Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

FAQ Ramah SEO: Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya

4 min read

FAQ Ramah SEO: Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya

FAQ ramah SEO adalah salah satu elemen penting yang tak terpisahkan dari sebuah halaman penting website bisnis. Pasalnya, keberadaan FAQ ini dapat meningkatkan exposure halaman yang memuatnya di mesin pencari. Selain itu, FAQ juga dapat menyediakan informasi singkat yang berkaitan dengan halaman website yang menyajikannya. 

Pada ulasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda lebih detail mengenai jenis FAQ ini, mulai dari fungsi, contoh hingga cara membuatnya. Langsung saja, cek ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu FAQs?

Pada dasarnya, FAQ singkatan dari Frequently Asked Questions, yang berarti pertanyaan yang paling sering ditanyakan. FAQ sendiri pada dasarnya adalah sebuah skema tulisan yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan terkait konten atau informasi yang disajikan di sebuah halaman website

Saat ini, keberadaan FAQ sendiri seakan telah menjadi elemen wajib di sebuah halaman penting website, seperti halaman produk, homepage, dan lainnya. Karena elemen ini dapat membantu mempermudah pengunjung untuk menemukan informasi penting terkait informasi yang sebuah halaman website sajikan.

Selain menjadi bagian dari halaman penting website, terdapat banyak juga website yang membuat halaman FAQ tersendiri (terpisah). Halaman Frequently Asked Questions tersebut umumnya memuat lebih banyak pertanyaan terkait dengan layanan atau produk yang sebuah website bisnis tawarkan.

Baca Juga: Apa Itu Meta Description? Pengertian, Fungsi, dan Cirinya

Fungsi FAQ

Fungsi utama dari FAQ adalah menjawab beberapa pertanyaan umum terkait dengan informasi yang tersaji di sebuah halaman website. Namun, selain itu, skema tulisan ini juga memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting, yag meliputi:

1. Meningkatkan Peringkat SEO

Tidak banyak yang mengetahui bahwa FAQ ramah SEO memiliki kemampuan untuk meningkatkan peringkat suatu halaman website di SERP (Search Engine Result Pages). Pasalnya, FAQ ini dapat membuat informasi yang tersaji di halaman website menjadi lebih berisi dan lengkap.

Dalam praktiknya, khususnya untuk halaman penting yang bersifat general, FAQ umumnya dibuat berdasarkan pertanyaan “people also ask” yang tersedia di SERP Google.

Hal ini membuat halaman website yang menerapkan skema ini untuk berpotensi muncul pada fitur Google tersebut. 

Misalnya, saat Anda menelusuri kata kunci “jasa backlink” di Google, maka mesin pencari Google juga akan memberikan sejumlah pertanyaan umum yang biasa ditelusuri pengguna internet atau audiens di mesin pencari, seperti:

  • Apa itu jasa backlink?
  • Bagaimana cara backlink bekerja?
  • Backlink termasuk SEO apa?
Contoh FAQ
Contoh FAQ | Sumber: Tangkapan layar Google

Sejumlah pertanyaan tersebut dapat Anda jadikan bahan FAQ ramah SEO untuk halaman website Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap harus menyortirnya dan memilih yang paling bermanfaat untuk halaman website Anda.

2. Menjawab Pertanyaan Umum Audiens atau Konsumen

Seperti yang kami sebutkan di awal, fungsi dasar skema FAQ adalah menjawab pertanyaan umum seputar informasi yang tersaji,termasuk terkait layanan atau produk.

Dengan menyediakan FAQ, maka Anda akan dapat memandu audiens untuk mengikuti alur bisnis Anda dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk atau menggunakan layanan.

3. Menghemat Waktu

FAQ sangat bermanfaat untuk audiens yang ingin mencari informasi dengan cepat di suatu halaman website. Dengan adanya skema ini, maka audiens akan lebih mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan terkait layanan atau produk yang Anda tawarkan, seperti harga, cara pemesanan, dan lainnya.

4. Membangun Kepercayaan

Untuk sebuah bisnis, membangun kepercayaan adalah hal yang sangat penting, skema frequently asked questions ini dapat menjadi salah satu kiatnya. 

Dengan menyediakan skema ini, Anda telah menyediakan dukungan customer support untuk pelanggan Anda. Hal tersebut juga sekaligus menjadi bentuk kepedulian Anda atas kendala atau pertanyaan pelanggan Anda.

Contoh FAQ Ramah SEO

FAQ ramah SEO untuk halaman bisnis atau homepage biasanya memuat pertanyaan terkait dengan produk atau layanan yang suatu bisnis tawarkan. Untuk memperjelas pemahaman Anda mengenai pembuatan FAQ jenis ini untuk halaman website, kami juga menyediakan beberapa contoh yang dapat Anda jadikan referensi, seperti berikut: 

1. FAQ Backlink.co.id

Berikut adalah contoh FAQ dari halaman backlink.co.id yang dapat Anda jadikan referensi:

  • Apa Itu Backlink?
  • Bagaimana Cara Beli Backlink?
  • Bagaimana Cara Jual Backlink?
Contoh FAQ pada situs Backlink
Contoh FAQ pada situs Backlink | Sumber: Tangkapan layar situs backlink.co.id

2. FAQ Makinrajin.com

Berikut adalah contoh FAQ ramah SEO dari halaman jasa penulis artikel SEO, makinrajin.com:

  • Apakah Artikel Dijamin Original?
  • Apakah Tulisan Enak Dibaca?
  • Apakah Ada Minimal Pemesanan Artikel?
  • Apakah Bisa Mengerjakan Artikel Pilar?
Contoh FAQ pada situs Makinrajin
Contoh FAQ pada situs Makinrajin | Sumber: Tangkapan layar situs Makinrajin

Bagaimana Cara Membuat FAQ Ramah SEO?

Jika Anda ingin membuat skema FAQ ramah SEO untuk halaman penting di website Anda, berikut adalah poin yang sebaiknya Anda perhatikan:

1. Mengumpulkan Pertanyaan Relevan

Salah satu poin yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan skema frequently asked questions adalah terkait dengan pembuatan pertanyaan.

Dalam hal ini, jangan membuat skema Frequently Asked Questions hanya berdasarkan dengan asumsi Anda. Karena skema pertanyaan semacam itu justru tidak membantu audiens atau pelanggan Anda.

Kiat yang paling tepat untuk Anda lakukan adalah melakukan survei terkait dengan informasi yang Anda sajikan di halaman website yang ingin Anda tambahkan di FAQs.

Misalnya, jika Anda membuat FAQs untuk halaman “jasa backlink”, maka Anda dapat menyajikan pertanyaan yang kerap menjadi pertanyaan terkait dengan layanan tersebut, entah cara membeli backlink, manfaat backlink, dan lainnya.

Untuk mengumpulkan jenis pertanyaan ini, Anda dapat melakukannya melalui survei melalui media sosial atau forum.

2. Berikan Jawaban yang Singkat dan Jelas

Selain menyediakan pertanyaan yang relevan dan memang banyak audiens cari, Anda juga harus menyediakan jawaban yang jelas untuk pertanyaan tersebut.

Dalam hal ini, Anda harus memberikan jawaban yang on point dan tidak bertele-tele. Jika memungkinkan, berikan jawaban singkat, namun dapat menjawab poin yang menjadi pertanyaan audiens.

3. Pantau Perkembangan Halaman

Setelah menambahkan Frequently Asked Questions ke suatu halaman atau membuat halamannya tersendiri, Anda harus memantau apakah skema yang Anda buat tersebut perlu dioptimalkan atau tidak.

Jika Anda menemukan beberapa pertanyaan baru yang relevan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengupdate skema FAQs Anda.

Cara Membuat Skema FAQ di WordPress

Berkat perkembangan dunia blogging saat ini, membuat skema FAQs saat ini bukanlah perkara yang sulit. Misalnya, jika Anda menggunakan WordPress, terdapat banyak plugin yang mempermudah Anda untuk membuat skema pertanyaan ini. 

Adapun yang paling sering menjadi pilihan blogger adalah plugin SEO, Rankmath dan juga Yoast SEO. Kedua plugin ini memuat fitur yang memungkinkan Anda untuk memasukkan skema pertanyaan ini di sebuah halaman website.

Untuk penggunaannya sendiri terbilang sama, Anda hanya perlu membuat atau mengedit halaman yang ingin Anda tambahkan skema Frequently Asked Question dan menekan tanda + pada postingan.

Tekan tanda + pada halaman WordPress
Tekan tanda + pada halaman WordPress | Sumber: Tangkapan layar halaman WordPress

Pada kolom pencarian yang muncul, masukkan kata FAQ. Selanjutnya, Yoast atau Rankmath Anda akan menyajikan skema ini. 

Search FAQ
Search FAQ | Sumber: Tangkapan layar halaman WordPress

Terakhir, masukkan pertanyaan yang ingin Anda jadikan FAQs pada halaman website Anda. Selesai.

Input pertanyaan pada fitur FAQs di halaman WordPress
Input pertanyaan pada fitur FAQs di halaman WordPress | Sumber: Tangkapan layar halaman WordPress

Telah Lebih Paham Tentang FAQ Ramah SEO?

Jadi, FAQ artinya adalah skema halaman website yang memuat pertanyaan yang umumnya ditanyakan oleh audiens terkait sebuah informasi, produk, atau layanan yang sebuah halaman sajikan. FAQ saat ini telah menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah halaman website

Bukan hanya mempermudah audiens untuk menemukan informasi yang mereka cari terkait dengan sebuah layanan atau produk, FAQ juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan kualitas SEO dari halaman yang menyediakannya.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa semakin banyak halaman bisnis yang menyajikan FAQ ramah SEO di dalamnya, guna meningkatkan exposure halamannya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development