Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

8 Tips SEO UMKM untuk Menunjang Perkembangan Bisnis

5 min read

Tips Mudah SEO UMKM untuk Menunjang Perkembangan Bisnis

Istilah SEO atau Search Engine Optimization paling banyak muncul untuk kebutuhan website. Namun, fungsinya ternyata tidak hanya sebatas itu. SEO juga bisa menjadi salah satu teknik marketing pada suatu bisnis. Hanya saja, jika ingin sukses dan berkembang, Anda wajib tahu tips mudah SEO UMKM.

Bisnis tanpa strategi itu tidak mungkin bisa berkembang. Terlebih Anda tahu betapa banyak pesaing yang berlomba menarik perhatian konsumen. Maka dari itu, sebagai pemilik UMKM, Anda tidak bisa hanya stop di satu titik yang sama dan harus ada kemajuan untuk menyelamatkan bisnis Anda. Simak berbagai tipsnya di sini!

Mengapa UMKM Perlu SEO?

Sebelum melihat berbagai tips mudah SEO UMKM, mungkin Anda juga bertanya-tanya tentang mengapa bisnis yang notabenenya masih UMKM membutuhkan SEO? Jika ingin mendapatkan jawabannya, berikut adalah penjelasan lengkap yang bisa menjadi panduan untuk Anda:

1. Promosi yang Sifatnya Jangka Panjang

SEO memiliki makna sebagai suatu teknik untuk meningkatkan visibilitas halaman situs atau website bisnis pada mesin pencarian Google. Tujuannya ialah memunculkan website pada halaman pertama mesin pencarian guna mendapatkan ranking tertinggi. Lalu, kenapa UMKM itu butuh?

Karena hal tersebut akan menjadi teknik promosi yang memiliki sifat jangka panjang. Bukankah sosial media juga sama? Tidak, karena sosial media mempunyai sifat sementara. Jika viral, konten yang Anda buat akan banyak mendapatkan kunjungan. Namun, apabila sudah lewat waktunya maka konten tersebut akan terlupakan.

2. Menghemat Biaya Promosi

Dalam bisnis, meminimalkan jumlah biaya pengeluaran adalah kunci utama untuk memperbanyak keuntungan. SEO memiliki peran besar untuk itu, karena biaya kampanye yang Anda butuhkan tidaklah semahal jika Anda langsung promosi secara offline

Tentu saja, manfaat ini memberikan keuntungan tersendiri untuk pelaku UMKM. Kendati demikian, Anda juga harus bersabar untuk merasakan dampak yang signifikan. 

Fakta ini tidak hanya Anda yang akan merasakan, melainkan hampir seluruh pelaku bisnis. Jadi, jangan terlalu terburu-buru untuk mendapatkan hasil instan.

3. Target Pasar Lebih Spesifik

SEO itu luas, hampir mencakup orang di seluruh dunia. Karena itulah, SEO ini sangat penting untuk para pebisnis yang ingin melebarkan sayap. Apalagi jika bisnis tersebut masih UMKM. 

Salah satu alasan yang membuat Anda harus segera memikirkan tips mudah SEO UMKM adalah karena teknik ini mampu menjangkau pasar yang lebih spesifik. Bahkan jumlahnya bisa sangat besar. 

Apabila pada awalnya Anda hanya mencatat target pasar sesuai dengan usia, pekerjaan, dan penghasilan saja. Maka, dengan SEO Anda akan memperoleh informasi lebih banyak. Apalagi dengan adanya bantuan tools seperti Google Analytic, pasti akan membantu Anda mengetahui target dengan efisien.

4. Meningkatkan Citra Produk

Citra produk itu ibarat wajah dari bisnis. Jika sejak awal tidak ada citra baik dari produk, dapat dipastikan konsumen akan kabur meskipun belum beli. Karena itulah, Anda harus bekerja keras agar citra merek atau citra produk bisa meningkat. Tidak perlu khawatir apabila ada pesaing yang sudah lebih dulu bergelut di bisnis tersebut.

Anda bisa memanfaatkan SEO untuk membantu menaikkan citra produk. Dalam proses ini Anda harus belajar yang namanya membuat konten berkualitas. Jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa menyewa jasa SEO profesional. Citra produk yang melekat akan memancing konsumen untuk mengikuti bisnis Anda.

Mungkin efeknya tidak akan langsung terasa. Pasalnya Anda harus menunggu terlebih dahulu hingga konten booming dan banyak mendapat traffic atau kunjungan.  Apabila sudah demikian bisa disimpulkan bahwa teknik SEO Anda berhasil. 

5. Memudahkan Konsumen Menemukan Bisnis

Belajar SEO memang tidak mudah. Anda membutuhkan kesabaran dan konsistensi agar memperoleh hasil yang baik. Apalagi Anda memiliki bisnis UMKM, tentu mengetahui seluk beluk SEO itu penting. Karena salah satu manfaatnya untuk UMKM ialah membuat konsumen lebih mudah dalam menemukan bisnis Anda.

Ketika menerapkan tips mudah SEO UMKM yang baik, Anda bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Di mana konsumen menemukannya? Tentu saja di kolom pencarian. Sebenarnya, ketika Anda menerapkan konsep SEO pada situs, secara tidak langsung hal tersebut bisa membuat nama bisnis naik.

Misalnya saja Anda memiliki bisnis kue kering. Nah, buat saja konten yang mengandung kata kue kering. Nantinya, jika ada orang yang mengetikkan kata kue kering bisnis Anda akan muncul.

6. Meningkatkan Penjualan

Bukan fakta yang mengejutkan jika SEO dapat membantu meningkatkan penjualan. Jika tidak berimbas pada penjualan, para pemilik UMKM tidak akan mau bersusah payah membuat konten yang berkualitas. Bahkan rela mengikuti kursus demi mendapatkan panduan SEO UMKM yang tepat. 

Sudah terbukti bahwa SEO ampuh untuk menghubungkan bisnis dengan penjual. Bahkan sekalipun beda daerah, kota atau negara masih bisa Anda jangkau. Bayangkan betapa dahsyatnya efek dari SEO ini untuk bisnis Anda. Dijamin penjualan produk Anda pun akan meningkat secara drastis.

Tips Mudah SEO untuk UMKM

Anda sudah membaca informasi tentang manfaat SEO untuk UMKM bukan? Maka, mari lanjutkan pembahasan ke tips mudah SEO UMKM. Berikut ini ada 7 panduan SEO UMKM mudah yang dapat Anda terapkan:

1. Pastikan Website Anda User Friendly

Langkah pertama untuk memaksimalkan SEO pada website ialah memastikan situs Anda termasuk user friendly. Maksudnya, situs bisa diakses oleh pengguna smartphone, tablet, maupun komputer atau laptop. Selebihnya tampilannya juga harus rapi dan jangan berlebihan, karena bisa membuat pengunjung bosan.

Gunakan struktur yang tepat untuk membantu memudahkan pengunjung mengetahui isi dari website secara keseluruhan. Buat setiap halaman tampak sederhana, namun berkelas untuk membuat situs tampak seperti website profesional.

Selain itu, situs user friendly juga dapat dilihat dari kemudahan pengguna ketika mengakses menggunakan ponsel. Anda pasti juga paham jika kebanyakan pengguna menggunakan smartphone untuk membuka situs. Jadi, pastikan apabila akses situs pada perangkat ini bisa stabil, tidak lemot, dan tidak berantakan.

2. Lakukan Riset Keywords

Tips mudah SEO UMKM kedua adalah lakukan riset keywords untuk menargetkan kata kunci yang tepat. Konten di Google berjumlah jutaan hingga milyaran. Maka dari itu, akan cukup sulit untuk menjangkau pengunjung apabila konten Anda hanya biasa-biasa saja. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui keyword yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Namun, tetap utamakan kata kunci yang sesuai dengan produk Anda. Sehingga pengguna bisa mengetahui bahwa tujuan Anda adalah mempromosikan produk.

Lalu, untuk riset keyword sendiri Anda bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia. Cari tahu keyword apa yang memiliki peluang besar untuk mendapat klik dari pengunjung. Kemudian, apabila Anda ingin konten tersebut banyak menarik traffic pastikan isinya mampu bersaing dengan konten kompetitor.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Siapa bilang SEO WordPress itu sulit? Bukan sulit, hanya saja membutuhkan konsistensi untuk bisa mendapatkan hasil terbaik. Tips berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat konten berkualitas. Konten bisa dikatakan berkualitas jika mampu mendapatkan pembaca dan kunjungan yang banyak.

Umumnya konten berkualitas memiliki ciri-ciri, seperti isinya menarik, mengandung keyword, optimasi gambar, dan tulisannya rapi. Sehingga pembaca mudah memahaminya. Perhatikan pula pemakaian keyword agar tidak berlebihan.

Tidak perlu memaksakan jumlah kata kalau memang pembahasannya sangat terbatas. Sedikit tidak masalah yang terpenting kontennya bagus dan bisa membuat pembaca tertarik untuk mengunjunginya. Akan lebih bagus lagi jika konten yang Anda buat mampu menjadi referensi untuk pembaca.

4. Maksimalkan Profile Bisnis

Meskipun situs Anda bersifat online, namun memaksimalkan profile bisnis pada website sangat penting. Dalam tips mudah SEO UMKM ini Anda harus mencantumkan profil bisnis secara lengkap. Seperti nama bisnis, bidang bisnis, alamat bisnis, produk, visi dan misi, logo, dan lain sebagainya.

Buat profile tersebut mudah untuk pengunjung pahami dan akses. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Business Profile untuk menghubungkan secara otomatis situs Anda ke Google Search dan Maps.

5. Pantau Performa Website

Setelah keempat tips di atas Anda lakukan, tugas Anda belum selesai. Anda wajib memantau performa website. Sebenarnya, performa website baru cukup sulit untuk diketahui setiap harinya. 

Jadi, Anda bisa melihat performanya per minggu atau bahkan per bulan untuk mendapatkan kesimpulannya. Pemantauan performa website bisa memberikan insight tentang perkembangan bisnis. 

Terutama pada sisi digital marketing. Anda bisa memperoleh data tentang perbaikan juga optimasi website secara keseluruhan. Sehingga Anda dapat memperbaiki kualitasnya tanpa harus khawatir pengunjung merasa terganggu karena ada kendala.

6. Gunakan Sosial Media

Sosial media menjadi salah satu tempat yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas UMKM Anda. Bahkan tips mudah SEO UMKM keenam ini banyak dilakukan oleh para pemilik bisnis. Anda perlu memiliki akun resmi bisnis di berbagai platform sosial media dan usahakan update konten di setiap harinya.

Agar lebih maksimal Anda harus menghubungkan akun sosial media dengan website bisnis. Hal tersebut akan membantu mesin pencari untuk mengenali situs Anda dan mengetahui bahwa website tersebut aktif. 

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa backlink dan permalink juga memiliki peran penting untuk mengoptimasi website? Meskipun hanya berbentuk link, namun ternyata dampaknya sangat besar untuk perkembangan konten. Backlink sendiri merupakan tautan pada situs lain yang mengarah ke website Anda.

Sedangkan permalink adalah URL dari halaman atau postingan dari website Anda. Dalam penempatannya, Anda sebaiknya menggunakan link dan anchor yang baik. Agar mesin pencari mudah untuk mengindeks dan menemukan halaman situs Anda dan ranking situs bisa naik ke peringkat pertama.

8. Pasang Meta Tag Pada Konten

Meta tag menjadi salah satu poin penting untuk Anda perhatikan ketika membuat konten. Pasalnya tag ini memiliki fungsi yang cukup besar untuk membuat konten Anda melambung. Karena kegunaannya sendiri ialah memudahkan mesin pencari mendeteksi keberadaan artikel website.

Melalui meta tag konten Anda bisa mendapat kunjungan dan klik banyak di setiap harinya. Alhasil website bisnis Anda juga akan mendapatkan peringkat yang bagus di Google.

Sudah Tahu Apa Saja Tips Mudah SEO UMKM?

Demikian penjelasan tentang tips mudah SEO UMKM dan manfaat dari SEO untuk bisnis. Anda bisa mempraktekkannya secara langsung dan menyiapkan strategi untuk membuat bisnis lebih berkembang. Meski tidak mudah, asalkan konsisten pasti bisnis UMKM yang Anda bangun bisa maju dan sukses di kemudian hari!

Makinrajin menyediakan layanan jasa SEO untuk membantu mengoptimasi website Anda dengan tujuan meningkatkan traffic maupun penjualan produk.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development