Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Bagaimana Membuat Copywriting yang Menghipnotis? Gunakan Tips ini!

3 min read

Bagaimana Membuat Copywriting yang Menghipnotis? Gunakan Tips ini!

Membuat copywriting yang menghipnotis kini menjadi sebuah keharusan bagi para pebisnis dalam memasarkan produk maupun jasa yang mereka jual. Hal ini terbukti ampuh untuk meningkatkan minat beli para pelanggan, dengan mengemas konten dengan bahasa yang lebih menjual.

Secara garis besar setiap artikel yang memudahkan dan membantu pelanggan untuk yakin pada sebuah produk atau jasa, bisa jadi arti dari sebua copywriting yang menghipnotis. Sederhananya, penulisan artikel ini memiliki bahasa yang mengarahkan calon pembeli untuk segera melakukan transaksi.

Walaupun begitu, masih banyak pebisnis yang belum memaksimalkan potensi besar penulisan artikel yang baik, pada setiap pembuatan konten websitenya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas contoh copywriting yang menghipnotis untuk bisnismu!

Contoh Copywriting yang Menghipnotis

Contoh copywriting yang menghipnotis bisa Anda terapkan pada berbagai platform maupun media yang menjadi sarana penulisan. Anda bisa mempelajari penerapannya pada berbagai media seperti pada tagline, quote perusahaan,  artikel maupun caption iklan sebuah produk. Berikut ini beberapa contohnya:

1. Iklan Yakult Menggunakan Pendekatan Personal

Jika Anda mendengar kata Yakult, pasti yang terpikir pertama kali adalah tagline “Cintai Ususmu, Minum Yakult Tiap Hari”. Sangat jelas terlihat bahwa produk ini menginginkan pendekatan yang lebih personal dengan menggunakan bahasa yang lebih rileks.

Hal ini sangat terlihat dengan penggunaan kata sapaan Anda, yang membuat produk ini lebih dekat dengan pelanggannya. Produk ini terlihat mencoba menciptakan kedekatan personal melalui komunikasi dua arah dengan pelanggannya.

2. Copywriting yang Menghipnotis Pada Headline Artikel

Saat melakukan pencarian internet, pastinya Anda pernah menemukan beberapa judul yang membuat Anda tertarik dan ingin membaca lebih lanjut mengenai artikel tersebut. Pasalnya, trik copywriting sangat berperan pada pembuatan headline tersebut yang membuat Anda tertarik.

Ada banyak trik yang biasa muncul pada headline artikel. Berikut beberapa contohnya, “Digital Marketing Agency Indonesia Terbaik” dari “makinrajin.com”. Jika Anda amati kata Terbaik adalah salah satu alasan kenapa banyak orang ingin menggunakan jasa perusahaan ini setelah membaca headline tersebut.

Contoh lainnya adalah “Jasa Laundry Tercepat, Gratis Antar Jemput”. Ketika membaca headlinenya saja, target pasar sudah paham apa value bisnis yang Anda tawarkan. Sehingga, ingin mengetahui lebih jauh tentang seberapa cepat layanan bisnis Anda dan apa persyaratan untuk mendapatkan fasilitas antar jemput gratis.

3. Promo Berbatas Waktu, Diskon Maupun Bundle Hari Besar 

Mengingat bulan Agustus adalah salah satu bulan besar untuk Indonesia, pastinya akan banyak bermunculan iklan promo hari kemerdekaan oleh berbagai brand produk maupun jasa. Dalam pembuatan iklan tersebut ada teknik Copywriting menarik yang bisa Anda pelajari.

Contohnya adalah iklan dari KFC yang muncul baru-baru ini, dalam iklan tersebut ada penawaran menarik untuk para pelanggannya. “Gratis 1 Potong Ayam untuk setiap pembelian paket super besar 5 atau super besar 6, khusus pembelian di bulan Agustus”. 

Iklan ini akan sangat menggiurkan para pelanggan karena hanya berlaku pada bulan kemerdekaan saja.

Selain berbatas waktu, iklan ini juga menawarkan benefit, yaitu gratis 1 potong ayam pada pembelian paket tertentu. Seperti yang telah dituliskan pada kalimat copywriting. Hal ini juga akan meningkatkan minat beli pelanggan pada paket yang tertuju pada iklan tersebut dan melakukan pembelian sesegera mungkin.

Tips Membuat Copywriting yang Menghipnotis

Walaupun banyak contoh copywriting yang menghipnotis siap pakai, namun ada baiknya Anda tetap melakukan modifikasi atau menyesuaikan dengan apa yang ingin Anda sampaikan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan beberapa tips membuat copywriting ini:

1. Ciptakan Keintiman dengan Pembaca

Untuk bisa menyajikan apa yang pembaca inginkan, Anda harus berpikir pada sudut pandang pembaca. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat hubungan baik dengan para pembaca. Tawarkan sebuah solusi bukan sebuah kualitas!

Posisikan pembaca seolah ikut serta dalam apa yang sedang Anda  bahas, Anda bisa menggunakan bahasa persuasif yang memudahkan pembaca memahami maksud artikelmu. Pahami apa yang jadi keinginan pembaca dan kebutuhan untuk bisa Anda terjemahkan pada artikel yang Anda buat.

2. Gunakan Teknik yang Tepat

Seperti yang telah Anda baca pada bagian contoh, penggunaan teknik yang tepat akan sangat mempengaruhi minat baca para pengunjung. Oleh karena itu, pengaplikasian teknik copywriting yang menghipnotis harus Anda eksekusi dengan tepat sasaran.

Beberapa teknik yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Pengulangan kata kunci (menanamkan opini yang selaras).
  • Tanamkan kesan kegembiraan dengan solusi atau benefit.
  • Menggunakan kata deskriptif, hal ini membantu pembaca memahami apa yang ingin Anda sampaikan.
  • Cek fakta dari apa yang Anda sampaikan.
  • Menggiring opini yang selaras dengan apa yang ingin Anda sampaikan, Setelah itu, Anda bisa menawarkan produk sebagai solusi dari masalah yang pelanggan Anda hadapi.
  • Bahasa persuasif dan bikin penasaran.

3. Menanamkan Perintah Tersirat

Walaupun niat Anda adalah menggiring opini pembaca untuk menjadi pelanggan, namun Anda tidak bisa main kasar. Gunakan treatment yang lembut dan halus dengan menggunakan perintah tersirat. Tumbuhkan emosi pada artikel untuk membuat pembaca melakukan apa yang Anda sampaikan.

Berikan sentuhan penawaran yang lebih mengarah ke iming-iming (bujukan) secara halus dan cerdas. Anda bisa menggiring opini pembaca bahwa produk atau jasa adalah satu-satunya cara untuk memecahkan solusi secara tersirat. Perintah tertanam ini memiliki pengaruh yang kuat pada psikologi pembaca.

4. Menggunakan Diksi Ajaib Copywriting

Ada beberapa diksi yang bisa Anda gunakan dalam penerapan copywriting yang menghipnotis, namun hal ini harus Anda selaraskan dengan tujuan artikel yang Anda buat. Berikut beberapa tujuan dan diksi yang bisa Anda gunakan:

  • Direct Response (mengarah ke tautan): Demo gratis, baca lebih lanjut, belanja sekarang, dan masih banyak lagi.
  • Marketing (penjualan): Diskon terbatas, besok harga naik, berlangganan sekarang juga, dan lain lain.
  • Branding: Ampuh, solusi terbaik, produk nomor 1, dan lain sebagainya.

5. Buat Skema dan Perencanaan Penulisan

Hal terpenting dalam pembuatan copywriting yang menghipnotis adalah skema dan perencanaan penulisan. Dalam hal ini, berarti copywriting mengharuskan Anda membuat artikel berdasarkan sebuah topik, keyword, niche pasar atau target, serta tujuan yang jelas.

Dengan kata lain, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat sebuah artikel atau konten. Riset yang menyeluruh dan terarah akan membuat artikel Anda lebih mudah masuk ke hati para pembaca, sehingga artikel dapat mendukung tujuan yang ingin Anda capai.

Kini Anda Siap Buat Copywriting yang Menghipnotis 

Nah, itulah 5 tips membuat copywriting yang menghipnotis. Dari artikel ini harusnya Anda bisa tahu bahwa teknik copywriting bisa sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha yang Anda lakukan. Dengan treatment yang tepat, Anda bisa membuat artikel berkualitas.

Bagi Anda yang punya banyak pekerjaan dan tidak sempat membuat artikel untuk websitemu, maka Anda bisa menggunakan jasa copywriting terpercaya seperti Makinrajin. Artikel SEO friendly, tepat sasaran dan cepat, serta bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat bersahabat.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development