Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

7 Plugin Ongkos Kirim WordPress Terbaik di Tahun 2023

3 min read

7 Plugin Ongkos Kirim WordPress Terbaik di Tahun 2022

Salah satu pertimbangan bagi para pebisnis online dalam mengelola website adalah plugin ongkos kirim WordPress. Mengapa demikian? Keadaan letak geografis Indonesia yang relatif luas dan terdiri atas puluhan ribu pulau tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pebisnis online, terutama untuk masalah biaya pengiriman.

Hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu konsumen wajib tahu berapa tarif yang mereka harus keluarkan ketika hendak membeli produk. Selain itu, jika Anda menggunakan plugin ongkos kirim gratis, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi bisnis, terutama dalam hal promosi.

7 Plugin Ongkos Kirim WordPress Terbaik

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih plugin ongkos kirim pada website bisnis, maka jangan khawatir. Kami menyediakan 7 rekomendasi terbaik, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Langsung saja, ini dia deretan plugin ongkos kirim terbaik yang dirilis oleh platform WordPress. Simak penjelasan lengkapnya!

1. OngkosKirim.ID

Rekomendasi plugin WordPress terbaik untuk kategori biaya pengiriman adalah Ongkos Kirim.ID. Dalam plugin ini, terdapat dua versi berbeda. Pertama adalah plugin ongkos kirim gratis. Selain itu, ada juga versi berbayar untuk plugin ini. Tentunya, terdapat perbedaan fitur antara kedua versi tersebut.

Anda bisa melakukan upgrade versi ke akun jenis premium, jika merasa dalam fitur versi gratis terasa kurang lengkap untuk kebutuhan Anda. Selain itu, jika Anda ingin menggunakan versi premium, Anda bisa berlangganan dengan harga Rp199.000,00 sampai dengan Rp399.000,00 untuk masa aktif satu tahun.

2. Wongkir

Plugin ongkos kirim WordPress terbaik selanjutnya adalah Wongkir. Bagi Anda para pelaku bisnis online, tentu sudah tidak asing lagi dengan situs Rajaongkir. Mengapa Rajaongkir? Karena Woongkir adalah plugin yang menggunakan sistem API milik situs Rajaongkir dan telah terintegrasi di dalamnya..

Selain itu, plugin ini juga menyediakan banyak sekali pilihan jasa kurir dan ekspedisi. Mulai dari POS Indonesia, JNE, TIKI, RPX, Star Cargo, PCP Express, SiCepat, SAP Express, JET Express, Pahala Express, J&T Express, Solusi Ekspres, Pandu Logistics, serta Wahana Express.

Dengan banyaknya platform ekspedisi dan kurir sebagai mitra kerja dalam urusan pengiriman, tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda jika menggunakan plugin satu ini.

3. Woocommerce JNE Shipping

Kemudian, rekomendasi plugin ongkos kirim WordPress terbaik selanjutnya adalah Woocommerce JNE Shipping. Sesuai dengan namanya, plugin ini hanya menyediakan jasa ekspedisi JNE saja. 

Selain itu, WooCommerce JNE Shipping juga tersedia dalam tiga versi berbeda, yaitu JNE Full, JNE free, dan JNE exclusive. Untuk JNE Free, hanya menyediakan pilihan pengiriman barang menggunakan jasa JNE tipe Reguler saja.

Anda harus mengupgrade ke versi JNE Full, agar bisa mendapatkan fitur premium. Seperti opsi jenis pengiriman, integrasi dengan berbagai pihak shipping, WooCommerce JNE tracking, widget cek ongkir, penghitungan berat, dan masih banyak lagi.

4. Tonjoo

Plugin ongkos kirim WordPress selanjutnya adalah Tonjoo. Tonjoo awalnya menggunakan dokumentasi sistem API milik Raja Ongkir. Namun, saat ini plugin ongkos kirim terbaik Tonjoo ini sudah mengembangkan dokumentasi sistem API-nya sendiri.

Tonjoo juga telah menyediakan empat jenis paket, yaitu Basic, Multi, Personal, dan Developer. Anda juga bisa menggunakan Paket Basic secara gratis. 

Selain itu, fitur Paket Basic ini juga sudah mencakup berbagai pilihan kurir, free API ongkir sampai tingkat kecamatan, dan akses support forum dengan masa aktif akses selama 14 hari.

Jika Anda ingin memperpanjang masa aktif tersebut, Anda bisa juga beralih ke paket Multi, Personal, atau Developer. Untuk biaya yang perlu Anda keluarkan jika ingin meningkatkan paket ke versi premium berbayar, Anda bisa berlangganan dengan biaya mulai dari Rp280.000,00. Namun, tergantung jenis paket yang Anda pilih.

5. IndoOngkir

Plugin ongkos kirim terbaik yang kelima adalah IndoOngkir. Namun, IndoOngkir tidak tersedia dalam versi gratis, ya. Jika Anda ingin memilih plugin ini, maka Anda perlu berlangganan sebesar Rp297.000,00 per tahun dan mendapatkan paket Basic.

Selain Paket Basic, plugin IndoOngkir juga tersedia dalam dua paket lainnya. Paket tersebut adalah Paket Extend dan Paket Pro. Namun, semua paket tersebut sebenarnya menyediakan jenis fitur yang relatif sama. 

Perbedaannya mungkin terletak pada jumlah situs website yang dapat dipasangi sistem plugin ini. Untuk Paket Basic, Anda hanya bisa memasangnya untuk satu website saja. Sedangkan untuk Extend dan Paket Pro, Anda bisa memasang plugin IndoOngkir ini di lima sampai dengan sepuluh situs web.

6. Raja Ongkir

Rajaongkir merupakan plugin ongkos kirim terbaik yang terstruktur dari sistem web service (API) dan menyediakan informasi biaya pengiriman dari berbagai perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia. Selain itu, perusahaan jasa ekspedisi dan kurir yang terintegrasi dengan Rajaongkir juga sangat lengkap.

Hal yang disukai oleh banyak orang saat memakai platform ini, yaitu karena kemudahan aksesnya. Anda hanya perlu sekali menginput nama kota asal, berat produk, dan kota tujuan saja dalam proses penginputan data.

Nantinya, sistem dari Rajaongkir ini akan segera menampilkan data spesifik terkait pengiriman barang yang akan Anda lakukan. Hal ini tentu saja akan membuat Anda sangat menghemat waktu dan tenaga secara signifikan.

Selain terkenal dalam hal check resi dan cek ongkos kirim dari ponsel, sekarang Anda juga bisa menggunakan Rajaongkir dalam website toko online yang Anda kelola. 

Kemudian, Anda juga dapat menambahkan fitur widget ongkos kirim dalam website toko online yang Anda kelola secara gratis. Sehingga, bisa meminimalisir biaya pengeluaran untuk pemeliharaan website bisnis Anda.

7. Biteship

Rekomendasi plugin ongkos kirim WordPress terakhir adalah Biteship. Biteship merupakan plugin keluaran platform WordPress yang tergolong masih sangat baru. Namun, dari segi fitur, plugin satu ini sudah sangat lengkap. Selain itu, seluruh akses terhadap fitur yang tersedia dalam Biteship juga dapat Anda akses secara gratis.

Mulai dari widget yang terhubung langsung ke situs web toko online dan fitur cek ongkir. Selain itu, Biteship juga sudah terintegrasi dengan banyak sekali perusahaan jasa kurir dan ekspedisi di Indonesia.

Untuk ukuran versi plugin ongkos kirim gratis, Biteship adalah rekomendasi terbaik bagi Anda yang masih baru dalam dunia jual beli di internet ini. Selain untuk menghemat biaya pemasangan plugin, Biteship juga mempunyai banyak fitur menarik yang pastinya sangat bermanfaat bagi situs toko online yang Anda kelola.

Sudah Tahu Plugin Ongkos Kirim WordPress Terbaik?

Nah, itu dia 7 rekomendasi plugin ongkos kirim WordPress. Perlu Anda ketahui, bahwa seluruh plugin yang tersedia dalam versi premium berbayar, tentu saja memiliki fitur yang jauh lebih lengkap. Namun, jika Anda masih merintis dan terbilang baru dalam dunia jual beli online, ada baiknya Anda memilih plugin versi gratis.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development