hosting

20 Rekomendasi Hosting Terbaik di Indonesia Maupun Luar Negeri (Dunia)


Hosting terbaik itu sangat penting bagi website karena di jaman sekarang banyak sekali layanan hosting dengan harga yang cukup murah serta berbagai fitur yang tersedia. Tetapi perlu Anda ingat, bahwa :

  • Tidak semua hosting di dunia ini bagus kinerjanya

Biasanya, Anda yang baru terjun ke dalam dunia online akan bingung dengan opsi hosting yang akan Anda pilih. Dan yang lebih parah, Anda terjebak ke dalam layanan hosting yang kurang memuaskan kinerjanya sehingga website Anda jadi sering down.

Untuk itu, sebaiknya Anda baca tips memilih hosting sebelum mulai memesan hosting untuk website Anda. Namun, pastikan Anda sudah tahu jenis hosting yang akan Anda butuhkan untuk website Anda.

Karena jika Anda tidak tahu jenis hosting yang tepat untuk website Anda, Anda akan mengalami hal ini :

  • Website Anda sering down dan tidak bisa diakses karena jenis dan kebutuhan hosting Anda kurang tinggi untuk menampung data-data website Anda
  • Uang Anda terbuang sia-sia hanya untuk membeli hosting yang cukup mahal dengan spesifikasi yang sangat tinggi bagi website Anda, padahal website Anda belum perlu hal itu.

Jika Anda sudah membaca panduan di atas, saya bisa menebak bahwa Anda itu adalah orang yang :

  • Ingin punya website tetapi bingung mau memilih layanan hosting terbaik bagi website Anda
  • Sudah punya website dan hosting berbayar tetapi menyesal karena kinerja dan layanan hosting yang Anda gunakan saat ini kurang bagus

Untuk itulah saya membuat kumpulan rekomendasi hosting terbaik untuk Indonesia/lokal dan luar negeri. Supaya Anda punya referensi tentang hosting terbaik yang akan Anda gunakan.

Tapi ingat…

Saya sarankan untuk memilih web hosting yang jaraknya dekat dengan target pasar (pengunjung) website Anda supaya waktu respon server hosting website Anda lebih cepat.

Tenang, saya akan memberikan referensi tentang hosting terbaik di Indonesia dan luar negeri sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari mana layanan web hosting terbaik.

Kita mulai dari hosting terbaik di Indonesia dulu :

Hosting Terbaik Indonesia #1. Niagahoster

Hosting Terbaik : Niagahoster

 Pada urutan pertama, ada Niagahoster yang merupakan web hosting terbaik dan nomor 1 di Indonesia menurut saya. Itulah mengapa, saya menggunakan web hosting Niagahoster sebagai hosting dari blog ini. Bukan tanpa alasan saya memilih Niagahoster sebagai hosting terbaik untuk website/blog saya.

Niagahoster memiliki banyak kelebihan, salah satunya yaitu menawarkan domain gratis jika Anda membeli/menyewa paket Pelajar, Personal, dan Bisnis.

Hal yang menarik dari Niagahoster adalah mereka sering mengadakan diskon hingga 50%. Waktu saya memesan hosting di Niagahoster dengan paket Personal, harga yang diberikan saat itu sekitar Rp 29.450 saat ini (2017).

Tapi tenang, harga segitu sudah termasuk spesial dan terjangkau dengan kualitas server hosting dan layanan yang cukup bagus (bahkan untuk toko online sekalipun).

Hosting Terbaik : Niagahoster

Selain itu, yang menarik dari Niagahoster adalah menyediakan bandwidth dan disk space (penyimpanan) yang unlimited. Sebenarnya, kata yang tepat bukan ‘bandwidth unlimited’, tetapi ‘bandwidth unmetered’ karena pihak Niagahoster tidak membatasi jumlah bandwidth pada website Anda.

Sedangkan untuk disk space unlimited, sebenarnya maksudnya adalah ketika disk space di komputer server mereka sudah akan habis, mereka akan menambahkannya sehingga seolah-olah terkesan unlimited. Tetapi, kinerjanya tetap memuaskan.

Pelayanan teknikal supportnya juga bisa dibilang memuaskan dan mampu menyelesaikan masalah Anda dengan tuntas walaupun agak sedikit lama dalam merespon. Itu karena saking banyaknya orang yang menggunakan hosting niagahoster. Anda juga bisa mendapatkan (saat ini) 15 ebook gratis tentang panduan membuat dan mengoptimalkan website Anda (ebook tentang wordpress juga ada).

Tunggu apalagi, segera pesan dan rasakan kenikmatannya. Jangan sampai harga naik lagi baru Anda menyesal.

 

Hosting Terbaik Indonesia #2. Ardetamedia

Hosting Terbaik : Ardetamedia

Mungkin salah satu web hosting terbaik ini masih terdengar asing di telinga Anda. Tetapi jangan salah, web hosting ini juga tidak kalah dengan web hosting yang Anda ketahui. Harganya juga cukup terjangkau untuk benefit yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Ardetamedia. Harganya mulai dari Rp 25.000 tetapi Anda sudah mendapatkan gratis bandwidth dan disk space.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika website Anda mengalami ledakan pengunjung karena server hosting Anda sudah bisa menampungnya dengan menyediakan bandwidth yang unlimited/unmetered.

Selain itu, Anda juga mendapatkan garansi selama 30 hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika website Anda mengalami kendala akibat hostingnya.

Anda juga bisa membuat email dengan nama domain Anda sendiri agar bisnis Anda lebih profesional dan dipercaya. Ketika website Anda sudah besar, Anda juga bisa upgrade hosting menjadi Dedicated Hosting di Ardetamedia.

 

Hosting Terbaik Indonesia #3. NusantaraHost 

Hosting Terbaik : NusantaraHost

Salah satu keunikan menggunakan hosting NusantaraHost adalah penyimpanannya menggunakan SSD (Solid State Drive). Kelebihan menggunakan SSD adalah :

  • Loading pada website akan lebih cepat sehingga pengunjung tidak kabur saat membuka website Anda
  • Lebih stabil sehingga website Anda jarang down dan mudah diakses

Anda juga akan mendapatkan gratis domain selama hosting tersebut aktif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan diskon sebesar 25%. Anda tidak perlu khawatir, karena NusantaraHost juga menyediakan garansi 30 hari dan 100% uang kembali.

Jika Anda bingung, Anda bisa menanyakannya kepada Customer Service yang akan menanggapi pertanyaan Anda dalam 24 jam setiap hari. Tersedia juga layanan web hosting yang cukup spesial untuk Anda yang ingin belajar website dengan harga mulai dari Rp 11.000/bulan.

Hosting terbaik : NusantaraHost

Harga yang cukup murah untuk web hosting dengan berbagai kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan bagi pengguna. Anda juga bisa membuat domain dan email tak terbatas (unlimited) jika Anda menggunakan layanan NusantaraHost ini.

Anda bisa cek langsung websitenya di sini :

 

Hosting Terbaik Indonesia #4. DewaWeb

dewa web

DewaWeb juga termasuk salah satu web hosting yang menyediakan layanan yang baik. Dengan kinerja yang bagus, DewaWeb juga banyak dipakai oleh beberapa pengguna website besar dalam mengelola website mereka.

DewaWeb juga memberikan domain gratis untuk semua paket web hosting yang Anda pesan selama hosting Anda aktif. Jadi, domain gratisnya tidak hanya satu tahun saja, tapi selamanya.

Untuk paket yang paling murah (paket Scout), harganya kisaran Rp 15.000 dengan kelebihan seperti gambar di atas. Bayangkan, cuma bayar Rp 15.000 sudah dapat hosting dan domain gratis. Sungguh investasi leher ke atas.

Bandwidth yang disediakan juga unlimited/unmetered. Itu sebabnya, Anda tidak perlu khawatir jika website Anda menerima banyak pengunjung. Dan tentunya, masih banyak kelebihan yang dimiliki oleh DewaWeb. Anda bisa cek langsung situsnya dengan cara klik tombol di bawah ini :

 

Hosting Terbaik Indonesia #5. Domainesia

Untuk hosting di Domainesia, ada banyak pilihan paket hosting yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan website Anda. Harga paket yang paling murah saja hanya Rp. 8000 perbulannya. Harganya yang sangat cocok untuk Anda yang ingin berhemat.

“Wah, harga perbulannya sekitar Rp. 8000. Apakah kinerjanya baik atau tidak ya ?”

Anda tidak usah khawatir, kinerjanya cukup memuaskan karena jika kita ada masalah pada web hosting kita, kita bisa menanyakan langsung pada customer service nya. Selain itu, juga terdapat gratis domain jika Anda membeli Super*, Monster*, Mikro, Mega, Giga, Exa.

Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat pengeluaran Anda dengan menggunakan hosting ini.

Anda masih khawatir ? Tenang saja, Domainesia menyediakan garansi uang kembali untuk paket hosting tertentu jika Anda mengalami masalah.

“Wah saya tertarik untuk melihat/mencoba layanan hosting ini.”

Jika Anda tertarik, Anda juga bisa menggunakan kupon :

  • makinrajinhosting = untuk mendapatkan diskon 20% dari pembelian Shared Hosting
  • makinrajinvps = untuk mendapatkan diskon 20% dari pembelian VPS Hosting

Wah, harganya sangat terjangkau dan ditambah diskon yang cukup besar. Tunggu apa lagi, segera pesan web hosting Anda di sini.

 

Hosting Terbaik Indonesia #6. IDWebHost

idwebhost

IDWebHost termasuk layanan penjual web hosting yang cukup terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau. Bisa dilihat dari pilihan paket hosting mereka yang paling murah, yaitu seharga Rp 800 perbulannya. Sesuai dengan harga, kapasitas penyimpanannya juga cukup dibilang sedikit.

Tetapi, jangan khawatir. Jika Anda hanya ingin belajar membuat website yang cukup dasar dan sederhana serta tidak butuh banyak data-data yang dibutuhkan, hosting seharga Rp 27 perharinya ini cukup untuk memenuhi kebutuhan website Anda.

Namun, jika website Anda sudah besar dan menyimpan banyak data serta memiliki banyak pengunjung, maka saya sarankan memilih paket idMedium, idPro atau idCorporate. Tergantung seberapa besar kebutuhan Anda. Cara pembayarannya pun juga mudah, bisa menggunakan transfer bank ataupun via Paypal.

Jadi, Anda yang belum punya rekening bisa menggunakan akun Paypal Anda untuk membayar hosting di IDWebHost. Customer servicenya pun cukup cepat dalam menanggapi keluhan para pengguna. Anda juga bisa menghubungi pihak IDWebHost hanya dengan melalui SMS. Jadinya, Anda tidak perlu repot-repot membuka websitenya ataupun membuka email.

Anda bisa lihat banyak kelebihan IDWebHost yang lainnya melalui tombol di bawah ini :

 

Hosting Terbaik Indonesia #7. IDHostinger

hostinger

 

Harganya cukup terjangkau untuk paket hosting seharga Rp 10.275/bulannya. Itu karena Anda sudah mendapatkan kapasitas penyimpanan (disk space) sebesar 10 GB dan bandwidth sebesar 100 GB. Sangat cukup untuk website-website tingkat menengah.

Selain itu, ada keunggulan menggunakan IDHostinger, yaitu Anda akan mendapatkan ratusan template menarik yang memudahkan Anda dalam membuat website. Hostinger juga menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai penyimpanannya sehingga website Anda akan lebih optimal.

Jadi jika ada masalah pada template Anda, Anda bisa menanyakan pada pihak IDHostinger ketimbang mengeluarkan uang untuk mencari developer lain. Apa yang Anda tunggu ? Ayo gabung dengan 29 juta lebih pengguna IDHostinger yang lain dan terbitkan website Anda sendiri.

Sudah ada 24 juta lebih website yang lahir dari hosting milik IDHostinger dan setipa hari kliennya bertambah sekitar lebih dari 20.000 orang. Itu artinya, Hostinger termasuk situs penjual hosting yang terpercaya karena semakin lama, semakin banyak klien yang menggunakan layanan tersebut.

Apakah Anda tertarik ? Anda bisa mengunjungi situs resminya dengan menekan tombol di bawah daripada harus menulis url di address bar.

 

Hosting Terbaik Indonesia #8. JagoanHosting

jagoanhosting

JagoanHosting juga termasuk website penyedia hosting yang cukup bagus layanannya. Anda juga mendapatkan SSL gratis untuk setiap paket hosting. Jaman sekarang, hacker banyak bertebaran di mana-mana, untuk itulah pentingnya SSL untuk menjaga keamanan website Anda.

Paket termurah itu seharga Rp 5.000 perbulannya dan Anda sudah mendapatkan fitur seperti di atas. Sangat cukup bagi Anda yang masih pemula dalam membuat dan mengembangkan website Anda. Selain itu, ada lagi kelebihan JagoanHosting :

kelebihan jagoanhosting

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi situsnya, bisa dengan menekan tombol di bawah ini :

 

Hosting Terbaik Indonesia #9. IDCloudHost

kelebihan idcloudhost

Hosting terbaik yang selanjutnya adalah IDCloudHost. Kalau menurut saya sih, IDCloudHost cocok bagi pemilik website, terutama yang memiliki traffic yang cukup tinggi. Karena di IDCloudHost juga menyediakan Cloud Hosting, VPS, dan Dedicated Server.

Pastinya akan sanggup menampung kapasitas website Anda dan website Anda jarang mengalami down. IDCloudHost juga sering mengadakan diskon hingga 25% dan memberikan domain gratis.

Saya juga meihat menu testimoninya, banyak sekali klien yang puas dengan layanan yang IDCloudHost berikan. Anda bisa mengunjungi langsung dengan cara klik tombol di bawah ini…

 

Hosting Terbaik #10. RumahWeb

rumahweb

Jika Anda menggunakan RumahWeb, maka Anda pasti akan tahu yang namanya Parallels Cloud Storage. Jadi, Rumahweb menggunakan Parallels Cloud Storage dalam menyimpan seluruh data-data website Anda. Parallels itu intinya lebih baik dari SSD (Solid State Drive).

Anda bisa tonton langsung keunggulan Parallels Cloud Storage melalui websitenya langsung :

 

Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi website resimnya di bawah ini :

 

Hosting Terbaik Indonesia#11. DapurHosting

DapurHosting

Kalau bagi saya sih, harga yang ditawarkan oleh DapurHosting cukup terjangkau ya. Tetapi, kualitas dan pelayanan yang diberikan oleh pihak DapurHosting bisa dibilang memuaskan. Banyak sekali pelanggan yang puas dengan layanan mereka.

Banyak yang senang dengan customer service yang ramah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan para klien. Itulah salah satu keunggulan dari DapurHosting selain harganya yang murah dan pelayanannya yang memuaskan. Anda bisa lihat banyak kelebihannya di bawah ini :

 

Oke, jika disimpulkan maka berdasarkan riset yang saya lakukan tentang kumpulan hosting terbaik indonesia di atas, berdasarkan penilaian saya, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Nama HostingRatingCek Situs
Niagahoster9.7/10
Ardetamedia8,4/10
NusantaraHost8.5/10
DewaWeb9.0/10
Domainesia8.9/10
IDWebHost9.2/10
IDHostinger8.8/10
JagoanHosting9.4/10
IDCloudHost9.0/10
RumahWeb8.7/10
DapurHosting8,7/10

 

Sekarang, mari kita bahas hosting terbaik luar negeri (dunia) yang sering dipakai para pebisnis online.

Hosting Terbaik Luar Negeri #1. Blue Host

bluehost

Hosting yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Saking bagusnya, sampai WordPress pun merekomendasikan salah satu hosting terbaik ini. Blue Host terkenal dengan keamanan yang baik.

Blue Host menyediakan fitur security tiga lapis seperti Spam Experts, Spam Hammer, and Apache Spam Assassin​. Anda juga akan mendapatkan SSH supaya website Anda lebih aman.

Berdasarkan survei saya, bahwa CPanel BlueHost saat ini memang yang terbaik dan paling mudah digunakan. Anda tidak perlu khawatir dengan Blue Host, karena Blue Host menyediakan garansi selama 30 hari uang kembali.



Oh iya, saya hampir lupa…

Blue Host juga memiliki panduan menggunakan Blue Host dalam bentuk video yang sangat lengkap. Saat ini, belum banyak penyedia web hosting yang memiliki panduan/tutorial dalam bentuk video yang lengkap.

Tapi, jangan lihat kelebihannya saja. Blue Host juga memiliki kekurangan, yaitu :

  • Load time yang cukup lambat, yaitu 4.88 s. Padahal, rivalnya yaitu SiteGround, hanya memiliki 1.99 s. (Saya cek di sini )  
  • Uptime Server nya kurang bagus.. Lihat gambar ini (Gambar diambil dari Hosting Facts ) :

bluehost

  • Migrasi/Transfer Website Tidak Gratis. Jika Anda ingin memindahkan website Anda ke layanan hosting Blue Host, maka akan dikenakan biaya sebesar $149.99.

Saya tidak merekomendasikan Blue Host untuk hosting Anda. Tapi, jika Anda ingin melihat-lihat kelebihan Blue Host lainnya, Anda bisa kunjungi link di bawah ini :

Hosting Terbaik Dunia #2. Site Ground

siteground

Jika Anda ingin membeli paket hosting dari luar negeri, saya sangat merekomendasikan Site Ground. Bahkan pihak WordPress sendiri pun merekomendasikan Site Ground sebagai salah satu hosting terbaik dunia.

Itu karena banyak kelebihan Site Ground, seperti load time Site Ground, harga hostingnya yang cukup terjangkau, dan masih banyak lagi.  Uptime Site Ground juga cukup bagus dan memuaskan.

Saya pernah mencoba mengajukan pertanyaan kepada tim Customer Services Site Ground, dan waktu responnya juga cepat.

Saya puas dengan bagaimana tim client service menjawab dengan cepat dan tepat. Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat kelebihan Site Ground yang lainnya di bawah ini :

 

Hosting Terbaik Dunia #3. Host Gator

host gator

Host Gator merupakan salah satu layanan hosting terbaik dengan server di US. Host Gator juga memiliki tools yang membuat kita lebih mudah dalam menginstall wordpress hanya dalam sekali klik. Untuk supportnya juga cepat dan ramah.

Servernya pun juga baik karena Host Gator memiliki server yang bernama Nginx. Sebenarnya, masih banyak kelebihan Host Gator yang lainnya. Anda bisa cek melalui tombol di bawah ini…

 

Hosting Terbaik Dunia #4. Dream Host

dream host

Dream Host ini juga termasuk web hosting yang direkomendasikan oleh WordPress.org langsung. Itu artinya, Dream Host termasuk penyedia web hosting yang baik dan berkualitas.

Anda juga akan mendapatkan gratis domain jika menggunakan layanan dari Dream Host.

Selain itu, Anda juga mendapatkan gratis SSL supaya website Anda lebih aman. Jangan khawatir website Anda down  karena ledakan pengunjung.

Dream Host menyediakan unlimited bandwidth dan storage sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba website Anda mendapat banyak pengunjung.

Anda bisa lihat-lihat kelebihan Dream Host lainnya di bawah ini :

 

Hosting Terbaik Dunia #5. A2Hosting

a2hosting terbaik

Mungkin nama A2Hosting ini masih terdengar asing di telinga Anda, ya kan ? Iya benar. A2Hosting ini memang kurang populer seperti Host Gator, Site Ground, Blue Host, iPage, dll.

Tapi, jangan salah…

Kualitas kinerja A2Hosting ini bisa dibilang termasuk yang terbaik dibandingkan hosting terbaik lainnya. Terutama untuk shared hosting. Selain itu, Anda juga bisa memilih server di Singapore yang notabene lebih dekat dengan target pengunung Anda (jika blog Anda berbahasa Indonesia).

Untuk kelebihan lainnya, Anda bisa cek di bawah ini :

 

Hosting Terbaik Dunia #6. IPage

kelebihan ipage

Jika Anda mencari paket hosting yang murah, maka IPage jawabannya. Tapi, jangan tertipu dengan harga murah. Saya rasa, Anda jangan melihat sebuah hosting dari harganya saja, namun dari hal lainnya seperti Average Load Time, dll.

Tapi, bukan berarti IPage itu buruk. IPage juga memiliki kelebihan lainnya. Anda bisa lihat kelebihan IPage di bawah ini :

Hosting Terbaik Dunia #7. EHost

review ehost

EHost memang tidak terkenal seperti BlueHost ataupun HostGator. Namun, EHost telah berdiri sejak 1998. Itu artinya, EHost sudah lama beroperasi. Logikanya, tidak mungkin sebuah layanan beroperasi lama jika kinerjanya buruk.

Dengan kata lain, kualitas EHost itu termasuk yang bagus dan layak untuk direkomendasikan. Sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat website profesional tetapi tidak ingin membuang banyak uang.

Tenang, Anda bisa melihat kelebihan EHost supaya Anda tidak ragu lagi dengan EHost. Anda juga bisa melihat review nya di bawah…

Hosting Terbaik Dunia #8. InMotionHosting

review inmotionhosting

Mungkin Anda masih asing dengan hosting yang satu ini. InMostionHosting memang kurang terkenal seperti hosting lainnya. Tetapi, kinerja InMotionHosting juga termasuk bagus dan tak kalah dengan hosting lainnya.

Untuk uptime server, InMotionHosting cukup bagus. Kinerja server juga termasuk yang tercepat kedua setelah A2Hosting. Namun, harganya cukup mahal dibandingkan hosting yang lainnya. Anda bisa cek kelebihan dan kekurangan lainnya di bawah ini :

Untuk membuat Anda tidak bingung, maka saya menyediakan tabel yang berisi rangkuman tentang kualitas web hosting luar negeri di atas.

Nama HostingRatingCek Situs
BlueHost8.4/10
SiteGround9.2/10
HostGator8.6/10
DreamHost8.8/10
A2Hosting9.5/10
IPage8.7/10
EHost9.0/10
InMotionHosting9.1/10

8 thoughts on “20 Rekomendasi Hosting Terbaik di Indonesia Maupun Luar Negeri (Dunia)

  1. mantap gan artikelnya..
    kalau pengen buat website dengan platform wordpress ane rekomendasikan niagahoster…
    keren dah,coba cek web ane inginberbagi.com
    pelayanan memuaskan dan server jarang down

    1. Emang bener banget mas Mochammad.. Niagahoster emang pelayanannya bagus, servernya jarang down, harganya terjangkau juga. Saya juga pake Niagahoster 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *