Press Release Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Press Release: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Informasi adalah salah satu aset paling berharga, terutama di era digital. Kebutuhan akan informasi oleh semua kalangan tidak hanya menjadi kewajiban bagi media tetapi juga oleh setiap perusahaan. Jika media merilis berita untuk menyampaikan informasi, perusahaan merilis press release untuk menyampaikan berbagai informasi tentang perusahaan yang dibutuhkan oleh media, klien, distributor, investor dan khalayak umum. 

Pengertian Press Release


Menurut A. Danandjaja (1985) dalam Disertasi Psikologi berjudul pola sistem para manajer di Indonesia:

“Pengiriman berita yang sudah jadi kepada surat kabar atau media lainnya, termasuk radio dan televisi. Materinya menyangkut hal-hal yang penting yang ingin disampaikan  kepada orang ramai mengenai usaha dan aktivitas perusahaan dan organisasi”

Sedangkan menurut Aceng Abdullah (2000) dalam buku Press Relations:Kiat berhubungan dengan media massa:
“Press Release adalah tulisan yang diberikan kepada wartawan yang berisi berita-berita yang dipilih tentang suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk dimuat dalam media”

Sejarah Press Release

Press release sudah ada sejak tahun 1906. Kala itu kecelakaan kereta di New Jersey, Amerika Serikat merenggut nyawa 50 penumpang. Perusahaan kereta memberikan pernyataan tertulis mengenai kejadian naas tersebut, dengan lengkap dan menyeluruh menjelaskan secara detail kenapa kecelakaan tidak terhindarkan. 

Pernyataan perusahaan mengenai kecelakaan tersebut dimuat di halaman pertama salah satu surat kabar terkemuka di Amerika Serikat, New York Times.

Sepanjang perkembangannya Press Release tidak hanya dipakai oleh perusahaan, bahkan peperangan juga memakai press release dalam bentuk propaganda. Adolf Hitler sebelum Perang Dunia 2 berusaha mengumpulkan uang untuk membiayai persiapan untuk berperang, terutama industri persenjataan. 

Jerman pada waktu itu selalu membuat press release mempromosikan produk dan teknologi mereka seperti Zeppelin, mesin, dan lain-lain sebagainya. Selain untuk menarik investor asing dan mendorong ekspor produk ke luar negeri, press release yang dilakukan oleh Nazi-Jerman juga dipakai untuk menunjukkan superioritas negara tersebut terhadap negara lain.

Press release dapat dimuat di berbagai media: cetak, elektronik, dan  online/digital. Keterbatasan yang dimiliki setiap media membuat tim PR (Public Relation)/Humas (Hubungan Masyarakat) setiap perusahaan harus memberikan effort lebih dalam menulis press release. 

Media cetak seperti surat kabar memiliki space yang terbatas dan membutuhkan biaya tidak sedikit untuk dimuat di halaman depan. Media elektronik seperti televisi dibatasi oleh durasi. Munculnya media online/digital membuat bentuk press release menjadi semakin beragam, contohnya saja berbagai press release perusahaan di social media dengan visual dan design yang menarik.

Jenis-jenis Press Release

Jelas, singkat, dan komprehensif. Tiga hal tersebut merupakan kunci utama  dalam membuat press release yang baik, Sesuai dengan tujuan utama press release, menyampaikan informasi. 

Sebelum berkenalan berbagai jenis press release, harus diketahui bahwa sebuah press release harus mengandung unsur 5W + 1H, yaitu What, When, Where, Who, Why, dan How. Selain tim PR atau humas, seringkali role pekerjaan lain juga diminta untuk membuat press release. Ilmu mengenai press release dapat dipelajari oleh siapapun dan termasuk skill yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan. 

Baca Juga: Cara Membuat Artikel yang Bisa Mengenalkan Produk Anda

Pada era digital, press release sebenarnya tidak terbatas oleh tulisan yang disampaikan kepada media. Mengikuti perkembangan zaman, beberapa perusahaan mulai membuat press release dalam bentuk poster dan video yang lebih menarik untuk dilihat oleh masyarakat.

1. Event Press Release

Press release jenis ini memiliki tujuan informatif. Ketika perusahaan mengadakan suatu event/kegiatan, press release mengenai acara tersebut akan dibuat untuk disampaikan kepada publik. 

Dengan press release, event/kegiatan akan mendapatkan exposure lebih. Prestise acara tersebut akan semakin tinggi dan lebih banyak orang yang tertarik dengan kegiatan yang diselenggarakan. 

Mengikuti rumus yang tertera di atas, event press release harus memiliki 5W + 1H. Apa saja konten yang tersedia dalam acara tersebut? Dimana acara tersebut akan diselenggarakan? Kapan acara diadakan? Siapa yang akan menjadi pembicara,host, dan tamu pada acara tersebut?  Kenapa harus bergabung dan mengikuti acara? Bagaimana cara mendaftar acara/event tersebut? 

Contoh Event release (Hanya fiksi belaka):  

Bandung, 30 juni 2021 

Dalam rangka merayakan satu tahun terbentuknya perusahaan Damai Sentosa, kami dengan bangga mempersembahkan acara SEHAT BANGSAKU pada tanggal 1 hingga 7 Juli 2021. Acara ini diselenggarakan secara online dan virtual mengingat saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19.

SEHAT BANGSAKU, sebuah konser virtual mengundang artis top dalam negeri seperti Raisa, Agnez mo, Rich Brian, NIKI, dan Pamungkas. Artis-artis ini juga akan berkolaborasi merilis satu single kolaborasi sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap pandemi Covid-19. Semua pembaca yang tertarik mengikuti acara ini dapat mengisi form di bawah ini. Dengan donasi minimal sebesar 5 ribu rupiah, kamu akan mendapat tiket virtual untuk menghadiri konser virtual dengan artis ternama. Semua donasi dari acara SEHAT BANGSAKU akan didonasikan untuk penanggulangan Covid-19.

“Semoga konser virtual SEHAT BANGSAKU bisa menjadi penyemangat bagi warga negara Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19”, tutup Harry Sterling selaku CEO Damai Sejahtera

2. New Hire Press Release

“Selamat kepada A yang telah menjadi direktur utama baru sukses sejahtera” Sering melihat berita dengan judul atau topik tersebut?  Pergantian direktur, komisaris, atau jabatan eksekutif  lain dalam perusahaan juga perlu diumumkan kepada publik. Press Release jenis ini berguna bagi pemilik stakeholder agar mereka tahu kemana arah perusahaan kedepannya. Pergantian jabatan eksekutif bahkan bisa mempengaruhi image dan harga saham perusahaan. Contohnya saja pergantian personil eksekutif di Bank, perusahaan BUMN, dan lain lain sebagainya.

Selain pemberitahuan mengenai posisi dan jabatan, berbagai achievement pemegang posisi baru juga akan diumumkan yang bertujuan untuk menaikkan tingkat kepercayaan publik terhadap perusahaan atau sebagai usaha untuk merubah image perusahaan.

Contoh New Hire release (Hanya Hanya fiksi belaka):  

30 Juni 2021 

PT Bank Gulung Tikar Tbk hari ini melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang menyetujui berubahnya susunan jajaran direksi perusahaan

RUPS menyetujui pengangkatan Takemichi Sano sebagai Komisaris Independen Bank Gulung Tikar yang memiliki pengalaman luas di Fintech untuk membawa Bank Gulung Tikar masuk ke era modern.

Terhitung mulai dari 1 Juli 2021, Takemichi Sano akan memulai berbagai program baru seperti merilis platform e-money yang bisa dipakai untuk belanja di pasar tradisional dan jajanan SD. Tidak perlu lagi khawatir pedagang cilok tidak memiliki kembalian, karena PT Bank Gulung Tikar akan mengintegrasikan pedagang kaki lima dengan sistem e-money.

Pengangkatan Takemichi Sano sebagai Komisaris Independen akan semakin membawa Bank Gulung Tikar menuju era digital. Dengan pengalaman beliau yang sudah teruji di sektor fintech, Bank Gulung Tikar akan menjadi Bank terdepan dalam e-money dan berbagai teknologi digital lainnya” kata Lorenzo Immobile, Direktur Utama Bank Gulung Tikar.

3. Product Press Release

Press release yang tidak kalah penting adalah ketika perusahaan memiliki produk baru. Pengumuman akan munculnya produk baru penting untuk menaikkan hype dan antusiasme calon pembeli tentang produk yang akan diluncurkan. 

Pers jenis ini juga dapat secara tidak langsung berpengaruh terhadap image perusahaan bahkan dapat merubah harga saham perusahaan di bursa efek.

Tidak hanya penting bagi perusahaan, berbagai pemilik stakeholder juga menunggu release produk. Contohnya adalah ketika Apple mengumumkan produk terbaru dari seri iPhone tidak hanya rekan bisnis atau pelanggan setia yang menaruh perhatian, bahkan kompetitor pun akan menjadi pemerhati yang membutuhkan informasi mengenai produk terbaru Apple tersebut.

Product press release juga menjadi benchmark bagi produk tersebut. Release produk akan berpengaruh pada image perusahaan kedepan. Jika pers terlalu melebih-lebihkan dan tidak sesuai fakta maka pelanggan akan kecewa yang akan merusak nama baik perusahan.

Contoh product release (Hanya fiksi belaka):  

Jakarta, INDONESIA, 30 Juni 2021

Daebak, perusahaan teknologi baru asal negeri ginseng merilis serial handphone pertama mereka yaitu Daebak P1. Smartphone Daebak P1 adalah smartphone pertama yang memiliki chipset removable yang ditujukan bagi penambang Crypto.

P yang memiliki arti Pisan menunjukkan upaya Daebak yang membawa teknologi terbaru dari luar tapi tetap memperhatikan kebutuhan akan warga Indonesia terutama milenial yang makin banyak memilih berinvestasi di mata uang crypto dibandingkan  saham atau  reksadana. Smartphone ini eksklusif hanya akan dirilis di Indonesia dan tidak akan dirilis di negara lain.

Smartphone pertama dengan target pasar para miner crypto seperti Bitcoin atau Dogecoin membuat smartphone dengan harga yang dibanderol 10 juta rupiah menjadi alat investasi. Harga ini tidak seberapa dibandingkan dengan pendapatan yang bisa didapat oleh pengguna setelah melakukan mining crypto menggunakan smartphone satu ini.

Dengan chipset removeable, pengguna tidak perlu khawatir dengan rusaknya komponen smartphone kareena dipakai mining kurensi crypto. Setiap smartphone memiliki 5 chipset cadangan yang tinggal dibongkar pasang mengikuti manual yang sudah diberikan. Sehingga apabila komponen tersebut rusak pengguna tidak kehilangan waktu untuk terus menambang kurencrypto.

Innovation Chief PT Daebak Indonesia Son Jung Hwan mengatakan bahwa kehadiran Daebak P1 akan membawa Indonesia menjadi pemimpin dalam mata uang crypto di dunia.

4. Partnership Press Release

Press release bukan hanya cara untuk membuat perusahaan tetap berada di atas kompetitor, ada kalanya partnership antar perusahaan menjadi solusi cerdas untuk sama-sama menaikkan value kedua perusahaan. Pers jenis ini merupakan bentuk simbiosis mutualisme dalam dunia bisnis.

Baca: Jasa Penulis Artikel Press Release untuk Memperkenalkan Produk Anda

Partnership antara 2 perusahaan membutuhkan release untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Contohnya saja partnership antara dua startup hijau yang  baru saja merger, customer base masing-masing akan tertarik dengan perusahaan lain dan tentu saja memberikan keuntungan terhadap masing-masing perusahaan.

Contoh partnership release (Hanya fiksi belaka):  

Jakarta, 1 Juli 2020 – Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi mendorong e-commerce baru Selalu Diskon untuk mengembangkan sayap perusahaan melalui kerja sama dengan COD Aja, perusahaan jasa ekspedisi yang menerima transaksi langsung dengan pembeli. Partnership ini diadakan agar pembeli yang masih beradaptasi dengan e-money dan era digital tetap mampu menggunakan e-commerce Selalu Diskon sebagai toko online pilihan mereka.

Selain program cash on delivery (COD), partnership ini juga berencana menjalankan program cicil offline dimana pembeli bisa membayar barang melalui cicilan offline, dimana nanti petugas dari Selalu Diskon akan datang dalam kurun waktu beberapa bulan sekali untuk mengambil sisa pembayaran.

Marc Figo, Manager marketing PT Selalu Diskon, menjelaskan “Era digital memang tidak dapat dihindari, tetapi proses adaptasi masih berjalan terutama bagi generasi yang sudah terbiasa berbelanja di tempat konvensional. Kerjasama dengan jasa ekspedisi COD Aja adalah cara kami membangun jembatan untuk masyarakat menuju era 4.0”

5. General News/Feature Press Release

Press release yang paling sering kita jumpai di media adalah General News atau feature press release. Press release ini secara tidak langsung menyebut perusahaaan, disamarkan seperti berita atau artikel pada umumnya. Press release jenis ini seringkali disebarluaskan melalui media atau portal berita sehingga harus memiliki nilai berita dan informatif.

Press release jenis ini membutuhkan keahlian lebih, seringkali penulis dan jurnalis harus mencari topik yang relevan dengan informasi yang ingin disampaikan oleh perusahaan, seperti contoh di bawah ini.

Contoh General News/Feature release (Hanya fiksi belaka):  

Varian baru Covid-19 telah masuk ke Indonesia. Sejak tanggal 26 Juni 2021, setiap hari ada lebih dari 20 ribu kasus baru Covid-19 yang terdeteksi di Indonesia. Varian baru dari Covid-19 ini lebih berbahaya dan lebih menular dibandingkan varian awal yang pertama kali terdeteksi lebih dari setahun yang lalu di Indonesia.

Selain dianjurkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak serta menjaga kebersihan, masyarakat juga diminta untuk selalu memakai masker. Lebih lanjut lagi, kementerian kesehatan bahkan menganjurkan agar penduduk untuk memakai masker berlapis. Kekurangan dari masker berlapis tentu saja adalah sulitnya untuk bernapas dan bisa muncul jerawat pada wajah.

PT Ngibul Farma mempunyai solusi dari masalah ini dengan mengembangkan masker A-C19, masker ini memiliki teknologi tinggi yang bahkan dipakai oleh astronot NASA ketika mereka ke luar angkasa. Sangat efektif, masker ini juga terbukti di laboratorium mampu menangkal 99% radikal bebas sehingga selain memberikan keamanan juga menjaga kulit anda dari munculnya jerawat.

“Lonjakan kasus yang terjadi akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan. Berpegang pada prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati kami menggunakkan teknologi terbaaru untuk membantu memberikan perlindungan kepada setiap warga negara Indonesia. Terutama ketika varian baru virus ini semakin berbahaya dan menular” Kata Development department Leader PT Ngibul Farma, Karim Griezmann..

Manfaat Press Release

Seperti membeli kucing dalam karung, peribahasa ini menjadi prinsip bagi calon konsumen. Pers membuat calon konsumen memiliki informasi lebih mengenai perusahaan kita sehingga tingkat kepercayaan konsumen meningkat dan lebih memilih produk kita dibanding kompetitor.

Baca Juga: Mengenal Copywriting untuk Membuat Tulisan yang Mampu Menjual

Bagi perusahaan, image adalah segalanya. Pers sangat berpengaruh terhadap image perusahaan, bahkan bisa menyelamatkan perusahaan. Pada tahun 2018, Carlos Ghosn pendiri aliansi 3 perusahaan otomotif raksasa: Mitsubishi, Renault, dan Nissan ditangkap polisi atas kasus penggelapan uang. 

Setelah berita penangkapan Ghosn dimuat, saham perusahaan otomotif tersebut ambruk dan perusahaan terancam bangkrut. Press release yang tanggap dan tepat oleh Mitsubishi menyelamatkan mereka dan ratusan ribu karyawan yang bekerja di perusahaan asal Jepang tersebut.

Press release adalah salah satu hal penting dalam berkembangnya perusahaan, juga merupakan pilar utama dalam strategi membangun hubungan (public relation) dengan semua stakeholder perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *