Tips Membuat Deskripsi Produk yang Menarik Perhatian

12 Tips Membuat Deskripsi Produk Untuk Menarik Banyak Pelanggan

Saat ini, salah satu hal penting yang harus ada dalam bisnis terutama dalam mempromosikan produk secara online adalah deskripsi produk. 

Deskripsi produk merupakan suatu informasi yang menjelaskan tentang suatu produk atau keterangan lengkap mengenai produk tersebut. Hal ini meliputi kualitas produk, kelebihan, spesifikasi produk, cara penggunaan, dan sebagainya.

Fungsi dari sebuah deskripsi produk adalah untuk memberikan informasi lengkap mengenai suatu produk agar bisa memudahkan para calon konsumen dalam mengenali produk Anda. Dengan begitu, harapannya dapat menarik dan meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Hal ini sangat penting karena deskripsi produk dapat menentukan apakah seorang pembeli akan membeli produk di toko Anda atau tidak. Ini berkaitan dengan reputasi toko online. Jika deskripsi produk Anda lengkap, jelas, dan bagus maka para calon konsumen akan lebih percaya dengan toko Anda begitupun sebaliknya. 

Oleh karena itulah, disini saya akan memberikan beberapa tips cara membuat deskripsi produk. Sehingga Anda bisa membuat deskripsi produk Anda dengan baik untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

12 Cara Membuat Deskripsi Produk

Berikut 12 tips membuat deskripsi produk yang baik agar bisa menarik para pelanggan:

1. Mencari Referensi 

Sebelum membuat deskripsi produk, ada baiknya Anda mencari referensi terlebih dahulu. Hal ini bisa melatih kosa kata Anda dalam membuat sebuah deskripsi produk sehingga produk Anda lebih mudah dipahami oleh calon konsumen.

Untuk mencari referensi dapat Anda lakukan dengan browsing toko-toko online sukses terkait produk Anda dan melihat deskripsi produk mereka sebagai referensi.

Tidak hanya itu, hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengenali target konsumen Anda dan menentukan gaya bahasa yang tepat untuk membangun komunikasi dengan mereka melalui pemilihan kalimat yang tepat untuk deskripsi produk Anda.

2. Pemilihan Kalimat

Dalam proses pembuatan deskripsi produk, sebaiknya pemilihan kalimat harus benar-benar Anda perhatikan. Hal ini karena pemilihan kalimat yang baik dapat menentukan ketertarikan konsumen terhadap produk Anda. Anda perlu paham dengan sebuah teknik copywriting.

Usahakan jangan menggunakan kalimat panjang dan berbelit-belit. Hal ini karena bisa menyebabkan konsumen bosan bahkan malas membaca deskripsi produk Anda. Jika sudah seperti itu, Anda tidak bisa berbuat banyak untuk menarik para konsumen agar bisa membeli produk Anda. 

Anda bisa menggunakan kalimat yang mudah dibaca, menarik perhatian orang, mudah dipahami atau bisa dikatakan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Jangan lupa juga perhatikan penggunaan dan penempatan tanda baca agar deskripsi produk Anda mudah dipahami.

Contohnya seperti deskripsi produk sneaker ABC berikut:

“Anda membutuhkan sepatu untuk beraktivitas sehari-hari, tapi Anda ingin tetap tampil trendi? Sepatu ABC hadir dengan desain up to date dan ringan saat melangkah, yang bisa membuat Anda lebih percaya diri menjalani aktivitas. Dilapisi dengan bahan PU Leather serta dengan konsep street style, sehingga Anda pun bisa memadukannya dengan gaya pakaian seperti apa pun. Tidak hanya itu, tumit Anda juga tetap terasa nyaman karena memiliki bantal penahan di bagian belakang”.

3. Fokus Kelebihan dan Manfaat Produk

Kelebihan dan manfaat produk adalah hal utama yang bisa menarik calon konsumen untuk membeli produk Anda. Hal ini karena sebagian besar orang ketika membeli suatu produk yang menjadi fokus utamanya adalah kelebihan dan manfaat dari produk tersebut bagi dirinya. 

Anda bisa memberikan alasan kenapa konsumen harus membeli produk Anda atau hal apa yang membedakan produk Anda dengan yang lainnya. Di bagian inilah, survey pasar juga dibutuhkan untuk mengetahui kelebihan-kelebihan produk Anda yang mungkin konsumen tidak bisa dapatkan pada produk lainnya.

Contohnya seperti deskripsi produk Lampu Alami dari Garam Himalaya berikut.

“Natural Shaped Himalayan Salt Lamp ini bisa menyegarkan udara dengan cara  mengurangi debu dan zat penyebab alergi. Penggunaan lampu ini juga bisa membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti asma, alergi dan sakit kepala”

4. Berikan Informasi Selengkap Mungkin

Dalam membuat deskripsi produk, sebaiknya Anda memberikan informasi yang sesuai dan selengkap mungkin. Sehingga bisa membuat calon konsumen tertarik dan yakin untuk membeli produk Anda.

Ingat disini lengkap bukan berarti panjang. Anda bisa menggunakan kalimat singkat dan praktis namun dapat mencakup seluruh informasi produk. 

Baca Juga: Cara Membuat Artikel dengan Mudah dan SEO Friendly

Untuk deskripsi produk yang lengkap, Anda bisa mencantumkan beberapa hal berikut yaitu mengenai bahan produk, proses pembuatan, siapa atau perusahaan yang membuat produk, waktu kadaluarsa, cara menggunakan, manfaat, ukuran produk, detail bentuk, dan lain sebagainya.

5. Tambahkan Kata-kata Berhubungan dengan Perasa

Menambah kata-kata yang berhubungan dengan perasa cukup mampu untuk membuat calon pelanggan bisa membayangkan produk Anda. Jika pelanggan sudah bisa membayangkan produk Anda, maka kemungkinan besar pelanggan tersebut dapat tertarik untuk membeli produk Anda. 

Kata-kata perasa ini bisa seperti lembut, crunchy, halus, nyaman, dan lainnya. Salah satu contoh deskripsi produk dengan kata-kata sensori yaitu pada deskripsi produk Bakso Mercon Super ABCD. Adapun deskripsinya sebagai berikut:

“Hujan-hujan seperti ini, memang enaknya membayangkan gebetan di depan jendela yang berkabut. Tapi, akan lebih enak lagi jika di depan Anda ada semangkuk bakso mercon panas yang super pedas. Mie nya yang lembut di bibir dan bakso yang dagingnya tumpah-tumpah, bakal menambah tenagamu untuk mengejar si dia”

6. Gunakan Kata Kunci SEO

Menggunakan kata kunci SEO dalam sebuah deskripsi produk adalah hal yang utama dan sangat penting untuk dilakukan. Karena hal ini dapat memudahkan calon pembeli untuk bisa menemukan produk Anda melalui mesin pencari. 

Jadi walaupun Anda berjualan produk di marketplace atau website pribadi, para calon konsumen tetap bisa menemukan produk Anda dengan mudah. Hal ini memungkinkan jika Anda menggunakan kata kunci yang bagus untuk deskripsi produk Anda. 

Oleh karena itulah, dimanapun Anda berjualan baik itu website sendiri atau di marketplace. Jangan pernah lupa untuk selalu menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk Anda. 

7. Tambahkan Sentuhan Emosional

Deskripsi produk yang berkesan tentunya dapat membuat calon konsumen susah melupakannya. Jika sudah seperti ini, tentunya peluang mereka untuk membeli produk Anda juga akan semakin besar.

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk bisa memberikan sentuhan emosional kepada calon konsumen adalah dengan mendeskripsikan produk Anda seperti melalui story telling. 

Contohnya seperti yang dilakukan oleh Agradaya untuk mempromosikan produknya. Adapun deskripsi produknya sebagai berikut:

Hampir di setiap malam selalu hujan, dan mendung di sore hari. Jahe menjadi rempah kesukaan kami; mulai dari bikin teh, kopi, bikin bubur kacang hijau, susu jahe, wedang hingga minuman jeruk hangat. 

Mbokde selalu membuat Teh Jahe Sereh setiap break istirahat Keluarga Agradaya. Teh digodok dengan jahe sisa produksi dicampur dengan sereh dari kebun kami sendiri. Semua suka! Selain untuk menghangatkan badan, jahe juga bermanfaat untuk mengurangi mual-mual perut gak enak. Kalo kamu suka jahe diolah menjadi apa?

Dengan menggunakan teknik story telling ini, maka Anda akan lebih mudah terhubung dengan emosional para calon konsumen. Hal ini tentunya akan berdampak pada tingkat kepercayaan dan ketertarikan konsumen terhadap produk Anda.

8. Menggunakan Bahasa yang Natural

Untuk tips ini, Anda bisa menggunakan tata bahasa yang natural dan friendly. Alih-alih menggunakan kalimat yang bertele-tele, lebih baik menggunakan kalimat yang natural sehingga bisa membuat para calon konsumen tidak bosan membaca deskripsi produk Anda.

Pilih kosa kata yang menarik dan seperti berbicara langsung dengan para pembaca. Usahakan menggunakan kalimat umum yang mudah dicerna oleh pembaca. Adapun contoh deskripsi produk seperti ini yaitu pada produk ABC Drinks sebagai berikut.

“Mau menolak, jelas sungkan. Hmmm.. bagaimana jika nongkrongnya jangan di kafe? Anda bisa pilih area outdoor seperti taman kota yang lebih luas dan sirkulasi udaranya bagus. Dan masalah minuman, Anda bisa membawa bekal sebotol susu almond rasa kopi dari ABCD Drinks. Dengan rasa yang enak dan kalorinya yang rendah, Anda bebas nongkrong sepuasnya tanpa harus merasa bersalah”

9. Menggunakan Kosakata yang Variatif

Sebaiknya dalam pemilihan kosakata jangan terlalu monoton, sebatas pada kalimat yang sama. Usahakan Menggunakan kosakata yang variatif namun tetap bisa dipahami oleh pembaca.

Penggunaan kosakata yang variatif ini akan sangat berguna untuk membuat para calon konsumen tidak malas ataupun kebingungan ketika membaca deskripsi produk Anda.

Seperti ketika Anda mempromosikan sebuah produk skin care. Anda bisa menggunakan kombinasi beberapa kata dalam satu deskripsi seperti komedo, blackhead atau glowing dan wajah bersinar, bersih dan kinclong, dan sebagainya.

Contohnya yaitu pada deskripsi produk berikut:

Di tengah kesibukan yang sangat melelahkan, Ditambah dengan cucian yang menumpuk, perabotan rumah yang berantakan hingga setumpuk piring yang belum tercuci adalah masalah baru yang sering sekali membuat pusing. Jika dulu Anda harus mempekerjakan asisten untuk melakukannya, sekarang Anda bisa memesan jasa bersih-bersih rumah secara online. Unduh aplikasi ABC sekarang juga dan langsung pesan jasa dari mitra kami kapanpun Anda memerlukannya. Kapan lagi Anda bisa merasa nyaman sepulang bekerja dengan rumah yang sudah bersih dan kinclong?”

10. Teks Deskripsi Mudah di Skimming

Skimming merupakan suatu teknik membaca cepat atau sekilas. Skimming menjadi salah satu metode yang banyak digunakan oleh para pembaca saat ini. Mengingat minat baca masyarakat juga sudah mulai berkurang saat ini. Bahkan pengunjung biasanya akan membaca hanya 16% dari isi teks deskripsi Anda.

Jadi, jika Anda memang tidak bisa membuat deskripsi sesingkat mungkin, Anda bisa membuat teks deskripsi yang mudah untuk di skimming. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan trik-trik agar teks deskripsi Anda mudah di skimming.

Trik pertama yaitu dengan menggunakan font size yang berbeda pada beberapa bagian teks seperti pada teks isi dan judul. Dimana teks judul sebaiknya diberikan font yang lebih besar daripada isinya.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan bullet points atau numbering sehingga pembaca lebih mudah menemukan hal-hal penting yang Anda akan sampaikan. Seperti pada bagian spesifikasi atau keunggulan produk.

Tidak hanya itu, Anda juga memberikan bold pada bagian-bagian tertentu yang menurut Anda penting seperti kelebihan dari produk Anda misalnya pada kata lembut, murah, dan sebagainya. 

Kurang lebih contohnya sebagai berikut:

E-reader produk tercanggih di dunia saat ini. Memiliki resolusi tinggi berupa baterai yang mampu bertahan hingga 8 minggu. Produk ini dilengkapi juga dengan:

  • Sistem pencahayaan yang telah dipatenkan, menjamin para pembaca memperoleh pencahayaan yang sempurna sesuai dengan kondisi sekelilingnya
  • Paperwhite mempunyai 62% piksel yang lebih banyak sehingga resolusinya pun juga lebih tajam
  • Varian terbaru ini mempunyai 25% kontras yang lebih baik sehingga teks yang dihasilkan pun akan tampak lebih jelas dan gelap 
  • Walaupun digunakan dalam cahaya terang, Paperwhite tetap bisa menampilkan gambar dan tulisan yang jelas dan bebas silau.”

11. Tambahkan Foto Produk Asli dan Berkualitas

Foto produk menjadi salah satu faktor penting dalam deskripsi produk agar bisa menjelaskan produk dengan baik. Hal ini meningkatkan keyakinan dan kepercayaan para calon konsumen terhadap produk Anda. Karena dengan foto yang jelas maka akan membuat konsumen semakin yakin terhadap produk yang akan mereka beli.

Dalam pemilihan foto, usahakan foto yang Anda gunakan jelas dan asli agar bisa membuat konsumen menjadi semakin percaya terhadap produk yang Anda jual. 

Hindari menggunakan foto dari Google atau situs resmi produk tersebut. Karena hal ini bisa berdampak pada kepercayaan konsumen yaitu akan meragukan produk yang Anda jual bahkan toko Anda. 

Usahakan juga untuk membuat foto unik dan berkualitas sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan ternama. Karena semakin berkualitas suatu foto maka foto itu akan lebih mudah menarik calon pembeli. Bila perlu Anda bisa memberikan efek latar belakang yang menarik dan cantik sehingga bisa menarik perhatian konsumen.

12. Tambahkan Video 

Tidak hanya foto yang harus Anda tambahkan, tetapi video juga penting untuk ditambahkan dalam suatu deskripsi produk. Hal ini agar lebih meyakinkan calon pembeli karena mereka bisa melihat langsung secara live kualitas produk Anda.

Format video yang bisa Anda gunakan seperti format review produk yang memuat bentuk, keunggulan dan manfaat serta kelengkapan produk Anda. Tidak hanya itu, video juga harus disajikan dengan kualitas yang bagus tanpa blur ataupun pecah-pecah serta dengan audio yang jelas agar calon pembeli tertarik untuk menonton video Anda.

Untuk bisa lebih menjual produk, Anda bisa mengupload video tersebut ke channel YouTube Anda atau media sosial sejenis agar semakin banyak orang yang menonton dan tertarik dengan produk Anda. 

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menggunakan orang-orang terdekat yang mungkin mempunyai banyak follower atau subscriber untuk membantu mereview produk Anda. Hal ini terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan Anda karena orang-orang bisa percaya dengan produk Anda melalui reviewer tersebut.

Anda bisa meletakkan video produk ini dekat dengan deskripsi produk di website toko Anda. Hal ini agar para calon konsumen bisa langsung melihatnya dan percaya dengan semua teks deskripsi yang Anda berikan.

Sudah Bisa Membuat Deskripsi Produk yang Baik?

Itulah tips membuat deskripsi produk yang bisa menarik banyak pelanggan. Namun tips tersebut tidak akan berarti jika Anda tidak mempunyai niat dan melakukan semuanya dengan setengah-setengah. Jadi lakukan semuanya dengan sepenuhnya. Jangan lupa dibarengi juga dengan kerja keras, berdoa dan tidak pantang menyerah. 

Usahakan juga untuk membuat semua deskripsi produk Anda sejujur-jujurnya. Jangan sampai Anda kehilangan kepercayaan pelanggan karena dampak buruknya bisa menyebabkan kegagalan papa toko Anda. Jika Anda ingin membuat deskripsi untuk produk Anda namun tidak terlalu mahir dalam merancang kata, Anda bisa menggunakan jasa copywriting dari kami.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam membuat deskripsi produk sehingga Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan baik dan tingkat penjualan produk Anda pun akan meningkat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *