Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

11 Contoh Copywriting Fashion Beserta Komponen Pentingnya

3 min read

Contoh Copywriting Fashion Beserta Komponen Pentingnya

Dunia jual beli busana online saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Bahkan, omset penjualan bisnis online ini bisa mencapai puluhan juta per hari, lho. Fenomena ini bisa saja terjadi jika Anda menerapkan contoh copywriting fashion yang menjual, persuasif, dan menawarkan benefit.

11 Contoh Copywriting Fashion dalam Berbagai Jenis Produk

Hingga kini, dunia jual beli online terus berinovasi baik secara produk maupun metode pemasarannya. Salah satu hal penting dalam bisnis busana online adalah copywriting iklan fashion. Copywriting adalah metode pemasaran dengan mengedepankan tulisan menarik agar pembeli tertarik.

Sebagai pembahasan tentang tulisan unik dalam dunia fashion, Anda bisa mempelajari contoh penulisan copy yang mungkin bisa Anda tiru untuk keperluan bisnis online.

Karena berisi tulisan, teknik copywriting ini harus dilakukan dengan penerapan bahasa yang sesuai target pasar. Simak contoh-contoh penulisan copy berikut ini:

1. Contoh Copywriting Produk Fashion Kemeja Panjang

Untuk membuat kalimat periklanan dengan tema busana kemeja panjang, Anda bisa menggunakan gaya bahasa yang formal. Namun, Anda juga bisa mencampur unsur bahasa sehari-hari juga tergantung target pasar.

Berikut adalah contoh kalimat marketing untuk jenis busana kemeja panjang:

“ Jadikan kegiatan harianmu lebih kece dengan kemeja E”

2. Copywriting Iklan Fashion Baju Anak

Contoh copywriting fashion dengan jenis baju anak, Anda bisa mencoba bermain dengan gaya bahasa yang girly ala ibu-ibu muda. Pemilihan gaya bahasa seperti ini dinilai sangat efektif untuk menarik konsumen dengan jenis produk baju anak. Berikut ini contoh kalimatnya:

“Halo Bund, Toko A sedia outfit anak dengan desain lucu seperti anak Bunda”

3. Kalimat Penjualan untuk Fashion Outfit Anak Muda

Selanjutnya adalah kalimat penjualan untuk jenis busana outfit anak muda. Untuk membuat copywriting busana anak muda, Anda perlu memberi unsur kekinian yang sangat kental. Selain itu, untuk metode promosi, Anda tidak perlu menonjolkan keunggulan produk terlalu berlebihan.

Ini dia contoh copywriting-nya:

  • “ Hari gini belum pake outfit bran A, hmmm lemah!”
  • “Anti kikuk dengan outfit N buat maksimalin nongkrong kalian”

4. Contoh Copywriting Produk Fashion Celana Panjang

Sebagai contoh copywriting fashion dengan jenis celana panjang, sebenarnya hampir sama penggunaan gaya bahasanya seperti produk outfit anak muda. Namun, yang menjadi pembeda, Anda harus riset pasar dulu untuk mengetahui kalangan mana mayoritas konsumen Anda. Berikut contoh kalimatnya:

“Denim premium harga minimum!”

5. Contoh Copywriting Fashion Gamis

Seluruh pengguna gamis rata-rata adalah anak muda yang memiliki ketertarikan tinggi dalam bidang agama. Jadi, kalimat marketing yang cocok untuk busana gamis haruslah memiliki nuansa islami yang kental. Berikut ini gambaran kalimatnya:

“Assalamu’alaikum ukhti, maksimal kan gaya kamu saat hijrah dengan gamis X”

6. Contoh Copywriting Produk Fashion Baju Tidur

Produk busana baju tidur adalah produk fashion yang penggunanya dari berbagai rentang usia antara anak kecil sampai dewasa. Jadi, Anda tinggal menentukan saja kalimat marketing sesuai dengan target pasar baju tidur Anda. Ini dia gambaran kalimatnya:

  • “Hanya Rp99.000, kamu bisa bawa pulang 1 set piyama premium. Buruan order sekarang”
  • “Bunda, si kecil pasti tambah gemoy saat terlelap dengan baju tidur X”

7. Copywriting untuk Promosi Diskon

Contoh copywriting fashion untuk promosi diskon sebenarnya lebih mudah jika dibandingkan dengan kalimat produk. Selain itu, dalam penulisan kalimat diskon jangan lupa sertakan hal yang menarik agar konsumen tertarik. Contoh kalimatnya antara lain:

  • “Karena kami sayang kamu, beli satu bonus satu” 
  • “Merdekakan dirimu dari hal-hal yang gak penting! Nikmati diskon hingga 40% spesial hari kemerdekaan” 
  • “Wishlist-nya udah banyak debu tuh. Yuk di check out mumpung lagi ada promo bulanan 7.7”
  • “Baju distro kekinian lagi diskon gede-gedean nih, yakin ga mau pake?”

8. Copywriting Busana Muslim

Sejak dulu, busana muslim memang memiliki pasar tersendiri di Indonesia karena merupakan busana yang fleksibel untuk berbagai jenis aktivitas. Untuk membuat kalimat marketing menarik tentang busana muslim, Anda bisa menjadikan momen islami sebagai bentuk copywriting. Berikut gambaran kalimatnya:

  • Tampil maksimal di hari yang suci”
  • “Bahannya sejuk, bikin hati jadi ikutan sejuk”
  • “Bingung cari outfit buat ke pengajian? Yuk sini kepoin”

9. Copywriting untuk Produk Kaos Pria

Kalau untuk kalimat marketing pada produk kaos khusus pria, Anda bisa menggunakan bahasa dengan hiasan yang maskulin. Selain itu, tambahkan unsur kekinian pada brand produk agar busana yang Anda promosikan terkesan modis dan mengikuti tren. Berikut ini adalah gambaran kalimatnya:

“ Outfit Lo, gambaran diri Lo. Maksimalkan gaya dengan perpaduan american street style”

10. Copywriting Produk Outfit Thrifting Bekas Second 

Contoh copywriting fashion untuk jenis busana second, Anda harus benar-benar bisa meyakinkan audiens bahwa produk tersebut berkualitas tinggi. Anda bisa menggunakan gaya bahasa santai dengan penyampaian yang meyakinkan. Berikut ini gambaran kalimatnya:

  • “Outfit murah tapi gak murahan”
  • “Second but High Quality!”

11. Copywriting Iklan Fashion Produk Jaket

Sebagai pembahasan terakhir tentang copywriting iklan fashion, adalah copy untuk jenis busana jaket. Jaket identik dengan perlindungan diri dari cuaca dan sebagai busana luaran yang berfungsi memaksimalkan gaya. Jadi, Anda bisa memberi kesan petualang pada produk dengan sentuhan modis.

Berikut ini contoh kalimat untuk busana fashion jaket:

“Di kanan gunung di kiri gunung, maksimalkan style walaupun cuaca sedang mendung”

Komponen Utama dalam Copywriting

Dalam penulisan kalimat copywriting iklan fashion, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah komponen utama yang harus terdapat dalam sebuah kalimat periklanan:

1. Berisi Poin Penting Tentang Keunggulan Produk

Jika Anda ingin mencoba membuat sebuah kalimat copywriting, poin utama yang wajib terdapat dalam kalimat iklan adalah keunggulan produk. Dengan menunjukan keunggulan produk, pada penjelasan itulah inti dari promosi produk. 

Namun, perlu Anda ketahui, jika sebuah kalimat iklan harus dikemas dengan cara yang sederhana, namun penyampaiannya langsung mengena pada target. Jadi, buatlah kalimat yang memuat inti dari keunggulan produk Anda dengan cara yang simpel dan jelas.

2. Kalimat Berisi Bujukan untuk Membeli Produk

Kalimat yang berisi bujukan ini maksudnya bukan langsung to the point Anda letakan pada awal kalimat. Namun, bujukan tersebut harus bersifat friendly dan jangan memiliki kesan paksaan.

Namun, gunakan pemilihan kata yang sesuai agar audiens merasa yakin untuk membeli produk Anda.

3. Pilih Gaya Bahasa Sesuai Target Pasar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menentukan gaya bahasa yang akan Anda gunakan dalam copywriting, adalah dengan cara melakukan riset. Anda perlu mengetahui dengan pasti kalangan mana yang menjadi mayoritas audiens bisnis.

Setelah melakukan riset, barulah proses eksekusi dimulai. Selain itu, Anda juga perlu melakukan observasi gaya bahasa yang sesuai agar memberi kesan akrab antara brand dan audiens

Kesimpulan

Sekian pembahasan tentang contoh copywriting fashion. Namun, perlu Anda ketahui kalau dalam penulisan kalimat iklan, jangan ada kalimat yang mengandung penipuan, terutama terkait keterangan produk. Selain itu, jika Anda butuh jasa copywriting, Makinrajin bisa menjadi solusi untuk pembuatan iklan brand bisnis Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development