Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Instagram Ads? Ini Cara dan Tips Menggunakannya

6 min read

Apa itu Instagram Ads? Ini Cara dan Tips Menggunakannya

Anda mempunyai bisnis yang sedang berkembang? Beriklan di media sosial saat ini menjadi salah satu strategi promosi produk yang cukup efektif untuk kemajuan bisnis Anda. Instagram Ads adalah salah satu fitur dari Instagram yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik perhatian pengguna media sosial terhadap bisnis.

Anda yang terbiasa mengakses Instagram tentu telah menemukan berbagai iklan yang menarik di feeds maupun stories. Nah, sebagai pebisnis Anda perlu mencari tahu lebih banyak tentang cara iklan di Instagram untuk meningkatkan penjualan produk secara online. Simak informasi lengkap seputar Iklan Instagram melalui ulasan berikut ini!

Apa itu Instagram?

Instagram merupakan salah satu media sosial berbasis gambar. Platform ini menitikberatkan pada aspek visual dalam bentuk foto dan video yang diakses secara online. Instagram sendiri dapat berperan sebagai media informasi dan hiburan, sekaligus menjadi media promosi untuk sebuah bisnis.

Salah satu fitur yang menguntungkan dari Instagram adalah Iklan Instagram. Instagram Ads adalah layanan iklan yang memungkinkan Anda untuk menampilkan konten iklan melalui feeds, stories, maupun reels. Namun, Anda harus membayarkan nominal tertentu untuk penayangan konten di fitur Iklan Instagram tersebut.

Mengapa Harus Menggunakan Instagram Ads?

Masyarakat Indonesia diketahui menjadi salah satu pengguna Instagram terbanyak di dunia. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia saat ini sudah mencapai hingga 60 juta. Sebagian besar pengguna aktif Instagram sendiri berada di kalangan usia 18 sampai 34 tahun. 

Pengguna Instagram indonesia juga sering membeli produk melalui iklan di Instagram. Karena melihat peluang ini, Anda bisa menyusun strategi promosi produk melalui Iklan Instagram. Memanfaatkan Instagram Ads adalah cara untuk menarik lebih banyak audiens yang potensial. 

Selain itu, fitur Instagram ini juga berpotensi untuk meningkatkan trafik untuk website bisnis Anda. Beriklan melalui Iklan Instagram memerlukan biaya yang relatif terjangkau. Anda bisa mengestimasikan biaya mulai dari Rp25.000,00 per hari untuk iklan. 

Selain itu, Anda bisa mengalokasikan biaya tersebut dengan kurun waktu tertentu seperti per minggu atau per bulan. Metode pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk membayar biaya Instagram Ads adalah dengan menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

Cara Menggunakan Instagram Ads

Jika Anda merupakan pebisnis pemula dan belum memahami cara menggunakan iklan di Instagram, jangan khawatir. Anda bisa mengikuti panduan cara menggunakan Instagram Ads berikut ini untuk membangun brand awareness dan meningkatkan trafik website bisnis. Simak selengkapnya:

1. Buka Laman Facebook Ads Manager

Pertama, Anda dapat mencari dan mengunjungi halaman Facebook Ads Manager pada mesin pencari. Pastikan Anda telah login atau terhubung dengan akun Facebook yang Anda miliki.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpadu

instagram ads adalah

Langkan membuat Instagram Ads selanjutnya adalah dengan membuka menu kampanye kemudian klik buat iklan. Facebook akan memberi Anda dua pilihan untuk membuat iklan, yaitu pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. Anda bisa memilih pembuatan iklan terpadu untuk jenis iklan yang lebih spesifik.

3. Tentukan Tujuan Pembuatan Iklan

Facebook Ads Manager menyediakan tiga kategori untuk tujuan iklan. Kategori tersebut terdiri dari kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Berikut penjelasan masing-masing kategorinya:

  • Kategori kesadaran (awareness) bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dengan menjangkau orang-orang yang potensial untuk tertarik terhadap penawaran Anda. Jangkauan kategori ini akan menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal sesuai dengan anggaran yang Anda tentukan.
  • Kategori eprtimbangan (consideration) bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website atau trafik web. Apabila Anda berfokus ingin mendapatkan interaksi seperti like dan komen, maka Anda bisa memilih kategori ini untuk beriklan.
  • Kategori konversi (conversion) bertujuan untuk meningkatkan jumlah orang yang melakukan pembelian produk melalui website. Anda bisa menampilkan iklan berupa katalog sesuai dengan target pasar. Selain itu, kategori ini juga bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke toko offline usaha Anda.

4. Klik Tujuan Iklan

instagram ads adalah

Setelah mengetahui berbagai kategori tujuan iklan di atas, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih tujuan mana yang paling cocok untuk iklan Anda. Sebagai contoh, tujuan Instagram Ads Anda adalah untuk meningkatkan trafik website. Maka, Anda bisa memilih tujuan “Lalu Lintas”.

5. Pilih Jenis Iklan

Facebook Ads Manager menyediakan dua jenis iklan online yang harus Anda pilih salah satu. Jenis iklan online tersebut antara lain adalah uji split dan pengoptimalan anggaran. Sebagai catatan, dua jenis iklan ini tidak bisa Anda gunakan secara bersamaan.

Pada jenis iklan uji split, Anda harus membuat dua konten iklan yang mirip. Target audiens Anda akan terbagi menjadi dua dan melihat iklan yang berbeda. Menariknya, dengan dua iklan ini Anda jadi bisa mengetahui konten iklan mana yang lebih banyak meningkatkan trafik.

Selain memilih jenis iklan, Anda juga perlu menentukan anggaran iklan di Facebook Ads Manager. Apabila Anda memilih jenis iklan uji split, maka Anda memerlukan biaya dua kali lebih banyak daripada jenis pengoptimalan anggaran. Oleh sebab itu, jenis iklan pengoptimalan anggaran lebih cocok untuk pemula.

6. Tulis Nama Iklan dan Tujuan Trafik

Langkan membuat Instagram Ads berikutnya adalah menuliskan nama iklan. Ini berfungsi untuk mengetahui performa iklan di menu Iklan Instagram. Tentukan pula tujuan trafik yang Anda inginkan. Anda bisa mengarahkan trafik tersebut untuk situs web, aplikasi tertentu, atau Whatsapp.

7. Pertimbangkan Promo

Apabila Anda ingin memberikan promo untuk produk, Anda bisa menghidupkan atau menekan tombol centang pada pilihan promo. Pemberian promo biasanya cukup efektif untuk mendorong lebih banyak konversi.

8. Tentukan Target Audiens

instagram ads adalah

Penentuan target audiens bisa Anda lakukan dengan memperhatikan beberapa kategori. Seperti lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, hingga minat pengguna internet. Anda bahkan bisa mengarahkan iklan kepada orang-orang yang sudah pernah mengunjungi website.

Pastikan Anda tidak melakukan kesalahan saat menentukan target audiens agar iklan produk dapat meningkatkan trafik website. Target iklan yang lebih rinci juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan engagement yang lebih baik.

9. Pilih Penempatan Iklan

Instagram Ads adalah jenis iklan memberikan 2 pilihan penempatan untuk iklan Anda. Anda bisa memilih penempatan otomatis untuk menampilkan iklan di halaman Facebook, Instagram, dan aplikasi lainnya yang bekerjasama dengan Facebook.

Apabila Anda ingin fokus menampilkan iklan hanya di halaman Instagram, Anda masih mempunyai opsi Edit penempatan. Pada opsi tersebut terdapat beragam pilihan tempat untuk beriklan. Anda bisa memberikan centang pada pilihan Instagram saja.

10. Tentukan Jadwal

instagram ads adalah

Langkah selanjutnya adalah menentukan jadwal iklan atau berapa lama iklan akan tampil di Iklan Instagram. Secara umum, beberapa orang biasanya menjadwalkan iklan selama satu bulan.

11. Hubungkan Akun Instagram untuk Iklan

Anda perlu menghubungkan akun Instagram untuk iklan dengan halaman Facebook. Tambahkan akun Instagram khusus untuk mempromosikan produk Anda dengan mengklik tambahkan sebuah akun. Apabila Anda belum memiliki akun Instagram, Anda bisa memilih buat akun baru terlebih dahulu.

12. Tentukan Format Iklan

Instagram Ads memberikan 5 pilihan format iklan yang bisa Anda sesuaikan dengan konten iklan Anda, berikut adalah uraiannya:

  • Carousel

Menampilkan iklan yang mempunyai dua atau lebih gambar atau video yang bisa Anda geser.

  • Gambar Tunggal

Menampilkan iklan hanya dengan satu gambar saja.

  • Video Tunggal

Menampilkan satu tayangan video iklan saja.

  • Tayangan Slide

Menampilkan iklan yang berisi gambar atau video dengan jumlah slide atau halaman minimal 10 gambar.

  • Koleksi

Menampilkan iklan berupa gabungan antara gambar dan video.

Berdasarkan pilihan format iklan ini, Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan desain iklan Anda agar konten tersebut tampak lebih menarik.

13. Tulis Deskripsi Iklan

Anda sudah menentukan format iklan yang cocok untuk produk yang ingin Anda tawarkan. Selanjutnya, Anda harus membuat teks berisi deskripsi iklan. Anda harus membuat deskripsi singkat yang menarik untuk memberikan pemahaman kepada target audiens Anda pada Iklan Instagram.

14. Tambahkan Gambar, Judul, dan Tautan Iklan

Langkan membuat Instagram Ads berikutnya adalah menambahkan gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan yang telah Anda tulis. Setiap format iklan pada fitur ads mempunyai ukuran gambar yang berbeda. Sehingga Anda perlu menyesuaikannya kembali.

Berikan pula judul yang singkat dan menarik pada gambar tersebut agar dapat menarik perhatian audiens. Kemudian tambahkan tautan yang akan mengarahkan target audiens ke website yang Anda inginkan.

15. Lakukan Pembayaran

instagram ads adalah

Pembayaran iklan online ini bisa Anda lakukan melalui kartu kredit dan kartu debit. Apabila Anda telah melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang telah ditentukan, maka Facebook akan melakukan pada review iklan. Facebook akan segera menampilkan iklan, apabila telah memenuhi semua ketentuan yang berlaku.

Tips Beriklan di Instagram Ads

Setelah Anda memahami setiap langkah dalam membuat iklan di Instagram melalui Facebook Ads Manager. Berikut adalah tips beriklan di Instagram Ads yang perlu Anda perhatikan:

1. Manfaatkan Instagram Stories

Stories merupakan fitur dari Instagram yang menampilkan foto dan video sementara. Karena postingan berupa foto atau video tersebut akan hilang secara otomatis setelah 24 jam. 

Sebagian besar pengguna Instagram biasanya selalu menonton Instagram stories dan menemukan iklan produk melalui fitur tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu mengoptimalkan penggunaan Instagram stories untuk mempromosikan produk dan meningkatkan trafik bisnis Anda. 

2. Buat Iklan yang Natural

Tips beriklan di Instagram Ads selanjutnya adalah membuat iklan natural. Anda harus mencari tahu jenis konten seperti apa yang cocok dengan target audiens Anda. Pahami juga minat audiens Anda sebelum membuat konten iklan. 

Sehingga iklan akan tampak lebih natural dan menarik. Ingat! Jangan membuat iklan yang monoton dan membosankan agar audiens Anda tidak melewatkan iklan tersebut saat membuka Instagram.

3. Visual yang Menarik

Konten utama dalam Instagram adalah foto dan video. Di mana Anda harus membuat konten tersebut untuk setiap postingan baik di Instagram feeds maupun stories. Oleh sebab itu, Anda harus membuat konten visual yang menarik atau eye catching. Jadi, pastikan konten tersebut memiliki resolusi tinggi dan estetika.

4. Perhatikan Ukuran Gambar Instagram Ads

Setiap format iklan di Instagram mempunyai ukuran yang berbeda. Tidak hanya untuk fitur stories, ukuran feed Instagram juga perlu Anda perhatikan. Berikut adalah ukuran gambar untuk masing-masing format Instagram Ads yang bisa Anda jadikan acuan:

  • Carousel

Ukuran gambar untuk format carousel adalah 1,080 x 1,080 pixels dengan rasio gambar 1:1 atau persegi dan maksimal 30 MB.

  • Single Image

Ukuran gambar untuk format single image adalah 1,200 x 628 pixels dengan rasio gambar 9:16 to 16:9. Sementara ukuran gambar untuk Instagram stories adalah 1,080 x 1,920 pixels.

  • Slideshow

Format yang digunakan untuk tayangan slide ini harus berupa .mov dan .mp4. Sedangkan untuk ukuran gambarnya, yaitu 1,280 x 720 pixels dengan rasio gambar 16:9, 1:1, atau 2:3.

  • Single Video

Format video yang paling ideal untuk Iklan Instagram adalah .mp4, .mov, dan .gif dengan ukuran file maksimal 4GB. Sedangkan rasio yang ideal harus menyesuaikan penempatan iklan, yaitu rasio 16:9 atau 9:16 dengan resolusi minimal 600 pixels width

Durasi video Instagram maksimal adalah 60 detik dan panjang stories maksimal adalah 15 detik. Anda bisa memaksimalkan waktu yang relatif singkat ini dengan memberikan penawaran terbaik terkait produk.

5. Gunakan Caption yang Mengundang

Tidak hanya visual konten yang harus Anda perhatikan dalam iklan. Penggunaan caption yang menarik dan mengundang minat juga wajib Anda terapkan. Umumnya, Anda bisa menulis hingga 2.200 karakter dalam iklan. Berikut adalah contoh caption Instagram Ads yang bisa menjadi referensi:

  • Hari ini murah, besok mahal! Jangan lewatkan promo untuk produk peralatan dapur berikut ini.
  • Dijamin 100% asli, tidak asli jaminan uang kembali!
  • Sedang mencari smartphone dengan harga yang murah? Cari tahu dengan klik link di bio! Dapatkan bonus case HP untuk pembelian khusus hari ini.

Tidak hanya melalui caption di Instagram, cara jualan di Instagram juga bisa Anda lakukan melalui kolom komentar yang ada di Instagram. Komentar ini bisa Anda gunakan apabila sedang mengadakan giveaway produk. Anda bisa memberikan syarat untuk menandai pengguna lain agar engagement akun Anda ikut meningkat.

Sudah Memahami Apa itu Instagram Ads? 

Kesimpulannya, Instagram Ads adalah salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis. Anda harus menguasai cara beriklan di Instagram untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Ketika Anda mampu memaksimalkan peluang ini, mendapat keuntungan tinggi dari bisnis bukan lagi hal yang mustahil.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development