Link Building - Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Link Building: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya (Lengkap)

Mengoptimasi situs web agar direkomendasikan oleh mesin pencari atau Google dapat Anda lakukan dengan berbagai macam teknik, salah satunya backlink atau link building. Apa itu link building dan apakah sulit menerapkannya? 

Teknik ini tidak sulit, tapi Anda harus menjalankannya dengan benar. Cara link building yang salah bisa membuat situs web mu mendapatkan penalti dan tidak akan pengguna temukan saat menggunakan mesin pencari.

Sebaliknya, dengan langkah yang tepat Anda akan merasakan manfaat yang besar pada situs web milikmu. Sebagai pemilik situs web, baik situs pribadi, organisasi, atau bisnis, Anda wajib tahu mengenai link building. Simak berikut manfaat, cara kerja, dan cara melakukan backlink  dengan benar.

Link building adalah teknik mengoptimasi suatu halaman situs web dengan menjadikannya sebagai acuan atau referensi dari halaman lain. Secara garis besar, teknik backlink ada dua yaitu internal dan eksternal. 

Jika Anda memasang link dari salah satu halaman situs web untuk menuju ke halaman lain dari situs web yang sama berarti Anda sedang melakukan optimasi link building internal.

Sedangkan link building eksternal berarti halaman dari situs website milik Anda menjadi referensi situs web milik orang lain. 

Dengan begitu, ketika orang lain sedang membaca artikel dari suatu situs web lain dan memutuskan untuk mengklik link yang ada pada artikel tersebut, mereka akan masuk ke situs web milikmu. 

Sampai di sini mungkin Anda sudah mendapatkan gambaran besar mengenai apa itu link building dan ingin menerapkannya.

Namun harus Anda perhatikan bahwa Anda tidak boleh asal saat menggunakan teknik ini. Seperti yang telah disinggung pada bagian awal, cara link building yang salah bisa berakibat fatal. 

Misalnya, karena segera merasakan manfaat menggunakan teknik ini, Anda membuat situs web dummy yang berisi penuh dengan reference link menuju situs web asli milikmu. Nah, Google sebagai mesin pencari malah akan menganggapnya sebagai spam.

Kegiatan sejenis  yang melanggar peraturan Google akan membuat situs web milikmu dalam posisi tidak aman. Google tidak segan akan membuat situs web tersebut tidak dapat pengguna temukan saat berselancar menggunakan mesin pencari tersebut. 

Dengan begitu, usaha Anda untuk memaksimalkan teknik Search Engine Optimization (SEO) dengan cara lain bisa sia-sia karena kesalahan Anda di sini. Oleh karenanya, penting untuk membuat link building yang berkualitas, yaitu membangunnya melalui kerjasama dengan situs web lain yang kredibel dan relevan.

Setelah tahu apa itu link building, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan teknik ini untuk mengoptimalkan situs web milikmu? Simak berikut manfaatnya sebagai bahan pertimbanganmu.

1. Menunjukkan Kredibilitas Situs Web

Manfaat yang pertama adalah meningkatkan kredibilitas situs web milikmu di mata pembaca, terutama jika Anda menggunakan link building eksternal. Memiliki kredibilitas berarti suatu situs web telah mendapat kepercayaan oleh pembaca sebagai sumber informasi atau rujukan dalam bidang tertentu.

Pembaca mereka akan percaya pada setiap rekomendasi yang ada pada situs web tersebut. Logika ini sama dengan mendapatkan rekomendasi suatu produk dari seorang teman yang Anda percaya. Atau misalnya mendapatkan referensi produk skincare dari influencer bidang kecantikan.

2. Mendapat Prioritas oleh Google

Untuk mengoptimasi setiap halaman yang ada pada situs web milikmu, mungkin Anda sudah melakukan banyak cara, seperti misalnya membuat konten atau setiap tulisan yang ada di situs milikmu dengan kata kunci tertentu. Namun sayangnya, hal tersebut tidak cukup membuat Google yakin bahwa situs web milikmu akan sesuai dengan apa yang pengguna mereka cari. Dan inilah peran link building.

Selain dari mata pembaca, backlink dari situs web yang kredibel dan relevan akan membantu Google untuk menilai situs web milikmu. Saat suatu situs web kredibel mengarahkan pembacanya untuk membuka situs web milik Anda, Google akan menilai pemilik situs web tersebut memberikan rujukan atas dasar kepentingan pembacanya bukan sekedar meningkatkan skor SEO

Dengan begitu, Google akan menilai situs web milikmu kurang lebih sama kredibelnya dengan situs web tersebut.

Sebagai sebuah mesin, Google memiliki algoritma yang perlu Anda pertimbangkan saat melakukan link building. Seperti misalnya akan lebih baik jika ada sepuluh situs web yang mereferensikan situs web milikmu masing-masing satu daripada satu situs web yang mereferensikannya hingga sepuluh kali atau bahkan lebih.

3. Meningkatkan Traffic

Cara link building yang mudah membuat Anda tidak boleh melewatkan teknik yang satu ini untuk mengoptimasi situs web milik Anda. Sebab salah satu manfaatnya sendiri adalah meningkatkan traffic yang tentunya ingin didapatkan oleh setiap pemilik situs web.

Baca Juga: Teknik Optimasi SEO On Page untuk Bisa Meningkatkan Traffic Website Anda

Backlink memungkinkan situs web milik Anda mendapatkan traffic dari banyak situs web lain. Sesuai dengan poin nomor dua di atas, memiliki backlink yang berkualitas juga akan membuat mesin pencari tersebut memberikan peringkat tinggi untuk situs web milik Anda. Sehingga akan lebih banyak orang yang dengan mudah menemukan dan membuka situs web mu.

4. Menurunkan Angka Bounce Rate

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah “bounce rate”, yaitu angka yang menunjukkan seberapa besar pembaca yang sudah masuk halaman situs web mu namun tidak melakukan apa-apa dan segera meninggalkannya. Angka bounce rate yang tinggi membuat Google menilai bahwa situs web Anda tidak menarik dan tidak relevan dengan apa yang pembaca cari.

Penggunaan backlink yang benar bisa menurunkan angka bounce rate, dalam hal ini jika Anda menggunakan link building internal. 

Pembaca yang sekilas membaca halaman dari situs web milikmu dan tidak menemukan apa yang mereka cari, mungkin akan memutuskan untuk klik link relevan yang ada pada halaman tersebut. Sehingga pembaca tersebut tidak keluar dari halaman itu dan hanya beralih ke halaman lain dari situs web yang sama.

Sudah tahu manfaatnya, tentu Anda ingin segera menggunakan teknik ini, bukan? Sebenarnya cara kerja link building cukup sederhana. Suatu situs web akan mengarahkan pembacanya untuk membuka situs web milikmu dengan memberikan linknya. Link tersebut dapat ditautkan dengan kata, kalimat, tombol, gambar atau sebagainya.

Anchor text merupakan sebutan untuk tulisan yang ditautkan dengan link untuk menuju halaman atau situs web lain. Jika pembaca tertarik, maka mereka akan mengklik tulisan tersebut. Oleh karenanya penempatan link juga sangat penting. Dengan demikian, Anda mendapatkan trafik dari situs web tersebut. Google juga akan menilai situs web milikmu memiliki informasi bermanfaat yang relevan dengan anchor text tersebut.

Setelah memahami apa itu link building, manfaat serta cara kerjanya, Anda harus tahu bagaimana cara melakukan link building yang berkualitas. Hal ini sebaiknya Anda perhatikan agar tidak jatuh ke cara yang salah dan menyebabkan hilangnya situs web milikmu dari Google atau mesin pencari lainnya. Berikut beberapa cara link building untuk mendongkrak situs web milikmu.

1. Membuat Konten yang Berkualitas

Cara link building yang pertama adalah membuat konten yang berkualitas sehingga pemilik situs web lain secara sukarela mengutip dan mereferensikan situs web milikmu. 

Cara ini memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama, namun ini adalah cara yang terbaik. Optimalkan setiap hal yang ada pada situs web mu sehingga pemilik situs web  lain tertarik. Beberapa konten yang menarik untuk dijadikan referensi oleh pemilik situs web biasanya berupa infografis, video, dan konten informatif sejenisnya.

2. Menjadi Guest Blogging

Tidak hanya membuat konten yang berkualitas untuk situs web milik mu sendiri, Anda juga bisa membuat konten berkualitas untuk situs web orang lain. Menjadi guest blogging merupakan cara link building yang ampuh. 

Dengan cara ini, Anda menawarkan diri untuk menulis artikel di situs web lain dan nantinya artikel tersebut akan Anda berikan link untuk menuju situs web milikmu.

Namun Anda perlu memperhatikan pada situs web mana Anda akan menjadi tamu. Pilih situs web yang relevan dengan milikmu dan tentunya kredibel. 

Jika Anda melakukan guest blogging untuk situs web yang memiliki topik yang berbeda dengan milikmu, hal tersebut akan kurang berpengaruh untuk optimasi mesin pencarian. Setelahnya jangan lupa untuk membalas setiap komentar yang ada pada artikel milikmu tersebut.

3. Memberikan E-book Gratis

Selain dua cara di atas, memberikan e-book gratis merupakan cara link building yang bisa Anda gunakan. Memberikan e-book gratis yang berkualitas akan membuat banyak orang mengunduhnya. 

Jika mereka menyukai buku tersebut, mereka secara sukarela akan mereview buku tersebut di situs web milik mereka dan menyebut situs web milik mu.

Dalam setiap halaman e-book, berikan anchor text yang merujuk ke halaman pada situs web milikmu. Pastikan juga bahwa pemilik atau host dari e-book tersebut adalah domain milikmu. Jumlah klik yang tinggi akan membuat Google menilai bahwa situs web milikmu menawarkan informasi yang bermanfaat dan relevan.

4. Bekerjasama dengan Influencer

Cara link building yang satu ini merupakan cara baru yang mana mulai berkembang ketika muncul influencer dari berbagai platform media sosial. 

Carilah influencer yang relevan dengan situs web milikmu dan hubungi mereka melalui media sosial untuk melakukan wawancara. Semakin besar situs web milikmu, maka semakin besar kesempatan Anda akan diterima oleh mereka.

Jika Anda baru mulai membangun situs web, tidak ada salahnya bekerjasama dengan influencer relevan yang belum terlalu besar namanya. Setelah menuliskan dan posting hasil wawancara, berikan link halamannya ke influencer tersebut. 

Biasanya secara sukarela mereka akan mengajak pengikut mereka di media sosial untuk membaca artikel tersebut. Dengan kata lain, situs web mu mendapatkan exposure dan traffic dari influencer ini.

Sampai di sini apakah Anda mendapat gambaran detil mengenai apa itu link building dan cara melakukan link building? Link building merupakan salah satu teknik SEO Off Page yang akan sangat menguntungkan situs web milikmu. 

Sehingga sangat disayangkan jika Anda tidak mulai menggunakannya sejak sekarang. Namun selalu ingat untuk membuat link building yang berkualitas dengan tidak hanya memperhatikan kuantitasnya. Dari empat cara di atas, mana cara yang akan Anda optimalkan terlebih dahulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *