Mengenal Blog - Pengertian, Jenis, dan Fungsinya (Lengkap)

Mengenal Blog: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya (Lengkap)

Salah satu konten yang akan banyak ditemukan di internet adalah blog. Sama dengan website, blog merupakan media yang digunakan untuk menyebarkan informasi. Meskipun isi dari blog terkadang lebih personal dan umum. Pada awalnya blog ini merupakan bagian dari website. Kini, blog dan website bisa berdiri sendiri. Meskipun demikian, ada manfaat yang banyak jika blog dan website digabungkan.

Penggunaan blog mulai banyak digunakan setidaknya setelah tahun 2000. Ketika pengguna internet mulai banyak, blog menjadi salah satu media yang juga mulai banyak digunakan. Pada tahun – tahun itu, penggunaan blog hampir mirip dengan penggunaan sosial media saat ini. Setiap orang akan membuat postingan, lalu pengguna lain akan berkomentar dan memberikan reaksi dari postingan tersebut.

Blog sendiri memiliki banyak jenis. Dari mulai blog yang bersifat personal sampai blog yang dikelola dengan  baik oleh profesional.

Apa Itu Blog?

Blog merupakan kependekan weblog. Blog ini merupakan bagian dari web. Secara tampilan sebenarnya blog ini memang mirip dengan web. Bedanya blog akan lebih sering diupdate secara konten. Seccara tampilan, konten terbaru akan muncul pada bagian paling atas. Meskipun saat ini, layout seperti itu bisa dirubah.

Blog akan memiliki konten yang akan diupdate secara berkala. Blog biasanya dikelola secara personal, meskipun ada juga yang dikelola oleh sebuah tim. Isi dari sebuah blog biasanya akan fokus pada satu topik. Blog bisa berisi banyak informasi namun ada juga yang bersifat personal. Pada awalnya blog banyak digunakan oleh mereka yang membutuhkan platform di internet namun kesulitan untuk membuat website. Blog dianggap sebagai salah satu alternatif dari pengganti website saat itu.

Sejarah Blog

Sebelum meraih popularitasnya seperti sekarang, blog memiliki perjalanan panjang dari mulai pertama kali ditemukan sampai seperti saat ini di mana blog memiliki banyak peminat. Jika dibuat timeline, ini adalah perjalanan dari blog

1994

Adalah Justin Hall, orang yang pertama kali membuat sesuatu mirip blog. Dia membuat sebuah jurnal pribadi yang dipublikasikan secara online. Ini merupakan bentuk awal dari sebuah blog. Dengan desain yang sangat sederhana, di mana hanya ada tulisan dengan background berwarna putih. Meski pada awalnya hal ini tidak disebut dengan blog namun disebut dengan personal home page. Namun tetap saja ini merupakan bentuk pertama dari seseorang yang mempublikasikan tulisannya secara online melalui media mirip website. isi dari blog pertama ini merupakan catatan dan kisah pribadi.

1997

Ini adalah masa di mana istilah weblog mulai diperkenalkan. Adalah Jorn Barger yang mulai memperkenalkan istilah ini kepada publik. Dia menggunakan istilah ini untuk merujuk pada aktivitasnya yaitu mencatat sesuatu di dalam web. Dia juga adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep di mana postingan terbaru akan muncul paling atas dan diikuti postigan sebelumnya yang tepat berada di bawah postingan terbaru.

1999

Pada tahun ini, isitilah weblog mulai digantikan dengan menyebut hanya blog saja. Ini merupakan masa di mana istilah blog mulai dikenal secara luas.

Pada tahun ini juga pertama kali dirilisnya 3 platform yang menyediakan layanan untuk melakukan aktivitas blogging. Platform pertama yang menyediakan fasilitas blog ini adalah Livejournal. Setelahnya, di tahun yang sama juga dirilis platform lain yaitu Blogger dan Xanga. Ketiga platform ini merupakan platform generasi awal yang bisa digunakan untuk aktivitas blogging.

2003

Ini merupakan tahun awal di mana blog akan mengalami peningkatan pengguna dengan pesat. Internet yang semakin maju ditambah jumlah penggunanya yang menjadi semakin banyak menjadi dua hal yang membuat pengguna blog menjadi semakin banyak.

Hal ini ditambah juga dengan masuknya beberapa perusahaan besar ke dalam indsutri blogging ini. Dimulai dengan Google yang mengakuisisi Pyra Labs. Pyra Labs sendiri merupakan pemilik dan pendiri dari platform Blogger. Dari sini platform Blogger juga mulai dikenal dengan nama Blogspot. Platform blog yang kita kenal sekarang.

Di tahun yang sama juga WordPress pertama kali diluncurkan. Dua layanan ini, baik WordPress atau Blogspot merupakan penyedia layanan blog dengan gratis. Keduanya benar – benar bersaing dalam dunia blog mulai tahun ini.

Saat ini

Jika melihat saat ini, harus diakui jika pasar platform blog hampir dikuasai sepenuhnya oleh wordpress. WordPress menjadi penyedia platform blog yang hampir digunakan oleh semua blogger pada saat ini. Tidak hanya digunakan sebagai platform untuk blog, wordpress juga digunakan untuk membuat berbagai macam website. Bahkan jika melihat lebih jauh lagi, maka wordpress merupakan penguasa di pasar CMS website.

Perjalanan Blog di Indonesia

Sementara jika melihat perjalanan blog di Indonesia, maka semuanya akan diawali di tahun 2001. Adalah Enda Nasution, orang yang dianggap sebagai Bapak Blogger Indonesia. Dia merupakan orang pertama yang mempublish tulisannya ke dalam media berbentuk blog.

Setelah itu, perjalanan blog di Indonesia berlanjut ke tahun 2007. Di tahun ini muncul sebuah acara bernama Pesta Blogger. Ini merupakan acara tempat berkumpulnya para blogger yang ada di Indonesia. Tanggal acara ini berlangsung yaitu 27 Oktober juga diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada saat ini, setidaknya ada 3 sampai 4 juta orang di Indonesia yang menggunakan blog. Jumlah ini terbilang sangat kecil jika dibandingkan dengan pengguna internet aktif yang ada di Indonesia.

Struktur dan Bagian Blog

Untuk Anda yang mulai ingin membuat blog maka ada beberapa bagian yang harus Anda ketahui. Struktur dan bagian ini merupakan hal yang penting dan akan mendukung dalam berbagai kebutuhan blogging. Beberapa struktur dan bagian pada blog diantaranya adalah :

1. Posts

Ini merupakan bagian yang akan menampilkan semua postingan baik yang sudah lama maupun baru akan ditampilkan. Pada bagian ini seorang user juga melihat semua daftar postingan, draft artikel yang belum dipost, statistik kunjungan, jumlah komentar, dan lainnya.

Bagian ini merupakan bagian yang akan menunjukan seberapa besar blog anda menarik bagi orang lain ditunjukan dengan data dan statistik yang ada. Bagian posts ini merupakan bagian utama yang akan selalu dilihat oleh user

2. Stats

Meskipun ada pada bagian posts namun secara lengkap statistik dari sebuah blog bisa dilihat pada bagian stats. Ini merupakan bagian yang akan menampilkan semua data statistik berkaitan dengan blog dengan lebih lengkap.

Statistik yang ditampilkan juga dari mulai hitungan pengunjung setiap harinya baik hitungan per hari, per bulan, per tahun, atau bahkan selama blog tersebut ada. Selain itu, bagian stats juga akan menampilkan berapa orang yang berlangganan atau mengikuti blog Anda, berapa jumlah kunjungan per artikel, berapa komentar yang diterima, dan data lainnya.

3. Comments

Ini merupakan bagian di mana seorang pengunjung bisa meninggalkan pertanyaan, sara, atau apapun yang berkaitan dengan blog post tersebut. Bagian ini merupakan salah satu hal yang membuat blog memiliki banyak peminat.

Sementara dari sisi admin blog, bagian ini merupakan tempat untuk melihat atau menyaring komentar yang ada. Admin bisa menghapus komentar yang ada jika menganggap komentar tersebut adalah spam. Selain itu, bagian ini juga memungkinkan untuk saling berbalas komentar.

4. Adsense

Jika Anda bingung bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, maka ini adalah bagian yang akan menjawab pertanyaan Anda tadi. Ini merupakan bagian yang terpisah dari blog. Kita harus mendaftarkan blog kita agar bisa mendapatkan adsense.

Tidak semua blog akan mampu mendapatkan adsense. Ada syarat minimal untuk mendapatkan adsense. Beberapa syarat tersebut misalnya adalah jumlah konten, banyaknya pengunjung, ataupun masalah tampilan.

5. Pages

Ini merupakan di mana konten Anda akan ditempatkan. Bagian inilah yang akan dilihat oleh user ketika mereka mengakses blog. Anda bisa membuat blog dengan single page yang biasanya berisi konten – konten saja. Namun Anda juga bisa membuat blog dengan banyak pages di mana setiap page akan memiliki fungsinya tersendiri.

6. Desain dan Layout

Bagian ini merupakan tempat untuk mengatur berbagai tampilan pada blog. Mirip dengan UI pada website. Pada bagian ini Anda akan mengatur berbagai hal seperti desain, tema, layout. Anda juga bisa mengatur berbagai macam widget yang akan digunakan.

7. Settings

Berbeda dengan bagian desain yang hanya akan mengatur tampilan saja. Pada bagian ini maka yang diatur adalah masalah teknis dari blog itu sendiri. Dari mulai berapa jumlah post yang akan ditampilkan pada halaman awal, bagaimana akses admin, dan lain sebagainnya.

8. Header

Bagian lain dari sebuah blog adalah header. Ini merupakan bagian paling atas dari sebuah tampilan blog. Pada bagian ini biasanya akan berisi hal seperti judul atau nama blog, deskripsi dari sebuah blog, atau kadang ada juga menu yang ditempatkan pada bagian ini.

9. Sidebar

Ini merupakan bagian pada sisi samping kanan atau kiri dari sebuah tampilan blog. Pada bagian ini biasanya diisi dengan archive post ataupun beberapa widget. Bagian ini biasanya merupakan bagian pendukung dari konten sebuah blog.

Ini merupakan bagian paling bawah dari sebuah tampilan blog. Biasanya pada bagian ini akan diisi dengan profil dari pemilk blog, alamat kontak, ataupun form untuk melakukan follow atau subscribe.

Blog, Blogging, Blogger

Dalam dunia blog juga kita akan identik dengan dua hal yaitu blogging dan juga blogger. Keduanya merupakan istilah umum yang akan sering digunakan dalam dunia blog. Blogging merupakan aktivtas dalam menulis atau mengelola sebuah blog. Dalam blogging maka segala aktivitas yang berhungan dengan blog, dari mulai melakukan setting, membuat desain, sampai membuat dan mempublish konten dilakukan.

Baca Juga: 9+ Perbedaan Blog dan Website yang Perlu Anda Tahu

Sementara blogger merupakan sebutan untuk orang melakukan aktivitas blogging tersebut. Blogger lebih spesifik adalah sebutan untuk mereka yang memproduksi sebuah konten untuk kepentingan dari blog. Blogger akan sangat erat kaitannya dengan tingkat produktifitas dari sebuah blog.

Jenis Blog

blog adalah

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan media blog ini maka Anda juga harus mengenal jenis – jenis dari blog itu sendiri. Meskipun sama – sama digunakan untuk penyebaran informasi namun blog juga memiliki banyak jenis nya tergantung dilihat dari sisi apa. Beberapa jenis blog diantaranya adalah :

Berdasarkan Platform

Jika dilihat dari plaform yang digunakan, maka blog ini setidaknya akan terbagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Free Blog

Ini merupakan sebuah platform yang menyediakan layanan blog secara gratis. Biasanya domain dari blog ini akan menumpang pada domain utamanya. Jika Anda pernah melihat alamat blog seperti “contoh.blogspot.com” atau “sample.wordpress.com” maka itu merupakan blog yang termasuk ke dalam jenis ini.

2. Self Hosting Blog

Ini merupakan blog dengan versi berbayar. Blog dengan platform seperti ini membutuhkan layanan hosting dan domain sendiri untuk menyimpan data dan informasi pada blog Anda. Blog jenis ini akan memiliki domain tersendiri dan tidak menumpang. Biasanya blog ini akan menggunakan CMS dalam pembentukan kontennya.

3. Micro Blog

Ini merupakan jenis blogging namun setiap tulisannya akan dibatasi oleh jumlah karakter. Salah satu contoh dari micro blog ini adalah twitter.

Berdasarkan Konten

Jika dilihat dari isi atau kontennya maka blog juga akan memiliki banyak jenis. Beberapa jenis itu diantaranya adalah :

1. Authority Blogs

 Ini merupakan jenis blog yang jika dilihat dari kontennya biasanya diisi oleh para blogger profesional atau para ahli dari suatu bidang. Biasanya blog jenis ini merupakan blog komunitas dengan topik tertentu. Dari sisi konten juga biasanya blog jenis ini akan sangat mengedepankan kualitas.

Berbeda dengan blog jenis lain yang juga mengandalkan SEO dan pemilihan keyword, blog jenis ini tidak terlalu mempermasalahkan kedua hal tersebut. Hal itu disebabkan blog jenis ini tidak mencari pengunjung lewat mesin pencari. Biasanya pengunjung tahu tentang blog ini melalui obrolan antar komunitas atau mereka yang memiliki minat yang sama.

2. Blog Pribadi

Ini merupakan jenis blog yang dibuat untuk kebutuhan pribadi. Konten yang ada pun akan bersifat pribadi. Blog seperti ini biasanya digunakan sebagai media untuk menulis catatan harian. Biasanya blog seperti ini hanya untuk hobi saja dan jarang yang digunakan dengan serius.

3. Company Blog

Sesuai dengan namanya, ini merupakan blog yang penggunaanya digunakan oleh sebuah perusahaan. Biasanya perusahaan ini menggunakan blog untuk berbagai kepentingan terutama untuk penyampaian informasi. Blog juga digunakan oleh perusahaan sebagai media berinteraksi antara mereka dengan banyak konsumennya.

Blog Spam

4. Seperti namanya, ini merupakan blog yang isinya tidak menentu. Bahkan tidak sering isinya adalah copy paste dari blog atau website lain. Blog ini sering mendapatkan masalah hak cipta biasanya. Blog ini memang benar – benar mencari traffic dan bahkan biasanya tidak memperhatikan masalah kualitas. Tidak jarang juga konten yang ada dibuat dengan menggunakan software atau plug in yang akan membuat konten secara otomatis. Blog seperti ini biasanya akan sangat sering dibersihkan oleh mesin pencari.

5. Blog Niche

Ini merupakan blog yang mirip dengan authority blog karena akan memiliki topik yang terperinci. Bedanya jika authority blog tidak terlalu mementingkan masalah seperti SEO maka blog niche akan sangat memperhatikan masalah ini. Blog dengan jenis ini akan sangat mementingkan masalah traffic yang dihasilkan dari mesin pencari.

Blog dengan jenis niche ini memiliki ciri khas yaitu banyaknya backlink yang akan digunakan. Tujuan utama dari blog ini juga sama dengan blog pada umumnya yaitu mendapatkan pengunjung yang banyak. Itulah mengapa masalah performansi menjadi hal yang penting.

6. Citizen Journalism Blog

Ini merupakan jenis blog yang isinya adalah berita – berita penting namun ditulis oleh warga umum. Biasanya blog jenis ini merupakan bagian dari website berita media komersial lain sebagai induk. Pada blog jenis ini setiap orang akan bebas menulis berbagai macam berita.

Berdasarkan Format

Jika dilihat dari format untuk pembuatannya kontennya maka blog ini juga dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti :

1. Vlog

Vlog merupakan kependekan dari video blog. Sesuai namanya maka format dari blog ini merupakan video. Jika umumnya blog merupakan konten tulisan, maka pada jenis ini semua konten tersebut akan diproduksi melalui video.

2. Phlog

Phlog merupaka kependekan dari photo blog. Ini merupakan blog yang konten utamanya merupakan photo – photo. Biasanya para pemilik dari blog ini adalah para fotografer yang ingin menunjukan hasil karya mereka kepada masyarakat umum.

3. Audioblog

Sesuai namanya maka format konten dari blog jenis ini adalah audio. Semua konten akan direkam dalam format audio untuk didengarkan oleh masyarat umum.

Fungsi Blog

Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan dan membuat blog. Tentu hal ini didasari karena blog memiliki banyak manfaat dan juga fungsi. Selain fungsi utamanya yaitu untuk menyebarkan informasi, blog juga memiliki beberapa manfaat dan fungsi lainnya seperti :

1. Melatih Kemampuan Menulis

Pada zaman seperti sekarang, salah satu keahlian penting yang banyak dicari adalah kemampuan copywriting. Ini merupakan kemampuan yang dibutuhkan terutama untuk memberikan informasi dengan sesingkat mungkin namun seakurat mungkin.

Kemampuan menulis ini bisa dilatih salah satunya dengan memanfaatkan blog. Seseorang bisa menulis apapun yang ia suka untuk menjadi konten blog. Konten ini juga bisa disebar untuk dilihat banyak orang sehingga akan banyak yang menilai seberapa bagus kualitas tulisan yang Anda buat. Semakin banyak konten tulisan yang dibuat pada blog maka akan semakin baik kualitas tulisan yang dibuat. Terlebih menulis di blog pribadi bisa dilakukan secara gratis.

2. Media Publikasi

Berhubungan dengan kemampuan menulis, tentu setiap penulis ingin setiap karyanya dibaca banyak orang. Cara konvensional adalah dengan menerbitkan tulisannya, kini dengan adanya blog setiap orang bisa menulis dan mempublikasikan apa yang mereka buat untuk dibaca oleh orang banyak.

Selain tulisan, blog juga bisa mempublikasikan apapun yang menjadi karya yang Anda buat. Misalnya jika Anda adalah seorang fotografer maka setiap foto yang dibuat bisa dipublikasikan melalui blog pribadi yang dimiliki.

3. Media Berbagi Ilmu

Ini menjadi salah satu fungsi penting dari sebuah blog. Jika Anda adalah seorang ahli dalam bidang teknologi komputer misalnya maka Anda bisa berbagi banyak ilmu yang dikuasai dengan membuat postingan di sebuh blog.

Selain bermanfaat bagi pemiliknya hal ini juga tentu akan sangat bermanfaat bagi para pembacanya. Penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Jangkauannya pun akan menjadi lebih luas.

4. Membangun Branding dan Reputasi Bisnis

Blog juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menjual banyak hal. Termasuk blog pribadi. Jika Anda seorang fotografer, maka Anda bisa menaruh semua hasil foto yang dibuat pada blog yang Anda miliki. Orang akan melihat semua hasil karya yang Anda buat dan hal ini akan menjadi salah satu cara Anda mempromosikan kemampuan yang Anda miliki.

Blog juga bisa digunakan untuk membuat branding sesuatu yang lebih besar. Dengan jangkauannya yang lebih luas membuat blog adalah tempat yang tepat jika Anda ingin memperkenalkan sesuatu produk yang baru.

Blog juga bisa digunakan untuk membangun reputasi bisnis. Reputasi ini bisa dibangun karena blog bisa digunakan juga sebagai media interaksi antera user dan pemiliki produk. Blog akan mampu menjawab banyak pertanyaan yang dimiliki user. Hubungan yang dekat ini akan mampu meningkatkan reputasi dari sebuah bisnis. Selain itu, blog juga bisa digunakan untuk meletakan konten yang bisa menjelaskan berbagai macam keunggulan dari produk yang Anda berikan.

5. Menghasilkan Uang

Ini merupakan tren yang mulai naik akhir – akhir ini. Blog tidak hanya menjadi media penyebaran informasi namun juga bisa menjadi media yang menghasilkan uang. Dengan banyaknya orang yang mengunjungi sebuah blog maka ini merupakan tempat yang bagus untuk para produsen sebuah produk untuk mengiklankan produk yang mereka buat. Iklan yang ada pada blog tentu akan mendatangkan keuntungan bagi para pembuat blog.

Inilah mengapa kini banyak orang yang berlomba – lomba untuk menciptakan konten yang ramai dilhat oleh orang lain. Semakin banyak pengunjung sebuah blog maka akan semakin besar juga uang yang dihasilkan oleh blog tersebut.

6. Promosi Langsung Ke Pelanggan Potensial

Jika dilihat dari segi bisnis, maka blog bisa juga digunakan sebagai media promosi. Terlebih dengan menggunakan blog maka cara berpromosi pun akan menjadi lebih mudah dan beragam. Blog bisa menjangkau calon konsumen bahkan yang jauh sekalipun.

Tidak hanya itu, dengan blog juga Anda bisa menghindari buang – buang waktu untuk berpromosi ke orang yang bukan calon konsumen Anda. Blog bisa menjadi sarana yang tepat di mana Anda akan mampu melakukan promosi ke orang yang potensial untuk menjadi calon konsumen bagi bisnis Anda.

Blog juga menawarkan sebuah cara di mana Anda bisa menjual barang dengan cara soft selling. Sebagai sebuah cara berpromosi tentu ini merupakan cara yang tepat. Anda bisa menjelaskan banyak hal tentang keunggulan dan mengapa orang harus membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan.

7. Menambah Traffic Website

Pada awalnya blog memang merupakan bagian dari website meskipun kini keduanya bisa berdiri secara sendiri – sendiri. Tetapi, penggabugnan blog dengan website merupakan salah satu cara yang bisa dilakuakn untuk menaikan traffic dari website.

Konten blog yang akan lebih sering terupdate akan menaikan performa dari website Anda. Semakin baik performance yang dimiliki website Anda maka akan semakin mudah mesin pencari utnuk melakukan indeks pada website Anda tersebut.

Blog akan menjadi semacam bahan bakar bagi website untuk terus ada. Hal ini karena blog akan lebih sering melakukan update dalam masalah konten dibanding dengan website. Semakin sering dan berkualitas update konten dari sebuah blog maka kualitas dari website induknya pun akan menjadi semakin meningkat.

8. Menaikkan Jumlah Lead

Dalam dunia digital marketing salah satu yang akan sering dicari adalah lead. Selain traffic, lead juga merupakan salah satu cara untuk menjaring para calon konsumen. Secara mudah, lead bisa diartikan sebagai bentuk ketertarikan dari audiens untuk menjadi calon konsumen dari suatu produk. Ketertarikan ini bisa dilihat dari dari audiens tersebut menjadi berlangganan, mendownload brosur, mengisi contact form, dan tindakan lainnya yang diarahkan oleh blog tersebut.

Dengan memanfaatkan blog maka potensi lead ini akan semakin naik. Dengan kemampuannya yang bisa menjelaskan dengan detail terhadap suatu produk maka blog bisa dengan mudah untuk dimanfaatkan guna mendapatkan lead ini.

9. Membangun Komunitas

Selain difungsikan sebagai alat penyebar informasi sebuah blog juga bisa membangun sebuah komunitas. Biasanya komunitas ini akan muncul awalnya dari saling berkomentar pada setiap postingan. Fitur komentar ini akan memungkinkan setiap user untuk saling berinteraksi satu sama lain ataupun dengan admin blog tersebut.

Fitur komentar ini juga akan membantu memahami banyak karakter dan keinginan dari pelanggan. Dengan memanfaatkan fitur ini maka Anda sebagai admin akan mampu membuat konten ataupun produk yang sesuai dan diinginkan oleh konsumen.

Fitur yang memungkinkan antar user untuk saling berinteraksi ini juga akan mampu mendekatkan hubungan antara pengguna dan produsen. Blog juga bisa dimanfaatkan untuk membuat konten lain yang bisa mendekatkan dengan konsumennya.

10. Sebagai Investasi

Blog bisa digunakan untuk media promosi, media perkenalan, media pemasaran, dan banyak lagi yang lainnya. Semua manfaat ini bisa didapatkan bahkan dengan biaya yang murah. Dalam dunia bisnis tentu ini merupakan sesuatu yang menguntungkan. Bahkan semua manfaat ini bisa digunakan dalam waktu yang lama. Tentu ini merupakan investasi yang menguntungkan. Dengan biaya yang murah namun manfaat yang dihasilkan akan sangat banyak.

Blog juga akan mampu menjangkau banyak calon konsumen yang sebelumnya sulit dijangkau. Blog akan mampu diakses oleh siapa saja sehingga ini bisa membuka banyak calon konsumen baru.

Mengapa Menggunakan Blog

Banyak orang menganggap jika penggunaan blog jauh lebih personal. Selain itu blog juga dianggap lebih mudah dan murah dalam proses pembuatannya jika dibandingkan dengan website. Di dalam blog seseorang bisa bebas menentukan konten sesuai dengan apa yang dia sukai. Blog juga tidak memiliki aturan baku dalam pembentukannya.

Jika dilihat dari segi desain, blog juga lebih memiliki desain yang unik yang bisa disesuaikan dengan personalisasi dari pemiliknya. Ini membuat blog terkesan lebih personal dengan pemiliknya ataupun dengan pembacanya. Alasan lain juga, blog merupakan tempat yang pas untuk memulai sebuah bisnis.

Dalam segi bisnis, bila dimanfaatkan dengan baik blog akan mendatangkan keuntungan tersendiri. Setidaknya blog ini akan membantu calon konsumen untuk mengerti kelebihan dari produk yang Anda jual. Sebuah blog bisa menjelaskan secara detail hal – hal yang mungkin menjadi pertanyaan dari calon konsumen.

Selain itu beberapa alasan lain menggapa menggunakan blog adalah :

1. Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi

Terutama melalui media tulisan, blog bisa digunakan sebagai tempat untuk melatih membuat tulisan yang baik. Anda bisa mencoba membuat beberapa konten tulisan dan mempublishnya ke blog lalu selanjutnya mulai memperbaiki untuk membuat konten tulisan yang lebih baik lagi nantinya.

2. Menemukan Komunitas yang Memiliki Minat yang Sama

Blog biasanya akan berisi konten yang bersifat pribadi. Pada konten ini juga biasanya Anda akan menemukan orang lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Anda bisa berbagi dengan orang tersebut melalui media blog ini. Blog bisa menjadi media yang pas untuk saling bertukar informasi satu sama lain.

3. Menunjukan Kredibilitas

Jika Anda memiliki banyak sekali pemikiran dan opini maka blog merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan sebagai media untuk menumpahkan semua itu. Anda bisa menuliskan semua opini dan pemikiran Anda melalui blog pribadi Anda. Blog juga bisa menunjukan kredibilitas dari diri Anda dengan rajin mempublish banyak konten ke blog.

4. Membuat Catatan Pribadi

Blog juga bisa diposisikan mirip seperti buku harian. Anda bisa menuliskan banyak hal ke dalam blog sehingga tidak jarang blog juga menjadi media pengingat dan pencatat secara on line bagi sebagian orang. Banyak orang yang mencatat pada blog karena alasan kemudahan akses dan tidak sulit untuk membawa kemana – mana.

Blog juga bisa dijadikan tempat untuk menulis dokumentasi dari berbagai catatan. Selain itu blog juga bisa dijadikan untuk tempat berbagi cerita. Banyak orang yang membagikan pengalaman pribadinya lewat blog.

5. Bisa Menghasilkan Uang

Jika dimanfaatkan dengan baik maka blog juga bisa menjadi media yang menghasilkan uang. Blog yang memiliki banyak pengunjung maka akan semakin banyak uang yang dihasilkan. Monetisasi blog bisa melalui banyak hal. Bisa lewat pemasangan iklan, postingan berbayar, link share, afiliasi, dan cara lain.

6. Membangun Relasi

Blog memiliki fitur di mana sesama user bisa saling berkomentar dan berkomunikasi. Cara ini akan mampu membangun relasi antar sesama pengguna blog. Blog bisa menjadi tempat untuk berdiskusi sesama orang dengan minat yang sama. Semua hal ini bila dilakukan dengan baik maka akan mampu membangun relasi dari sesama pengguna blog.

Dengan terbangunnyar relasi ini maka akan membuka banyak peluang baik pada sisi bisnis maupun kesempatan lain. Kesempatan yang ditawarkan dari menulis blog ini juga cukup banyak dan terbuka lebar.

7. Sebagai Portofolio

Blog juga akan mampu digunakan sebagai media portofolio. Untuk Anda yang suka menggambar misalnya, maka Anda bisa mempublish semua karya yang telah dibuat ke blog ini. Orang akan lebih mudah melihat apa yang telah Anda buat.

Blog yang digunakan sebagai tempat menaruh portofolio ini juga bisa dilakukan pada banyak bidang. Ini juga akan memudahkan Anda, karena portofolio ini akan bisa diakses dari manapun.

Contoh Platform Penyedia Blog

Untuk Anda yang mulai ingin mencoba memulai blog maka ada beberapa platform penyedia blog yang bisa digunakan. Beberapa contoh tersebut diantaranya adalah :

1. WordPress

WordPress merupakan platform untuk blog yang paling terkenal saat ini. Baik versi yang gratis maupun berbayar keduanya sama baiknya. Pada versi berbayarnya, platform ini juga menyediakan banyak sekali plug in yang sangat berguna. WordPress juga bisa digunakan sebagai pembuat website. Maka dari itu, Anda bisa mencoba belajar WordPress untuk dapat membuat blog dengan mudah.

2. Medium

Ini merupakan platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai macam tulisan dengan berbagai macam tema. Sebagai platform blog, medium sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki minat pada penulisan. Tampilannya yang minimalis juga menjadi nilai lebih dari platform ini.

3. Weebly

Pada dasarnya platform ini merupakan website builder. Namun kini banyak juga yang menggunakan platform ini untuk kebutuhan blog. Salah satu keunggulannya adalah proses pembuatannya yang mudah.

4. Blogger

Ini merupakan salah satu platform blog yang juga banyak dikenal orang. Platform ini lebih dikenal dengan menggunakan domain blogspot. Platform ini memiliki banyak pengguna karena terintegrasi secara langsung dengan google. Untuk masalah pengembangan juga platform ini termasuk mudah.

5. Tumblr

Salah satu platform blog yang juga memiliki banyak pengguna adalah tumblr. Tumblr dianggap sebagai platform blog gratis dengan visualisasi yang sangat baik. Tidak hanya tulisan, pada platform ini juga kita bisa membagikan banyak hal lainnya seperti gambar, video, ataupun audio.

6. Livejournal

Ini merupakan salah satu platform blog tertua yang masih ada. Meskipun kini penggunaanya lebih banyak diisi oleh komunitas blog. Pada livejournal ini akan sangat banyak ditemukan blog yang digunakan sebagai media diskusi.

Membuat dan Mengelola Sebuah Blog

Membuat dan mengelola blog merupakan dua hal berbeda. Mungkin membuat blog merupakan perkerjaan yang mudah. Mengelola blog lain soal. Setidaknya, perlu ketekunan dan konsistensi ketika sedang mengelola sebuah blog. Dua hal tersebut merupakan kunci untuk membuat blog menjadi besar.

Membuat Blog

Sementara itu, cara membuat blog pun ada beberapa cara seperti :

1. Tentukan Topik Utama Blog

Hal paling pertama yang harus dipikirkan ketika akan membuat blog adalah masalah topik utama. Tpoik utama ini yang akan menentukan konten blog Anda ke depannya. Gunakanlah topik utama yang sesuai dengan minat yang Anda kuasai. Ini akan memudahkan dalam pengembangan isi konten ke depannya.

2. Tentukan Platform Blog

Setelah menentukan topik apa yang akan dibahas maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah menentukan platform blog yang akan digunakan. Platform ini akan menjadi media di mana Anda akan membuat blog.  Ada banyak platform blog yang bisa Anda pilih. Dari mulai yang gratis sampai dengan yang berbayar. Setiap platform tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

3. Pilih Layanan Hosting Terbaik

Setelah platform dan blog nya terbentuk maka yang harus ditentukan selanjutnya adalah layanan hosting. Hosting adalah tempat untuk Anda menyimpan blog yang Anda buat. Saat ini juga sudah banyak tempat yang menyediakan layanan hosting untuk Anda gunakan.

4. Tentukan Nama Domain

Ini juga merupakan satu langkah penting dalam pembuatan blog. Menentukan domain tentu tidak bisa asal. Domain merupakan alamat yang akan digunakan untuk mengakses halaman blog Anda. Gunakanlah nama domain yang beda namun mudah diingat oleh orang lain. Nama domain ini nantinya akan menjadi identitas dari Blog Anda.

Mengelola Blog

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dari sebuah blog maka penting untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk membuat optimal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Optimasi Blog

Sebuah blog harus tampil dengan optimal. Cepat ketika diakses, memudahkan, dan menyenangkan ketika diakses. Itu merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan optimasi sebuah blog. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu ada beberapa cara yang harus dilakukan seperti menyesuaikan ukuran pada foto dan video, mengatur konten, mengatur desain dan layout, dan juga lain sebagainya.

Masalah optimasi ini juga berlaku untuk meningkatkan kecepata blog baik pada tampilan secara desktop ataupun tampilan pada versi mobile.

2. SEO

Sebuah konten tidak akan bisa dipisahkan dari SEO. Kemampuan SEO ini yang akan mampu menentukan peringkat dari blog ketika dicari melalui mesin pencari. Semakin baik pengetahuan Anda tentang SEO maka akan semakin baik posisi blog Anda pada mesin pencari.

3. Riset Keyword

Penulisan pada blog tidak bisa sembarang tulis saja. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kata kunci. Mengunakan kata kunci yang banyak dicari akan mampu membantu blog Anda berada di posisi yang baik pada mesin pencari. inilah pentingnya untuk mengetahui cara riset keyword yang baik.

4. Gunakan Tools Analytics

Untuk membuat performance dari blog semakin meningkat, maka Anda bisa menggunakan tools analytics sebagai bantuan. Ini akan membantu Anda dalam memahami apa yang diinginkan oleh para pembaca. Tools ini juga akan membantu untuk melihat seberapa banyak respon dari pembaca terhadap blog yang Anda buat. Salah satu contoh tools analytic yang banyak digunakan adalah google analytic.

5. Pasang AdSense atau Sumber Monetize Lain

Untuk menjadikan blog Anda sebagai mesin penghasil uang maka daftarkanlah ke Adsense. Adsense merupakan suatu fitur yang memungkinkan blog Anda untuk dipasang sebuah iklan. Iklan – iklan ini yang akan mendatangkan penghasilan tambahan untuk Anda. Selain melalui adsense, uang pada blog juga bisa datang dari postingan berbayar atau afiliasi dengan blog lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *