Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Endorse? Pengertian dan Kelebihan Endorse Bagi Suatu Bisnis

2 min read

Apa itu Endorse Pengertian dan Kelebihan Endorse Bagi Suatu Bisnis

Jika Anda mengikuti seorang influencer di media sosial, pasti kata endorse sudah tidak asing di telinga Anda. Endorse adalah istilah populer untuk kegiatan pemasaran di media sosial. Anda bisa menemukan kegiatan endorse yang banyak dilakukan oleh selebgram dan juga artis-artis terkenal.  

Banyak perusahaan memang menerapkan praktik ini dengan menggunakan kekuatan dari nama-nama orang terkenal. Namun, apa sebenarnya endorse secara lebih mendalam? Apa manfaat dan kelebihannya? Berikut adalah ulasan lengkapnya!

Apa itu Endorse?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, endorse adalah istilah populer yang memiliki arti dukungan atau persetujuan. Berdasarkan The Economic Times, endorse adalah kegiatan promosi yang menggunakan tokoh terkenal yang memiliki kepercayaan dan pengakuan dari banyak orang. 

Endorse semakin populer dan mudah Anda temui, karena meningkatnya pengaruh media sosial pada kehidupan manusia. Secara praktik kegiatan ini disebut sebagai endorsement

Dalam dunia bisnis, endorsement adalah kegiatan yang harus menguntungkan kedua belah pihak yang bekerjasama. Endorse juga dapat diartikan bahwa seorang tokoh terkenal mengakui dan mendukung produk yang mereka pasarkan tersebut.

Baca Juga: Social Media Marketing – Tips untuk Meningkatkan Popularitas Brand di Media Sosial

Biasanya seorang influencer melakukan endorse sebagai brand ambassador untuk sebuah brand yang terikat dengan mereka. Namun, juga dapat melakukan endorse untuk brand yang tidak terikat dengan mereka. 

Kegiatan endorse juga dapat terjadi secara terang-terangan atau secara natural. Semua juga tergantung pada permintaan brand dan kesepakatan kedua belah pihak yang terlibat untuk menggunakan teknik hard selling atau soft selling

Kelebihan Endorsement

Tujuan endorse adalah untuk meningkatkan penjualan. Lalu kenapa endorse menjadi pilihan banyak barang untuk memasarkan produknya? Berikut adalah kelebihan melakukan promosi dengan menggunakan endorsement.

1. Kegiatan Promosi Lebih Efektif

Pengguna media sosial khususnya di Indonesia tergolong sangat tinggi. Melihat potensi dari teknologi yang terus berkembang tersebut menjadi kesempatan perusahaan untuk menarik perhatian publik. Hal tersebut membuat kegiatan endorsement jauh lebih efektif, jika dibandingkan dengan kegiatan promosi tradisional. 

Apalagi kebanyakan influencer di media sosial memiliki jumlah pengikut yang tidak hanya banyak, namun mereka juga cenderung mengikuti dan menginginkan apapun yang influencer miliki. Kecenderungan tersebut dapat perusahaan manfaatkan untuk memasarkan produk-produknya.

2. Meningkatkan Engagement Rate

Faktor kesuksesan endorse adalah engagement rate. Engagement rate adalah persentase nilai dari jumlah pengikut yang aktif melakukan interaksi di media sosial. Semakin tinggi nilai dari engagement rate, maka semakin besar juga peluang keberhasilan dari kegiatan endorsement

Hal ini membuat perusahaan harus jeli, karena tidak semua influencer dengan jumlah pengikut tinggi memiliki nilai engagement rate yang tinggi. Justru banyak influencer dengan pengikut yang tidak terlalu banyak, namun engagement rate miliknya tergolong tinggi.

3. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Selanjutnya adalah meningkatkan brand awareness. Melakukan endorse membuat produk atau brand Anda yang awalnya tidak dikenal menjadi lebih terlihat. Bahkan endorsement juga mampu membangun rasa penasaran publik. 

Ketika Anda mampu menemukan influencer yang tepat serta mampu menggambarkan value produk dan menyampaikan pesan di dalamnya, maka potensi keberhasilannya akan semakin tinggi. Karenanya perusahaan harus pandai memilih influencer mana yang akan memberikan citra positif dan menjual.

4. Meningkatkan Penjualan

Kewajiban Influencer melakukan endorse adalah untuk mempengaruhi publik yaitu pengikutnya. Seperti yang sudah disinggung di atas, kebanyakan pengikut sangat memperhatikan gaya hidup seorang influencer

Kebanyakan pengikut juga menjadikan influencer sebagai inspirasi, hingga tak jarang apapun yang digunakan atau dimiliki influencer akan mereka beli. Hal ini menjadi peluang untuk produk Anda menarik perhatian dan rasa penasaran yang membuat para pengikut ingin membeli produk tersebut. 

5. Meningkatkan Kredibilitas

Ketika sebuah brand mampu menggandeng seorang influencer yang terpercaya dan memiliki citra baik, maka hal ini akan memberikan dampak baik untuk brand tersebut. Kepercayaan publik pada influencer tersebut akan membangun kepercayaan pada brand yang influencer tersebut pasarkan.

Dampak positif lainnya adalah menjadi jalan untuk mempromosikan produk lain. Saat seorang influencer mempromosikan produk tertentu, publik akan penasaran dan mulai mencari tahu mengenai produk serta brand. Secara tidak langsung, ini akan membuat produk lain dari brand juga akan mendapat exposure.

6. Hemat Biaya

Kelebihan paling menguntungkan dari endorsement adalah hemat biaya. Dana yang perlu Anda keluarkan ketika melakukan promosi jauh lebih hemat. Namun, tentu saja dampak dari endorse jauh lebih besar jika dibandingkan dengan media promosi tradisional.

Dalam melakukan endorse biasanya terdapat kesepakatan, apakah endorse tersebut berbayar atau tidak berbayar. Hal itu ada dalam kesepakatan antara perusahaan atau brand dengan influencer yang bertindak sebagai promotor. Hal ini juga akan semakin mengurangi biaya yang harus perusahaan keluarkan ketika mengiklankan produk atau jasa.

Sudah Semakin Paham Mengenai Apa itu Endorse?

Kesimpulannya, endorse adalah salah satu dari strategi pemasaran untuk memasarkan produk atau jasa dengan memanfaatkan orang atau tokoh terkenal untuk mendukung kegiatan tersebut. Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan menilai kemampuan seorang influencer untuk memasarkan produk berdasarkan jumlah pengikutnya.

Jika Anda merupakan bagian dari sebuah perusahaan yang ingin memasarkan produk atau jasa, carilah seorang influencer dengan jeli. Anda harus mampu mendapatkan influencer yang cocok dan sesuai dengan produk tersebut. Jumlah engagement rate juga merupakan faktor penting yang harus Anda pertimbanhkan.

Nah, itu adalah ulasan mengenai endorsement yang diharapkan dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Semoga dengan mengetahui pengertian dan kelebihan dari endorsement, bisnis Anda dapat lebih maju dan sukses.  

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development