisnis di Instagram, Bikin Banjir Orderan!

Saat ini, Instagram menjadi sosial media yang efektif untuk mempromosikan produk dan menarik pelanggan. Pasalnya, per tahun 2020 saja pengguna Instagram di Indonesia sudah mencapai 69,2 juta orang. Ini bisa jadi peluang untuk penjual online, asalkan bisa menerapkan cara promosi di Instagram yang tepat. 

Para pengguna Instagram biasanya semakin tertarik terhadap suatu produk setelah melihat postingan feed dan story yang menggiurkan. Oleh karena itu, segera manfaatkan peluang ini dengan mengikuti 10 cara promosi produk di Instagram berikut!

Cara Promosi Bisnis di Instagram yang Bikin Banjir Orderan

Banyaknya pengguna Instagram dan lamanya durasi pengguna bermain Instagram bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan omset penjualan. Berikut cara ampuh mempromosikan produk lewat Instagram agar orderan meningkat:

1. Optimalkan Profil

Saat menggunakan Instagram untuk media promosi, hal penting yang harus Anda lakukan adalah mengoptimalkan profil. Ini bertujuan agar para pengguna lainnya bisa mengenal dengan mudah bisnis Anda.

Lengkapi akun profil bisnis Anda dengan informasi-informasi penting terkait produk, seperti foto profil, harga produk, varian, foto-foto produk, deskripsi singkat yang menarik dan mengandung kalimat Call to Action, hingga diskon produk. 

Jangan lupa juga buatlah username yang sesuai dengan nama bisnis atau menggunakan nama olshop aesthetic Instagram agar lebih menarik. Serta, cantumkan pula kontak serta alamat website bisnis yang bisa diakses.

2. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Jangan gunakan akun personal saat berjualan di Instagram. Cobalah beralih ke Instagram Bisnis agar akun Anda terlihat profesional dan resmi. Instagram khusus bisnis ini juga bisa membantu Anda dalam mempromosikan bisnis lewat fitur-fiturnya yang lengkap daripada akun personal. 

Cara membuat atau mengubah akun biasa menjadi akun bisnis yaitu, masuk ke menu Setting > Account > klik Switch to Business Account untuk beralih ke akun bisnis.

3. Tetapkan Feed yang Menarik

Langkah pertama untuk membuat feed yang menarik adalah menentukan tema feed yang sesuai. Jika Anda memperhatikan contoh feed Instagram bisnis besar, Anda akan menemukan adanya permainan tema yang menarik dan konsisten. 

Permainan tema yang unik, menarik, serta konsisten inilah yang menjadi salah satu kunci akun bisnis bisa menarik perhatian konsumen dan menjadikan bisnis mempunyai ciri khas tersendiri dibanding lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan omset lebih banyak. 

Misalnya saja dari segi desain, warna postingan, gaya bahasa yang relevan dengan target pasar, hingga waktu postingan yang semua harus diterapkan dengan konsisten agar menarik perhatian. 

4. Buatlah Konten Foto dan Video Promosi 

Cara promosi di Instagram berikutnya adalah isilah feed akun bisnis dengan konten-konten foto dan video menarik. 

Konten yang menarik dengan kekuatan gambar yang maksimal akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Terlebih jika Anda menambahkan video promosi produk yang kekinian dan menggiurkan. 

Jangan lupa untuk mendeskripsikan produk dalam sebuah caption di postingan. Misalnya jika Anda menjual makanan, maka jangan hanya menunjukkan harga dan metode pengirimannya saja, tapi gunakan juga bahasa yang mengajak followers untuk tergiur membeli, seperti:

Rasakan crunchynya rice crispy dan renyah biskuit yang dibalut dengan lumer cokelat asli Belgia dari ABChocolate, hanya 30K aja. Buruan order, sebelum kehabisan!”.

Selain itu, penting juga untuk memposting konten secara konsisten dan teratur agar calon pembeli semakin tertarik dengan produk Anda. 

5. Ikuti Tren yang Ada

Mengikuti tren yang ada di Instagram bisa menjadi cara ampuh untuk menarik pelanggan lebih banyak. Tren ini misalnya seperti fitur baru Instagram atau tren-tren konten yang sedang viral. 

Konten yang berkualitas dan mengikuti tren seperti ini bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan karena pelanggan cenderung lebih cepat tertarik dengan hal-hal yang sedang booming

6. Manfaatkan Story Instagram untuk Posting Konten

Selain mengisi feed dengan konten foto dan video yang menarik, Anda juga bisa melakukan cara promosi di Instagram dengan memanfaatkan fitur story. Di fitur story ini Anda bisa membuat postingan berupa gambar, video, jejak pendapat, pertanyaan, dan stiker-stiker yang bisa mendukung konten bisnis Anda. 

Namun story Instagram hanya bertahan 24 jam saja. Nah, agar cara promosi di Instagram story lebih efektif dan bisa dilihat lebih banyak penonton dalam waktu lama, manfaatkan fitur sorotan agar postingan bisa tersimpan dalam akun. 

7. Beri Hashtag pada Caption

Jika Anda pebisnis baru dan belum mempunyai banyak followers, pada bagian akhir caption cobalah menggunakan hashtag (#). Tanda hashtag ini akan memudahkan produk Anda lebih banyak dikenal pengguna Instagram. 

Selain itu tanda hashtag bisa memudahkan calon konsumen untuk menemukan akun dan produk yang mereka cari. Oleh karenanya, sebelum mengupload postingan, cobalah untuk riset berbagai kata kunci yang sekiranya banyak dicari untuk hashtag caption produk Anda. 

8. Manfaatkan Instagram Ads untuk Iklan

Memanfaatkan fitur Instagram Ads bisa juga menjadi cara promosi yang efektif. Fitur ini menjadi elemen penting untuk beriklan lewat Instagram karena bisa membantu untuk menjangkau target konsumen lebih luas. 

Instagram Ads ini sudah banyak digunakan oleh pebisnis lainnya karena selain memudahkan menaikkan penjualan, beriklan dengan fitur IG Ads membutuhkan biaya yang cukup terjangkau. 

Jika Anda tertarik menggunakan fitur ini, berikut caranya:

  • Login dulu ke Facebook Ads Manager.
  • Tentukan tujuan memasang iklan berdasarkan daftar campaign objectives yang sudah tersedia di Facebook Ads Manager.
  • Buat judul iklan yang memudahkan pengecekan performa iklan di IG Ads.
  • Pilihlah target audience yang sudah ada maupun audience baru.
  • Selanjutnya tentukan berapa lama iklan akan ditampilkan dan peletakkan iklan (Facebook News Feed, Instagram, sebelah kanan halaman Facebook, atau yang lain).
  • Pilihlah format iklan yang Anda inginkan, dan jangan lupa untuk mengisi detail iklan serta tombol CTA.
  • Lakukan pembayaran lewat kartu kredit atau debit.

9. Gunakan Jasa Endorsement atau Paid Promote

Jika mempunyai budget lebih, Anda bisa menggunakan jasa endorsement atau paid promote. Jasa paid promote ini merupakan jasa promosi dari sebuah akun regional yang punya banyak followers, sedangkan endorsement adalah promosi dengan cara bekerja sama dengan beberapa influencer terkenal. 

Nah agar strategi promosi Anda lebih efektif dan tidak berdampak kerugian pada bisnis, sebelum memilih influencer atau akun paid promote, ada baiknya utamakan engagement yang tinggi daripada jumlah followers

Anda bisa cari tahu dahulu seberapa engage pemilik akun tersebut dengan para followers mereka. Cara ini bermanfaat agar goals Anda bisa terlaksana dengan baik serta memudahkan Anda untuk mengalokasikan dana secara tepat. 

10. Posting Testimoni dan Bangun Interaksi dengan Pelanggan

Promosi produk tidak hanya dengan mengisi profil dengan foto, video, dan story. Namun Anda juga perlu memamerkan hasil testimoni dari pelanggan sebelumnya untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Membagikan testimoni juga berguna untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk yang Anda jual. Jadi, jangan lupa untuk menanyakan pengalaman pelanggan saat menggunakan produk Anda. 

Selain itu, Anda juga wajib membangun komunikasi interaktif dengan pelanggan. Gunakan beberapa fitur-fitur yang tersedia seperti pertanyaan di story, polling, atau stiker yang menarik. 

Siap Menerapkan Cara Promosi di Instagram Tersebut?

Instagram adalah salah satu sosial media yang memberikan peluang besar untuk menaikkan omset, asalkan Anda bisa mengelolanya dengan baik. Lakukan ke-sepuluh cara promosi di Instagram tersebut dengan pertimbangan dan strategi yang matang agar goals bisnis Anda bisa tercapai.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development