Digital Marketing - Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya (Lengkap) (1)

Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya (Lengkap)

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, maka hal tersebut juga menciptakan banyak kemudahan. Salah satunya adalah dengan semakin pesatnya perkembangan digital marketing. 

Digital marketing adalah sebuah cara pemasaran yang dilakukan secara online. Kedepannya, cara ini diyakini akan semakin berkembang. Itulah mengapa belajar digital marketing menjadi sesuatu yang bisa menjadi pilihan Anda.

Apa itu Digital Marketing?

Mungkin masih banyak yang bertanya tentang apa itu digital marketing? Secara mudah, digital marketing adalah proses pemasaran atau memperkenalkan sebuah produk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Dalam hal ini maka semua proses dilakukan secara online.

Proses marketing digital ini sendiri dinilai lebih efektif dan efisien. Terutama untuk menjangkau konsumen dengan jarak jauh. Selain itu, pada prosesnya juga, digital marketing ini jauh lebih spesifik daripada cara pemasaran konvensional. Penggunaan digital marketing ini bisa Anda andalkan jika Anda memiliki target konsumen yang sangat spesifik.

Mengapa Digital Marketing Diperlukan Bagi Bisnis?

Saat ini banyak sekali tempat yang menyediakan jasa belajar digital marketing. Hal ini membuktikan jika digital marketing merupakan sesuatu yang cukup penting hingga akan banyak orang yang mencari dan membutuhkannya.

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang menganggap digital marketing itu penting, terutama dalam bisnis. Beberapa alasan tersebut antara lain:

1. Dapat Menjangkau Market Dimanapun dan Kapanpun 

Jangkauan dari marketing digital ini sangatlah luar biasa. Bahkan untuk tempat yang sulit terjangkau menggunakan cara konvensional sekalipun, Asal akan bisa mengakses internet maka tempat tersebut bisa terjangkau dengan menggunakan digital marketing.

Karena semua prosesnya dilakukan dengan online dan memanfaatkan internet, maka konten promosi yang dibuat juga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Ini tentu akan memudahkan, baik bagi pelaku bisnis maupun konsumen,

Pelaku bisnis akan untung karena mereka hanya perlu membuat satu kali konten promosi dan bisa mereka gunakan kapan saja. Begitu juga dengan calon konsumen, mereka bisa mengakses konten promosi tersebut dari mana saja dan kapan saja mereka mau.

Hal terpenting dari semua proses ini adalah biaya yang jauh lebih murah dan proses yang jauh lebih mudah. Anda yang di Jakarta bisa menjangkau konsumen yang berada di luar pulau bahkan luar negeri sekalipun dengan mudah. Coba bayangkan jika Anda menggunakan cara konvensional. Maka akan ada banyak biaya dan waktu yang Anda perlukan.

2. Tingkat Keberhasilan Dapat Diukur 

Ini merupakan salah satu keunggulan dari digital marketing. Yang mana semua hasil yang Anda dapat memiliki ukuran yang jelas. Dengan menggunakan digital marketing, maka setiap konten yang Anda buat bisa Anda lihat performanya.

Hal ini akan memberikan Anda gambaran lebih detail apakah campaign Anda berhasil atau tidak. Tingkat keberhasilan ini juga bisa terlihat dengan angka yang pasti. Tentu saja hal ini akan membuat semua proses menjadi pasti.

Baca Juga: Lead Generation – Pengertian, Manfaat, dan Tips Mendapatkan Leads

Sebagai contoh, dengan menggunakan digital marketing maka Anda bisa menjelaskan berapa banyak orang yang melihat konten promosi Anda, berapa banyak yang mendownload brosur, berapa banyak yang menelpon untuk meminta informasi lebih lanjut, berapa banyak yang memesan, dan lainnya. Semua data tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Semakin jelas data yang Anda miliki maka akan semakin nyaman juga Anda ketika akan mengambil keputusan. Dengan berdasarkan data dan angka yang pasti, maka Anda juga akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi.

3. Biaya Pemasaran Lebih Rendah 

Ini juga menjadi poin penting dalam penggunaan digital marketing. Yang mana digital marketing adalah salah satu proses pemasaran dengan biaya yang termurah. Meskipun murah namun akan menghasilkan dampak yang sangat luar biasa.

Dengan perkembangan teknologi informasi yang bisa mendekatkan banyak orang jauh, maka hal ini juga sangat membantu dalam proses marketing. Anda tidak perlu pergi jauh ke luar kota untuk melakukan pemasaran, internet dan media sosial bisa menjadi alternatif Anda.

Bayangkan, hanya dengan satu kali post di Instagram, maka konten promosi Anda bisa dilihat oleh orang dari seluruh dunia. Ini yang membuat biaya dari digital marketing ini akan jauh lebih murah jika Anda bandingkan dengan cara konvensional.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa digital marketing merupakan cara yang tepat untuk melakukan promosi bagi para pelaku UMKM. Dengan budget yang terbatas, namun mereka tetap bisa melakukan promosi dengan jangkauan yang luas.

4. Target Market Lebih Spesifik

Salah satu masalah ketika menggunakan marketing cara konvensional adalah kita tidak bisa memberikan konten promosi pada orang yang spesifik. Biasanya, jika menggunakan cara konvensional maka Anda akan melempar konten promosi Anda ke sembarang orang. Yang mana orang tersebut belum tentu sesuai dengan profil yang Anda cari. Hal ini selain tinggi resiko gagal, juga membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Hal tersebut tidak akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan digital marketing. Dengan cara yang tepat maka Anda bisa menargetkan orang yang sangat spesifik yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Anda bisa menargetkan orang berdasarkan tempat tinggal, alamat kantor, pekerjaan, tingkat pendidikan, bahkan sampai preferensi pribadi.

Dengan semakin spesifik target yang Anda tuju, maka kemungkinan gagal pun akan semakin sedikit. Selain itu, dengan target yang spesifik ini juga membuat Anda tidak perlu membuang waktu untuk menjelaskan pada calon konsumen yang kurang potensial.

Media Digital Marketing 

Saat ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan marketing digital ini. hampir semua hal di internet bisa Anda jadikan tempat untuk melakukan promosi. Tidak terbatas pada halaman web dan media sosial. Bahkan, ketika Anda belajar digital marketing maka Anda akan paham jika setiap konten juga akan menjadi tempat promosi.

Berikut adalah beberapa media digital marketing yang banyak orang gunakan saat ini.

1. Website

Media pertama yang menjadi tempat untuk melakukan digital marketing adalah website. saat ini, hampir semua lini bisnis sudah memiliki website. ini menunjukan jika media website ini cukup efektif dalam memasarkan sebuah produk.

Salah satu keunggulan dari website adalah lebih terpercaya dan juga lebih detail. Ketika melakukan promosi dengan menggunakan website maka Anda bisa memberikan informasi dengan lebih detail dan jelas.

2. Landing Page 

Masih banyak orang yang tertukar antara website dan landing page. Secara sederhana bisa dijelaskan jika landing page adalah bagian dari website. Jika website menampilkan hal yang umum, maka biasanya penggunaan landing page ini untuk sesuatu yang khusus.

Misalkan, jika bisnis Anda akan memberikan diskon untuk tanggal tertentu. Maka Anda bisa menggunakan landing page untuk menyebarkan promosi ini. alasanya adalah landing page akan menjadi hal yang pertama kali konsumen lihat ketika masuk ke dalam website. maka dari itu buatlah landing page dengan menarik.

Hal tersebut untuk menghindari anggapan jika landing page hanya mengganggu saja. Selain menarik, tips lain untuk membuat landing page adalah menggunakan desain yang nyaman. Hal ini agar landing page yang Anda buat bisa menarik banyak orang. Gunakan juga kalimat ajakan yang cukup persuasif.

3. Blog

Yang perlu Anda pahami blog juga berbeda dengan website. Blog juga biasanya merupakan bagian dari website. Pada penggunaanya. Jika website hanya menampilkan inti dari sebuah produk, maka blog bisa menampilkan informasi tersebut dengan lebih jelas dan rinci.

Dengan cara itu, maka tidak salah jika blog juga menjadi salah satu media digital marketing yang bisa Anda pilih. Semakin banyak informasi yang Anda bagikan, maka semakin banyak juga kesempatan melakukan promosi yang bisa Anda gunakan.

Untuk bisa memanfaatkan blog sebagai media digital marketing ini maka salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa copywriter. Nantinya, seorang copywriter ini akan membuat semua tulisan di blog menjadi tempat untuk jualan. Baik dengan cara hard selling ataupun soft selling.

4. Content Marketing

Media lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan marketing digital adalah content marketing. Pada dasarnya, semua konten yang ada dengan tujuan promosi adalah content marketing. Baik dalam bentuk teks, audio, video, gambar, atau yang lain.

Salah satu keunggulan dari content marketing adalah kemampuannya untuk menjelaskan dengan rinci. Meski demikian, content marketing juga bisa Anda buat dengan sesederhana mungkin. Hal yang sangat perlu Anda perhatikan ketika membuat content marketing adalah kesesuaian dengan pelanggan.

Inilah mengapa riset perlu Anda lakukan sebelum membuat content marketing. Jangan sampai apa yang sudah Anda buat tidak bisa dipahami oleh banyak orang.

5. SEO

Dalam dunia digital marketing maka mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini merupakan sebuah cara agar konten yang Anda buat bisa muncul pada posisi atas mesin pencari. Tujuan dari SEO ini adalah mendatangkan banyak pengunjung pada website atau konten yang Anda buat.

Untuk mendapatkan hal tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimasi SEO pada website Anda. Semakin baik posisi website Anda pada mesin pencari maka akan semakin banyak juga jumlah pengunjung yang akan datang ke website Anda.

Tingginya jumlah pengunjung maka bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dari usaha Anda. Di Sinilah tujuan utama dari penggunaan SEO. Saat ini kemampuan SEO juga menjadi salah satu kemampuan penting dalam dunia digital marketing.

6. Search Engine Marketing (SEM) 

SEM atau Search Engine Marketing merupakan sebuah cara agar konten marketing yang Anda buat lebih sering muncul atau juga muncul pada orang yang mencari dengan kata kunci relevan. Singkatnya, SEM merupakan cara bagaimana materi promosi yang Anda buat bisa muncul pada orang yang tepat.

Contoh, Anda menjual rumah, lalu membuat iklan untuk menjual rumah tersebut. Dengan SEM maka iklan tersebut akan muncul ketika ada orang yang ingin membeli rumah dan sedang mencari lewat mesin pencari. Yang terpenting dalam penggunaan SEM adalah kata kunci yang sesuai dan relevan.

Semakin sesuai dan relevan maka potensi iklan Anda sering muncul juga akan lebih tinggi. Contohnya jika menggunakan ikan rumah tadi, maka buatlah iklan dengan kata kunci yang paling banyak orang cari. Misalkan luas bangunan, alamat lengkap, akses, jumlah kamar, dan lainnya.

7. Social Media 

Tempat lainnya yang juga bisa Anda manfaatkan untuk digital marketing adalah media sosial. Seperti yang sudah kita tahu jika pengguna media sosial saat ini sangatlah banyak. Bahkan hampir semua orang memiliki media sosial. Dengan semakin banyaknya orang maka hal tersebut juga menjadikan media sosial sebagai tempat yang baik untuk melakukan promosi.

Bayangkan, hanya dengan sekali post di Instagram maka akan ada banyak orang yang melihat. Saat ini fungsi media sosial bukan hanya untuk bersosialisasi, tapi lebih dari itu, media sosial juga bisa Anda jadikan tempat untuk berbisnis.

Penggunaan media sosial sebagai tempat marketing digital juga semakin didukung dengan adanya tools analytics yang bisa Anda gunakan. Nantinya, Anda bisa melihat  berapa orang yang melihat postingan Anda. Berapa orang yang menonton, dan lain sebagainya.

8. Email Marketing 

Jika Anda ingin melakukan pemasaran namun dengan cara yang lebih personal, maka email marketing merupakan salah satu caranya. Dengan memanfaatkan email marketing ini maka Anda bisa mengkustom materi promosi Anda menjadi lebih personal. Tentu saja hal ini untuk menyesuaikan dengan konsumen Anda.

Penggunaan email marketing juga masih menjadi salah satu cara efektif untuk melakukan digital marketing. Selain lebih terukur, target juga lebih jelas. Biasanya, penggunaan email marketing ini akan Anda lakukan ketika Anda sudah memiliki data tentang calon konsumen Anda tersebut.

Sehingga selain lebih personal, penggunaan email marketing juga bisa Anda sesuaikan dengan apa yang menjadi masalah dari konsumen Anda tersebut. Anda bisa menawarkan solusi dengan lebih rinci jika menggunakan email marketing ini.

9. Messenger

Prinsip dan cara kerjanya sebenarnya sama dengan penggunaan email marketing. Namun yang membedakan email marketing dengan Instant messenger ini adalah jangkauan dan targetnya saja. 

Jika menggunakan email, maka biasanya targetnya cukup spesifik. Hal ini karena mungkin semua orang punya email, tapi tidak semua orang sering buka email. Bahkan banyak orang yang tidak pernah membuka emailnya sama sekali.

Sementara dengan instant messenger seperti Whatsapp misalnya, hampir semua orang akan membuka nya secara berkala. Setidaknya, orang akan lebih sering menggunakan Whatsapp atau aplikasi instant messenger lain dibandingkan dengan email.

10. Affiliate Marketing 

Cara melakukan digital marketing yang saat ini sedang tren adalah affiliate marketing. Singkatnya, ini merupakan cara yang membuat pelaku bisnis akan bermitra dengan orang lain dalam hal promosi. Nantinya, orang tersebut yang menjadi mitra akan mendapatkan semacam link yang bisa mereka sebar ke orang lain.

Ketika ada orang lain yang mengklik link tersebut bahkan sampai membeli barang nya, maka mitra tersebut akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut. Itulah proses singkat dari cara kerja affiliate marketing.

Keuntungan terbesar dari cara ini adalah pelaku bisnis akan mendapatkan lebih banyak tempat untuk melakukan promosi. Cara ini juga cukup efektif mengingat penyebaran link tersebut juga bisa menjadi sangat luas, dan semakin banyak orang yang melihatnya

11. Pay Per Click 

Ini merupakan sebuah cara digital marketing dengan mengarahkan calon konsumen ke konten kita. Nantinya Anda perlu membayar sesuai dengan jumlah klik yang akan Anda dapatkan. Bisa dibilang cara kerja dari marketing digital ini sama dengan iklan konvensional.

Anda membayar untuk mendapatkan slot atau akses terbatas. Cara ini juga dinilai cukup efektif dan mendatangkan banyak traffic. Selain itu, dari segi biaya juga cara ini cukup efisien. Yang mana Anda hanya akan membayar sesuai dengan apa yang Anda dapatkan.

12. Google My Business

Salah satu media lain yang juga bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk melakukan digital marketing adalah Google My Business. Tentu Anda sudah sangat mengetahui seberapa besar pengaruh Google di internet. Dengan menggunakan Google My Business ini salah satu keunggulannya adalah bisnis Anda akan muncul pada berbagai halaman Google. Salah satunya, alamat bisnis Anda akan muncul ketika orang melakukan pencarian.

Selain itu, Google My Business juga memungkinkan bisnis Anda muncul di maps. Hal ini tentu akan memudahkan dan menguntungkan. Alamat bisnis Anda akan mudah untuk orang temukan. Baik secara online maupun offline.

Cara Memulai Digital Marketing Bagi Pebisnis 

Setelah mengetahui berbagai media untuk melakukan digital marketing, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah bagaimana cara memulai semua proses marketing digital ini. 

Hal ini juga akan berkaitan dengan bagaimana dan seperti apa strategi marketing Anda nantinya. Berikut adalah beberapa cara memulai digital marketing yang bisa Anda coba lakukan:

1. Tentukan Buyer Persona

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika salah satu keunggulan dari digital marketing adalah kemampuannya untuk menyasar calon konsumen dengan spesifik. Untuk itu, agar konten digital marketing yang Anda buat tidak salah sasaran, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan seperti apa target konsumen Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa menargetkan konsumen secara umum maupun detail. Buyer Persona ini cukup penting karena ini juga akan menjadi patokan seperti apa campaign yang akan Anda buat ke depannya. 

Misalkan, karakter konsumen yang akan Anda hadapi adalah orang-orang sibuk yang melihat media sosial hanya sekilas. Maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten yang cukup mencolok dan bisa mencuri pandangan walau hanya sekilas.

Tentunya untuk mendapatkan data yang akurat tentang buyer persona ini maka Anda perlu melakukan riset yang cukup baik. Dari riset yang baik itulah maka Anda akan mendapatkan data akurat yang bisa Anda gunakan.

2. Riset Pasar

Selain melakukan riset untuk melihat seperti apa konsumen yang akan Anda hadapi, Anda juga perlu melakukan riset untuk melihat bagaimana kondisi pasar yang akan Anda hadapi. Dalam hal ini maka Anda juga perlu melihat seperti kondisi persaingan yang ada.

Lebih lanjut, Anda juga perlu memperhatikan apakah produk yang akan Anda jual nantinya memiliki demand yang tinggi atau tidak. Apakah produk tersebut bisa bersaing dengan produk lainnya atau tidak. Dari riset ini maka Anda bisa menentukan strategi usaha Anda nantinya.

Termasuk bagaimana membuat permintaan akan barang Anda meningkat atau juga bagaimana meningkatkan daya saing dari usaha yang Anda lakukan. Riset pasar juga perlu Anda lakukan untuk melihat berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi ketika Anda memulai usaha.

3. Pilih Media Digital Marketing 

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih media digital marketing yang akan Anda gunakan. Memang ada banyak media yang bisa Anda gunakan. Namun belum tentu semuanya cocok dengan target Anda. Pemilihan media digital marketing yang tepat ini juga bisa berasal dari hasil riset untuk mencari profil konsumen Anda.

Contohnya, konsumen Anda kebanyakan bukanlah orang yang suka membaca. Maka akan sia-sia jika Anda membuat campaign dengan menggunakan media blog atau website. Akan lebih efektif jika Anda menggunakan media sosial.

Contoh lainnya adalah jika Anda akan menggunakan media digital yang bersifat personal, seperti email atau Whatsapp. Maka Anda juga perlu memperhatikan mana yang paling banyak konsumen Anda gunakan. Jangan sampai Anda membuat konten yang sangat baik menggunakan email marketing, namun konsumen Anda tidak pernah membuka email sama sekali.

4. Buat Teknik Copywriting

Hampir semua isi dari content marketing akan berupa tulisan. Tentunya, tidak sembarang tulisan. Untuk menghasilkan content marketing yang baik maka perlu juga tulisan yang menjual. Di sinilah peran copywriting sangat Anda perlukan.

Anda bisa menggunakan jasa penyedia copywriting jika merasa tidak mampu membuat tulisan yang menarik dan menjual. Selain itu, penggunaan copywriting juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengoptimasi website Anda.

5. Ukur Performa Teknik Pemasaran Anda 

Setelah semua konten pemasaran Anda siap, maka jangan lupakan untuk terus melihat performanya. Hal ini untuk memastikan apakah konten yang Anda buat sudah sesuai dengan target atau belum. Ini juga merupakan salah satu keunggulan dari digital marketing.

Yang mana setiap langkah yang Anda lakukan bisa terukur dan mendapatkan data dengan jelas. Hal ini juga berguna untuk mengambil keputusan ke depan. Dengan data dan hasil yang jelas, maka Anda tidak perlu menduga-duga ketika akan mengambil sebuah kesimpulan.

6. Lakukan Evaluasi 

Hal terakhir yang tidak boleh Anda lupakan adalah melakukan evaluasi. Baik berhasil atau tidak content yang Anda buat, maka proses evaluasi ini sangatlah penting untuk Anda lakukan. Jika berhasil, maka Anda bisa melihat sejauh mana keberhasilan tersebut.

Dan jika gagal, maka proses evaluasi ini juga bisa melihat bagian mana yang perlu Anda perbaiki. Selain itu, proses evaluasi juga cukup penting untuk menentukan apakah langkah yang Anda ambil sudah tepat atau belum. Apakah langkah tersebut masih akan kami coba atau tidak, dan pertimbangan lainnya seperti ini bisa Anda dapatkan setelah melakukan evaluasi.

Kesalahan Umum Saat Memulai Digital Marketing 

Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah digital marketing ini selalu berhasil? Maka jawabannya tidak. Semua tergantung bagaimana Anda melakukan semua prosesnya. Menggunakan digital marketing memang bisa meningkatkan peluang keberhasilan dalam melakukan promosi. Namun ada beberapa hal yang bisa menyebabkan semua strategi yang sudah Anda rancang menjadi berantakan.

Biasanya kesalahan ini terjadi ketika awal Anda menggunakan digital marketing. Beberapa kesalahan umum tersebut antara lain:

1. Menargetkan Semua Orang untuk Membeli Produk Anda 

Jangkauan digital marketing memang sangat luas. Bahkan digital marketing mungkin bisa menjangkau semua orang. Tapi hal itu bukan berarti Anda juga bisa menargetkan semua orang untuk membeli produk yang Anda jual. Alasan utamanya adalah belum tentu semua orang membutuhkan apa yang Anda jual.

Selain itu, dengan menargetkan ke semua orang maka akan membuat konten marketing Anda tidak fokus. Hal ini berpotensi untuk menimbulkan kehilangan dari konsumen potensial. Menargetkan konsumen dengan terlalu lebar juga sama saja dengan membuka persaingan dengan lebih banyak orang.

Selain tidak efektif, hal tersebut juga akan benar-benar menguras tenaga. Sehingga nantinya, apa yang Anda dapatkan tidak sebanding dengan apa yang Anda lakukan.

2. Tidak Memahami Metrics yang Menjadi Kesuksesan Bisnis

Rutin melakukan post memang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di era digital. Namun jika hanya melakukan post tanpa memikirkan analytics dan metrics nya maka hal tersebut menjadi sia-sia.

Pada dasarnya, setiap postingan yang Anda buat haruslah memiliki tujuan. Entah untuk menaikan followers, mendapatkan reach, menambah traffic, dan lain-lain. Melakukan posting tanpa tujuan inilah yang sering kali menjadi kesalahan ketika menggunakan digital marketing.

Dengan memahami metrics dan analytics ini maka Anda akan paham konten seperti apa yang disukai konsumen. Jam berapa Anda harus posting untuk mendapatkan views yang banyak. Jika membuat artikel, berapa jumlah kata yang ideal, dan lainnya. Semua hal ini bisa Anda dapatkan dengan menganalisis metrics dan tujuan yang Anda miliki.

3. Mengharapkan Hasil yang Instan 

Digital marketing memang menawarkan keberhasilan dan efektivitas yang lebih dari cara konvensional. Namun semua hal itu tidak akan Anda dapatkan dengan hasil yang instan. Sebagai contoh, untuk mengoptimasi website, maka Anda tidak bisa mengandalkan satu postingan saja. Perlu update beberapa artikel secara berkala untuk bisa mendapatkan posisi terbaik.

Dalam media lain, misalnya email marketing. Mungkin Anda tidak akan mendapatkan pelanggan pada percobaan pertama. Mungkin Anda perlu banyak percobaan sampai mendapatkan hasil. Yang paling penting dari digital marketing adalah konsistensi untuk melakukannya,

4. Teknik Copywriting Tidak Menjual 

Hal lain yang juga menyebabkan digital marketing berantakan adalah pembuatan konten yang asal. Dalam hal ini, salah satu contohnya adalah penggunaan copywriting yang tidak menjual. Sebuah copywriting bukan hanya berfungsi sebagai penjelas, tetapi juga harus bisa menjual.

Jika Anda merasa tidak bisa membuat copywriting ini, maka Anda bisa menggunakan jasa penyedia copywriting, salah satunya adalah makinrajin.com. dengan menggunakan jasa copywriting ini maka Anda tidak perlu lagi pusing untuk membuat copywriting yang menjual.

5. Tidak Rutin Melakukan Promosi dan Analisis 

Promosi dan analisis merupakan dua hal yang juga sangat menentukan dalam dunia digital marketing. Promosi ini berguna untuk membuat konten Anda banyak orang lihat. Dan analisis berguna untuk melihat apakah promosi yang Anda lakukan sudah benar atau belum.

Dengan melakukan dua hal ini maka Anda bisa menentukan mana cara promosi yang cocok. Mana yang sesuai dengan target Anda, dan lainnya. Promosi dan analisis memang memerlukan keahlian dan skill khusus. Namun dalam dunia digital marketing kedua hal ini memang memiliki peranan yang sangat penting.

Untuk mempermudah, maka sebenarnya Anda bisa menggunakan beberapa tools untuk melakukan dua hal tersebut. Tools tersebut nantinya bisa membantu Anda untuk melakukan promosi ataupun melakukan analisis terhadap semua konten Anda.

Terapkan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Itulah beberapa penjelasan tentang betapa pentingnya digital marketing. Dengan melihat semua manfaatnya, maka tidak heran jika digital marketing merupakan hal yang banyak orang perlukan saat ini. dengan menggunakan digital marketing akan banyak kemudahan yang didapatkan.

Makinrajin merupakan digital marketing agency yang bisa membantu memasarkan produk ataupun bisnis yang Anda punya dengan strategi digital marketing yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *