Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Contoh Copywriting Produk Kesehatan untuk Meningkatkan Omset Bisnis

3 min read

Contoh Copywriting Produk Kesehatan untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Bila saat ini Anda sedang membuka bisnis online dan menjual produk kesehatan, maka Anda perlu sebuah kalimat ajakan yang menarik saat audiens membacanya, yakni copywriting. Jika Anda bingung membuat copywriting produk kesehatan, 9 contoh di bawah ini bisa menjadi referensi Anda.

7 Teknik Contoh Copywriting Produk Kesehatan yang Efektif

Tak hanya menarik para audiens, beberapa teknik copywriting produk kesehatan ini juga terbukti efektif untuk menaikkan brand awareness produk. Simak ulasan dan contohnya berikut ini:

1. Buatlah Slogan yang Menarik Audiens

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan dalam pembuatan kalimat marketing online dengan jenis produk kesehatan adalah dengan membuat slogan produk yang menarik. Slogan produk merupakan identitas utama dari produk yang Anda tawarkan kepada audiens.

Selain itu, dengan slogan yang menarik juga secara tidak langsung akan mempengaruhi psikologis para audiens. Jadi, audiens akan tertarik membeli produk Anda, karena telah membaca slogan yang menarik ini. Berikut adalah contoh slogan menarik untuk brand kesehatan:

  • “Dibalik Tubuh yang Kuat, ada Vitamin B Kompleks dari Vitacrot Yang Setia Menemani”

2. Jelaskan Keunggulan Produk

Teknik kedua dalam pembuatan copywriting produk kesehatan adalah dengan cara menjelaskan keunggulan dari produk yang Anda tawarkan. Hal ini menjadi komponen terpenting dalam penulisan kalimat iklan, umumnya untuk seluruh jenis produk penjualan.

Mengapa demikian? Karena para audiens tentu akan menilai kualitas produk yang Anda jual berdasarkan keunggulannya. Selain itu, mayoritas konsumen yang akan membeli produk juga tentu akan yakin untuk membeli produk Anda setelah membaca keunggulannya. 

Pastikan Anda memberi unsur detail secara spesifik dalam penjelasan keunggulan produk ini. Berikut contoh kalimat copywriting produk kesehatan:

  • “Gunakan Paradol obat sakit kepala yang terbuat dari bahan alami dengan kandungan aloe vera yang murni, terbukti sangat ampuh hilangkan keluhan sakit kepala ”
  • “Jaga kadar gula dan pola makan Anda dengan Diabetabol! Dengan bahan alami yang bebas gula, terbukti ampuh menekan kadar gula Diabetes pada tubuh.”

3. Teknik Penulisan Storytelling 

Selain menjelaskan keunggulan produk secara singkat dan detail, Anda juga bisa menggunakan teknik storytelling atau penyampaian argumen dalam bentuk cerita untuk meyakinkan audiens. 

Dengan teknik penyampaian cerita ini, kalimat yang Anda hasilkan bakal jadi menarik dan secara gambaran besarnya akan menjadikan sebuah ajakan psikologis bagi audiens. Teknik penulisan ini terbukti ampuh, terutama bagi produk-produk dengan jenis kesehatan.

Anda bisa menggunakan penyampaian cerita dalam bentuk pengalaman setelah menggunakan produk ini, atau rekomendasi teman tentang produk, dan lain sebagainya. Berikut contoh secara singkat bentuk kalimat storytelling:

“Kemarin maag ku kumat pas kondangan karena makan pedas, untung aku bawa produk X, lambung langsung normal lagi” 

4. Ajak Interaksi Para Audiens

Hal lain yang bisa Anda jadikan teknik dalam penulisan copywriting produk kesehatan, yaitu dengan mengajak para audiens Anda berinteraksi. Teknik ini juga sudah terbukti mampu menarik perhatian audiens, karena audiens merasa menjadi bagian dari produk yang Anda jual.

Dalam pembuatan kalimat iklan yang mengandung unsur interaksi dengan audiens, Anda perlu media lain untuk menulisnya. Sebagai gambaran, Anda bisa membuat sebuah konten visual dalam sosial media, kemudian dalam konten tersebut Anda sematkan interaksi dengan audiens.

Berikut adalah contoh kalimat interaksi dengan audiens yang efektif:

“Gimana hari ini? Semoga kita tetap sehat selalu ya, coba tulis di kolom komentar tentang gambaran kehidupan kamu di hari ini”

5. Teknik Copywriting Minuman Kesehatan

Pembahasan kelima adalah tentang copywriting minuman kesehatan. Saat ini, jenis produk minuman sehat sedang marak ditemukan terutama dalam dunia e-commerce. Baik itu suplemen minuman, vitamin dalam bentuk minuman, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh kalimat periklanan dengan jenis produk minuman sehat, Anda tinggal menganalisa saja target konsumen Anda untuk menentukan penggunaan kalimat yang tepat. Berikut adalah beberapa contoh kalimat untuk jenis produk minuman kesehatan:

  • “Diabetes tetap bisa menikmati minuman manis? Ini solusinya!”
  • “Bingung cari asupan nutrisi pengganti makanan saat diet? Yuk, coba minum produk X!”
  • “Rasa nikmat, sehat tetap terjaga”
  • “Sehat itu manis, kaya kamu”

6. Tampilkan Testimoni Penjualan Produk

Untuk bisa meyakinkan konsumen dan para audiens agar tertarik membeli produk kesehatan yang Anda jual, Anda bisa menampilkan testimoni penjualan dari para pelanggan. Testimoni adalah sebuah bukti penjualan dari para konsumen yang menyatakan bahwa produk yang mereka beli dan konsumsi terbukti ampuh.

Dalam penulisan testimoni penjualan, biasanya para copywriter menampilkan bukti keampuhan produk tersebut dalam sebuah landing page. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan testimoni dalam bentuk story di sosial media Instagram sebagai upaya promosi terhadap produk kesehatan yang Anda jual.

Begini contoh kalimat testimoni:

Alhamdulillah, saya Berhasil sembuh dari Penyakit Gondok 100% berkat rutin minum Obat X

7. Gunakan Konten Tulisan Tips & Trik

Contoh copywriting produk kesehatan lain yang bisa Anda coba penerapannya untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menggunakan teknik penulisan tips & trik. Tak hanya dalam penjualan produk kesehatan saja, jenis konten tulisan tips & trik terbukti ampuh untuk  promosi branding produk apapun.

Selain itu, wadah yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten tulisan tips & trik pun sangat beragam. Anda bisa membuatnya dalam bentuk artikel atau Anda implementasikan dalam bentuk carousel Instagram dengan caption tulisan penjelasan konten.

8. Gunakan Kalimat Soft Selling 

Dalam ilmu marketing, ada sebuah teknik promosi yang ilmu penerapannya bisa diterapkan dalam bentuk penulisan iklan digital. Teknik tersebut adalah “soft selling”. Soft selling adalah teknik penyampaian promosi yang bentuk penyampaiannya dilakukan secara singkat dan hanya point penting saja yang tertera dalam informasi.

Biasanya, teknik penulisan kalimat iklan secara singkat ini sering digunakan untuk script video promosi dengan durasi pendek. Untuk sebuah promosi di media sosial seperti TikTok dan Instagram, teknik ini terbukti sangat ampuh untuk menarik audiens. Berikut ini adalah contoh teknik soft selling:

Makanan khusus diet dari Toko Maju Mundur rasanya bener-bener enak, beda dari makanan khusus diet yang lain. Diet jalan terus, makan ngemil terus”

9. Teknik Penulisan Tips & Trik

Teknik pembuatan kalimat contoh copywriting produk kesehatan selanjutnya adalah dengan teknik tips & trik. Tips & trik, umumnya sering digunakan untuk kalimat promosi dalam bentuk video. Namun, teknik penulisan kalimat ini bisa juga digunakan untuk konten dalam bentuk tulisan, lho.

Anda hanya perlu membuat tulisan yang bersifat memberi informasi tentang membuat atau melakukan sesuatu. Akan tetapi, tips & trik ini harus ada hubungannya dengan produk sehat yang Anda jual. Begini contohnya:

“Tips Agar Memiliki Tubuh Ideal”

  1. Rajin Berolahraga.
  2. Konsumsi Makanan Sehat.
  3. Lengkapi Nutrisi dengan Minum Susu Sapi Murni Setiap Hari.

Yuk, Buat Copywriting Produk Kesehatan yang Menarik!

Sekian pembahasan tentang penerapan teknik dan contoh copywriting produk kesehatan. Jika Anda sedang bingung membuat kalimat untuk iklan, Anda bisa kunjungi situs makinrajin.com yang menyediakan jasa copywriting untuk berbagai jenis produk.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development