Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

12 Tips Memilih Jasa Penulis Artikel yang Berkualitas

7 min read

Memilih sebuah jasa penulis artikel yang berkualitas dengan harga terjangkau bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi isi konten di dalam blog Anda membahas tentang hal yang tidak Anda kuasai. Oleh sebab itu, Anda memerlukan suatu jasa penulisan artikel yang terbaik.

Namun, tidak semua layanan jasa penulisan artikel memiliki kualitas artikel yang baik. Sehingga, Anda harus lebih cermat ketika sedang memilih layanan jasa tersebut. Mari simak info selengkapnya di bawah ini!

Cara Memilih Jasa Penulis Artikel Berkualitas

Pada era digital seperti saat ini, sangat banyak situs atau website yang menawarkan jasa penulisan artikel berbasis SEO. Biasanya artikel berguna untuk kebutuhan pemasaran produk, blog pribadi, dan lain-lain. Harga artikel juga sangat bervariasi tergantung jumlah kata dan tingkat kesulitannya.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa kriteria khusus saat memilih jasa penulis artikel. Agar artikel yang Anda pesan dapat membuat blog Anda berjalan secara maksimal. Silahkan simak uraian singkatnya berikut ini:

1. Periksa Portofolio

Portfolio dari penyedia jasa penulisan artikel sangat berhubungan dengan pengalaman dan jam penerbang dari penulis tersebut. Artinya, semakin banyak pengalaman, maka kualitas tulisan artikel juga akan semakin baik. Tetapi, Anda juga perlu memeriksa bahwa portfolio tersebut asli, bukan rekayasa dari penyedia jasa.

Kemudian, Anda juga bisa meminta contoh artikel yang pernah dibuat sebelumnya. Selanjutnya, coba untuk berkonsultasi tentang artikel yang Anda butuhkan dengan penyedia jasa. Agar pihak penyedia jasa mengerti jenis artikel yang Anda inginkan.

2. Harga

Meskipun banyak penawaran jasa penulis artikel dengan harga murah, pastikan Anda memilih harga yang berkualitas. Sebaiknya, sebelum memesan artikel, Anda survei terlebih dahulu harga pasaran dari penulisan artikel. Khususnya bagi Anda pemilik UMKM yang baru terjun ke pemasaran online.

Umumnya jasa penulisan artikel ada yang memberikan harga umum dan harga sendiri. Tergantung dari pengalaman dan jam terbang dalam bidang penulisan artikel.

Keputusan terakhir tergantung pada Anda, apakah menginginkan artikel dengan biaya mahal dengan kualitas bagus dan sesuai dengan kebutuhan website Anda? Pilihan lainnya adalah jasa penulis artikel dengan harga murah yang harus Anda teliti terlebih dahulu kualitas dari artikel tersebut.

3. Memiliki Basis Usaha

Cara lain untuk memilih jasa penulis artikel adalah dengan memastikan bahwa jasa tersebut memiliki basis usaha ke pasar dari produk yang mereka hasilkan. Karena, penulis artikel merupakan produk yang harus memiliki penawaran terbaik. Agar konsumen mengetahui kelebihan dari jasa yang telah Anda pilih.

Jika Anda baru pertama kali menyewa jasa penulis artikel dan ingin memilih penulis secara individu. Sebaiknya hindari melakukan kerjasama secara personal untuk meminimalisir bentuk penipuan.

Anda bisa menggunakan basis freelancer yang bisa menjadi pihak ketiga untuk menghubungkan Anda dengan pihak penulis. Namun, jika Anda sudah berpengalaman dalam merekrut penulis secara personal, pastikan penulis tersebut bisa Anda berikan kepercayaan penuh. Supaya blog bisnis Anda dapat berjalan secara maksimal.

4. Dapat Berkomunikasi Secara Profesional

Saat Anda membutuhkan jasa penulis artikel, Anda tidak harus mencarinya secara offline. Karena akan sangat menyulitkan bagi Anda secara pribadi. Agar proses pencarian dan memilih jasa penulis artikel menjadi lebih cepat, Anda dapat melakukannya secara online.

Meskipun proses pencarian secara online cenderung lebih cepat dan praktis, Anda tidak boleh memilih secara sembarangan. Carilah penyedia jasa yang sudah professional. Selain itu, mereka juga mampu berkomunikasi secara profesional. Misalnya, berkomunikasi melalui whatsapp, email, atau telegram.

5. Pastikan Tidak Memilih Jasa Robot

Di dunia digital pasti masih ada penyedia jasa penipu atau abal-abal. Karena semua hal bisa dikerjakan secara online. Khususnya untuk menulis artikel. Ada penyedia jasa yang menggunakan robot untuk membuat artikel dengan waktu yang sangat singkat.

Cara tersebut memang dapat menghemat banyak waktu, tetapi robot tetap berbeda dengan manusia. Robot tidak memiliki pengetahuan ketika memilih kata yang cocok. Robot hanya menulis artikel yang sesuai dengan persyaratan mesin plagiarism, agar artikel tidak terdeteksi plagiat. 

Oleh sebab itu, Anda harus memilih jasa penulis artikel yang menggunakan tenaga manusia. Agar artikel blog Anda human friendly dan SEO friendly yang berkualitas. Karena orang mampu memahami letak penempatan kata yang cocok pada artikel dibandingkan alat khusus.

6. Mampu Memenuhi Keinginan Anda

Jasa penulisan artikel pasti menerima banyak pesanan artikel setiap harinya dengan berbagai tema. Sangat jarang ada jasa penulis artikel yang hanya fokus pada satu tema saja. Terutama bagi Anda yang membutuhkan banyak artikel, sebaiknya memilih penyedia jasa yang mampu untuk memenuhi keinginan Anda.

Pastikan juga penyedia jasa tersebut mengerti akan kebutuhan pasar dan model bahasa untuk target pasar Anda. Misalnya, target pasar Anda adalah remaja, maka model bahasanya harus santai dan friendly, tidak menggunakan bahasa yang terlalu kaku. Agar pembaca artikel tertarik untuk membacanya dan juga tertarik untuk membeli produk bisnis yang Anda tawarkan.

7. Mendapatkan Ulasan Bagus

Kualitas artikel bisa Anda ketahui dari ulasan konsumen atau klien yang pernah memakai jasa penulis tersebut sebelumnya. Umumnya, penyedia jasa artikel akan menampilkan ulasan dari klien dengan jujur. Misalnya, berbentuk foto, video, atau tulisan.

Anda juga sebaiknya memastikan bahwa ulasan tersebut memang dari klien bukan rekayasa dari penyedia jasa. Karena saat ini banyak jasa sewa ulasan yang tersebar di internet. Maka sangat penting memilih jasa penulis artikel yang memberikan tampilan ulasan klien dengan jujur.

8. Tanyakan Waktu Penyelesaian Artikel

Saat sedang berkonsultasi dengan penyedia jasa penulis artikel, Anda harus menanyakan tentang waktu penyelesaian artikel. Supaya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan blog bisnis Anda.

Terutama bagi Anda yang ingin artikel dapat selesai dalam 24 jam atau artikel yang bisa dikerjakan pada saat tanggal merah. Kesepakatan ini harus Anda bahas di awal, supaya tidak menimbulkan masalah ketika proses pengerjaan artikel.

9. Kebijakan Koreksi

Jika Anda memilih untuk menggunakan jasa penulis artikel, sebaiknya buat perjanjian tentang kebijakan pembetulan. Penulis berpengalaman dan terbaik biasanya mengenakan biaya tambahan untuk perubahan. Kecuali jika kesalahan tersebut akibat dari kelalaian penulis.

Maka, sebaiknya Anda pastikan lagi kebijakan koreksi yang telah ditetapkan oleh penyedia jasa. Kebijakan lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah kerangka waktu untuk koreksi. Contohnya artikel yang selesai dalam 3 hari atau penulis memberikan satu artikel revisi perminggu.

10. Cari dan Kunjungi Website Milik Penyedia Jasa Penulis Artikel

Di Google banyak website yang menawarkan jasa layanan penulisan artikel secara online yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan. Masing-masing penyedia jasa mempunyai berbagai keunggulan dan fasilitas yang mereka tawarkan.

Anda bisa menemukan website penyedia jasa penulis artikel melalui Google. Umumnya penyedia jasa berkualita akan muncul pada peringkat teratas. Anda bisa mengunjungi website tersebut untuk mengetahui keunggulan dan fasilitas yang akan Anda dapatkan.

11. Perhatikan Garansi Tersedia

Ketika memilih jasa penulis artikel, perhatikan garansi yang tersedia pada layanan tersebut. Karena ada beberapa pihak penyedia jasa artikel yang tidak menawarkan garansi untuk pembuatan artikel.

Jika Anda menemukan penyedia jasa artikel yang tidak memberikan garansi, sebaiknya Anda hindari. Carilah penyedia jasa yang mempunyai jaminan atau garansi, supaya saat ada masalah Anda bisa meminta pihak penyedia jasa untuk memperbaikinya.

12. Bandingkan Penyedia Jasa Penulisan Artikel

Jangan langsung memutuskan untuk menggunakan jasa penulis artikel tanpa melakukan perbandingan. Karena Anda tidak akan bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penyedia jasa yang satu dengan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bandingkan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Pilihlah penyedia jasa artikel yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan berbagai penawaran yang sangat menguntungkan. Namun, jangan sampai lupa untuk memperhatikan kualitas dari tulisan artikel yang mereka tawarkan.

Manfaat Memilih Jasa Penulis Artikel Berkualitas

tips memilih jasa penulis artikel

Sebagian besar calon pembeli memakai sumber bacaan dan internet untuk referensi utama sebelum melakukan pembelian. Berdasarkan hal tersebut, maka memutuskan untuk menggunakan jasa penulis artikel adalah pilihan yang tepat untuk promosi.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memilih untuk menggunakan jasa penulis artikel, yaitu:

1. 80% Calon Pembeli dan Prospek Ada di Internet

Umumnya sebagian besar calon pelanggan lebih suka membaca informasi mengenai bisnis yang sedang Anda tawarkan di internet. Anda dapat menampilkan video atau gambar, tetapi pondasi utamanya haruslah berbentuk tulisan.

Fakta tersebut memberikan manfaat utama dari penggunaan jasa artikel untuk blog bisnis Anda. Anda dapat menjelaskan semua informasi tentang produk yang Anda tawarkan, seperti keunggulan dan alasan calon pembeli untuk menggunakan produk Anda. Menggunakan konten yang tepat pastinya akan mendatangkan banyak pembeli untuk bisnis Anda.

2. Artikel Berkualitas Akan Membangun Merek

Di dalam dunia digital marketing dan bisnis online, brand building merupakan hal yang sangat penting. Sebuah merek yang mendapatkan kepercayaan dan pengakuan dari konsumen mampu memberikan pengaruh positif untuk bisnis Anda.

Selain membangun layanan jasa dan kualitas produk, memilih menggunakan jasa penulis artikel adalah pilihan tepat untuk branding. Penyedia jasa akan membantu Anda untuk menghasilkan artikel berkualitas untuk bisnis yang mampu memberi kontribusi besar dalam membangun merek atau brand bisnis di internet.

3. Mampu Membangun Trafik Organik

Umumnya penulis artikel pasti memahami kaidah penulisan SEO. Penulisan artikel berbasis SEO merupakan metode penulisan artikel pada platform internet yang sesuai dengan cara kerja dari mesin pencari seperti Bing atau Google.

Artikel yang memakai kaidah penulisan SEO akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Tujuan utamanya adalah agar bisnis Anda bisa mendapatkan kunjungan atau traffic dari pencarian tersebut. Kunjungan alami atau organic traffic selama ini paling efektif dengan penulisan artikel berkualitas.

4. Update Artikel Secara Konsisten Berpengaruh Terhadap Pengguna dan Mesin Pencari

Penyedia jasa penulis artikel profesional mampu membuat artikel secara konsisten dalam kurun waktu yang lama dan juga berkualitas. Jika Anda memilih memakai jasa penulis artikel, maka website Anda mampu memberikan kontribusi yang maksimal dengan dua fungsi sekaligus.

Fungsi pertama dari artikel yang update secara konsisten adalah membuat bisnis semakin ramah untuk mesin pencari. Sedangkan fungsi kedua, yaitu memudahkan untuk pengguna dalam menemukan informasi terbaru dari bisnis Anda.

5. Promosi Hemat Biaya

Memilih media promosi seperti google ads, facebook ads, atau platform promosi lainnya di internet pasti memerlukan biaya besar. Jika Anda mau mencapai hasil yang memberikan keuntungan maksimal.

Berbeda dengan jasa penulisan artikel profesional dengan biaya yang jauh lebih murah 70% dari biaya promosi biasa. Meskipun lebih hemat biaya, feedback sangat bagus dan memberikan manfaat dalam waktu lama.

6. Meningkatkan Engagement

Memilih penyedia jasa penulis artikel profesional pasti akan memberikan artikel yang berkualitas bagi bisnis Anda. Jika artikel memiliki kualitas tinggi terbit secara konsisten akan meningkatkan engagement untuk website bisnis milik Anda. Bisnis Anda pun akan mendapatkan posisi yang lebih baik di dunia digital. 

7. Mampu Menggambarkan Jasa atau Produk Secara Lebih Komprehensif

Menggunakan jasa penulisan artikel dengan jam terbang tinggi, Anda akan bisa memberi gambaran terbaik kepada calon pelanggan Anda. Calon pembeli produk atau calon pengguna jasa bisnis Anda akan mendapatkan informasi bisnis dengan lebih baik dari artikel berkualitas.

8. Menaikkan Ranking Website

Memilih jasa penulis artikel berkualitas dengan update konsisten secara signifikan bisa meningkatkan ranking website. Semakin tinggi rangking website milik Anda, maka semakin besar juga peluang untuk tampil pada halaman pertama di kolom mesin pencarian.

Indeks ranking website dari artikel memerlukan waktu supaya bisa Anda lihat hasilnya. Tetapi, peringkat website yang Anda dapatkan dari proses indexing artikel berkualitas mampu membuat performa website Anda bertahan lama. Keuntungan lainnya dari artikel berkualitas yang Anda update secara konsisten mampu meningkatkan ranking website sampai 90%.

9. Memudahkan Konversi

Semua bisnis online pasti ingin mendapatkan konversi yang tinggi. Konversi ini menjadi muara untuk semua jenis strategi digital yang Anda jalankan. Informasi dari penulisan artikel akan memberikan edukasi, solusi, keuntungan, dan semua hal yang menjadi harapan dari pengguna. 

Informasi tersebut bisa diperoleh dari jasa atau produk yang Anda tawarkan. Konten berkualitas seperti gambar, tulisan, atau video akan memudahkan konversi yang menjadi tujuan dari bisnis Anda.

10. Investasi Jangka Panjang

Hasil dari content writing bisa bertahan lama atau menjadi investasi jangka panjang untuk bisnis Anda. Jika Anda memilih jasa penulis artikel yang profesional yang bisa menghasilkan artikel berkualitas, pasti akan sangat menguntungkan.

Karena artikel berkualitas memberikan efek jangka panjang hingga permanen untuk bisnis milik Anda. Jika Anda bandingkan dengan metode pemasaran adsense yang memerlukan biaya besar tetapi mempunyai result singkat. 

Memilih Jasa Penulis Artikel Berkualitas Untuk Blog Bisnis Anda

Setelah menyimak cara dan manfaat dari memilih jasa penulis artikel berkualitas, Anda pasti akan lebih tertarik dengan jasa tersebut bukan? Karena konten artikel memberikan pengaruh besar bagi pengenalan dan pengembangan bisnis milik Anda.

Terutama jika Anda selalu update konten artikel secara konsisten yang membuat para pelanggan Anda mendapatkan informasi yang up to date. Mereka akan mengetahui produk baru, promosi yang sedang berlangsung, manfaat dari produk yang Anda tawarkan, dan berbagai informasi lainnya.

Biaya promosi Anda juga jauh lebih hemat daripada biaya promosi lainnya. Karena, biasanya penyedia jasa penulis artikel memberikan harga khusus untuk pelanggan tetap.Makinrajin menyediakan layanan jasa penulis artikel yang tentunya SEO friendly dan dapat meningkatkan traffic website Anda. Dengan begitu, website Anda akan ramai dikunjungi banyak orang.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development