website adalah

Apa Itu Website? Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuan Website (Lengkap)

Website atau seringkali disebut web, site, atau situs web dalam bahasa Indonesia adalah sebuah lokasi (tempat) dimana beragam web resources (konten, teks, video, dll) berada dan saling terhubung satu sama lain. Untuk mengakses website, Anda membutuhkan web browser, semacam Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Apa Itu Website? Website Adalah

Web page dan website adalah dua hal yang tampak mirip, tetapi berbeda. Website merujuk pada keseluruhan situs, sementara web page merupakan bagian dari website itu sendiri. Sebuah website dapat diakses dengan menulis domain atau alamat. Konten sebuah website disimpan di server.

Website dibangun dari kode-kode (bahasa) yang hanya dapat dibaca oleh web browser. Website (World Wide Wibe) sudah dikenal sejak akhir tahun 80’an dan mulai digunakan publik secara massal pada pertengahan tahun 90’an.

Sejarah Website

World Wide Web atau dikenal dengan sebutan WWW (www) diciptakan pada tahun 1990 oleh seorang ilmuwan komputer asal Inggris bernama Tim Berners-Lee. Pasca dibuat, World Wide Web tidak langsung dapat digunakan publik. World Wide Web baru dapat digunakan publik secara gratis pada tahun 1993.

Bagaimana Tim Berners-Lee menemukan dan menciptakan World Wide Web? Dikutip dari World Wide Web Foundation (webfoundation.org), Tim yang ketika itu (akhir 80-an) bekerja di European Organization for Nuclear Research atau lebih dikenal dengan akronim CERN, merasa kesulitan untuk mengakses informasi dari komputer yang berbeda.

Baca : Pentingnya Memiliki Website Pada Zaman Sekarang

Terdapat banyak informasi berbeda dari komputer yang berbeda yang harus diakses (login) satu persatu. Selain itu, masing-masing komputer menggunakan program yang berbeda yang memaksa penggunanya untuk mempelajari program tersebut terlebih dahulu.

pengertian website dan sejarah website

Kesulitan tersebut membuat Tim mengeluarkan ide untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut dengan mengeksploitasi teknologi baru yang semakin diperhitungkan, yaitu hypertext. Tujuan dari ide tim tersebut adalah membuat para pengguna dapat berbagi informasi tanpa harus kesulitan berpindah komputer.

Pada saat itu jutaan komputer sudah saling terhubung dengan teknologi baru yang revolusioner bernama internet. Tim memulai proyek dari ide tersebut dengan berkas bernama Information Management: A Proposal. Tim mengerjakan proyek tersebut dengan menggunakan Next Computer yang merupakan produk awal dari salah satu penemu Apple, Steve Jobs.

Pada Oktober 1990, Tim berhasil menemukan 3 teknologi yang menjadi bagian fundamental dari sebuah website. Apa saja 3 teknologi fundamental tersebut? Ketiga teknologi fundamental tersebut adalah HTML (Hypertext Markup Languange), URI (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hyertext Transfer Protocol).

HTML merupakan bahasa (format) yang digunakan web. URI atau dikenal juga dengan sebutan URl adalah semacam alamat untuk mengidentifikasi sebuah web. HTTP membuat Anda dapat menerima resource atau konten yang dibuat di beragam wesbite.

Selain membuat dan menemukan website, Tim juga membuat web browser/editor dan web server pertama. Di akhir tahun 1990, halaman website pertama berhasil dipublikasikan di internet. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1991, pengguna diluar CERN diundang untuk bergabung dalam komunitas web.

Akhirnya, pada April 1993 website (termasuk kodenya) tersedia secara gratis untuk publik dan dapat digunakan dengan bebas.

Fungsi dan Tujuan Website

Berdasarkan sejarah diciptakannya, sebuah website dibuat dengan tujuan mempermudah sharing informasi dari satu komputer ke komputer lain yang sudah terhubung melalui jaringan internet. Seiring dengan perkembangan zaman, sebuah website tidak hanya memiliki fungsi sharing saja, tetapi juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting dari fungsi awalnya. Dikutip dari Progress Tech (progresstech.co.id), berikut adalah 6 fungsi website.

  1. Sharing Informasi

Tanpa website, Anda akan kesulitan mengakses dan berbagi informasi dengan orang yang berada jutaan kilometer dari tempat dimana Anda berada. Website merupakan tempat dimana Anda bisa mengakses informasi dengan mudah, murah, dan cepat, bahkan tanpa harus bangun dari tempat tidur Anda.

  1. Media Hiburan

Siapa tak kenal situs streaming semacam YouTube atau situs hiburan lain di internet. Melalui website, Anda bisa mengakses ribuan konten entertainment, dari mulai film, musik, dan video games. Yang Anda butuhkan untuk mengaksesnya, hanya sebuah komputer, koneksi internet yang baik, dan sebuah web browser.

  1. Jual-Beli Online

Seorang penjual dan pebisnis di era modern tidak memerlukan sebuah toko fisik dimana Anda harus mencarinya dan menyewanya dengan harga yang tidak murah. Seorang pembeli tidak perlu lelah harus mengunjungi puluhan toko untuk mencari produk yang ingin dibelinya. Hal tersebut terjadi karena ada website.

apa itu website

Website merupakan media yang tepat baik bagi penjual dan pembeli untuk bertransaksi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan bisnis Anda melalui website (online). Dengan demikian, bisnis Anda akan lebih banyak dikenal oleh orang.

Baca : Cara Mudah Membuat Website Untuk Pemula Dari Nol Hingga Pemula

  1. Digital Marketing

Saatnya Anda bermigrasi dari memasarkan barang melalui papan reklame, memasang iklan di televisi, atau berteriak, berkoar-koar layaknya tukang tahu bulat atau tukang obat di pasar. Buka internet, buat website digital marketing dan pasarkan produk Anda melalui seperangkat komputer dan jaringan internet yang prima.

  1. Media Penulis

Anda seorang penulis atau seseorang yang hobi menulis dan menuangkan apapun yang ingin dituangkan? Jika yang, maka website atau blog adalah tempat yang tepat untuk Anda memposting tulisan Anda. Dunia akan melihat dan membaca apa yang dulu hanya bisa diakses di koran, majalah dinding, atau di buku harian Anda.

  1. Berkomunikasi (Medsos)

Tanpa website, platform media sosial, semacam Facebook, Twitter, Instagram dll tidak akan eksis. Medsos membuat Anda dapat berkomunikasi langsung baik melalui teks, gambar, atau video. Hampir tidak ada batas yang bisa menghentikan Anda menjadi seorang komentator, kritik, pemuja, pencinta, pembenci, dan lain sebagainya.

Tipe Website: Static dan Dynamic Website

Tidak definisi absolut mengenai tipe atau jenis website. Namun, pada umumnya, terdapat 2 tipe website, static website dan dynamic website. Perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari fungsi dan pengoperasiannya. Diambil dari Rocket Media (rocketmedia.com), berikut adalah penjelasan kedua jenis website tersebut.

  • Static Website

Static website atau website statis mengandung beberapa seri file HTML yang merepresentasikan halaman fisik dari sebuah website. Pada website statis, masing-masing halaman mengandung file HTML yang berbeda.

Bahkan, jika terdapat dua halaman yang sama, konten tersebut nyatanya memiliki dua versi yang berbeda. Untuk melakukan pegeditan, Anda harus melakukannya di masing-masing halaman.

  • Dynamic Website

Dynamic website atau website dinamis menggunakan teknologi server untuk membangun halaman web secara dinamis seketika ketika pengguna mengunjungi halaman tersebut.

Bagaimana website dinamis bekerja? Ketika seorang pengguna mengunjungi sebuah website, server akan mencari dan menemukan beragam informasi yang berbeda untuk kemudian dikumpulkan dan ditampilkan dalam satu halaman yang akan Anda lihat kemudian.

tujuan dan jenis website

Website statis merupakan tipe website yang dibuat di awal masa perkembangan website. Kendati demikian, website statis unggul dalam hal kecepatan akses yang lebih cepat, murah, dan sederhana.

Kendati lebih mahal dan kompleks, website dinamis unggul karena konten dapat ditampilkan ditampilkan secara dinamis, mudah untuk diupdate, dan dapat dibuat, diisi, dan didesain dengan fitur-fitur yang lebih powerfull dan beragam.

Jenis-jenis Website dan Variasinya

Siapa saja bisa mengklasifikasikan website berdasarkan preferensinya masing-masing. Jenis-jenis website dan variasinya kian berkembang. Berikut adalah jenis-jenis website berdasarkan konten yang dipublikasikannya.

  1. Archive (Arsip)

Website ini mempublikasikan konten website lama yang sudah mati atau tidak dipublikasikan lagi. Anda akan menemukan beragam publikasi di website-website lama yang eksis di era awal internet dan dunia website.

  1. Blog (Weblog)

Jenis website yang selanjutnya adalah blog. Blog berisi konten berupa catatan harian maupun ekspresi atau ide dari penulisnya. Kontenya beragam, dari mulai tulisan yang merespon sebuah fenomena hingga tulisan yang menceritakan pengalaman individu atau penulis.

  1. Figur Publik, Tokoh, dan Selebriti

Website yang dibuat untuk mewadahi beragam informasi maupun aktivitas dari seorang figur publik. Figur publik tersebut tidak terbatas selebriti, tetapi siapapun yang cukup populer dan dikenal luas oleh masyarakat.

  1. Pendanaan dan Donasi

Website jenis ini dibuat untuk menggalang dana atau sebagai website yang akan mendistribusikan sumbangan dari para dermawan. Website pendanaan dan donasi ini merupakan website non-profit untuk kepentingan umum.

  1. Kencan dan Perjodohan

Website ini diperuntukan untuk Anda yang sedang mencari pasangan. Bukan hanya berisi data para single, situs kencan dan perjodohan juga kerap mengadakan acara dan menawarkan konten tentang asmara dan percintaan.

  1. Forum dan Komunitas

Anda dapat berdiskusi, sharing file, mempromosikan sesuatu, dan bahkan melakukan jual beli di website forum dan komunitas. Biasanya, Anda berkomunikasi melalui papan pesan maupun dengan melakukan chat langsung.

  1. Perusahaan, Pemerintah, dan Lembaga

Website perusahaan dan pemerintah bertujuan untuk memberikan Anda informasi yang berkaitan dengan sebuah pemerintahan atau perusahaan. Anda akan menemukan beragam informasi mengenai keduanya di website ini.

  1. E-Commerce (Toko Online)

Dari mulai jual-beli, melakukan browsing produk, membandingkan harga, bisa Anda lakukan di e-commerce website. Saat ini, e-commerce sudah lumrah digunakan bahkan sudah menjadi prioritas transaksi sebagai orang.

  1. Sosial Media

Melalui website sosial media, Anda dapat melakukan beragam hal dari mulai berkomunikasi langsung melalui chat, video, atau pesan hingga memposting apapun yang ingin Anda posting kepada khalayak.

  1. Content Website

Content website berisi beragam konten original yang dipublikasikan oleh tim terpadu. Konten yang dipublikasikan sangat beragam, dari mulai konten hiburan, kesehatan, pendidikan, keamanan, teknologi, olahraga, dll.

  1. Berita

Website ini berisi berita terkini dan konten-konten yang biasa dipublikasikan oleh media masa. Anda bisa melihat beragam berita terbaru dari berbagai belahan dunia dan berkomentar atau terlibat dalam forum yang tersedia.

  1. Media Sharing dan Streaming

Anda bisa mengakses beragam konten, dari mulai foto, video, musik yang dipublikasikan oleh sesama pengguna maupun oleh pemilik dan pengelola website. Anda bisa mengakses konten, baik yang gratis maupun berbayar.

  1. Review dan Database

Website ini berisi review, baik yang ditulis oleh penulis original website maupun yang ditulis oleh orang lain. Selain itu, Anda dapat mengakses informasi mengenai produk budaya (musik, film, dll) yang sudah dipublikasikan.

  1. Mesin Pencari

Website mesin pencari merupakan website dimana Anda dapat mencari apapun yang tersebar di dunia maya. Anda tinggal mengetikkan apa yang Anda cari, dan mesin pencari akan menemukannya untuk Anda.

  1. Download (Direct dan P2P)

Anda dapat mengunduh beragam konten, baik gratis maupun berbayar di website download. Metode download umumnya terbagi dua melalui download langsung atau melalui P2P atau yang dikenal dengan sebutan torrent.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *