Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Website Builder? Kenali Pengertian dan Fungsinya

4 min read

Apa itu Website Builder? Kenali Pengertian dan Fungsinya

Keberadaan website sekarang sudah cukup familiar untuk masyarakat. Karena website menjadi tempat kedua untuk pengguna internet dalam mencari informasi. Dalam dunia website terdapat juga istilah website builder. Website builder adalah bagian terpenting yang membantu para pemiliknya untuk merancang situs keren.

Memang istilah-istilah dalam situs sangatlah banyak. Hanya saja, Anda harus tahu beberapa informasi basic atau dasar sebelum membangun website sendiri. Salah satunya adalah web builder. Mari simak informasi lengkapnya lewat artikel berikut ini! 

Apa Itu Website Builder?

Secara harfiah website builder adalah sebuah aplikasi untuk merancang website dengan berbasis internet, sehingga memungkinkan para pengguna untuk menciptakan situs web profesional. 

Lantas, apa yang menjadi daya tarik dari aplikasi ini? Selain pemakaiannya yang mudah, tentu saja Anda bisa membuat satu web utuh dalam waktu singkat menggunakan web builder. Bahkan, hanya dalam hitungan menit saja Anda bisa membuat situs tersebut dan siap berfungsi untuk menunjang bisnis. 

Web builder sendiri sering dimanfaatkan pengguna untuk membuat situs dengan tujuan promosi produk, memperkuat branding, dan optimasi SEO di Google. Bisa dikatakan jika website builder adalah teman dari para pebisnis. 

Pemakaian aplikasi ini juga terbilang mudah, karena fitur-fitur yang tersedia cukup canggih. Sekalipun jika Anda tidak memahami coding, hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar. Karena pada dasarnya aplikasi ini tercipta untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa, web builder ini memiliki berbagai kelebihan. Salah satunya adalah memperoleh hosting, domain, dan template secara bersamaan. Tentu saja ketiga hal tersebut adalah bagian yang penting. Karena mereka merupakan pondasi untuk sebuah website.

Jika menggunakan web builder, Anda hanya perlu memikirkan konten-kontennya saja. Masalah tema sudah ada template yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, template yang Anda dapatkan juga sudah teroptimasi sedemikian rupa sehingga tidak akan membuat Anda kesulitan dalam mengeditnya.

Fungsi Website Builder

Dari penjelasan di atas, seharusnya Anda sudah paham bahwa, website builder adalah software yang sangat membantu kebutuhan situs Anda. Lantas, apa fungsi spesifik dari web builder

Fungsi utama dari web builder adalah untuk membantu Anda menciptakan sebuah web atau situs utuh yang profesional, user friendly, cepat, mudah, dan tentunya cantik. Kenapa website harus Anda desain sebaik mungkin? 

Ketika ada seseorang yang mencari informasi baik itu mengenai produk Anda ataupun konten evergreen yang Anda buat, tentu saja Anda tidak ingin mereka langsung keluar begitu saja dari halaman. 

Oleh karena itu, agar pengunjung bisa betah untuk berada di website Anda, desain web tidak boleh Anda buat secara sembarangan. Pasalnya, terkadang ada situs yang tampilannya acak-acakan dan tidak sesuai dengan konsep bisnisnya. Sehingga membuat pengunjung merasa tidak nyaman untuk melihatnya.

Di sinilah fungsi website builder yang sebenarnya akan sangat Anda butuhkan, yakni untuk membantu Anda mewujudkan situs keren yang profesional. Para pengguna aplikasi ini juga tidak hanya mereka yang sudah berpengalaman saja. Namun, para freelance yang ingin mempercantik portofolio pun juga sering memanfaatkannya.

Kelebihan Website Builder

Banyaknya pujian dari para pengguna web builder, tentu karena kualitas aplikasi yang memukau. Sebagai pemula, Anda juga wajib tahu bahwa aplikasi yang hendak Anda pakai ternyata memiliki beberapa kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Tidak Membutuhkan Skill Khusus

Kelebihan pertama dari website builder adalah tidak mengharuskan para penggunanya memiliki skill khusus. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengelolaan aplikasi ini terbilang mudah dan ramah untuk semua pengguna. Anda tidak perlu belajar mati-matian untuk memahami coding lagi.

Cukup pilih template yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Kemudian silahkan atur tata letak, warna, pemakaian font, tombol navigasi, dan lain sebagainya. Tidak perlu memikirkan coding lagi, Anda hanya perlu melakukan drag & drop untuk mengatur desainnya.

2. Fitur-Fitur Sederhana yang Mudah 

Bukan menjadi rahasia lagi di kalangan pengguna, jika web builder terkenal dengan aplikasi yang memiliki fitur-fitur sederhana dan mudah. 

Fiturnya sendiri sangat lengkap dan semuanya bisa membantu Anda membuat website sesuai dengan keinginan. Jadi, meskipun Anda bukan orang IT sekalipun, situs Anda akan tetap bagus.

3. Murah dan Efisien 

Kelebihan terakhir website builder adalah harganya yang murah juga mampu meningkatkan efisiensi waktu. Adanya template dan fitur menjadi dua hal yang akan sangat membantu pekerjaan Anda. 

Sehingga membuat website bukan lagi hal yang memakan waktu. Bahkan, untuk Anda yang memiliki budget minim sekalipun tidak perlu khawatir. Karena web builder umumnya memberikan harga yang masuk akal.

5 Website Builder Terbaik

Berbicara tentang aplikasi, meski memiliki fungsi yang serupa, namun tetap saja jenisnya berbeda. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa jenis website builder terbaik yang cocok untuk para pemula. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

1. Squarespace

Memiliki keinginan untuk membuat website yang elegan dan mewah? Squarespace dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Dalam urusan template dan tema, Squarespace tidak ada tandingannya sampai detik ini. Artinya, web builder yang satu ini mampu mewujudkan situs impian Anda.

Ada beberapa jenis situs yang dapat Anda buat menggunakan aplikasi ini. Misalnya saja blog pribadi, toko online, CV, portofolio, bahkan website pernikahan. Tentu saja, kegunaannya yang sangat luas ini juga didukung dengan berbagai fitur menarik dari Squarespace. 

Adapun fitur yang bisa Anda gunakan adalah Analytics, Blogging Tools, Social Media Tools, Mobile Editing, dan Email Marketing Tools. Sedangkan untuk harganya sendiri berkisar antara $12 hingga $40 per bulannya.

2. Weebly

Weebly website builder adalah salah satu aplikasi pencetus website yang cukup populer. Bahkan jumlah penggunanya sudah mencapai angka hingga 40 juta. Anda bisa menggunakan aplikasi ini jika menyukai situs dengan tampilan simpel namun tetap keren. 

Dari tampilannya saja Weebly sudah menarik. Meski cukup sederhana, Weebly tidak akan membuat pengguna merasa bosan untuk melihatnya. Begitupun dengan tampilan dari situs Anda nantinya. 

Menggunakan Weebly akan membuat Anda bisa menikmati beberapa fitur seperti Responsive Design, Fitur E-commerce, hingga Powerful Editor. Melalui fitur ini Anda bisa memaksimalkan tampilan situs Anda semaksimal mungkin. Sementara harga per bulan dari Weebly ialah sekitar $5 hingga $25.

3. Webnode 

Setiap orang memiliki strategi masing-masing untuk situsnya. Jika berencana untuk membuat situs yang SEO friendly, mungkin Anda bisa memilih salah satu web builder bernama Webnode. Apalagi jika konten Anda memiliki target pengunjung luar negeri, Webnode akan menjadi pilihan terbaik.

Webnode memang memiliki fitur khusus yang akan membuat pengunjung bisa mengganti bahasa. Misalnya saja dari Indonesia ke Inggris, begitupun sebaliknya. Ada banyak fitur lain pula yang bisa Anda gunakan. Harga langganannya berkisar antara $3,90 hingga $22,90.

4. Zyro

Zyro website builder adalah aplikasi profesional yang multifungsi. Tak hanya bisa Anda gunakan untuk membuat situs, namun bisa Anda manfaatkan untuk membuat logo. Platform ini memiliki segala hal yang Anda butuhkan untuk bisa menciptakan satu logo cantik. 

Mulai dari icon, warna, font, layout, hingga formatting bisa Anda temukan. Selain itu, masih ada beberapa fitur unggulan dari Zyro. Seperti fitur E-commerce, SEO, Free Domain & Hosting, Template, hingga Optimasi Perangkat Mobile. 

Semua fitur ini bisa Anda rasakan manfaatnya jika berlangganan di Zyro. Harganya cukup murah, mulai dari Rp27.000,00 saja per bulannya.

5. Shopify

Shopify sering menjadi teman para pebisnis. Bagaimana tidak? Platform satu ini menawarkan fitur untuk membuat situs berbasis toko online yang sangat keren. Hampir semua fiturnya berhubungan dengan bisnis. Maka dari itu, Anda juga bisa mencobanya jika ingin memiliki website khusus untuk bisnis.

Lebih kerennya lagi, Shopify juga menyediakan fitur untuk membuat logo, membangun brand, marketing, hingga transaksi. Jika ingin mencobanya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar $29 hingga $99.

Sudah Tahu Apa itu Website Builder dan Fungsinya?

Kesimpulannya, website builder adalah aplikasi yang cukup menarik untuk memenuhi kebutuhan situs. Melalui aplikasi canggih dan mudah ini, Anda bisa mulai merancang bagaimana bentuk situs yang ingin Anda miliki. Anda tertarik untuk mewujudkan situs impian dengan webbuilder?

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development