mengenal content marketing

Content Marketing: Pengertian dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis

Jika berbicara masalah penjualan maka tidak akan lepas dari bagaimana sebuah produk tersebut dipasarkan. Ada banyak cara untuk memasarkan sebuah produk. Dengan cara pemasaran yang baik maka kemungkinan sebuah produk untuk dikenal masyarakat pun akan menjadi semakin besar.

Tentunya untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat ini maka sebagai pelaku usaha Anda pun harus paham dengan bagaimana cara pemasaran yang baik tersebut. Apalagi di era seperti sekarang, di mana kegiatan berpromosi menjadi lebih mudah namun persaingan akan menjadi lebih ketat.

Di zaman internet seperti sekarang ini, ada satu hal yang mulai muncul ke permukaan berkaitan dengan masalah pemasaran ini. Hal tersebut adalah content marketing. Content marketing ini dianggap menjadi salah satu solusi untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat ketika melakukan promosi di internet. Dengan melakukan ini, maka target pasar yang kita inginkan akan lebih mudah didapatkan.

Content Marketing

Content marketing  merupakan sebuah teknik bagaimana cara menjual sebuah produk dengan menggunakan sebuah konten yang berhubungan. Tidak sembarang konten bisa dijadikan sebagai content marketing. Ada beberapa hal yang harus dipikirkan ketika akan membuat sebuah content marketing.

Setidaknya ada dua hal yang menjadi syarat utama untuk membuat sebuah content marketing yang baik. Pertama, konten yang dibuat haruslah penting, relevan, dan konsisten. Tiga hal ini merupakan salah satu syarat utama yang harus dipenuhi. Jika akan membuat sebuah konten untuk kebutuhan pemasaran, maka hal tersebut haruslah releven dengan apa yang akan anda jual. Jika Anda akan menjual sebuah sepatu maka konten yang dibuat pun haruslah relevan dengan sepatu.

Selain masalah relevan hal lain yang juga harus dipikirkan adalah, seberapa penting konten yang dibuat untuk konsumen. Meskipun relevan, namun jika tidak penting maka hal tersebut tidak akan berguna. Calon konsumen tidak akan menanggapi apa yang tidak penting menurut mereka. Membuat konten yang relevan mungkin cukup mudah, namun seberapa penting hal tersebut untuk konsumen merupakan hal lain. Untuk menciptakan konten yang penting dan relevan maka Anda bisa menentukan daftar konten yang relevan dan mengurutkannya dari mulai yang terpenting sampai yang paling tidak penting.

Selain dua hal tadi, masalah lain yang juga harus dipikirkan adalah konsistensi. Sulit mendapatkan konsumen hanya dengan mengandalkan satu konten saja. Perlu beberapa konten sampai akhirnya Anda merasakan manfaat dari strategi content marketing ini. Di sinilah pentingnya sebuah konsistensi terjaga. Anda harus punya patokan kapan konten pemasaran tersebut dikeluarkan untuk mendapat banyak respon dari calon konsumen.

Syarat utama yang kedua dalam masalah content marketing ini adalah masalah tujuan. Sebuah content marketing harus bisa merubah calon konsumen atau audiens menjadi konsumen. Sebuah content marketing bisa dibuat semenarik mungkin sehingga menarik banyak audiens. Namun target utama dari pembuatan content marketing bukanlah mencari sebanyak mungkin audiens. Sebuah content marketing harus bisa merubah banyaknya audiens ini untuk menjadi konsumen. Sebuah content marketing harus bisa mengajak para audiens ini untuk membeli atau menggunakan produk yang dipasarkan.

Manfaat Content Marketing

Dengan belajar content marketing untuk bisnis ini Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah Anda akan tahu bagaimana cara menentukan target pasar yang sesuai dengan produk yang dijual. Selain itu, manfaat lain yang didapatkan dengan memahami content marketing ini adalah

Investasi

Dibanding dengan membuat iklan konvesional yang berbiaya sangat mahal namun ketahanannya mungkin tidak cukup lama. Dengan content marketing maka biaya yang dibutuhkan relatif lebih murah namun materinya bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Sebuah artikel misalkan, selama masih relevan maka akan bertahan dalam waktu bertahun – tahun. Kalaupun sudah tidak relevan maka akan lebih mudah untuk melakukan updatenya. Dalam segi bisnis, ini tentu merupakan sebuah keuntungan. Anda mengeluarkan modal yang lebih sedikit untuk sesuatu yang bisa digunakan lebih lama.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel Berkualitas yang Bermanfaat Bagi Pembaca

Brand Awareness

Content marketing yang baik akan membuat audiens menyadari ada sesuatu yang menarik. Tentu ini akan sangat baik bagi brand yang Anda miliki. Dengan semakin meningkatnya brand awareness Anda dimata audiens, maka kemungkinan mereka untuk menjadi konsumen pun akan meningkat.

Kepercayaan Konsumen

Saat ini salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh para calon konsumen sebelum membeli produk adalah mencari reviewnya terlebih dahulu di internet. Bayangkan jika Anda bisa meyakinkan para calon konsumen ini dengan menggunakan content marketing yang menarik. Modal yang diperlukan cukup murah namun akan banyak orang yang melihat. Semakin menarik content Anda maka akan membuat para calon konsumen ini semakin percaya.

Menambah Traffic

Jika yang jual adalah produk digital seperti website, maka dengan menggunakan content marketing ini akan mampu menarik traffic dengan cukup tinggi. Sebuah website yang memiliki content artikel menarik akan mampu membuat banyak pengunjung. Semakin tinggi sebuah traffic maka semakin banyak pula audiens yang bisa dirubah menjadi konsumen.

Konversi Pelanggan

Ini merupakan tujuan utama dari sebuah content marketing. Content marketing dinilai sangat efektif untuk merubah audiens ini menjadi pelanggan. Content marketing ini dibuat untuk merubah para penonton video untuk membeli produk yang Anda jual. Merubah para pembaca untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Semua hal tersebut akan Anda dapatkan ketika menggunakan content marketing dengan benar.

Melebarkan Target Konsumen

Content marketing yang baik akan membuat banyak orang mengenal produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak orang yang mengenal maka akan semakin banyak calon konsumen yang Anda milki. Ini artinya target konsumen Anda akan semakin meluas. Inilah salah satu manfaat dari belajar content marketing untuk bisnis. Anda bisa menjangkau banyak hal yang sebelumnya mungkin akan sulit untuk dijangkau.

Strategi Content Marketing

Untuk menciptakan sebuah content marketing yang efektif dan menarik tentu ada beberapa langkah yang diperlukan. Langkah – langkah ini akan menentukan bagaimana strategi pemasarang yang akan dilakukan. Strategi pemasaran yang tepat akan mampu menjangkau lebih banyak audiens yang bisa dirubah menjadi konsumen. Adapun beberapa langkah untuk menciptakan strategi tersebut adalah :

Tentukan Tujuan

Hal pertama yang harus diketahui adalah apa sebenarnya tujuan Anda melakukan pemasaran ini. Dengan mengetahui tujuan ini maka akan lebih mudah untuk menentukan langkah – langkah selanjutnya.

Lakukan Riset

Riset ini bertujuan untuk menciptakan content yang sesuai. Target riset ini adalah para calon konsumen Anda. Oleh sebab itu, hal pertama yang diperlukan adalah menentukan target pasar yang akan Anda tuju. Dengan melakukan riset ini Anda akan mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para calon konsumen.

Audit Konten

Semakin banyak konten yang dibuat tentu akan semakin baik. Hal ini karena akan membuat calon konsumen mendapat banyak informasi. Namun dengan banyaknya konten ini juga Anda perlu untuk melakukan pengecekan mana konten yang efektif dan tidak. Hal ini akan memberikan Anda gambaran tentang bagaimana konten yang disukai dan tidak.

Selalu Pikirkan Ide Baru

Calon konsumen tentu akan senang jika mereka melihat sesuatu yang baru. Hal ini juga berlaku untuk pencipta content marketing. Konten yang itu – itu saja tentu akan membuat audiens bosan. Hal ini berpotensi untuk membuat produk Anda ditinggal konsumen.

Contoh Content Marketing

Dalam penggunaanya ada banyak sekali contoh dari content marketing. Pada dasarnya semua konten yang bisa dibuat di internet bisa digunakan mennjadi media pemasaran. Dari mulai video, audio, text, bahkan gambar sekalipun. Dengan belajar content marketing untuk bisnis maka semua hal tadi akan memiliki tingkat efektifitas yang cukup tinggi. Berikut adalah beberapa contoh dari penggunaan content marketing

Blog

Jika melihat ke syarat di mana content marketing harus relevan, penting, konsisten, dan mencapai sebuah tujuan. Maka blog merupakan salah satu hal yang cocok dengan ini semua. Dengan membuat content marketing pada blog, maka banyak hal yang bisa dituliskan.

Blog memungkinkan Anda untuk menjelaskan produk dengan lebih detail. Untuk masalah ketahanan pun blog merupakan yang terbaik. Informasi yang ada di blog setidaknya bisa bertahan dengan lebih lama dibanding platform lain. Orang lebih mudah mencari informasi lama di blog daripada pada media lain.

Video

Dengan tren youtube yang makin meningkat, maka menggunakan video sebagai content marketing pun merupakan suatu hal yang akan sangat efektif. Untuk sebagian orang yang lebih suka menonton maka video adalah cara yang paling tepat untuk menjangkaunya.

Video ini juga bisa dibaut dengan lebih menarik. Tingkat efektifitasnya pun akan sangat tinggi. Sebuah content marketing yang dipadukan dengan video yang menarik akan lebih mudah menjangkau audiens dan merubahnya menjadi konsumen.

Email

Anda juga bisa menggunakan email sebagai media content marketing. Menggunakan email akan dianggap lebih personal bagi sebagian orang. Ini yang akan menjadi salah satu kelebihan dari penggunaan email. Dengan rasa personal ini juga membuat tingkat efektifitas dari email ini cukup tinggi. Penggunaan email sebagai content marketing ini bisa berupa newsletter, e – catalog, e – book, dan lain sebagainya.

Social Media

Jika berbicara masa sekarang, maka tempat paling cocok untuk melakukan promosi adalah di sosial media. Banyak orang yang berada di sini. Membuat content marketing di sosial media ini tentu akan menarik karena jumlah audiens yang akan melihatnya pun akan besar. Tinggal memikirkan content marketing yang pas maka ada banyak audiens yang bisa berubah menjadi konsumen ketika melakukan promosi di sosial media.

Podcast

Salah satu hal yang sedang tren akhir – akhir ini adalah podcast. Platform ini juga bisa menjadi contoh penggunaan content marketing untuk meningkatkan brand awareness. Cara kerjanya mirip dengan iklan di radio. Bedanya adalah materi yang dibuat akan lebih bertahan lama. Selama podcastnya ada, maka materi content marketing yang dibuat masih bisa didengarkan. Anda pun bisa memilih podcast mana yang cocok dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Itulah beberapa hal tentang content marketing yang perlu Anda ketahui. Dengan semua kemudahan dan manfaat yang ditawarkan maka akan sangat menarik jika Anda mulai mempelajari tentang bidang ini. Salah satu tempat terbaik di mana Anda bisa mempelajari semua ini adalah di skillacademy by ruang guru. Di sini Anda akan mendapatkan banyak materi tentang content marketing yang baik dari para ahli yang sudah berpengalaman. Biaya yang diperlukan pun sangatlah terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *