Cara Menulis Judul Artikel yang Menarik Perhatian

Judul Artikel: 12+ Cara Menulis Judul yang Menarik Perhatian Pengunjung

Jika Anda mengikuti panduan belajar SEO dari awal, Anda telah belajar tentang bagaimana optimasi SEO onpage serta cara membuat artikel yang berkualitas. Walaupun Anda sudah bisa optimasi SEO dan membuat artikel, rasanya sia-sia apabila Anda belum belajar bagaimana cara menulis judul yang menarik perhatian.

Pada dasarnya, kita menulis judul bukan untuk mesin. Tapi, lebih cenderung ke bagaimana judul tersebut dapat membuat orang mau melakukan klik dan mengunjungi konten yang telah Anda buat dengan susah payah.

Tentu, Anda tidak mau kan kalau sudah capek riset kata kunci, membuat artikel dan optimasi onpage SEO, lalu tetap tidak ada orang yang membaca tulisan Anda hanya karena judul tidak menarik?

Pentingnya Menulis Judul Artikel yang Menarik

Banyak orang yang tidak peduli tentang cara membuat judul yang menarik, hanya karena tidak berpengaruh terhadap SEO. Oke, secara langsung memang peranan judul terhadap SEO tidak terlalu besar. Google tidak bisa mengetahui secara mentah-mentah seperti apa judul yang bagus.

Tapi, Google dapat mengetahui judul yang dapat menarik perhatian para pembaca dan memang sengaja dibuat dengan hati, bukan judul yang dibuat dengan lebay. Logikanya, jika ada banyak orang melakukan pencarian melalui mesin pencari dan kemudian mengunjungi sebuah artikel dan mereka betah, bisa dipastikan judul tersebut memang menarik dan berkualitas (serta isi artikelnya juga berkualitas).

Sekilas, mungkin Anda berpikir bahwa membuat judul yang sedikit berlebihan akan lebih menarik perhatian dan dapat mengundang klik. Pemikiran Anda tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar. Dengan membuat judul yang sedikit berlebihan, maka ada dua kemungkinan yang terjadi.

  • Banyak orang yang mengunjungi artikel Anda namun mereka tidak nyaman dan memilih untuk kabur dari website Anda karena isi artikelnya tidak sesuai dengan judul
  • Tidak ada orang yang klik karena sudah pernah mengalami kejadian di poin pertama

Anda perlu tahu prinsip ini: Judul harus dapat menggambarkan isi artikel.

Jadi, jika misal list poin pada artikel Anda 10, ya Anda jangan sampai menambah atau bahkan mengurangi poin pada judul. Kurang lebih seperti itu. Lalu, bagaimana cara menulis judul yang dapat mengundang klik?

Cara Menulis Judul Artikel yang Mengundang Klik

Peranan judul sangatlah penting bagi kita. Karena, yang pertama orang lihat dari sebuah artikel adalah judulnya. Maka dari itu, kita harus dapat membuat judul yang mampu mengundang klik. Bagaimana caranya?

1. Buatlah Judul untuk 1 Target Pembaca

Hal yang sangat penting untuk diketahui saat membuat judul adalah poin ini. Anda harus tahu artikel yang Anda buat ditujukan oleh siapa. Jika Anda telah membaca panduan cara menulis artikel, pasti Anda tahu siapa target pembaca.

Mencari tahu target pembaca yang tepat adalah hal yang harus Anda lakukan. Dengan begitu, kita dapat membuat judul yang memang pas untuk mereka. Memang, artikel kita bisa saja dibaca oleh siapapun, pria atau wanita, berusia muda ataupun tua, hobinya apa, dsb.

Tapi, kita perlu menetapkan siapa pembaca kita yang terbanyak. Langkah-langkahnya sudah ada pada panduan cara membuat artikel. Karena jika kita membuat judul yang tidak spesifik hanya demi mengincar banyak orang dengan berbagai usia dan jenis kelamin, justru sebenarnya Anda sedang tidak mengincar siapapun.

Contohnya seperti ini:

Apabila Anda sedang mencari artikel tentang list tempat wisata untuk keluarga, judul mana yang Anda pilih?

  • 10 Tempat Wisata Terbaik untuk Keluarga
  • 10 Tempat Wisata Terbaik dengan Harga Terjangkau
  • 10 Tempat Wisata Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Logikanya, Anda pasti akan memilih poin pertama. Itu karena judulnya menggambarkan isi yang cocok dengan apa yang Anda cari. Untuk poin kedua, tetap masuk akal namun belum tentu tempat wisata tersebut cocok untuk keluarga, apalagi yang ketiga.

Dengan membuat judul yang spesifik untuk 1 target pembaca, maka Anda juga akan lebih mudah untuk melakukan penjualan. Karena ketika kita membuat judul seperti pada poin pertama, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa yang membaca adalah orang yang telah berkeluarga dan sedang ingin berwisata.

Jika Anda telah bekerja sama dengan pihak penginapan, Anda bisa saja tambahkan rekomendasi tempat penginapan terdekat, misalnya. Dengan begitu, angka konversi sewa tempat penginapan cukup bagus, karena bisa saja mereka butuh penginapan, apalagi jika wisatawan berasal dari luar kota.

2. Gunakan Angka Supaya Lebih Spesifik

Pembaca sangat suka dengan angka, termasuk saya. Dengan adanya angka, kita bisa tahu gambaran pada artikel. Terutama apabila artikel berbentuk list. Tentunya, kita sebagai pembaca sangat ingin mendapatkan informasi yang banyak dan lebih spesifik dalam satu waktu.

Coba lihat beberapa contoh judul di bawah ini:

  • 10 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta
  • 20 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta
  • 30 Tempat Wisata Terbaik di Yogyakarta

Bayangkan jika Anda membaca artikel dengan judul pada poin pertama, tentunya kita hanya mendapatkan referensi 10 tempat wisata saja. Tentunya berbeda jika Anda membaca artikel dengan judul seperti poin ketiga, Anda bisa mendapatkan referensi jauh lebih banyak.

Jika Anda hanya boleh memilih untuk membaca satu artikel saja, maka tentu sangat rugi apabila Anda membaca artikel dengan judul seperti poin pertama. Sebisa mungkin, kita sediakan informasi dengan sangat lengkap. Ini juga berkaitan dengan optimasi on page SEO, yaitu menyediakan konten/artikel yang berkualitas.

3. Bedakan Antara Judul dengan Topik

Banyak orang yang salah pada poin ini. Saya sering lihat bahkan website besar masih belum bisa membedakan antara judul dengan topik pada beberapa artikelnya. Mereka membuat judul yang sama persis dengan topik. Jadinya, seperti tidak ada sesuatu yang menarik pada judul sehingga kurang mengundang klik.

Sebelum saya bahas lebih lanjut, pastikan Anda tahu perbedaan antara judul dan topik. Berikut contoh topik:

  • Cara membersihkan sepatu
  • Belajar membuat website

Berikut contoh judul (poinnya menyesuaikan dengan yang atas) :

  • 9 Cara Membersihkan Sepatu dengan Bahan Sederhana
  • Panduan Mudah Belajar Membuat Website Hanya dalam 10 Menit

Beda kan? Pada judul, kita bisa menambahkan kata-kata yang memang bertujuan untuk menarik perhatian. Contohnya pada poin pertama, kita bisa melihat ada tambahan kata dengan bahan sederhana.

Dengan begitu, gambaran panduan tersebut tidaklah susah karena bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan sepatu pun sederhana.

Begitu pula dengan poin kedua, ada tambahan kata hanya dalam 10 menit. Hal itu akan membuat para pembaca berpikir betapa mudahnya mengikuti panduan tersebut. Karena jika Anda hanya menuliskan topik saja sebagai judul, maka orang tidak akan tahu kualitas konten Anda.

4. Sertakan Kelebihan atau Hilangkan Kekurangan

Tentunya, pembaca ingin mendapatkan manfaat setelah selesai membaca konten Anda. Mereka ingin masalah mereka dapat diselesaikan hanya dengan membaca konten dari Anda. Nah, dalam membuat judul alangkah lebih baik jika Anda menambahkan kelebihan atau jika tidak, Anda bisa menghilangkan kekurangan pada pembahasan artikel.

Tidak harus dua-duanya, Anda bisa pilih salah satu saja antara menambah manfaat atau menghilangkan kekurangan. Tapi, jika bisa dua-duanya akan lebih baik. Contoh judulnya seperti ini:

  • 11 Cara Mengusir Semut Sampai ke Sarangnya Tanpa Peralatan Mahal

Pada contoh judul di atas, saya menyertakan kelebihan dan kekurangan. Untuk kalimat sampai ke sarangnya merupakan kelebihan dari artikel ini. Sedangkan, kalimat tanpa peralatan mahal merupakan kekurangan yang dihilangkan pada artikel ini.

Dengan begitu, ketika orang membaca artikel tersebut, harusnya sudah dapat mengusir semut hingga ke sarangnya tanpa perlu menggunakan peralatan yang mahal. Sampai sini paham?

5. Judul Jangan Terlalu Aneh

Tujuan kita membuat judul untuk menarik perhatian calon pembaca. Jika judulnya saja aneh, maka siapa yang mau membaca artikelnya? Memang, pada optimasi onpage SEO, sangat disarankan untuk meletakkan kata kunci pada judul.

Tapi, untuk optimasi judul dengan kata kunci jangan sampai terlihat aneh. Prinsip utama membuat judul adalah kenyamanan pembaca. Nah, jika Anda baru awal-awal membuat judul pasti bingung.

Solusi supaya Anda tidak bingung dan kesulitan adalah dengan cara membuat judul dalam jumlah banyak, lalu pilih yang paling menarik. Beberapa penulis terkenal pun sering melakukan hal itu.

6. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat judul artikel yang baik adalah dengan menggunakan bahasa yang logis dan juga mudah dipahami. Logis di sini bermakna bahwa kata-kata yang Anda tuliskan dalam pembuatan judul tersebut dapat diterima akal sehat para pembaca dengan cukup mudah.

Penggunaan bahasa yang logis dan runtut juga akan membuat judul yang Anda buat menjadi semakin terlihat menarik. Selain itu, dengan menggunakan bahasa yang logis dan runtut juga dapat menghindarkan salah persepsi atau salah memaknai judul dari para pembaca Anda.

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa judul artikel menarik yang menggunakan bahasa logis dan mudah dipahami untuk menarik minat para pembaca.

  • Cara Membuat Empal Gentong Yang Enak.
  • Jenis-jenis Artikel Sesuai Dengan Fungsinya.
  • Tips Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami.

Dengan beberapa contoh judul artikel tersebut, Anda bisa lebih memahami cara membuat judul pada artikel dengan menggunakan bahasa yang logis dan juga mudah untuk dipahami oleh calon pembaca Anda.

7. Jangan Membuat Judul Terlalu Panjang

Tips selanjutnya yang perlu Anda cermati ketika ingin membuat sebuah judul adalah dengan memperhatikan panjang judul itu sendiri. Sebaiknya, hindari penggunaan judul yang terlalu panjang dan tidak bertele-tele karena bisa mengurangi daya tarik yang melihatnya.

Selain itu, apabila judul yang Anda gunakan juga terlalu panjang maka bisa saja tampilannya menjadi terpotong di mesin pencari sehingga pengunjung tidak akan mengetahui maksud penulisan judul tersebut.

Untuk menghindari hal ini, banyak yang menyarankan agar membuat judul secara lebih singkat, jelas, dan juga padat. Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk membuat judul artikel menarik adalah dengan membuat judul tidak lebih dari 60 karakter.

Meski demikian, Anda tetap harus memastikan bahwa judul yang Anda tulis tersebut tetap memiliki struktur yang enak untuk dibaca tanpa mengubah arti dan makna dari isi artikel yang ingin Anda sampaikan.

Sebagai gambaran untuk Anda, berikut adalah beberapa contoh judul artikel populer penulisan judul dengan panjang maksimal 60 karakter.

  • 5 Mitos Seputar Sakit Maag yang Menyesatkan.
  • Beginilah Cara Meningkatkan Pendapatan Seorang Freelancer.
  • Resep Pecel Madiun Yang Mudah Dan Enak.
  • Cara Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Mudah.

Dengan judul artikel yang singkat, jelas, dan juga padat membuatnya menjadi cukup menarik bagi calon pembaca Anda.

8. Tambahkan Unsur Alasan dalam Judul Artikel

Selain unik dan menarik, tidak ada salahnya juga apabila Anda membuat judul yang membuat sedikit ‘penasaran’ para pembacanya. Dengan adanya unsur yang membuat penasaran ini akan membuat calon pembaca artikel menjadi lebih tertarik untuk membaca artikel secara keseluruhan karena mereka ingin segera mendapatkan jawaban dari rasa penasaran yang mereka miliki.

Anda bisa menambahkan unsur rasa ‘penasaran’ dalam judul dengan menambahkan beberapa pilihan kata seperti, fakta, rahasia, strategi, tips, trik, mitos, dan lain sebagainya. Terlebih jika Anda bisa mengombinasikan pilihan tersebut dengan pemilihan kata-kata yang unik dan menarik. Tidak menutup kemungkinan bahwa dampak yang dihasilkan pun akan semakin maksimal.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa contoh judul artikel populer yang bisa Anda gunakan.

  • Bingung Cara Merawat Mesin Mobil? Simak Ulasan Berikut!
  • 5 Rahasia Meningkatkan Penghasilan Seorang Youtuber.
  • 7 Hal Ini Pernah Dialami Freelancer, Kamu Yang Mana?

Memberikan unsur penasaran pada judul akan membuat pembaca seolah-olah menjadi terlibat sehingga tidak sedikit yang ikut membayangkan dengan ‘kejadian’ atau kondisi yang dituliskan pada judul artikel tersebut.

9. Tempatkan Keyword Pada Posisi Strategis

Bagi Anda yang berkecimpung dalam penulisan SEO (Search Engine Optimization) tentu tidak asing dengan yang namanya keyword atau kata kunci. Jika Anda memang diharuskan untuk memasukkan kata kunci ke dalam judul, ada baiknya jika Anda menempatkannya pada bagian yang strategis dalam judul Anda.

Ketika membuat judul tulisan yang mengandung kata kunci, tempat strategis untuk menempatkan kata kunci tersebut adalah pada bagian awal/depan dan pada bagian belakang judul.

Namun jika memang cara ini agak sukar untuk diterapkan karena memang tidak semua keyword penempatannya harus di depan atau belakang judul, maka menempatkannya dibagian tengah pun tidak masalah.

Apabila Anda menempatkannya dibagian tengah, sebaiknya didahului atau diikuti dengan kata-kata yang menarik agar minat pembaca tidak ‘kabur’ pada judul tulisan yang disajikan tersebut. Sebagai contoh, pada bagian ini akan disajikan kata kunci berupa ‘Wisata Malang’. Dengan kata kunci ini, berikut adalah beberapa contoh varian judul artikel yang bisa Anda tulis.

  • 10 Tempat Wisata Malang Keren Yang Harus Anda Kunjungi.
  • Bingung Liburan Kemana? Yuk Tempat Wisata Malang Berikut.
  • Jangan Kaget, Tempat Wisata Malang Ini Keren Banget!

Ketika menulis artikel dengan jenis SEO, penulisan keyword harus jelas dan sebisa mungkin sesuaikan dengan kata kunci yang ditarget.

10. Libatkan Pembaca Pada Judul Artikel

Salah satu langkah yang cukup baik ketika ingin membuat judul adalah dengan melibatkan pembaca dalam judul Anda. Dengan adanya keterlibatan secara emosional ini, pembaca akan menjadi lebih tertarik dengan judul yang Anda tulis sehingga peluang tulisan Anda dibaca juga akan semakin besar.

Untuk melibatkan para pembaca ke dalam judul, Anda bisa menambahkan beberapa frase kata ganti semisal Anda, kamu, kalian, dan lain sebagainya sesuai dengan target pembaca Anda. Jika Anda bisa mengombinasikan cara ini dengan beberapa cara lainnya yang telah diulas di atas, tidak menutup kemungkinan bahwa judul yang dihasilkan pun akan memiliki dampak yang cukup besar untuk Anda.

Berikut adalah beberapa contoh judul artikel yang dibuat dengan melibatkan ‘kehadiran’ pembaca ke dalam judul yang dituliskan.

  • Cara Membuat Website Untuk Kamu Yang Ingin Menjadi Blogger.
  • Inilah Tips Yang Harus Diperhatikan Jika Kamu Ingin Memulai Bisnis Online.
  • Cara Membuat Tampilan Feeds Instagram Anda Menjadi Lebih Menarik.

Saat ini melibatkan pembaca ke dalam judul semakin populer dan banyak dilakukan oleh para penulis. Hal ini karena langkah tersebut cukup efektif dalam merebut kondisi emosional para pembaca yang bersangkutan.

11. Jangan Lupakan Penulisan EYD

Cara membuat judul artikel yang perlu Anda cermati berikutnya adalah dengan mematuhi penulisan sesuai kaidah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Secara sederhana, EYD merupakan serangkaian tata cara yang mengatur penulisan dengan menggunakan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk menggunakan kalimat dan struktur penulisan sesuai EYD agar membuat judul tulisan yang dibuat menjadi semakin menarik. Anda juga perlu memastikan bahwa dalam penulisan judul tersebut tidak mengandung typo ataupun salah ketik. Adanya salah ketik dan juga tanda baca yang tidak sesuai akan membuat judul artikel Anda menjadi terlihat kurang baik di mata pengunjung.

Contoh penulisan judul dengan memperhatikan teknik penulisan sesuai kaidah EYD.

  • Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui.
  • Cara Membuat Telur Dadar Yang Enak Dan Lezat.
  • Tips Membuat Akuarium Yang Menarik di Rumah.

Mengingat EYD adalah sejumlah kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tentu ada cukup banyak yang perlu diperhatikan mulai dari pemakaian huruf kapital yang sesuai, penggunaan huruf miring, penggunaan kata serapan yang tepat, dan bahkan penggunaan kata sambung pun perlu diperhatikan.

12. Tampilkan Masalah Pada Judul

Tidak jarang, orang-orang pun tertarik dengan masalah ataupun suatu ke-khawatir-an. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika ingin menampilan masalah ataupun rasa khawatir pada judul yang Anda tuliskan. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa judul yang mengandung unsur masalah namun tetap menarik untuk dibaca.

  • 5 Kejadian Ini Sering Saat Terjadi Saat Wawancara.
  • 5 Akibat Ketiak Bau Yang Tidak Kamu Sadari.
  • Bagaimana Cara Flash Hp Tanpa Rusak?

13. Gunakan Perbandingan Pada Judul Artikel

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk digunakan saat membuat judul artikel yang menarik adalah dengan menggunakan frase perbandingan. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa judul yang melibatkan unsur frase pembanding di dalamnya.

  • Jas Dan Tuxedo, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Kondangan?
  • Bingung Pilih Flat Shoes Atau Slip On? Simak Ulasan Berikut!

Dengan menggunakan frase kata pembanding akan membuat judul menjadi terlihat lebih menarik dan juga unik untuk disimak.

Sudah Siap Membuat Judul Artikel yang Menarik?

Itulah beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan jika ingin membuat judul artikel yang menarik dan juga unik untuk berbagai keperluan. Kini dengan ulasan dan beberapa contoh yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu lagi bingung-bingung dalam membuat judul untuk artikel yang ingin Anda tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *