Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

6 Cara Iklan Instagram Tertarget Agar Efektif dan Berhasil

3 min read

6 Cara Iklan Instagram Tertarget Agar Efektif dan Berhasil

Bagaimana cara iklan Instagram tertarget? Dibandingkan Google Ads, Instagram Ads memang terbilang lebih muda. Namun beriklan melalui fitur di Instagram ini nyatanya memberikan hasil yang positif, terlebih dengan pengguna aktif IG yang mencapai kurang lebih 800 juta.

Akan tetapi, sebagai marketer atau pebisnis, Anda mesti paham bagaimana cara memulai beriklan di IG. Berikut informasi selengkapnya.

Mengapa Perlu Beriklan di Instagram?

Instagram bukan sekadar media sosial untuk berbagi foto dan video Anda. Banyak yang memanfaatkannya sebagai media promosi untuk memperkenalkan sekaligus menawarkan berbagai produk. Apa saja keuntungan beriklan di Instagram?

1. Menjangkau Target secara Lebih Luas

Saat ini, pengguna Instagram mencapai ratusan juta dan lebih dari setengahnya merupakan pengguna aktif. Ketika Anda memasang iklan, yang melihatnya bisa dari seluruh Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan iklan Anda muncul di luar negeri.

2. Meningkatkan Engagement

Instagram juga terbukti membantu meningkatkan engagement. Bahkan mampu mencapai 58 kali lebih baik daripada saat Anda menggunakan Twitter atau Facebook. Kuncinya Anda perlu menghadirkan konten-konten menarik dan mengunggahnya di waktu yang sesuai.

3. Meningkatkan Penjualan

Beriklan secara online sudah terbukti meningkatkan penjualan. Akan lebih banyak orang yang tertarik pada produk Anda sehingga penjualan pun meningkat. Alhasil, keuntungan yang Anda peroleh semakin banyak.

Tips dan Cara Iklan Instagram Tertarget

Beberapa tips cara iklan Instagram tertarget yang terbukti berhasil yaitu:

1. Buat Iklan Lewat Facebook Ads Manager

Untuk langkah pertama, Anda perlu mengawalinya dengan membuat iklan melalui Facebook Ads Manager. Anda harus menggunakan akun Facebook untuk mengaksesnya sehingga pastikan akun Anda masih bisa digunakan.

Mungkin Anda bertanya kenapa harus lewat Facebook padahal Anda ingin menggunakan Instagram Ads? Jawabannya karena tidak terdapat pengelola iklan khusus di Instagram sehingga perlu mengelolanya lewat iklan FB.

2. Menetapkan Tujuan Iklan

Sekarang Anda bisa mulai menentukan tujuan Anda beriklan. Pada Facebook Ads Manager, informasi seputar tujuan yang akan Anda capai cukup jelas.

Apakah Anda perlu lebih banyak traffic? Silakan memilih tujuan lalu lintas. Ingin meningkatkan brand awareness? Maka pilih opsi brand awareness, dan begitu seterusnya.

a. Brand Awareness

Salah satu tujuan umum beriklan yaitu brand awareness. Umumnya para pebisnis baru biasanya memilih opsi pertama ini. Mereka ingin produknya mudah dikenal masyarakat lewat iklan yang Anda pasang.

Kenalkan produk Anda lewat image, logo, warna, dan lain sebagainya. Semakin banyak orang tahu tentang produk atau brand Anda, memungkinkan lebih banyak orang yang tertarik.

b. Reach

Anda dapat memilih reach jika tujuan Anda beriklan yaitu ingin memaksimalkan jangkauan dan jumlah audiens yang melihat iklan. Ketika iklan Anda mampu menjangkau audiens secara lebih luas, produk Anda berpotensi akan lebih terkenal.

c. Traffic

Jika tujuan Anda ingin membuat banyak orang mengunjungi website, pilihlah tujuan traffic. Nanti Anda diminta untuk memasukkan URL yang mengarahkan audiens untuk mengunjungi website tersebut.

Masih banyak opsi lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan tujuan. Pastikan Anda telah memikirkannya terlebih dahulu kemudian pilih yang paling mendekati dengan tujuan Anda beriklan di Instagram.

3. Menentukan Target Audiens

Cara iklan Instagram tertarget yang ketiga adalah mulai menentukan audiens Anda. Akan lebih efektif jika iklan Anda mampu menyasar para calon pelanggan secara lebih spesifik. Hal ini memberikan peluang lebih besar membuat audiens tertarik daripada harus menyebarkan iklan secara random.

Untuk menghadirkan target yang lebih spesifik, terdapat beberapa opsi yang dapat Anda pilih, seperti:

  • Genre
  • Lokasi
  • Umur
  • Minat
  • Bahasa
  • Demografis
  • dan sebagainya

Pastikan penentuan target iklan Anda sudah tepat. Dengan begitu, iklan Anda akan muncul pada calon pelanggan yang sesuai.

4. Mengatur Penempatan Iklan

Saat beriklan, Anda juga harus mengatur penempatan iklan terlebih dahulu sebelum mulai menjalankan iklan tersebut. Sebenarnya Anda bisa tidak mengaturnya atau membiarkannya secara otomatis. Akan tetapi, iklan tersebut malah akan muncul pada Instagram serta FB sekaligus.

Untuk itu, pastikan Anda mengetik pada opsi “Placement”. Kemudian pilih “Edit Placement”. Pada tahap ini, silakan mengaturnya bahwa iklan tersebut hanya Anda tampilkan di Instagram. Anda juga akan memperoleh opsi apakah iklan tersebut muncul pada Instagram Story atau Feed.

5. Mengatur Jadwal Penayangan dan Budget

Cara iklan Instagram tertarget berikutnya yaitu mengatur kapan iklan Anda muncul sekaligus budget yang Anda butuhkan. Untuk tahap ini memang cenderung “sensitif” karena berkaitan dengan dana yang harus Anda keluarkan. Di sisi lain, setiap orang punya persiapan dana yang berbeda-beda.

Untungnya pada periklanan digital ini, Anda dapat menentukan biaya Anda sendiri. Tinggal Anda sesuaikan budget yang telah Anda siapkan sebelumnya. Besar dan kecilnya modal, semuanya dapat diakomodasi.

Meskipun begitu, Anda juga tetap memerlukan perhitungan secara matang. Tujuannya agar iklan yang Anda pasang mampu mencapai tujuan yang telah Anda targetkan sejak awal. Selanjutnya, mulailah menentukan kapan iklan akan tayang.

Terdapat beberapa opsi waktu untuk dipilih. Untuk hasil lebih efektif, Anda bisa mengaturnya pada jam-jam di mana banyak orang mengakses Instagram. Langkah ini jauh lebih efektif.

6. Mulai Buat Iklan

Setelah selesai berkutat pada hal-hal teknis, kini saatnya Anda mulai proses pembuatan iklan secara tertarget. Terdapat beberapa jenis mode iklan pada Instagram, di antaranya:

a. Iklan Gambar pada Feed

Ini merupakan jenis iklan paling umum dan sering digunakan. Bentuknya tidak jauh berbeda dari postingan gambar seperti biasanya. Namun jika Anda mampu mengerjakannya secara baik, audiens pun bahkan tidak menyadari bahwa postingan Anda bukan iklan.

Bagi yang ingin memasang jenis iklan ini, beberapa syarat teknisnya yaitu:

  • Pastikan gambar berformat PNG atau JPG.
  • Ukuran gambar maksimal 30 MB.
  • Gambar memiliki lebar minimal 600 px (agar tidak pecah).
  • Teks caption panjangnya maksimal 2200 karakter. Namun sebaiknya membuat caption 90 kata karena ini lebih efektif.
  • Maksimal hashtag yang dapat Anda cantumkan sebanyak 30.
  • Untuk carousel, gambar maksimal yang dapat Anda unggah sebanyak 10.

b. Iklan Berbentuk Gambar untuk Story

Ini merupakan jenis iklan yang tiba-tiba muncul saat Anda sedang asyik swiping IG Story teman. Untuk membuat iklan tersebut terlihat efektif, IG telah menyarankan agar gambarnya mempunyai aspek rasio 9:16 dengan lebar 600 px.

Iklan story bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan:

  • traffic
  • conversions
  • lead generation
  • reach
  • dan sebagainya.

c. Iklan Berbentuk Video di Feed

Jika ada video bagus, jangan ragu menggunakannya sebagai iklan. Tidak sedikit orang yang lebih suka menonton video dibandingkan hanya mengamati sebuah gambar. Ada beberapa ketentuan video yang dapat Anda jadikan sebagai iklan, yaitu:

  • Maksimal durasinya 60 detik.
  • Resolusi video 1080×1080 px.
  • Ukuran video maksimal 4 GB.

d. Iklan Video di Story

Sama halnya gambar pada IG Story, untuk video pun juga merupakan hal yang lumrah. Audiens pun tidak kaget saat muncul iklan video pada Instagram Story. Beberapa ketentuan video yang akan Anda unggah di IG Story yaitu:

  • Resolusinya 1080×1920 px
  • Aspek rasio 9:16.
  • Ukuran video maksimal 4 GB.
  • Durasi tidak lebih dari 15 detik.

Sudah Paham Bagaimana Cara Iklan Instagram Tertarget?

Seperti itu beberapa tips penting bagaimana cara promosi di Instagram menggunakan Instagram Ads. Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, iklan yang Anda buat akan lebih terarah. Semoga bermanfaat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development