Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

12 Cara FYP di TikTok Tanpa Hashtag untuk Pemula

4 min read

12 Cara FYP di TikTok Tanpa Hashtag untuk Pemula

FYP atau For Your Page ialah kumpulan rekomendasi konten TikTok yang akan muncul ketika Anda pertama membuka aplikasi. Karena konten FYP berpengaruh pada tingkat popularitas Anda di aplikasi ini, Anda juga perlu belajar cara FYP di TikTok tanpa hashtag agar cepat populer.

Baca juga: Hashtag TikTok FYP

Bagaimana Cara agar FYP di TikTok Tanpa Hashtag?

Biasanya para pengguna TikTok akan menempelkan hashtag pada konten mereka supaya lebih mudah ditemukan oleh penonton, terutama yang menggunakan caption. Padahal metode ini tidak wajib, sebab ada selusin cara yang dapat kamu pilih untuk memposting konten tanpa bantuan hashtag.

Penggunaan kata kunci yang sedang trending di media sosial adalah cara FYP di TikTok tanpa hashtag yang pertama. Carilah sejenak topik-topik yang masyarakat gandrungi saat ini di internet, lalu Anda buat konten TikTok yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Anda tidak perlu menuliskan kata kunci itu sebagai caption pada konten video Anda. Cukup saja Anda ketikkan kata kunci topik itu pada judul video; usahakan di bagian depan judulnya. Dengan begini, pandangan audiens tak terhalangi sehingga tampilan dan estetika video tetap terjaga.

2. Buat Kolaborasi dengan Content Creator Lain

Ingat, Anda bukanlah satu-satunya orang yang dapat mengunggah konten di TikTok. Ada jutaan content creator yang sama-sama ingin agar konten buatan mereka menjadi tren utama di kalangan netizen. Kendati ini tampak seperti persaingan ketat, nyatanya ada projek kolaborasi antar content creator.

Inilah metode yang tergolong ampuh untuk membuat konten FYP di aplikasi TikTok. Anda bisa mengajak dua orang atau lebih content creator untuk berkolaborasi demi menarik perhatian penonton. Nantinya projek kolaborasi ini dapat menjadi batu pijakan dalam menumbuhkan akun TikTok Anda.

3. Gunakan Musik yang Menarik Perhatian

Adapun cara FYP di TikTok tanpa hashtag di nomor tiga ialah menggunakan musik-musik yang menarik dan pas dengan tema/konsep konten video Anda. Tujuannya adalah untuk memberikan suasana yang menghibur pada konten Anda supaya audiens tertarik untuk melihat dan membagikan konten tersebut.

Untungnya, aplikasi TikTok memiliki kumpulan nada-nada musik yang enak didengar dan cocok untuk konten Anda. Sebelum Anda unggah, cek dulu aneka musik yang terdapat di TikTok. Siapa tahu ada nada musik yang sesuai dengan konten video Anda sehingga bisa Anda tambahkan.

4. Unggah Konten Anda di Jam-Jam Ramai

Jadwal FYP TikTok adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada tingkat engagement konten Anda di aplikasi ini. Apabila Anda memposting konten di jam-jam yang ramai, hal itu dapat menaikkan popularitas Anda, serta membuka kesempatan untuk menambah jumlah pengikut.

Tidak ada aturan yang pasti tentang jam ramai TikTok di negeri kita. Meskipun begitu, Jadwal FYP terbaik ialah pada pukul 06:00 pagi hingga 11:00 siang, serta 18:00 sore hingga 21:00 malam. Aplikasi ini juga bisa saja mendadak ramai pada jam 23:00 malam sampai 02:00 dini hari.

5. Tuliskan Caption Menarik pada Konten

Caption ialah sebuah kalimat pendek yang biasanya terdapat pada bagian bawah layar sebuah video. Kalimat pendek pada konten tersebut dapat bernada menghibur, meme jenaka, atau bahkan keterangan singkat mengenai isi video.

Oleh karena itu, caption TikTok FYP sebaiknya jangan melibatkan hashtag dalam bentuk apapun, cukup saja kalimat-kalimat pendek. Tulisan caption tersebut juga perlu Anda atur supaya menarik perhatian penonton dan juga relevan dengan topik konten Anda.

6. Utamakan Kualitas Ketimbang Kuantitas

Banyak orang yang suka memposting konten sebanyak-banyaknya, tetapi mereka lupa untuk memperhatikan kualitas videonya. Mau tahu cara FYP di TikTok tanpa hashtag yang lebih baik? Prioritaskan kualitas pada konten kamu ketimbang kuantitas atau jumlah konten yang kamu unggah.

Oleh karena itu, cukup saja Anda buat dua video TikTok dalam sehari ketimbang lima video. Atur dua video tersebut supaya kualitas tampilannya bagus dan suaranya jernih, sehingga keduanya tampak profesional. Jika sudah mantap, baru Anda unggah konten tersebut di TikTok sembari Anda menyiapkan konten berikutnya.

7. Ikuti Konten-Konten Berbasis Challenge

Belakangan ini ada lusinan konten TikTok yang menunjukkan pembuatnya melakukan berbagai aksi unik dan mengundang tawa. Jenis konten TikTok ini disebut juga dengan internet challenge atau tantangan internet. Anda bisa menjadikan jenis konten TikTok seperti ini supaya bisa FYP meski tanpa hashtag.

Tentu saja, konten-konten yang berbasis internet challenge itu tidak boleh sampai membahayakan jiwa Anda maupun orang-orang di sekitar Anda. Usahakan agar video FYP challenge yang Anda unggah ke TikTok adalah konten yang wajar dan tidak mengundang malapetaka dalam bentuk apapun.

8. Sertakan Lagu yang Sedang Populer

Sekadar memasukkan nada-nada musik saja belum cukup untuk menarik perhatian audiens untuk menonton konten TikTok Anda. Maka dari itu, Anda lebih baik menyertakan lagu-lagu yang lagi hits di latar belakang video. Cara ini bagus untuk mendatangkan pengikut baru, sehingga konten jadi lebih ramai.

Cobalah Anda ketikkan kalimat “Lagu-Lagu Pop Paling Populer Tahun 2022” di YouTube untuk mengetahui lagu apa yang cocok untuk konten Anda. Ambil saja satu atau dua lagu, kemudian Anda masukkan penggalannya sebagai latar musik video Anda sebelum diunggah.

9. Produksi Konten yang Berdurasi Pendek

Berikutnya di nomor sembilan, ada cara FYP di TikTok tanpa hashtag yang terbukti ampuh mendatangkan penonton. Metode tersebut ialah memproduksi konten TikTok yang durasinya pendek. Jika ingin konten Anda masuk FYP, waktu durasi videonya tidak boleh lebih daripada 30 detik.

Meskipun durasi video TikTok itu terbilang pendek, yang penting adalah Anda dapat meninggalkan rasa puas di benak penontonnya. Cara ini juga memudahkan Anda dalam memproduksi lebih dari satu konten setiap harinya, selama hasil editan konten tersebut berkualitas baik.

10. Jadilah Pengikut pada Akun Bercentang Biru

Mengikuti akun-akun pembuat konten TikTok yang sudah punya tanda verifikasi centang biru merupakan cara FYP yang baik untuk Anda. Anda akan mampu belajar tentang macam-macam ide konten, cara pembuatannya, dan bentuk-bentuk caption tanpa harus menempelkan hashtag.

Kelebihan lain dari cara FYP ini yaitu membuka peluang dalam berkolaborasi dengan content creator yang sudah bercentang biru. Jika Anda beruntung, Anda bisa saja mendapat undangan dari content creator bercentang biru itu untuk membuat projek bersama.

11. Buat Konten yang Relevan, Bukan Clickbait

Clickbait ialah sebutan terhadap konten-konten media sosial yang isinya tidak sesuai dengan judulnya. Biasanya judul konten tersebut terlihat heboh dan menarik, namun isinya melenceng jauh dari topik. Oleh sebab itu, jagalah kualitas akun Anda dan hindari memposting konten yang bersifat clickbait.

Selain itu, mengunggah konten-konten yang sesuai dengan topik dan judulnya dapat menyelamatkan Anda dari hujatan kebencian. Tidak ada orang yang suka dibohongi, dan itu termasuk followers Anda. Jangan sampai Anda kehilangan followers gara-gara Anda suka memposting konten clickbait.

12. Jalin Komunikasi dengan Para Followers

Di nomor terakhir, cara FYP di TikTok tanpa hashtag berikutnya ialah melakukan interaksi dengan followers Anda. Mengapa komunikasi langsung dengan para followers ini penting? Sebab pendapat dan saran dari para pengikut tersebut dapat Anda gunakan untuk menentukan topik konten TikTok Anda selanjutnya

Dengan menjalin komunikasi dua arah dengan para followers, Anda bisa melihat apakah pengikut menyukai konten-konten terbaru Anda atau tidak. Tidak hanya itu, kumpulan saran dari followers mampu memberi ide-ide kreatif apabila Anda bingung mau membuat konten apa lagi.

Sudah Paham Cara FYP di TikTok Tanpa Hashtag?

Itulah berbagai macam cara agar video TikTok FYP meski tanpa menyematkan tagar sama sekali. Apakah Anda siap untuk membagikan konten-konten kepada ribuan followers di TikTok? Semoga jumlah pengikut dan popularitas Anda di jagat maya dapat tumbuh pesat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development