VPS adalah

Apa itu VPS? 6 Kelebihan dan 4 Kekurangan VPS Dibandingkan Hosting Lain

Ada banyak hal yang bisa dipelajari tentang internet. Salah satunya adalah tentang Virtual Private Server. Anda tentu sedang bertanya-tanya tentang apa itu VPS, bukan? Itulah sebabnya anda berada disini, dengan keinginan kuat untuk memahami salah satu misteri internet. Virtual private server merupakan sebuah layanan hosting. Saat ini VPS telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

 Apa Itu VPS ? VPS Adalah…

VPS bukan satu-satunya layanan hosting. Tetapi VPS adalah hosting yang memanfaatkan teknologi virtualisasi guna menyediakan sumber daya pribadi diserver bahkan ketika digunakan oleh banyak user sekaligus. Layanan hosting lainyang juga banyak dikenal orang adalah shared hosting. Namun VPS hosting jauh lebih stabil dan aman meskipun memang lebih mahal dari shared hosting.

Keunggulan dan Kelebihan yang Dimiliki oleh VPS Hosting

Jika anda sedang kebingungan memilih hosting untuk website anda, pilihan yang paling direkomendasikan adalah VPS hosting. Tetapi tentu saja anda harus memahami lebih dari sekedar apa itu apa itu VPS.

Baca : Apa itu Hosting dan Domain? Pengertian dan 8 Jenis Hosting

Anda juga perlu memahami kunggulan serta kekurangan dari hosting ini. Selanjutnya ada baiknya membandingkan hosting ini dengan hosting yang lain. Berikut beberapa kelebihan hosting ini.

1. Lebih maju daripada shared hosting

Dibandingkan dengan shared hosting, VPS hosting jauh lebih dapat diandalkan. VPS hosting juga lebih cepat dari pada shared hosting.

2. Hadir dengan jaminan sumber daya server

VPS Hosting dilengkapi dengan processing power atau memori. Hal ini sangat berguna untuk menghindari fluktuasi yang bisa terjadi pada sumber daya yang tersedia.

3. Menyediakan akses istimewa

Dengan menggunakan VPS hosting, anda akan memperoleh akses root atau yang biasa disebut dengan akses superuser ke server. Akses ini tidak diberikan oleh hosting lain selain VPS hosting.

4. Perlindungan ekstra terhadap situs web anda

Ketika user lain mengalami masalah yang berkaitan dengan lalu lintas situs web atau dengan situs web itu sendiri, situs web anda tidak akan terpengaruh.

5.  Tersedia jaminan privasi bagi pengguna VPS hosting

Basis data dan file anda akan tersimpan dan tersembunyi dari pengguna server yang lain. Hal ini berarti perlindungan data dan privasi untuk anda.

6. Hosting dengan layanan yang bisa diperbarui

Ketika situs web anda mulai berkembang, VPS hosting akan membantu anda memperbarui server anda. Anda bisa mengupdrage bandwidth, RAM, disk space, danCPU dengan mudah.

Daftar keunggulan VPS hosting diatas terlihat menarik, bukan? Tetapi jangan sampai anda memutuskan untuk menggunakan VPS hosting hanya karena tergiur dengan segala kelebihan tersebut. VPS hosting juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin tidak banyak tetapi cukup untuk menggoyahkan tekad anda. Apa saja kekurangan yang dimiliki oleh VPS hosting?

Sedikit Kekurangan dari VPS Hosting yang Harus Anda Tahu

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, VPS hosting dan tentunya hosting yang lain memiliki beberapa kekurangan. Membahas kekurangan VPS hosting sangatlah penting setelah anda memahami apa ituVPS. Dengan mengetahui plus dan minus dari sebuah hosting, anda bisa membandingkannya dengan hosting lain dan memilih yang terbaik. Kekurangan VPS adalah sebagai berikut.

pengertian vps

1. Harga yang lebih tinggi dari pada shared hosting

Jika budget yang anda siapkan terbatas, anda tentu akan lebih berpihak pada shared hosting. Dengan berbagai kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya tidak heran jika harga layanan VPS melambung tinggi di atas shared hosting. Tetapi harga yang ditawarkannya tentu senilai dengan keunggulan yang tidak ditawarkan oleh hosting-hosting lain.

2. Pengetahuan teknis mendalam

Jika anda berencana menggunakan layanan VPS hosting, anda perlu benar-benar memahami penggunaan server, terutama windows dan linux. Pengetahuan teknis ini akan sangat anda butuhkan untuk bisa mengelola server. Anda perlu memelajarinya terlebih dahulu karena tidak akan ada bantuan dari pihak hosting dalam hal pengelolaan server.

3. Mengharuskan anda untuk tidak membuat kesalahan

Jika pengaturan server salah sedikit saja, anda akan menghadapi resiko tinggi dalam hal keamanan. Jadi pastikan anda berhati-hati dan teliti ketika berurusan dengan pengaturan server. Cek ulang dan pastikan semuanya sudah benar untuk menghindari kerugian.

4. Biaya pengembangan tinggi

Ketika anda membutuhkan resource besar, anda akan dihadapkan pada biaya yang juga lebih tinggi. Jadi, jika budget yang anda miliki tidak terlalu besar,hosting lain seperti shared hosting merupakan pilihan yang lebih tepat. Namun jika anda benar-benar menginginkan VPS hosting, pastikan anda mempersiapkan budget yang cukup untuk pengembangan resource.

Baca : 18 Tips Memilih Web Hosting Supaya Website Anda Tidak Mdah Down

Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangan VPS hosting, anda juga perlu mengetahui perbedaan hosting ini dengan hosting yang lain. Dengan melakukan perbandingan antara VPS hosting dan hosting lain, anda akan terbantu untuk memilih satu hosting yang paling tepat dansesuai dengan kebutuhan. Dibawah ini merupakan perbandingan VPS dan hosting lain yang sebaiknya anda pelajari.

Bandingkan VPS dengan Hosting Lain untuk Memilih yang Terbaik

Pengetahuan dasar tentang apa itu VPS saja tidak cukup untuk menentukan apakah VPS merupakan hosting terbaik ataubukan. Setiap web hosting, meskipun sama-sama memungkinkan anda melakukan berbagai kustomisasi server, memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut bisa jadi dalam hal performa seperti waktu yang dibutuhkan untuk loading atau dalam hal harga atau ketersediaan layanan.

1. VPS hosting versus shared hosting

Jika situs web anda memiliki jumlah traffic yang masih rendah, anda perlu memulai dengan shared hosting. Shared hosting mengharuskan anda berbagi server dengan klien lain. Shared hosting bisa diumpamakan sebagai apartemen. Dengan hosting ini anda harus membagi apartemen anda dengan penghuni lain. Sedangkan VPS hosting adalah bangunan kamar pribadi dalam apartemen.

Baca : 20 Web Hosting Terbaik di Indonesia dan Dunia

Sebaliknya dari shared hosting, dedicated hosting direkomendasikan bagi anda yang memiliki situs web dengan traffic yang sangat tinggi. Hosting inimenjadi yang yang terbaik karena sifat servenya yang cepat, dapat dimodifikasi, serta fleksibel. Tetapi harganya jauh lebih mahal dari pada VPS hosting. VPS adalah pilihan terbaik antara shared hosting dan dedicated hosting.

2. VPS hosting versus cloud hosting

Dengan menggunakan cloud hosting, anda akan bisa menggunakan tidak hanya satu tetapi beberapa server. Jika satu server sangat sibuk traffic akan dialihkan secara otomatis oleh cluster ke server lain yang tidak terlalu sibuk.Web hosting ini tidak memiliki masalah yang berkaitan dengan downtime. Ada juga infrastruktur cloud yang dilengkapi dengan VPS hosting.

3. VPS hosting versus WordPress hosting

WordPress hosting adalah layanan hosting yang ditawarkan hanya untuk pemilk situs web yang berbasis WordPress. Jika situs web anda tidak berbasis WordPress, anda tidak akan bisa merasakan kelebihan yang dimiliki hosting ini. Jika situs web anda berbasis WordPress tetapi ingin menggunakan VPS, anda dapat mengkonfigurasi VPS hosting sesuai kebutuhan situs web anda.

Setelah semua keterangan di atas,apa lagi yang perlu anda ketahui berkenaan dengan VPS hosting? Satu hal penting lain yang sebaiknya anda pelajari adalah memahami waktu yang tepat untuk mengupgrade serta menggunakan VPS hosting. Dibawah ini anda akan menemukan informasi lengkap mengenai hal yang telah disebutkan di atas.

Memahami Waktu Penggunaan VPS yang Tepat

apa itu vps

Banyak orang memilih menggunakan VPS hosting ketika situs web mereka telah berkembang pesat. Jika anda saat ini menggunakan shared hosting dan telah melakukan beberapa kali upgrade hingga kepaket shared hosting yang paling mahal, anda perlu mempertimbangkan beralih ke VPS hosting. Apakah VPS hosting hanya boleh digunakan oleh situs web yang  trafficnya sudah tinggi? Tidak.

Ada beberapa kasus yang mewajibkan anda untuk memanfaatkan VPS hosting dari awal. Misalnya ketika situs web yang anda jalankan adalah situs web e-commerce. Anda tentu ingin mengatur metode pembayaran yang lebih aman, cepat, dan nyaman. Hal itu akan bisa diberikanoleh Virtual Private Server. VPS sanggup mengurangi risiko kebocoran keamanan bahkan mengidentifikasi pencuri.

Kasus lain yang mewajibkan anda menggunakan VPS hosting sejak dini adalah jika anda menginginkan traffic situs web untuk naik di saat-saat tertentu. Misalnya jika situs web anda menjual tiket online atau perencanaan event, anda harus mengandalkan VPS hosting. Situs web lain seperti server game yang memerlukan resourse besar harus menggunakan VPS hosting sejak awal.

Untuk situs web selain yang disebutkan di atas, shared hosting masih lebih direkomendasikan dari pada VPS hosting. Situs web pribadi misalnya, tidak memerlukan VPS hosting yang terlampau mahal. Terus kembangkan situs web anda dan tingkatkan paket shared hosting ketika traffic situs web anda semakin meningkat. Baru ketika anda sudah beradadi paket tertinggi, anda bisa berganti ke VPS.

Kesulitan yang akan anda alami ketika menggunakan VPS hosting yaitu anda diharuskan mengelola server tanpa adanya bantuan dari pihak lain. Andalah yang harus mengonfigurasi virtual sertamengaturnya dengan benar untuk menghindari berbagai persoalan yang berkaitan dengan performa dan keamanan. Untungnya, sekarang sudah ada layanan VPS managed yang jauh lebih baik.

Baca : 7 Tips Belanja Saat Harbolnas Untuk Mendapatkan Harga Terbaik

VPS managed adalah versi lain VPS hosting. Dibandingkan dengan VPS hosting, VPS managed lebih canggih karena sudah dilengkapi bantuan teknis sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan semua masalah yang disebutkan di atas. Meskipun VPS managed masih tergolong baru dibandingkan VPS hosting, sudah banyak penyedia hosting yang merekomendasikan versi ini kepada klien.

Bagiamana Cara Kerja VPS ?

Komputer anda merupakan server dimana web hosting menyimpan basis data dan file yang diperlukan untuk situsweb yang anda jalankan. Ketika pengunjung mengakses situs web anda, browser pengunjung akan mengirim permintaan kepada server anda. Server anda kemudian akan mengirim data yang dibutuhkan melalui internet. VPS hosting disini berguna untuk membuat server virtual.

Server virtual tersebut akan meniru server asli meskipun sebenarnya server tersebut dibagi ke lebih dari satu pengguna. Hosting penyedia akan menggunakan teknologi virtualisasi untuk memasang layer virtual tepat di atas sistem operasi server anda. Layer kemudian membagi server menjadi beberapa partisi sehingga memungkinkan masing-masing user memasang sistem operasi dan software mereka.

Hosting ini disebut VPS karena sifatnya yang virtual serta private yang memungkinkan anda memegang kendali penuh. Sebenarnya, teknologi VPS hosting sangat mirip dengan pembuatan partisi komputer saat anda akan menjalankan beberapa sistem operasi dalam sebuah komputer. Misalnya ketika anda ingin memasang sistem operasi linux dan windows dalam satu komputer tanpa melakukan reboot.

Jelas bahwa VPS hosting memberi anda kebebasan untuk membuat situs web dalam platform lebih aman. VPS juga memberikan jaminan resource berupa CPU core, disk space, serta memori sehingga anda tidak harus berbagi dengan user lain. VPS hosting juga memberi anda akses root yang setara dengan yang diberikan oleh dedicated server hosting akan tetap idengan harga yang lebih terjangkau.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *