Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Headline? Fungsi, Jenis, dan Tips Membuatnya

4 min read

Apa Itu Headline? Fungsi, Jenis, dan Tips Membuatnya

Anda tahu bahwa koran menjadi salah satu media untuk mendapatkan informasi dari berbagai tempat. Kemudian pada halaman depan biasanya terdapat headline. Headline adalah bagian terpenting dalam berita yang akan mempengaruhi minat baca seseorang. Agar lebih paham, berikut penjelasannya mengenai hal tersebut.

Apa Itu Headline?

Headline adalah sebuah judul besar yang terletak di bagian halaman depan. Anda dapat menemukan judul tersebut pada media cetak seperti koran, buku, dan novel. Kemudian tidak hanya media cetak tapi media online juga, mulai dari artikel dan konten lainnya. 

Terdapatnya judul besar, kepala berita, atau headline ini merupakan cara untuk memancing orang membacanya. Sehingga dalam pembuatannya harus semenarik mungkin dan membutuhkan kreativitas lebih. Dengan begitu, adanya judul tersebut merupakan bagian terpenting dari sebuah karya tulis. 

Fungsi Headline

Setelah Anda memahami pengertiannya maka selanjutnya adalah mengetahui fungsinya. Beberapa fungsi tersebut, antara lain:

1. Gambaran Ringkasan Karya Tulis

Fungsi yang pertama yaitu sebagai gambaran ringkasan dari karya tulis misalnya berita atau artikel. Nantinya headline tersebut akan memberikan pandangan pembaca secara umum mengenai isi berita. Dengan begitu, harapannya orang-orang yang membacanya tertarik melihat bacaan selanjutnya.

2. Menarik Perhatian Audiens

Untuk fungsi selanjutnya, headline adalah aspek yang dapat menarik perhatian audiens di luar sana. Dengan merancang dan menggunakan kata-kata yang tepat menjadi kalimat untuk sebuah judul, bisa membuat pembaca jadi tertarik untuk membaca karya tulisan Anda. 

Maka tidak heran jika judul pada bagian depan seperti di koran ukurannya cukup besar. 

Secara umum, tata letaknya biasanya ada di bagian pojok atas koran. Selain itu, judul besar ini menggunakan pilihan font yang memudahkan orang untuk membacanya dengan sekilas dan warna teks hitam.

3. Memberikan Rangsangan untuk Membaca

Berikutnya yaitu untuk memberikan rangsangan kepada audiens agar mau membacanya. Ini karena judul besar merupakan bagian yang sangat penting dalam pembentukan rangsangan atau stimulus pembaca. 

4. Sebagai Pengantar Bacaan

Fungsi dari headline adalah sebagai pengantar bacaan. Apalagi, fakta bahwa letak judul besar yang berada di halaman depan membuatnya sangat efektif untuk jadi pengantar bagi para pembaca agar mau melihat bacaan lain di dalamnya. 

Dengan begitu sebagai pembuatnya, Anda perlu menuangkan ide menarik pada judul dengan tepat agar isinya menjadi bagus. 

5. Sebagai Penjelasan

Ketika membaca sebuah berita atau karya tulis lainnya, pastinya melihat terlebih dahulu judul depannya. Hal tersebut karena judul itu memberikan penjelasan dari bacaan. Penulisan judul juga tentunya harus sederhana dan tidak membuat pembaca berpikir lama. Dengan kata lain kalimatnya mudah untuk pembaca pahami. 

6. Memudahkan Pengelompokan Karya Tulis

Dalam fungsi lainnya yaitu untuk memudahkan pengelompokan karya tulis. Misalnya saja dalam sebuah berita, nantinya pembaca bisa dengan mudah menentukan jenis berita tersebut. 

Dengan teknik menulis dan merangkai kata menjadi kalimat yang menarik bisa diterapkan semaksimal mungkin untuk membantu audiens dalam upaya pengelompokkan tersebut.

Jenis Headline

Terdapat beberapa jenis judul besar dengan kegunaan dan tujuan yang berbeda ketika membuatnya. Jenis-jenisnya, antara lain:

1. News Headline

Jenis yang pertama adalah News Headline. Biasanya penggunaan judul jenis ini untuk memberikan informasi penting seperti mengeluarkan produk atau adanya produk baru. Sehingga pelanggan di luar sana tahu bahwa Anda memiliki produk baru. 

2. Benefit Headline

Berikutnya yaitu jenis Benefit. Anda dapat menemukan judul seperti ini ketika ingin membeli sebuah produk dengan tawarah manfaat atau keuntungan tertentu. Orang-orang kebanyakan akan tertarik dengan judul benefit karena sangat menarik dan berharap mendapatkan keuntungan. 

3. Curiosity Headline

Selanjutnya jenis Curiosity yang mungkin Anda jarang mendengarnya. Namun dari jenis tersebut sebenarnya kalimat pada judul akan membuat pembaca penasaran. Biasanya pembuatnya ingin membuat Anda sebagai pembaca bertanya-tanya dan ingin mencari tahu lebih lanjut dengan isi lanjutannya. 

4. Selective Headline

Dalam jenis Selective ini akan lebih terfokus pada satu target. Untuk target tersebut misalnya Anda memiliki produk dengan kelompok atau peminat tertentu. Dengan kata lain, judul ini punya target sasaran lebih sempit karena tidak semua orang minat membacanya. 

5. Fear Headline

Untuk jenis Fear ini punya tujuan untuk membuat takut para pembaca. Namun membuat takut tersebut lebih tepatnya memberikan peringatan agar pembaca lebih memperhatikannya. Jadi, Anda bisa menerapkan contoh jenis judul ini saat menulis artikel semisal  “Bahayanya Tidur Setelah Makan”.

6. Gimmick Headline

Jenis berikutnya adalah Gimmick Headline. Jika Anda menemukan judul dengan jenis tersebut biasanya memiliki kalimat tipuan dan membuat heboh. Misalnya saja judul seperti “Makan sepuasnya, Bayar seikhlasnya”.

7. Quotation Headline

Penggunaan jenis Quotation ini bisa menarik orang-orang untuk membacanya. Dalam hal penulisannya akan menggunakan testimoni pelanggan yang ada bahkan artis. Biasanya berisi kalimat kesan-kesan ketika menggunakan produk tertentu. 

8. Question Headline

Dari namanya saja pasti Anda sudah tahu bahwa jenis Question ini menggunakan judul dengan kalimat bertanya. Kalimat tanya tersebut ditujukan kepada pembaca di luar sana. 

9. Claim Headline

Untuk jenis Claim ini bisa diterapkan untuk produk Anda. Kalimat yang ada pada judul nantinya seakan-akan mengklaim kelebihan produk Anda. Sehingga harapannya membuat pembaca percaya dan tertarik membacanya serta melirik produk Anda.

10. Command Headline

Kalimat yang ada di dalam jenis Command ini bertujuan untuk menyuruh atau mengajak pembaca bertindak. Harapannya, jika Anda memiliki penawaran produk dapat segera terjual dengan cepat.

11. Teaser Headline

Jenis Teaser ini berisi kalimat yang memberikan tantangan kepada pembaca. Tantangan tersebut bertujuan untuk memperlihatkan kesungguhan Anda saat membacanya. Tentunya dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menjatuhkan pembaca. 

12. You and I Headline

Dalam jenis judul satu ini seolah-olah penulis memberikan kesan perasaan dekat dengan pembaca. Penggunaan kata sapa seperti “Aku”, “Saya”, “Kamu” atau “Anda”. Sehingga penulis akan terkesan seperti lebih perhatian dengan pembaca di luar sana. 

13. Merk Headline

Jika Anda membuat judul untuk mengenalkan brand bisa menggunakan jenis ini. Kemudian, Anda bisa memasukkan brand bisnis pribadi ke dalam kalimat judul. Sehingga pembaca tahu bahwa bacaan tersebut berisi mengenai brand Anda.

Tips Membuat Headline

Jika Anda tertarik dan ingin mencoba membuat judul yang tepat untuk copywriting atau karya tulis lainnya, berikut tips menulisnya. 

1. Memahami Target Audiens

Sebelum Anda membuat judul besar, pahami terlebih dahulu target audiensnya. Dengan memahami dan mencari tahu pembaca nantinya Anda dapat membuat judul yang baik dan menarik. Misalnya dengan melihat usia, hobi, kebiasaan sehari-hari, dan lainnya. 

2. Memberi Alasan untuk Orang Membacanya

Selanjutnya yaitu dengan memberikan alasan kenapa orang-orang agar tertarik untuk membacanya. Anda ketika membuat judul harus memikirkan alasan yang tepat dan masuk akal agar pembaca percaya dan mau membacanya. Misalnya saja Anda menulis judul dengan mencantumkan kata “cara” seperti “7 cara diet sehat”.

3. Meyakinkan Bahwa Terdapat Manfaat Setelah Membacanya

Cara membuat headline yang menarik tentunya harus bisa meyakinkan pembaca bahwa terdapat manfaat setelah membacanya. Namun Anda harus membuat judul yang menarik agar dan relate dengan topik yang sedang banyak orang cari. 

Dengan begitu setelah membaca judul lalu membaca isinya akan sesuai dan orang menilai bacaan tersebut sangat penting. 

Misalnya Anda menulis judul seperti “Tips dan Trik Memulai Bisnis untuk Pemula”. Dari judul tersebut tentunya tahu bahwa isinya akan memberikan wawasan untuk pebisnis pemula. 

4. Memberikan Angka di Depan Judul

Berikutnya yaitu dengan memberikan angka di depan judul yang biasanya ada pada penulisan artikel jenis listicle. Artikel listicle sendiri umumnya memuat pembahasan mengenai cara-cara atau langkah. Untuk menulis judul tersebut contohnya seperti “5 Cara Menghilangkan Virus Di PC”.

5. Menggunakan Kalimat Tanya

Tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat judul yang bagus adalah dengan menggunakan kalimat tanya. Biasanya terdapat dalam contoh headline copywriting untuk para pembaca yang belum memakai produk dari suatu brand. Misalnya seperti judul “Kamu Ingin Mencoba Sabun Murah dan Berkualitas?”.

Apakah Anda Sudah Paham?

Dengan demikian, headline adalah hal yang penting dan perlu teknik penulisan yang bagus agar bisa membuat pembaca tertarik. Kemudian jika ingin membuat ulasan mengenai produk Anda, bisa menggunakan jasa copywriting dari Makinrajin. Lalu Anda juga bisa melihat tulisan judul yang menarik itu seperti apa.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development