Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

7 Contoh Copywriting Makanan Sesuai dengan Tekniknya

3 min read

7 Contoh Copywriting Makanan Sesuai dengan Tekniknya

Sudah bersusah payah merangkai kata-kata, tapi calon pelanggan tetap tidak ada yang datang? Anda mungkin menggunakan teknik copywriting yang kurang menggerakkan hati pelanggan. Ikuti artikel ini untuk tahu teknik beserta contoh copywriting makanan sebagai solusi meningkatkan penjualan bisnis. 

7 Contoh Copywriting Makanan yang Menarik Perhatian

Copywriting memiliki kekuatan besar bila Anda merangkai kata dengan benar dan tertarget, sehingga efeknya berpengaruh solutif dan menggerakkan konsumen. Berikut ada 7 teknik copywriting menarik khusus untuk bisnis makanan beserta dengan contohnya: 

1. Gunakan Kalimat Sederhana dan Jelas

Dalam merangkai kata-kata, Anda memang harus menggunakan gaya bahasa sesuai dengan kalangan target audiens. Akan tetapi, persamaan dari semuanya adalah penerapan bahasa yang sederhana, karena perhatian audiens saat membaca copywriting rata-rata hanya 1-2 menit terutama di sosial media. 

Kalau copywriting Anda membingungkan, pembaca jadi enggan memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Berikut contoh copywriting makanan yang jelas, padat, singkat, dan mudah dipahami: 

  • Ingin makan murah tapi enak? Yuk, cobain menu baru dari Rumah Makan. Beli satu gratis es teh.
  • Kepala pusing karena deadline menghantui? Minum milk tea taro di Koi dulu agar otak encer!

2. Kasih Solusi ke Konsumen

Bayangkan Anda sedang dalam masalah dan tiba-tiba ada teman menolong Anda menyelesaikannya. Anda pasti akan merasa lega dan lebih percaya kepada teman Anda tersebut. Nah, merangkai copywriting yang solutif juga meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada makanan Anda.

Mereka akan merasa Anda memahami keadaan mereka sekaligus memecahkan masalah yang ada. Jadi, di antara Anda dan konsumen akan terbentuk suatu koneksi yang lebih dari sekedar interaksi jual beli. Berikut adalah beberapa contoh kalimat copywriting makanan yang memberikan solusi kepada konsumen: 

  • Sedang diet, tapi makanan kok berminyak semua? Catering Healthy and Slim sekarang menyediakan menu-menu sehat dan mengenyangkan. Yuk, langsung pilih menu sehatmu sekarang juga!
  • Jangan murung lagi kalau malam tidak bisa ngemil karena berat badan! Buah Coco hadir sebagai cemilan sehat yang rendah gula dan tidak berlemak. Sehat, segar, dan mengenyangkan! Ayo, stok lemari es kamu dengan cemilan ini!

3. Tambahkan Diksi yang Memikat Atensi

Salah satu kekuatan copywriting adalah menarik perhatian konsumen. Nah, untuk merasakan keefektifan dari copywriting, Anda harus memilih kata-kata yang mampu membuat konsumen berhenti scrolling dan tertarik untuk membaca konten Anda, bahkan membeli jualan makanan Anda. 

Metode yang digunakan adalah AIDA yang merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Unsur attention terletak pada kalimat pembuka yang bertanggung jawab untuk menarik perhatian konsumen yang bertahan hanya delapan detik. 

Berikut adalah contoh kalimat copywriting jualan makanan yang menarik atensi konsumen: 

  • Apakah kamu sedang berusaha menurunkan berat badan dan tersiksa karena tidak makan?
  • Menderita di tanggal tua tapi ingin tetap makan enak? 

4. Tawarkan Harga Khusus atau Promosi

Teknik ini mungkin adalah salah satu yang paling umum dilakukan. Atensi konsumen pasti langsung tertuju pada tawaran makanan yang sedang diskon, dijual dengan harga khusus, serta ada cashback nya. Akan tetapi, penulisan copywriting tetap harus dipikirkan matang-matang agar tujuan Anda tercapai. 

Berikut contoh copywriting harga khusus untuk produk makanan yang menggunakan kalimat persuasif:

  • Promo spesial hari kasih sayang! Datang ke outlet kami bareng pacar, beli 1 gratis 1!
  • Hemat datang berdua sama teman cukup membayar Rp50.000,00 saja. Kenyang, banyak, enak!
  • Harga khusus untuk kamu yang baru lulus SMA! Hanya 100 ribu rupiah dapat ayam McDonald’s 7 potong!
  • Sudah mencoba promo gratis ongkir di ShopeeFood belum? Buruan klaim vouchernya sebelum batas waktunya habis!
  • Rp20.000,00 untuk makan berdua? Emang bisa? Bisa, dong! Kini, French Fries Large hanya Rp20.000,00! Ayo, gandeng orang terdekatmu dan beli sekarang!

5. Tawarkan Bonus yang Menggiurkan

Konsumen selalu tertarik jika mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang mereka beli. Nah, Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan memberikan bonus dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan makanan.

Sebagai contoh, Anda membeli paket makanan anak-anak untuk keponakan atau anak Anda yang disertai dengan mainan khusus.

Menawarkan bonus di setiap pembelian makanan juga cukup umum dilakukan. Akan tetapi, rangkaian kata-kata Anda lebih baik tidak terlalu singkat, sehingga kurang jelas. Berikut adalah beberapa contoh kalimat copywriting makanan dengan penawaran bonus yang benar dan menarik: 

  • Beli susu edisi SpongeBob yuk, untuk dapat boneka salah satu dari karakter SpongeBob kesukaanmu!
  • Pakai baju ungu? Yuk, makan di Tempat Makan Kami bisa refill es teh sepuasnya!

Baca Juga: Warna Logo Makanan Beserta Artinya Secara Lengkap

Perhatian masyarakat sering mengikuti sesuatu yang sedang booming. Nah, Anda bisa memanfaatkan keadaan ini dengan menyelipkan topik yang sedang trending ke dalam copywriting Anda. Akan tetapi, teknik ini cukup beresiko, karena reaksi masyarakat tidak terprediksi. 

Jadi, Anda perlu menganalisa terlebih dahulu jika tulisan Anda bisa diterima atau tidak. Jangan sampai niatan Anda berubah menjadi boomerang! Berikut ini adalah beberapa contoh copywriting makanan yang memanfaatkan peristiwa trending

  • Empek-empek tenggiri rasanya enak seperti terbang ke luar angkasa bersama Iron Man.
  • Seblak Bu susi pedasnya nendang kaya tendangan CR7.

7. Taruh Testimoni

Jika Anda ingin membeli makanan dari tempat asing, Anda pasti meragukan kualitasnya, bukan? Konsumen Anda pun juga berpikiran demikian. Jadi, Anda perlu menawarkan bukti autentik. 

Penggunaan testimoni adalah salah satu teknik efektif supaya calon konsumen percaya melalui komentar yang diberikan oleh konsumen Anda sebelumnya. 

Akan tetapi, usahakan rangkaian copywriting Anda jelas dan tidak terlihat dibuat-buat oleh Anda sendiri. Anda bisa sertakan foto ataupun nama dari konsumen Anda sebelumnya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat copywriting jualan makanan untuk membangun kepercayaan konsumen:

  • Kemarin ada Mbak Tara, awalnya dia menolak rasa manis-manis. Tetapi ternyata, Mbak Tara suka makan Brownies Coklat kami. Dia bilang, kalau Brownies Coklat  manisnya ga berlebihan dan diimbangi dengan kacang almond. Mbak Tara yang ga suka eh jadi jatuh cinta, apalagi kamu suka brownies? Ayo, beli Brownies Coklat di toko terdekat kami!
  • “Saya senang sekali ada Rumah Makan Ranti”, itu kata Mama Sonya pada kami kemarin. Mama Sonya happy banget karena setelah sekian lama anaknya jadi demen makan sayur. Rahasianya? Saus Tiram Ranti! Anak mama Sonya bilang, sayur yang pahit pun jadi gurih! Nah, mau anak Anda makan sayur selahap anak Mama Sonya? Dapatkan Saus Tiram Ranti sekarang!

Mau Pakai Teknik Copywriting yang Mana untuk Jualan Makanan?

Pengaruh copywriting dalam penjualan makanan bisa berdampak positif. Akan tetapi. tetapkan dulu tujuan Anda sebelum memilih teknik yang akan digunakan dan silahkan berpaduan dengan contoh copywriting makanan di atas. Kalau Anda masih ragu dalam menerapkannya, Anda bisa menggunakan jasa copywriting terpercaya dari Makinrajin.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development