Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

15+ Inspirasi Desain Kemasan Kopi Estetik untuk Pelaku Bisnis

4 min read

15+ Inspirasi Desain Kemasan Kopi Estetik untuk Pelaku Bisnis

Pada era milenial seperti sekarang ini kopi menjadi salah satu minuman paling banyak peminatnya. Demikian pula dengan keberadaan para pelaku bisnis kopi. Desain kemasan kopi milik Anda harus terlihat unik dan kekinian untuk menarik minat pembeli.

Selain bersaing dalam segi rasa, harga, dan kualitas dari biji kopi itu sendiri, Anda harus mempertimbangkan jenis dan desain kemasan. Kopi sudah sangat identik dengan rasa pahitnya, sehingga pelaku bisnis harus menciptakan identitas khas untuk produk kopi yang Anda produksi.

Jenis Desain Kemasan Kopi

Jika Anda masih bingung jenis kemasan apa saja yang sering dipakai oleh perusahaan kopi bubuk, berikut ini adalah jenis-jenis kemasan food grade yang cocok untuk pengemas produk kopi Anda.

1. Kemasan Aluminium Foil

Kopi bubuk merupakan jenis minuman kering yang siap seduh. Maka membutuhkan kelembapan udara yang sangat rendah. Aluminium foil dapat menjadi kedap udara jika produk di dalamnya merupakan produk kering. 

Aluminium foil ini sudah cukup umum menjadi jenis bahan utama pengemasan makanan. Dipercaya dapat menjaga kelembapan udara dan aman dari sorot sinar UV. Dengan desain kemasan minuman seperti ini, maka dapat membuat produk di dalamnya lebih awet. 

2. Kemasan Jenis Paper Craft

Kemasan jenis ini hadir dengan dua jenis lainnya, yaitu paper craft berlapis aluminium foil dan kemasan yang hanya kertas biasa. 

Meskipun begitu, lebih banyak makanan yang menggunakan kemasan jenis paper craft yang berlapis aluminium foil. Sama seperti dengan alasan penggunaan aluminium foil, agar produk di dalamnya aman dari sinar UV.

3. Plastik Standing Pouch

Tersedianya kemasan standing pouch ini merupakan jenis desain kemasan kopi yang cukup banyak digunakan. Hadir pula dengan berbagai bahan, seperti paper craft dan plastik transparan. Meski begitu, kemasan plastik transparan dipilih dengan alasan dapat memperlihatkan serbuk kopi di dalamnya. 

4. Kemasan Sachet

Bungkus makanan jenis ini merupakan contoh desain kemasan kopi yang paling umum dibanding yang lainnya. Kendati begitu, kemasan sachet tetaplah menggunakan aluminium foil sebagai bahan dasar kemasan. Bungkus yang membalut bubuk kopi ini sering digunakan untuk produk kopi dengan berat 20 gram.

Kemasan ini dinilai praktis dari segi bugdet dan juga keringkasan bentuknya. Sangat cocok untuk produk kopi sekali seduh, sehingga tidak perlu penyimpanan ekstra. Menjadikan produk kopi lebih awet dan tidak berpotensi berubah rasa karena penyimpanan yang tidak sesuai. 

5. Desain Kemasan Kopi dari Kertas tanpa Segel

Bungkus kopi dengan tipe satu ini mungkin jarang Anda temui karena dinilai kurang higienis dan tidak dapat membuat produk menjadi awet dalam penyimpanan. Kendati demikian, kemasan ini cocok untuk produk kopi yang sudah siap seduh. 

6. Kemasan Model Botol

Kaca merupakan salah satu jenis bahan kemasan makanan yang sering dipakai, terutama untuk produk kopi. Seperti yang Anda ketahui, sudah ada beberapa brand kopi yang beredar di Indonesia menggunakan kemasan model satu ini. 

Selain itu, botol plastik juga kerap dipilih menjadi kemasan kopi. Botol plastik ini dinilai menjadikan harga produk kopi lebih murah dibanding yang dikemas dalam botol kaca. Dengan berat isi yang sama, maka kebanyakan kalangan akan memilih kemasan botol plastik. 

Disamping perbedaan harga, botol plastik lebih aman dari benturan dan tidak berat. Kemasan botol ini bersifat universal, dapat digunakan untuk mengemas kopi bubuk ataupun kopi siap minum.

Tips Membuat Desain Kemasan Kopi yang Menarik dan Estetik

Ada beberapa cara membuat desain kemasan kopi agar terlihat estetik dan menarik. Tips ini bisa Anda pakai untuk membuat desain kemasan produk. Dengan desain yang memerhatikan tips berikut bisa membuat produk Anda mengikuti tren pemasaran kekinian. 

Lantas, tips apa saja yang bisa Anda perhatikan untuk membuat desain kemasan kopi agar terlihat estetik? Simak poin-poin di bawah ini!

1. Pemilihan Warna Desain Kemasan Kopi

Warna pada kemasan kopi harus relevan dengan produk itu sendiri. Kopi identik dengan warna coklat, maka palet warna yang sering digunakan merupakan warna coklat dan warna gelap lainnya. Maupun jika ingin menciptakan kreasi unik sendiri, Anda dapat mencoba memadu padankan warna-warna yang ada.

Kendati begitu, warna pilihan harus tetap berkesinambungan dan tidak terlalu menabrak. Semisal, Anda ingin menggunakan warna cerah seperti kuning dan tidak ingin meninggalkan identitas khas kopi yaitu warna coklat. Anda dapat menggunakan warna coklat sebagai dasar warna kemasan dan kuning untuk tulisan. 

2. Desain Kemasan Kopi yang Simpel

Bungkus produk kopi Anda lebih baik dibuat dengan desain yang cukup ringkas dan simpel. Jika Anda ingin membuatnya terlihat unik, hindari menambahkan terlalu banyak elemen pada kemasan. Cukup dengan memfokuskan pada jenis tulisan dan elemen kecil lainnya. Buat elemen tersebut sebagai identitas unik produk Anda.

3. Gunakan Ilustrasi Unik

Salah satu daya tarik dari sebuah kemasan produk adalah penggunaan ilustrasi atau gambar. Meskipun produk kopi selalu disambungkan dengan gambar kopi, Anda bisa berkreasi lebih lagi untuk menciptakan ilustrasi khas brand Anda. 

4. Pilih Jenis Kemasan Premium

Pemilihan jenis kemasan juga dapat mempengaruhi penjualan. Kemasan jenis premium dan yang terlihat simpel dapat menarik minat lebih calon pembeli. Karena pembeli seringkali meragukan kualitas produk jika melihat kemasan produk tersebut terlihat kurang effort. 

Contoh Desain Kemasan Kopi

Desain kemasan sering kali hadir dengan menampilkan simbolisasi dari bahan utama produk tersebut dan warna identik dari bahan. Seperti yang Anda sering jumpai, kemasan produk kopi pasti identik dengan warna coklat.

Selain itu, bungkus kopi kerap kali menggambarkan maskulinitas karena konsumen kopi kebanyakan merupakan kaum adam. Berikut ini adalan contoh desain kemasan produk kreatif untuk bisnis kopi.

Paper Craft 

Behance

Bungkus Mengusung Warna Identik Kopi

Behance

Standing Pouch 

Behance

Paper Craft dengan Lembaran Informasi

Behance

Kertas Informasi Berbeda

Behance

Kemasan Paper Cup

Behance

Unsealed Paper Craft

Behance

Ilustrasi Unik sebagai Identitas Produk

Behance

Kemasan Kopi dengan Warna Cerah

Behance

Model Kemasan Botol Pipih

Behance

Gelas Plastik

Twenty Grams

Botol Jumbo

Dribbble.com

Kopi dalam Kaleng

Behance

Kaleng dengan Beragam Hewan

Packaging of the World

Paper Sachet

Niconos

Kemasan Karung Goni Mini

Underconsideration

Paper Tube

The Dieline

Stick Sachet

Behance

Cara dan Tips Membuat Desain Kemasan Kopi

Ada beberapa poin dalam membuat desain bungkus produk kopi yang bisa Anda terapkan. Kemasan produk mengikuti tren sehingga tidak terlihat ketinggalan zaman. Khususnya untuk pemasaran digital, kemasan dibuat dengan desain kekinian dengan beberapa elemen tambahan.

1. Informasi Penting Seputar Produk

Meskipun kemasan kopi mungkin saja berukuran kecil seperti kemasan sachet, namun jangan pernah melupakan informasi produk. Informasi penting termasuk bahan utama dan pendukung produk kopi, tanggal diproduksi, dan tanggal kadaluarsa.

2. Fitur Tambahan untuk Penyimpanan

Klip pada atas kemasan ini bukan hanya hiasan semata, namun juga berfungsi untuk menjaga produk dalam masa penyimpanan. Bungkus kopi dengan jenis kertas dan plastik standing pouch sering hadir dengan fitur klip ini.

3. Tentukan Identitas Produk

Selain memikirkan dan memilih desain kemasan untuk produk kopi, Anda harus mempertimbangkan identitas khas produk. Identitas ini diperlukan untuk menciptakan ciri khas dari brand kopi Anda. Sehingga pembeli dapat mengenali produk kopi Anda.

Dalam hal ini Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih warna, gambar, dan jenis kemasan yang unik untuk desain kemasan kopi. Ketiga elemen ini harus menyatu satu sama lain agar terlihat seimbang. 

4. Ukuran Kemasan

Berat isi produk kopi merupakan hal yang harus menjadi pertimbangan untuk jenis kemasan kopi. Ukuran kemasan kopi harus menyesuaikan dengan isi produk di dalamnya. Untuk standing pouch, umumnya digunakan untuk mengemas kopi dengan berat 300 g. Sedangkan kemasan sachet berisi sekitar 30 g.

Desain Kemasan Kopi Mana yang akan Anda Gunakan?

Secara umum, kemasan kopi terbuat dari aluminium foil selayaknya kemasan makanan lainnya. Alasan yang mendasari adalah aluminium foil bisa dengan maksimal membantu mengawetkan makanan dan juga food grade. Desain kemasan kopi juga harus terlihat cantik dan unik sebagai penanda identitas produk.

Apakah sudah mempunyai bayangan untuk desain kemasan bisnis  kopi Anda? Jika Anda masih bingung untuk desain standing pouch, segera hubungi tim Makinrajin untuk jasa desain kemasan standing pouch.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development