Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Iklan di Instagram, Mudah dan Terbukti Efektif

2 min read

Cara Iklan di Instagram, Mudah dan Terbukti Efektif

Saat ini, kegiatan beriklan atau mempromosikan brand tertentu semakin mudah. Apalagi sejak ada beragam platform termasuk Instagram. Banyak layanan yang bisa Anda manfaatkan dan ini terbukti memberikan hasil lebih efektif daripada sekadar mempromosikan lewat cara konvensional. Lalu, bagaimana cara iklan di Instagram? 

Saat beriklan di Instagram atau IG, salah satu layanan yang bisa Anda gunakan untuk promosi adalah Instagram Ads. Penggunaannya semakin banyak diminati para pebisnis online karena dapat membantu mereka untuk mempromosikan produknya di IG.

Mengapa Harus Beriklan di Instagram?

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat memutuskan beriklan di IG. Ini terbukti dari berbagai ide konten Instagram bisnis yang berdampak positif pada brand atau produk yang dipromosikan. Beberapa alasan mengapa Anda perlu beriklan melalui Instagram antara lain:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Saat Anda memulai usaha, memanfaatkan Instagram Ads merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan. Salah satu alasannya yaitu mampu meningkatkan brand awareness. Melalui hal ini, kepercayaan klien akan mulai meningkat.

Kemudian klien juga terdorong untuk membeli dan loyal terhadap jasa maupun produk yang Anda tawarkan. Bahkan melalui cara ini, memperoleh klien atau pelanggan baru bukan sesuatu yang sulit.

2. Mendapatkan Informasi Para Pengguna IG

Melakukan promosi melalui Instagram Ads membantu Anda memperoleh informasi secara lebih spesifik terkait pengguna IG. Misalnya seputar lokasi, usia, kebiasaan, sampai jenis kelamin. Data yang Anda peroleh tersebut terdapat pada fitur Insight yang ada di Instagram Ads.

Ketika Anda sudah mendapatkan informasi ini, akan lebih mudah dalam menyusun strategi penjualan secara efektif. Kemudian promosi yang Anda lakukan juga lebih terarah sesuai target.

3. Meningkatkan Penjualan

Setelah Anda berhasil mempromosikan produk secara tepat, akan lebih banyak konsumen yang tertarik terhadap produk Anda. Mereka yang penasaran biasanya langsung melakukan tindakan dengan mengunjungi website atau melakukan pembelian. Semakin banyak konsumen, otomatis keuntungan Anda semakin meningkat.

Berapa Biaya Iklan di Instagram?

Sebelum mempelajari cara pasang iklan di Instagram, ketahui juga berapa biaya yang mesti Anda keluarkan. Berkenaan dengan Instagram Ads tersebut sebenarnya bermacam-macam. Anda bisa mempertimbangkan jenis iklan yang Anda pilih.

Terkait jumlah biaya iklan yang Anda keluarkan nanti menyesuaikan jangkauan iklan serta waktu penayangannya. Selain itu, harga iklan IG umumnya bergantung pada 2 model iklan. Misalnya CPC atau cost per click dan CPM atau cost per impression.

Pada sistem CPC, Anda dikenakan biaya mulai 0,20 dollar AS sampai 2 dollar AS. Artinya, Anda harus menyiapkan budget mulai Rp2.840,00 sampai Rp28.000,00.

Sementara itu, untuk iklan CPM harganya mulai 6,70 dollar AS. Dengan kata lain, Anda perlu menyiapkan budget mulai Rp95.190,00 untuk setiap 1.000 tayangan. Meskipun demikian, bisa jadi biaya yang harus Anda keluarkan nanti masih tergantung oleh faktor lainnya.

Cara Pasang Iklan di Instagram?

Setelah mengetahui pentingnya beriklan di Instagram, berikut cara membuat iklan di Instagram yang bisa Anda coba. Namun sebelumnya, pastikan akun IG yang Anda gunakan sudah termasuk akun bisnis. Jika belum, Anda perlu mengubahnya dulu.

  • Sebagai langkah awal, buka aplikasi Instagram terlebih dahulu.
YouTube.com/kamujugabisa
  • Kemudian cari postingan yang terdapat di akun Anda. Bisa memilih postingan mana saja sesuai keinginan.
YouTube.com/kamujugabisa
  • Setelah itu, klik “Promote” dan kamu akan dibawa ke tampilan berikutnya.
  • Sekarang Anda harus login akun Facebook. Anda tinggal memasukkan username serta password yang Anda miliki. Pastikan memasukkan data tersebut dengan sesuai sebelum klik “Masuk”.
YouTube.com/kamujugabisa
  • Langkah berikutnya, Anda mendapatkan beberapa opsi pada menu Destination. Terdapat 3 opsi yaitu Your Profile, Your Website, dan Your Direct Message. Perbedaan ketiganya adalah ketika ada seseorang yang mengklik postingan Anda, otomatis orang tersebut akan diarahkan ke salah satu dari ketiga opsi yang Anda pilih.
YouTube.com/kamujugabisa
  • Misalnya Anda memilih “Your Profile”. Kemudian Anda juga harus menentukan target audiens. Di sana, ada banyak pilihan target audiensnya. Namun sebaiknya, Anda jangan memilih Automatic karena targetnya nanti tidak spesifik. Jadi, sebaiknya pilih yang “Create Your Own”.
YouTube.com/kamujugabisa
  • Masuk ke tampilan baru dan tinggal mengisi nama audiens, lokasi, interest termasuk rentang usia dari target audiens Anda. Silakan masukkan informasi tersebut dengan tepat.
YouTube.com/kamujugabisa
  • Setelah Anda klik next, kemudian masuk ke menu Budget & Duration. Menu ini sangat penting. Anda tinggal menyesuaikan durasi iklan tersebut. Lalu pada menu Budget akan menyesuaikan harga yang Anda keluarkan untuk kebutuhan iklan (harga per hari).
YouTube.com/kamujugabisa
  • Setelah melalui semua tahapan tersebut, berikutnya Anda masuk tahap Review. Di sini Anda bisa menentukan metode pembayaran untuk pemasangan iklan IG. Anda tinggal mengaturnya sesuai keinginan.
YouTube.com/kamujugabisa
  • Jika sudah selesai, klik “Create Promotion”.
YouTube.com/kamujugabisa

Sudah Paham Cara Iklan di Instagram?

Itulah beberapa informasi penting seputar cara memasang pasang iklan di Instagram. Kesimpulannya, cara promosi di Instagram ini terbukti efektif untuk kemajuan bisnis dan produk yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development