plugin wordpress terbaik

37 Plugin WordPress Terbaik yang Harus Di-install Pada Website Anda

Saat ini, ada banyak sekali plugin WordPress terbaik yang beredar di internet. Sampai-sampai membuat para pengguna WordPress menjadi bingung akan menggunakan plugin yang mana. Pasalnya, banyak plugin yang memiliki fungsi yang sama. 

Tentunya, Anda tidak ingin meng-install lebih dari satu plugin WordPress yang memilki fungsi yang sama karena hal tersebut dapat menguras penyimpanan web hosting Anda. Anda ingin menggunakan satu plugin untuk satu jenis masalah.

Namun, Anda tidak tahu plugin mana yang bagus dan aman. Itu karena ada banyak sekali plugin yang tidak aman (apabila Anda men-dowload-nya melalui website yang tidak jelas). Nah, itulah yang akan kita bahas sekarang.

Saya berharap, setelah Anda membaca ini, Anda menjadi tahu mana saja plugin WordPress terbaik yang wajib diinstall pada website Anda. Beberapa plugin yang saya sebutkan di bawah ini ada yang bersifat gratis dan ada juga yang harus membayar.

Namun, kualitas dan kinerja plugin WordPress yang gratis tetap tidak kalah dengan plugin berbayar. Lalu, apa saja plugin WordPress terbaik yang penting bagi website Anda? Saya akan pisahkan berdasarkan fungsi dari plugin itu sendiri supaya memudahkan Anda dalam memilihnya.

Plugin Untuk Mengoptimalkan SEO

SEO merupakan hal yang sangat penting bagi para pemilik website. Dengan memiliki dan mengaplikasikan teknik SEO secara tepat dan konsisten, maka website Anda akan memiliki peringkat yang tinggi di mata mesin pencari untuk kata kunci tertentu yang Anda incar yang pastinya relevan dengan konten website Anda.

Dengan adanya plugin SEO ini, Anda dapat membuat website Anda lebih mudah untuk memiliki peringkat untuk kata kunci yang Anda target. Pada dasarnya, plugin ini memiliki parameter yang dapat menandakan seberapa SEO konten Anda.

Sebenarnya, WordPress sudah memiliki tingkat SEO yang tinggi. Artinya, tanpa plugin pun website kita dapat menduduki peringkat pertama pada Google ataupun mesin pencari lainnya. Tapi, bukan berarti plugin SEO ini tidak berguna bagi SEO.

Plugin ini tetap berguna untuk mengoptimalkan kinerja SEO pada website. Jadi, website Anda bisa makin kuat SEO-nya. Tapi, perlu diingat bahwa plugin ini bukan berfungsi untuk membuat website Anda langsung di peringkat pertama.

Pada dasarnya, plugin ini berfungsi untuk memberitahu Anda sejauh mana Anda menerapkan SEO kepada website Anda. Langsung saja, kita bahas apa saja plugin SEO yang wajib kita install pada WordPress.

1. Yoast SEO

Cover plugin Yoast SEO

Plugin ini merupakan salah satu plugin SEO pada WordPress yang paling populer. Plugin ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Selain itu, plugin Yoast SEO ini juga sering melakukan update. Jadi, Anda tidak perlu khawatir teknik SEO pada plugin ini ketinggalan. Pasti akan selalu di-update oleh developer-nya.

Pengaturan pada plugin ini juga tidak rumit. Hanya beberapa langkah saja plugin ini sudah bisa langsung dipakai. Bahkan, apabila Anda baru belajar WordPress, Anda langsung bisa menggunakan plugin yang satu ini.

Apabila Anda merupakan seorang yang ingin sesuatu yang simpel, Yoast SEO solusinya. Dengan Yoast SEO, Anda dapat menambahkan unsur yang dapat membuat SEO pada website Anda meningkat, seperti meta description, membuat sitemap, dan masih banyak lagi.

Ada dua versi Yoast, yaitu versi gratis dan premium. Jika Anda memiliki dana yang terbatas, tidak masalah jika harus menggunakan Yoast versi gratis. Yoast versi gratis juga sudah sangat lengkap untuk menangani masalah SEO pada website Anda. Berikut detail perbandingan antara Yoast SEO versi gratis dan premium.

perbandingan Yoast SEO free dengan premium

perbandingan Yoast SEO free dengan premium

perbandingan Yoast SEO free dengan premium

Harga Yoast SEO versi premium saat ini yaitu $89 untuk 1 domain selama 1 tahun. Apabila Anda tertarik untuk men-download ataupun membeli plugin Yoast SEO, Anda dapat klik tombol di bawah:

2. All in one SEO Pack

Plugin WordPress terbaik untuk SEO

All in one SEO juga merupakan salah satu plugin WordPress terbaik dalam hal SEO. Apabila Anda tidak terlalu tertarik dengan Yoast SEO, Anda juga bisa menggunakan All in one SEO Pack. Plugin ini juga memiliki performa yang cukup baik dan tidak kalah dengan Yoast SEO.

Apabila Anda ingin tampilan yang sederhana dan Anda sudah paham tentang SEO, saran saya lebih baik Anda menggunakan plugin All in one SEO Pack. Namun, apabila Anda masih pemula dalam hal SEO dan butuh penilaian SEO untuk setiap konten pada website Anda, sebaiknya gunakan saja Yoast SEO.

Pada plugin ini, Anda dapat melakukan apa saja yang berhubungan dengan SEO, seperti menambahkan meta description, membuat judul konten maupun judul yang akan tampil pada mesin pencari, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat mengatur sitemap XML pada website Anda.

All in one SEO Pack punya dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Plugin ini memiliki harga yang bervariasi, mulai dari $59 hingga $419 setiap tahunnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa klik tombol di bawah:

3. SEO Ultimate

plugin terbaik untuk meningkatkan SEO website

Menurut saya, plugin SEO Ultimate juga merupakan salah satu plugin WordPress yang cukup baik dalam hal SEO. Tampilan pada plugin ini sangat sederhana dan tidak membuat para pengguna bingung. Banyak fitur menarik yang terdapat pada plugin ini apabila Anda men-download-nya.

Apabila Anda seorang pemula dalam hal SEO, Anda bisa menggunakan plugin ini untuk mengoptimalkan tingkat SEO pada website maupun setiap konten Anda. Apa saja fitur-fitur pada SEO Ultimate?

  • Title Tag Rewriter
  • Canonicalizer
  • 404 Page Monitor
  • Permalink Tweeker
  • Deppling Juggernaut
  • Open Graph Editor
  • Meta Keyword Editor
  • Rich Snippet Creator
  • Auto Highlighter
  • Link Mask Generator
  • Meta Description Editor, dan masih banyak lagi.

Plugin ini memililki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Plugin ini diberi harga sekitar $49-500. Tentunya, yang membedakan harga setiap paket plugin ini adalah license-nya. Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa mengunjungi link di bawah ini:

4. Premium SEO Pack

plugin seo terbaik

Apabila Anda tidak ingin menggunakan ketiga plugin di atas, Anda juga bisa menggunakan plugin SEO yang satu ini. Anda akan mendapatkan banyak fitur SEO, dari mulai Google Analytics, SERP Tracking, PageSpeed Insights, 4040 Monitor, Link Redirect, hingga W3C Validator.

Plugin ini menyediakan hampir seluruh tool yang Anda butuhkan untuk membuat operasi SEO yang sukses. Premium SEO Pack bisa digunakan secara gratis. Namun, Anda bisa mendapatkan fitur yang lengkap dengan cara membeli versi Regular $44 (Rp 625 ribu) per 6 bulan atau versi Extended $405 (Rp 5,7 juta) per 6 bulan.

Plugin untuk Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan website. Tentunya, Anda tidak ingin kan pengunjung website Anda kabur hanya karena website Anda lama ketika di-load? Nah, ada berbagai plugin untuk meningkatkan kecepatan website.

Beragam pengoptimalan dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan akses, dari mulai membersihkan caching hingga mempercepat waktu loading. Untuk mempermudah, mempercepat, dan memaksimalkan pengoptimalan tersebut, Anda bisa menggunakan 4 plugin untuk meningkatkan kecepatan website berikut ini.

1. WP Rocket

plugin terbaik untuk meningkatkan kecepatan website

WP Rocket adalah  plugin WordPress yang paling baik di antara plugin lain yang memiliki fungsi yang sama. Banyak para pemilik website besar menggunakan plugin ini untuk mengoptimalkan kinerja website mereka. Bahkan, saya juga menggunakan plugin WP Rocket untuk mempercepat loading website.

Yang membuat WP Rocket merupakan plugin terbaik di kategorinya adalah interface yang mudah untuk dipahami dan digunakan. Anda tidak akan kebingungan mengoperasikan beragam tools dan fitur pengoptimalan caching yang disediakan.

Selain itu, kinerja plugin ini memang yang terbaik di antara plugin kecepatan lainnya. Ada banyak hal yang bisa dioptimalkan dengan plugin WP Rocket. Salah satu fitur menarik dari WP Rocket adalah lazy load. Jadi, fitur ini adalah ketika user belum scroll hingga menuju gambar, gambar belum dimuat sehingga website akan lebih ringan.

Namun, apabila anda masih bingung, Anda bisa mengikuti cara setting WP Rocket dengan mudah. WP Rocket bisa Anda tebus dengan harga (per tahun) $49 (Rp 700 ribu) untuk versi Single, $99 (Rp 1,4 juta) untuk versi Plus, dan $249 (Rp 3,5 juta) untuk versi Infinite. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan jasa install WP Rocket kami hanya dengan Rp100.000 untuk selamanya.

Anda bisa mengunjungi link di bawah ini untuk membeli ataupun menggunakan jasa install plugin WP Rocket kami:

2. W3 Total Cache

plugin wordpress untuk meningkatkan kecepatan website

Apabila Anda tidak memiliki dana yang kurang untuk membeli plugin sakti WP Rocket, Anda bisa menggunakan W3 Total Cache. Meskipun kinerja dari plugin ini tidak sebaik WP Rocket, namun plugin ini cukup baik untuk mempercepat website Anda.

Yang berbeda dari W3 Total Cache adalah masifnya tools yang disediakan untuk mempercepat website Anda. Karena banyak, Anda justru bisa membuat website Anda rusak atau tidak berjalan optimal. Itulah kenapa, W3 direkomendasikan untuk pengguna tingkat lanjut karena tidak mudah dioperasikan.

Untungnya, W3 Total Cache ini gratis. Jika digunakan oleh yang sudah ahli, website WordPress Anda dijamin ngebut. Namun, apabila Anda memiliki dana sekitar Rp100.000, alangkah baiknya untuk menggunakan jasa install WP Rocket kami supaya kinerja website jauh lebih cepat.

3. Autoptimize

Autoptimize

Plugin kecepatan WordPress terbaik yang selanjutnya adalah Autoptimize. Jika Anda memilih host yang mem-blacklist plugin cache, maka Autoptimize sangat Anda butuhkan. Beberapa host, diantaranya GoDaddy dan WP Engine memang tidak memperbolehkan adanya perubahan pada cache.

Website yang dihosting sebenarnya sudah dibentuk dengan caching yang baik. Namun, lebih optimal lagi jika Anda menggunakan Autoptimize yang mampu mengoptimalkan HTML/CSS/JS. Apabila Anda ingin menggunakan plugin ini, tidak perlu mengeluarkan biaya karena plugin ini gratis.

4. WP Super Cache

WP Super Cache

Dibandingkan dengan plugin untuk meningkatkan kecepatan website lainnya, WP Super Cache adalah plugin yang sederhana. Anda tidak perlu basa-basi dalam menggunakan plugin ini. Pengaturan dan interface-nya cukup jelas dan Anda dapat mengoperasikannya dengan mudah.

Walaupun demikian, tidak banyak pengaturan tingkat lanjut dan kemampuannya mempercepat tidak dapat banyak bisa diutak atik. Anda bisa mencwoba menggunakan plugin ini apabila belum terlalu paham dalam urusan website.

Plugin ini memiliki 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya sebenarnya sudah lebih dari cukup. Namun, apabila Anda ingin website lebih optimal, sebaiknya membeli versi premium ataupun menggunakan WP Rocket.

Plugin untuk Meningkatkan Keamanan Website

Plugin keamanan kerapkali diremehkan atau diabaikan. Jangan sampai Anda menyesal ketika tahu bahwa website Anda berhasil dibobol dan mengalami kerugian yang tidak dapat diremehkan jumlahnya.

Maka dari itulah, segera install plugin keamanan. Ukuran plugin ini sangat ringan dan tidak terlalu berat apabila dibandingkan dengan kerugian yang Anda dapatkan apabila website Anda berhasil dibobol orang lain. Agar website Anda aman terlindungi, Anda bisa menggunakan salah satu dari tiga plugin untuk menjaga keamanan berikut ini.

1. iThemes Security

plugin wordpress untuk meningkatkan keamanan

Plugin keamanan satu ini akan melaporkan secara otomatis alamat IP yang gagal melakukan login dan membloknya sehingga website Anda terlindungi. Selain itu, iThemes juga mampu mendeteksi area di website Anda yang lemah dan memperbaiki serta memperkuat area tersebut.

Anda dapat memblokir IP yang dicurigai dapat mengancam keamanan website, melakukan scan virus pada website, bahkan menutup halaman dashboard pada waktu yang Anda inginkan. Terdapat edisi gratis dan edisi Pro.

Apabila website Anda memiliki data yang sangat penting dan dapat menghasilkan hingga jutaan perbulan, alangkah lebih baik untuk menggunakan edisi Pro. Edisi Pro dari iThemes memberikan keamanan ekstra. Harga iThemes pro adalah $199 per tahun (Rp 2,8 juta).

 2. Wordfence Security

WordFence - plugin keamanan terbaik

Yang membuat Wordfence Security sangat populer sebagai plugin keamanan adalah tersedianya tools keamanan yang powerfull, tampilannya sederhana, dan mudah digunakan. Wordfence dapat mendeteksi beragam ancaman yang mungkin muncul dan tentu saja mengatasi berbagai permasalahan tersebut.

Edisi gratisnya sudah cukup kuat. Jika Anda membutuhkan perlindungan ekstra, tersedia edisi pro dengan harga $99 per tahun (Rp 1,4 juta). Apabila Anda masih pemula dan dalam tahap coba-coba, Anda bisa menggunakan versi gratis-nya. Ketika sudah mahir, Anda bisa upgrade menjadi versi Pro.

3. Jetpack

jetpack - plugin multifungsi

Plugin segala rupa bernama Jetpack mustahil tidak masuk dalam daftar. Jetpack akan mendeteksi aktivitas mencurigakan dan menggagalkan upaya masuk paksa. Untuk mendapatkan proteksi yang sempurna, sebaiknya Anda menggunakan versi Pro ketimbang versi gratis. Versi pro jetpack cukup beragam.

Jetpack merupakan plugin yang dapat melakukan berbagai hal, mulai dari keamanan, membuat form, dan lain-lain. Dalam hal keamanan, ada 2 fitur penting pada Jetpack, yaitu Protect dan Monitor. Protect dapat mencegah brute force pada website Anda.

Bagi yang belum tahu brute force, brute force adalah sebuah teknik memasuki halaman admin dengan mencoba memasukkan data berulang-ulang. Seperti menebak-nebak email dan password.

Sedangkan Monitor adalah fitur yang dapat memberitahukan kepada Anda melalui email pada saat website sedang tidak bisa diakses.

18 Tips Memilih Web Hosting Agar Website Anda Tidak Mudah Down

Per tahunnya, edisi Personal dihargai $39 (Rp 556 ribu), Premium dihargai $99 (Rp 1,4 juta), dan Professional dihargai $299 (Rp 4,2 juta). Apabila Anda ingin hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan versi Premium atau Professional. Apabila Anda ingin menggunakan jetpack, bisa kunjungi link di bawah ini:

Plugin untuk Backup Konten Website

Konten merupakan hal yang paling penting bagi suatu website. Tanpa adanya konten, website Anda akan sepi pengunjung. Maka dari itu, jangan pernah remehkan kekuatan konten. Jangan pernah biarkan konten Anda tidak di-backup.j

Plugin ini wajib untuk Anda miliki karena apabila website Anda rusak dan harus install ulang, maka konten Anda tidak akan hilang. Terdapat 4 plugin untuk backup konten website yang memberikan ketenangan dan keamanan yang pantas Anda dapatkan.

1. VaultPress

VaultPress

Ibarat harta berharga, simpan konten website Anda dalam berangkas bernama VaultPress. Selain berfungsi sebagai plugin backup, VaultPress dilengkapi alat-alat keamanan, salah satunya pendeteksi ancaman (hacker, malware, dll). Dengan demikian, konten Anda akan aman.

Apabila Anda tidak ingin ribet dalam urusan backup, maka VaultPress solusinya. Dengan memiliki VaultPress, Anda dapat melakukan backup secara otomatis setiap harinya.

Vaultpress juga bagian dari Jetpack. Artinya Anda juga mendapatkan akses terhadap beragam tools dari Jetpack. VaultPress memiliki 2 versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar, edisi paling murah VaultPress (Jetpack Personal) dibanderol $39 (Rp 556 ribu) per tahun.

2. UpdraftPlus

UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah plugin backup paling populer dengan jumlah pengguna aktif terbanyak. Yang membuat UpdraftPlus banyak digunakan adalah mudahnya Anda mengoperasikan beragam fitur, dari mulai restore file hingga melakukan backup terjadwal.

UpdraftPlus memiliki fitur yang sangat lengkap. Anda juga bisa melakukan backup dan dikirim ke tempat lain, seperti Google Drive, dll sehingga tidak akan membuat kapasitas web hosting Anda penuh.

Semuanya dapat Anda lakukan tanpa harus menjadi ahli. Selain edisi gratis, UpdraftPlus tersedia edisi premiumnya dengan harga paling murah (Personal) adalah $70 (Rp 999 ribu) per tahun.

3. BackWPup

BackWPup - Plugin wordpress terbaik untuk backup konten

Amankan website Anda ke tempat-tempa seperti Dropbox dan Amazon S3 dengan BackWPup. Anda juga bisa melakukan backup file yang spesifik. Fitur lainnya adalah sinkronisasi file dengan file lain yang disimpan di tempat yang berbeda.

BackWPup merupakan salah satu plugin backup konten yang terbaik. Fitur yang ditawarkan pun cukup untuk pemula yang baru terjun di dunia WordPress. BakWpup memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar (premium). 

Versi premiumnya menyediakan akses tempat backup yang lebih banyak dan lebih eksklusif. Namun, versi gratis juga sudah sangat cukup untuk Anda. Harga yang diberikan mulai dari $69 sampai dengan $369 untuk setiap tahunnya.

4. BlogVault

blogvault - plugin wordpress terbaik untuk backup konten

Salah satu plugin WordPress terbaik untuk mengamankan data website Anda yaitu BlogVault. BlogVault akan melakukan backup jika terjadi perubahan pada konten website. Akibatnya, Anda tidak perlu takut kehilangan data secara mendadak.

BlogVault juga mendukung migrasi web host, mendukung multisite dan WooCommerce, dan waktu backup konten di BlogVault cukup lama, yaitu hingga 90 hari. BlogVault juga memiliki dua versi, yaitu gratis dan premium. Apabila Anda sedang dalam tahap mencoba, sebaiknya pilih versi gratis.

Setelah Anda mahir dan ingin mendapatkan fitur lebih, Anda bisa meng-upgrade ke versi Premium. Anda dapat menggunakan edisi premium BlogVault termurah dengan biaya $7,4 (Rp 105 ribu) per bulan.

Plugin untuk Melihat Statistik Pengunjung

Plugin untuk melihat statistik pengunjung tidak hanya memberikan informasi jumlah pengunjung website Anda, tetapi juga beragam informasi yang dapat Anda analisis dan manfaatkan untuk meningkatkan kualitas konten dan jumlah pengunjung. Untuk melakukannya, pastikan Anda menggunakan plugin-plugin berikut ini.

1. Jetpack

jetpack - plugin multifungsi

Plugin WordPress satu ini memang banyak fungsi dan manfaatnya. Jetpack sebenarnya bukan plugin yang spesifik diperuntukkan untuk membuat dan mengolah informasi dan statistik jumlah pengunjung.

Namun, Jetpack dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat melaporkan, mengumpulkan, dan menganalisis informasi dan data yang terkait dengan pengunjung. Edisi gratis Jetpack menawarkan fitur dan tools yang sangat beragam.

Jika Anda membutuhkan plugin statistik yang sederhana dan mudah untuk digunakan, Jetpack merupakan plugin yang Anda cari. Namun, jika Anda mencari plugin statistik yang menawarkan fitur khusus statistik dengan kemampuan mengumpulkan informasi mendalam, maka jangan pilih Jetpack.

Per tahun, harga Jetpack edisi Personal adalah $39 (Rp 556 ribu), Premium $99 (Rp 1,4 juta), dan Professional $299 (Rp 4,2 juta).

2. Google Analytics by Yoast

GoogleAnalytics by Yoast

Google Analytics by Yoast atau yang saat ini bernama Google Analytics by MonsterInsights adalah alat statistik WordPress yang sangat populer. Terdapat versi gratis dan berbayar. Harga versi premium per tahunnya adalah edisi Plus $99,5 (Rp 1,4 juta), edisi Pro $199,5 (Rp 2,8 juta), dan Agency $399 (Rp 5,6 juta).

Sedikit mahal memang untuk edisi premiumnya. Edisi gratisnya sebenarnya sudah cukup kuat. Plugin untuk melihat statistik pengunjung ini cocok untuk Anda pengguna sederhana yang tidak memerlukan banyak aspek teknis.

Anda tidak akan kesulitan menguasai dan menggunakannya. Walaupun sederhana, Google Analytics by MonsterInsights ini dilengkapi dengan beragam fitur, diantaranya pelacakan pageview, downloads, konversi penjualan/pembelian, dan iklan. Dalam hal kelengkapan fitur dan alat, plugin ini dapat diacungi jempol.

Plugin untuk Meringankan Ukuran Gambar

Gambar merupakan hal yang sangat penting bagi website Anda. Dengan adanya gambar, website Anda akan lebih enak ketika dilihat dan dapat membuat pengunjung lebih betah. Namun, penggunaan gambar dapat menghabiskan penyimpanan pada web hosting Anda.

Tentunya, Anda tidak bisa menghilangkan gambar begitu saja hanya karena ingin menghemat kapasitas hosting. Apabila Anda tidak menggunakan gambar, maka website Anda tidak menarik. Sedangkan, apabila Anda menggunakan gambar, maka akan memakan tempat penyimpanan hosting. Hal ini pasti sangat membuat Anda dilema.

Baca : 20 Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia dan Dunia dengan Kinerja Terbaik

Ukuran gambar yang terlalu besar dapat mengakibatkan website berjalan lambat. Itulah kenapa Anda harus pandai memilih gambar mana yang harus beresolusi besar dan gambar mana yang harus beresolusi kecil.

Dengan menggunakan plugin ini, maka gambar yang akan Anda upload akan dikompres terlebih dahulu sehingga akan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Anda bisa menggunakan salah satu dari 4 plugin untuk meringankan ukuran gambar. Berikut adalah plugin untuk meringankan ukuran gambar.

1. WP Smush

WPSMush

WP Smush merupakan pilihan populer untuk membuat gambar dapat dikompres secara otomatis ketika Anda menguploadnya. Selain itu, WP Smush juga dapat melakukan kompres terhadap gambar-gambar lama. Anda juga dapat membuat gambar ke resolusi yang diinginkan.

Edisi gratis dari WP Smush sudah memiliki cukup alat untuk mengoptimalkan ukuran gambar. Harga edisi Pro WP Smush per bulan adalah $49 (Rp 700 ribu). Fitur pro pada plugin ini sangatlah lengkap. Anda bisa mengunjungi link di bawah untuk info lebih lanjut.

2. Jetpack

jetpack - plugin multifungsi

Jetpack juga memiliki fitur untuk mengkompres dan melakukan pengoptimalan gambar. Cukup mengejutkan memang bagi Jetpack untuk bisa mengkompres gambar dengan kualitas kompresan yang baik. Untuk kompresan sederhana tanpa fitur tambahan, Jetpack bolehlah diandalkan.

Jetpack memiliki fitur dengan ama Photon CDN. Pada fitur itu, Jetpack menaruh gambar pada website Anda pada CDN sehingga hosting Anda tidak terlalu berat. Jetpack juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya tidak bisa memproses gambar dengan ukuran lebih dari 55 megabytes.

3. WP Optimize

WPOptimize

WP Optimize sebenarnya merupakan plugin dengan fitur yang lebih umum. WP Optimize memiliki fitur kompres gambar yang mudah untuk digunakan. Anda dapat mengkompres gambar per bulk, merubah format file-nya, auto-compress, dan restore original function.

Karena plugin non-spesifik, Anda juga akan mendapatkan fitur WP Optimize lainnya. Plugin ini memiliki dua jenis paket, yaitu paket gratis dan berbayar (premium). Edisi premium termurahnya, yaitu edisi Starter dijual dengan harga $39 (Rp 557 ribu) per-tahun untuk 1-2 website.

Sedangkan versi premium kedua, yaitu edisi Business memiliki harga $59 per-tahun untuk 5 website. Versi premium yang terakhir yaitu edisi Unlimited, yaitu Anda bisa memasang plugin tersebut tanpa batasan website. Harga yang diberikan untuk edisi Unlimited adalah $149 setiap tahunnya.

4. EWWW Image Optimizer

ewww io

Mudah digunakan dan langsung bisa mengompres gambar ketika diupload merupakan kelebihan utama EWWW Image Optimizer. EWWW juga dapat Anda gunakan untuk mengkompres gambar lama. Plugin dapat mengoptimalkan gambar yang berasal dari plugin WordPress.

Selain itu, plugin ini juga dapat mengompres gambar yang telah di-upload sebelum plugin ini ada. Plugin akan menyimpan gambar tersebut di luar folder perpustakaan media. Untuk mendapatkan edisi Pro-nya, Anda harus membayar $9 (Rp 128 ribu) per bulan.

Selain itu, Anda juga bisa membayar $0.003 untuk setiap gambar yang akan Anda kompres. Dengan begitu, Anda dapat lebih menghemat biaya untuk kompres gambar Anda. Berikut detailnya:

Plugin untuk Membuat Form Jenis Apapun

Pada sebuah website, pasti kita butuh form supaya pengunjung dapat melakukan interaksi dengan kita. Beberapa contoh penerapan form pada website adalah formulir pendaftaran, pembelian, dlll.Terdapat 2 manfaat utama yang akan Anda dapatkan dari form berkualitas.

Kedua manfaat tersebut adalah membuat website terlihat profesional meyakinkan dan menyebarkan citra positif. Anda bisa saja menggunakan form yang disediakan theme WordPress.

Namun, membuat form sendiri memberikan Anda opsi yang lebih banyak untuk berkreasi. Buat form orisinal Anda dengan 4 plugin membuat form terbaik berikut ini.

1. Contact Form 7

Contact Form 7 - Plugin WordPress terbaik untuk membuat form

Contact Form 7 mudah digunakan. Plugin ini juga bisa mengatur berbagai macam form kontak. Anda dapat melakukan kustomisasi form-form tersebut. Beberapa fitur yang tersedia di Contact Form 7 adalah CAPTCHA, Akismet spam filtering, dan Ajax-powered submitting.

Fitur-fitur tersebut dapat Anda operasikan dengan mudah. Anda bisa membuat form dengan plugin ini tanpa memiliki kemampuan programming. Hal bagus lainnya dari plugin ini adalah Anda tidak memerlukan uang untuk menggunakannya alias gratis.

2. Gravity Forms

Gravity Forms - Plugin wordpress terbaik untuk membuat segala jenis form

Gravity Form merupakan plugin untuk membuat form yang populer. Plugin ini cukup banyak jumlah pengguna aktifnya. Hal tersebut menandakan jika plugin ini memang apa yang Anda butuhkan untuk membuat form berkualitas dan mencerminkan visi Anda.

Terdapat 3 edisi premium Gravity Forms. Ketiga edisi premium tersebut adalah Basic $59 (Rp 841 ribu) per tahun, Elite (Rp 3,6 juta), dan Pro $159 (Rp 2,2 juta). Plugin ini membuat Anda dapat membuat desain menggunakan editor yang intuitif.

Beberapa fitur yang disediakan Gravity Forms adalah multi-page forms, limit and schedule forms, custom settings, pricing serta post fields. Selain fitur dan tools tersebut, terdapat beragam addon yang dapat diintegrasikan. Addon dengan lisensi bisnis dan pengembang tersebut bisa manfaatkan untuk membuat form yang lebih profesional.

3. Jetpack

jetpack - plugin multifungsi

Plugin multiguna bernama Jetpack memiliki perangkat untuk membuat form. Anda bisa menggunakan Jetpack untuk membuat form sederhana dengan pengeditan dan kustomisasi tingkat dasar. Fitur form pada Jetpack memang tidak sekomplit fitur pada plugin khusus form.

Namun, fitur tersebut mudah digunakan dan cukup untuk membuat form yang pantas. Jetpack memiliki dua edisi, yaitu edisi gratis dan edisi premium. Edisi premium paling murah dibanderol seharga $39 (Rp 556 ribu) per tahun.

Plugin untuk Menghapus Komentar Spam

Selain menyebalkan dan sangat tidak enak dipandang, komentar spam juga memiliki risiko keamanan yang tidak dapat diremehkan. Jika tidak segera ditangani, komentar spam tersebut akan berdampak buruk pada website. Komentar spam adalah sebuah kepastian. Gunakan 2 plugin berikut ini untuk menangani masalah tersebut.

1. Akismet

Akismet

Akismet adalah plugi anti-spam paling populer untuk WordPress. Untuk mendeteksi dan mengevaluasi spam, Akismet menggunakan web service berbasis cloud server. Untuk menggunakan dan mengoptimalkan Aksimet, Anda harus terlebih dahulu memiliki API key.

API key tersebut dapat Anda dapatkan dengan mudah dan gratis. Akismet yang sudah terhubung dengan algoritme berbasis cloud akan langsung mendeteksi komentar spam. Setelah mendeteksinya, akismet akan langsung mem-filter komentar spam tersebut.

Untuk website dengan jumlah komentar yang tidak banyak, Akismet edisi gratis sudah cukup. Jika Anda memiliki website dengan jumlah komentar lebih dari 50.000, sebaiknya Anda menggunakan Akismet edisi berbayar.

Plugin ini bersifat gratis dan ada yang berbayar. Harga Akismet premium untuk edisi Plus adalah $5 (Rp 71 ribu) per bulan, sementara untuk edisi Enterprise adalah $50 (Rp 714 ribu) per bulan.

2. Antispam Bee

antispam bee

Antispam Bee adalah plugin anti-spam dengan banyak fitur menarik dan gratis, baik untuk penggunaan personal maupun komersial. Beberapa fitur plugin ini adalah memblok komentar spam dari IP, negara, atau alamat spesifik, memberikan laporan berupa statistik serangan spam berkala, dan membersihkan database WordPress dari spam.

Untuk menggunakan Antispam Bee, Anda tidak memerlukan registrasi. Selain tidak perlu mendaftar, plugin ini juga bersifat gratis. Untuk lebih detail, Anda bisa download plugin di bawah:

Plugin untuk Membuat Landing Page

Anda memiliki produk atau jasa yang ingin Anda jual melalui website? Jika iya, Anda harus punya landing page. Dengan adanya landing page, maka persentase penjualan Anda akan meningkat secara signifikan dibandingkan tanpa menggunakan landing page.

Sebenarnya, landing page tidak hanya ditujukan untuk penjualan produk saja. Namun, landing page ditujukan untuk pengunjung yang butuh tindakan. Contohnya: pendaftaran email. Apabila Anda ingin memiliki email para pengunjung, Anda juga wajib memiliki landing page supaya lebih efektif dan optimal.

Plugin untuk membuat landing page akan meningkatkan tingkat konversi pengunjung menjadi pembeli, meningkatkan SEO, dan mengumpulkan informasi calon konsumen potensial. Terdapat 5 plugin WordPress terbaik terbaik untuk membuat landing page di website WordPress Anda. Berikut ada 5 rekomendasi plugin WordPress terbaik untuk membuat landing page tersebut.

1. Elementor Page Builder

elementor - plugin wordpress terbaik untuk membuat landing page

Elementor adalah plugin landing page terbaik dengan ulasan dan respons positif, baik dari kalangan profesional maupun pengguna. Elementor dapat bekerja dengan beragam theme dan plugin.

Fitur utama Elementor adalah menyediakan 24 pro widgets dan 75 pro template dimana alat-alat tersebut sudah terintegrasi dengan layanan pemasaran email, kanal-kanal media sosial, dan Zapier. Elementor juga menawarkan tools-tools terbaik dan tercepat untuk membuat landing page.

Hal lain yang membuat Elementor unggul dari yang lain adalah edisi gratisnya saja sudah dilengkapi dengan desain yang hampir tidak terbatas. Terdapat 3 edisi premium Elementor. Ketiganya adalah edisi Personal $49 (Rp 699 ribu) per tahun, edisi Plus $99 (Rp 1,4 juta) per tahun, dan edisi Expert $199 (Rp 2,8 juta) per tahun.

2. Divi Builder

Divi - plugin terbaik

Salah satu plugin terbaik WordPress di bidang page builder adalah Divi. Divi merupakan plugin yang sangat populer di kalangan para pemilik website. Banyak sekali para pemilik website pemula hingga ahli yang menggunakan Divi untuk membangun landing page pada website-nya.

Saya juga memiliki plugin Divi untuk membantu membuat landing page website. Cara membuat landing page dengan Divi sangatlah mudah. Hanya dalam beberapa menit, Anda langsung bisa membuat landing page yang menarik dan meningkatkan konversi hanya dengan Divi.

Divi memiliki dua edisi, yaitu edisi Yearly Access dan Lifetime Access. Edisi Yearly Access itu kita membayar setiap tahunnya. Kalau sudah dalam 1 tahun tidak membayar, maka kita tidak akan mendapat update dan support dari pihak Divi. Untuk edisi Yearly Access dikenakan biaya $89 setiap tahunnya.

Sedangkan untuk Lifetime Access, Anda hanya perlu membayar sekali dan akan mendapatkan update dan support selamanya. Harga untuk edisi ini adalah $249. Namun, apabila Anda ingin mendapatkan Divi dengan lebih murah, kami bisa membantu meng-installkan Divi pada website Anda sehingga Anda akan jauh lebih hemat.

3. Beaver Builder

Beaver Builder

Beaver Builder merupakan pilihan yang lebih populer untuk pembuatan website full. Melalui Beaver, Anda bisa membuat landing page dengan desain yang orisinal sekaligus memiliki loading yang cepat. Beaver edisi gratis sudah dilengkapi dengan modul untuk membuat dan mengkustomisasi landing page.

Termasuk didalam konten modul tersebut adalah pengaturan gambar, video, teks,dan HTML. Dibandingkan dengan plugin landing page yang lain, Beaver mudah digunakan dan menyediakan pengalaman pengeditan yang lengkap.

Beaver juga menyediakan template landing page yang sudah disesuaikan dengan fungsinya, diantaranta template untuk seminar dan pemasaran. Terdapat 3 edisi premium Beaver, yaitu Agency $399 (Rp 5,7 juta) per tahun, Pro $199 (Rp 2,8 juta) per tahun, dan Standard $99 (Rp 1,4 juta) per tahun.

4. Page Builder by SiteOrigin

Page Builder by Site Origin

Page Builder by Site Origin merupakan plugin builder yang ringan dan mudah digunakan. Anda dapat membuat landing page dengan menggunakan beragam widget dan interface yang intuitif. Landing page buatan Anda akan mampu beradaptasi dengan perangkat mobile.

Anda bisa menggunakan edisi gratis atau edisi premium, mulai dari edisi Single $29 (Rp 414 ribu) per tahun, Business $49 (Rp 699 ribu), hingga Developer $99 (Rp 1,4 juta).

5. OptimizePress

Optimizepress - plugin terbaik untuk membuat landing page wordpress

OptimizePress menawarkan pembuatan landing page yang sederhana dan diperuntukkan untuk para pemasar. Melalui plugin ini, Anda bisa membuat banyak page, dari mulai landing, sales, portal member, hingga blog sites.

Edisi premiumnya cukup murah dengan fitur yang lengkap jika dibandingkan dengan edisi premium plugin lain. Edisi premium termurah OptimizePress dijual dengan harga $97 (Rp 1,3 juta) per tahun.

6. Thrive Architect

Thrive Architect

Plugin WordPress terbaik selanjutnya adalah Trive Architect architect (dulunya bernama Thrive Leads). Thrive Architect menyediakan lebih dari 200 template yang bisa Anda kustomisasi sesukanya. Pengoperasiannya pun mudah dan sederhana. Plugin ini juga sudah terintegrasi dengan beberapa tools pemasaran dan media sosial.

Fitur yang tersedia di edisi premium termurahnya, edisi Lincese $67 (Rp 956 ribu) per tahun, tidak sebanyak fitur di plugin premium lainnya. Kendati demikian, fitur tersebut cukup untuk membuat landing page yang keren.

Plugin untuk Meningkatkan Jumlah Share

Sudah buat konten berkualitas, tetapi jumlah viewer masih saja rendah dan belum naik-naik. Mungkin jawaban dari apa yang Anda alami tersebut adalah Anda kurang memperhatikan upaya meningkatkan jumlah viewer diluar membuat konten berkualitas.

Salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk menyebarkan konten Anda adalah plugin social share. Berikut ini adalah 3 plugin social share terbaik yang sudah banyak direkomendasikan.

1. SumoMe

SumoMe - rekomendasi plugin wordpress terbaik

SumoMe dapat Anda andalkan untuk meningkatkan jumlah social share. Plugin gratis ini memiliki fitur Share yang memberikan akses sharing ke berbagai media sosial yang ada. Selain edisi gratis, terdapat edisi premium (Pro) yang harganya adalah $39 (Rp 554 ribu) per bulan.

Edisi gratisnya memiliki fitur sederhana nan bermanfaat. Untuk fitur yang lebih lengkap, seperti UTM tracking dan mobile optimization, Anda harus membeli edisi Pro.

2. AddThis

addthis - plugin terbaik untuk social media

AddThis akan mempermudah Anda untuk menyebarkan konten yang telah Anda buat. Share Buttons yang disediakan telah terkoneksi dengan lebih dari 200 channel media sosial, termasuk WhatsApp, Pinterest, dan masih banyak lagi.

AddThis juga menyediakan fitur pengaturan sharing yang spesifik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. AddThis gratis dengan opsi premium. Sayangnya, harganya tidak tercantum di website-nya.

Plugin untuk Mengecek Broken Link

Saat ini, banyak sekali kasus yang menimpa para pemilik website. Banyak pemilik website yang tidak sadar bahwa sebagian link yang ada pada website mereka ternyata mengalami error. Artinya, link tersebut tidak mengarahkan pengunjung kepada konten yang sesuai.

Hal itu tentunya sangat berbahaya bagi website Anda. Bisa-bisa, website Anda akan dicap buruk oleh Google karena tidak menyajikan UX yang baik bagi para pengunjung. Apabila Anda mengecek link satu persatu pasti akan sangat repot. Nah, plugin ini sollusinya.

Satu fungsi utama plugin cek broken link adalah mempercepat proses pengecekan dan perbaikan broken link. Broken link terbukti mampu ‘mengganggu’ pengideksan Google dan memberikan pengalaman buruk bagi pengunjung. Broken Link Checker merupakan plugin cek broken link yang banyak direkomendasikan.

1. Broken Link Checker

Broken Link Checker

Plugin gratis ini akan mendeteksi dan melakukan perbaikan link rusak, termasuk gambar rusak pada konten yang dimuat di website Anda. Anda dapat membuat jadwal scan secara berkala untuk mendapatkan laporan seberapa banyak link yang rusak dan dimana saja link rusak tersebut berasal. Plugin ini sederhana dan mudah digunakan.

Plugin untuk Memberikan Konten Relevan dengan Pencarian

Pencarian yang Anda lakukan di halaman website Anda seringkali menghasilkan hasil yang ngawur dan kurang relevan dengan konten Anda. Untuk meningkatkan akurasi dan kedalaman pencarian, Anda dapat memanfaatkan search plugin. Relevanssi adalah plugin pencarian yang populer dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 90 ribu orang.

1. Relevanssi

Relevanssi

Melalui Relevanssi Anda dapat melakukan pencarian sesuai dengan frasa yang Anda ketik. Plugin ini hanya akan memberikan hasil sesuai dengan apa yang Anda ketik. Artinya selamat tinggal rekomendasi dan hasil pencarian yang tidak nyambung.

Edisi gratisnya sudah cukup baik untuk melakukan pencarian akurat. Untuk mendapatkan fitur tingkat lanjut, Anda memang harus membeli edisi premiumnya seharga $99 (Rp 1,4 juta) per tahun.

Itulah beberapa plugin WordPress terbaik untuk setiap kategori. Semua plugin di atas perlu Anda install pada website Anda. Apapun jenis website Anda, Anda perlu menginstall plugin di atas supaya kinerja website menjadi jauh lebih baik dan mampu meningkatkan kesan di mata pengunjung. Apabila ada plugin yang belum disebutkan, Anda bisa usul melalui kolom komentar.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

4 komentar pada "37 Plugin WordPress Terbaik yang Harus Di-install Pada Website Anda"

  1. Nice artikel gan ,, Ternyata banyak juga ya gan. tapi dari yang saya bingung ..
    kenapa plugin Jetpack ratingnya cuman 4 ya gan. Padahal yang bikin foundernya langsung apa masih terdapat bug atau gmn ya..thx

  2. Untungnya beberapa plugin2 penting di atas udah ane install 😂 BTW pengen nyoba divi tapi belum punya duit, elementor udah bikin ane pusing (install ulang lebih dari 10x malah)

    karna gak work di theme yang ane pake..udh bikin capek2 tapi gak bisa kepake yang ane buat, alias blog ane gak ada perubahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *