Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu PPC? Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Tips Memulainya

5 min read

PPC Adalah Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Tips Memulainya

Dunia digital memang menawarkan banyak hal baru. Termasuk salah salah satunya adalah cara untuk melakukan promosi. Saat ini, satu yang sedang tren adalah iklan PPC. PPC adalah pay per click, menurut banyak orang, ini merupakan konsep iklan yang cocok untuk saat ini. Lalu apa itu PPC?

Apa itu PPC?

Dari namanya, PPC adalah pay per click. Secara singkat, ini adalah cara melakukan promosi di media internet, yang mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap kali iklan yang mereka buat diklik oleh audiens. Ini merupakan model iklan yang cukup banyak digunakan pada beberapa platform digital saat ini.

Kelebihan Iklan PPC

Melihat penggunanya yang semakin banyak. hal ini menunjukan jika penggunaan PPC adalah salah satu model promosi yang berhasil. Sebenarnya, selain masalah hasil, model iklan PPC ini juga cukup banyak memiliki manfaat lain, seperti:

1. Bisa Mengatur Target Audiens

Dengan menggunakan metode PPC, maka Anda bisa mengatur berapa banyak target audiens yang akan Anda tuju. Dalam hal ini maka Anda bisa mengatur jumlah audiens tersebut, tentunya semakin banyak akan semakin baik.

Lebih lanjut, model iklan seperti ini juga jauh lebih efektif. Tidak hanya mengatur jumlah, namun dengan cara ini juga Anda bisa mengatur siapa saja audiens yang Anda targetkan. Artinya Anda  bisa membuat target dengan lebih spesifik.

Penentuan target audiens ini juga beragam jenisnya. Dari mulai penyesuaian berdasarkan target pasar, berdasarkan lokasi, dan lainnya. Dengan pengaturan yang spesifik ini bisa membuat Anda mendapatkan calon konsumen yang lebih potensial.

2. Hasil yang Lebih Cepat

Jika membandingkan dengan SEO, maka metode pay per click ini bisa mendatangkan hasil yang lebih cepat. Hal ini karena biasanya metode SEO digunakan untuk membangun sebuah produk, sehingga hasilnya relatif lebih lama dibanding PPC yang biasanya sudah jadi.

3. Menyesuaikan dengan Anggaran

Metode promosi apapun memang akan selalu identik dengan uang dan harga. Banyak yang berpikir dengan semakin besar uang yang dikeluarkan maka akan semakin banyak yang didapatkan. Hal tersebut tidak berlaku pada metode PPC ini.

Dengan metode pay per click ini maka Anda bisa mengatur besaran anggaran yang akan Anda gunakan untuk iklan. Keuntungannya, maka Anda bisa membuat iklan dengan biaya yang murah dan terjangkau, namun tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Kunci dari metode iklan PPC ini adalah penentuan target audiens. Semakin sesuai target audiens yang Anda maka Anda bisa mendapatkan manfaat dari model iklan ini dengan biaya yang terjangkau.

4. Algoritma tidak Mempengaruhi PPC

Dalam dunia digital, algoritma merupakan sebuah cara yang membuat satu konten bisa muncul atau tidak di akun orang lain. Jika dikaitkan dengan digital marketing, maka algoritma ini akan mempengaruhi apakah konten marketing yang Anda buat akan dilihat banyak orang atau tidak. 

Masalahnya, seringkali algoritma tersebut berubah dan membuat konten yang sudah dibuat menjadi tidak terlihat. Persoalan tersebut akan teratasi ketika menggunakan PPC. Hal tersebut karena penggunaan metode iklan ini tidak terpengaruh dengan algoritma. Artinya, materi iklan yang Anda buat tetap bisa tersampaikan tanpa perlu khawatir soal algoritma.

Tips Memulai Beriklan PPC

Menggunakan metode iklan PPC memang cukup menguntungkan. Selain terjangkau secara biaya, Anda juga bisa menargetkan audiens dengan lebih sesuai. Namun demikian, ketika Anda menggunakan PPC ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah beberapa tips ketika Anda baru memulai iklan dengan metode PPC

1. Tentukan dan persiapkan Budget

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan PPC adalh masalah budget. Keunggulan dari metode ini adalah budget yang bisa Anda sesuaikan. Nantinya, budget ini juga yang akan menjadi salah satu faktor penentu apakah konten iklan yang Anda buat berhasil atau tidak.

2. Gunakan Fitur Geo Tagging

Fitur geo tagging ini memungkinkan Anda untuk menyasar konsumen tertentu berdasarkan letak wilayah atau pada area tertentu. Pada metode PPC, maka setiap uang yang Anda keluarkan akan sangat bernilai. Itu juga alasan Anda perlu memanfaatkan semua peluang dengan memaksimalkan semua cara yang ada

3. Pilih Match Type yang Sesuai

Satu yang unik dari model iklan PPC ini adalah adanya fitur match type. Fitur ini lah yang akan menentukan seperti apa nantinya mater iklan yang Anda buat akan ditemukan. Penggunaan match type ini mirip dengan penggunaan keyword pada SEO.

Ketika awal membuat iklan, maka akan ada empat pengaturan yang terkait dengan match type ini. Yang pertama adalah exact match, di mana pencari harus mengetik kata kunci yang sama dengan kata kunci yang Anda masukan pada iklan tersebut.

Pengaturan kedua adalah broad match. ini merupakan cara Google untuk menentukan apakah pencarian tersebut relevan dengan kata kunci yang Anda gunakan.

Ketiga adalah phrase match, nantinya kata kunci yang digunakan harus memiliki urutan yang sama dengan kata kunci yang Anda gunakan. Dan yang terakhir adalah broad match modifier. Ini untuk menentukan urutan kata kunci dan campuran kata lainnya apakah masih relevan dengan kata kunci yang Anda gunakan.

Jenis PPC

Pada penggunaanya, ada beberapa jenis PPC yang bisa Anda gunakan. Jenis-Jenis PPC tersebut tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa jenis PPC tersebut antara lain:

1. Search Advertising

Mungkin ini merupakan salah satu jenis PPC paling terkenal dan paling banyak penggunanya saat ini. Search Ads ini sering muncul pada SERP atau Search Engine Result Page. Ciri dari penggunaan PPC ini adalah munculnya teks iklan di samping hasil pencarian ketika mencari menggunakan mesin pencari.

Dalam hal ini, banyak orang menggunakan Search Ads karena banyak orang yang mencari lewat mesin pencari, seperti Google. Keuntungan lain yang akan didapat penggunaan kata kunci untuk iklan menjadi sedikit lebih mudah.

Dalam penggunaan model iklan ini, maka hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan kata kunci. Lakukan riset dengan baik untuk penggunaan kata kunci. Pilih kata kunci yang paling relevan, nantinya kata kunci ini yang menjadi cara untuk menemukan iklan yang  Anda buat.

2. Google Shopping

Pernah mencari sebuah produk lewat Google, lalu mesin pencari menampilkan daftar toko dan juga harga dari produk yang kita cari? Itulah yang disebut dengan Google Shopping. Cara ini juga termasuk PPC yang cukup efektif. 

Cara ini menggabungkan pencarian berbasis Google dengan e-commerce. Bagi pelaku bisnis yang hanya berjualan via marketplace tanpa memiliki website, maka tentu saja cara ini sangat menguntungkan. Karena nantinya, iklan tersebut akan langsung mengarah ke marketplace.

3. Social Advertising

Contoh penggunaan PPC lainnya adalah pada social advertising. Secara penggunaan. model iklan pada social advertising ini tidak jauh berbeda dengan pada search advertising. Bedanya hanya pada media yang akan digunakan. Pada social advertising, nantinya media promosi yang Anda buat akan muncul pada berbagai platform media sosial dan juga berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Ini merupakan cara yang tepat jika bisnis Anda ingin menyasar banyak pengguna media sosial. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa berhasil pada cara ini:

  • Gunakan media sosial yang memiliki banyak pengguna atau pilih yang target pasar Anda banyak menggunakannya.
  • Pilih format yang ingin Anda gunakan
  • Tentukan juga target audiens dari iklan yang Anda buat. Dengan menentukan target ini juga bisa membantu Anda untuk menentukan konten seperti apa yang akan Anda buat nantinya.

4. Display Advertising

Jenis iklan PPC lain yang mungkin bisa Anda coba adalah Display Ads. Nantinya iklan yang Anda buat akan muncul di mitra Google berupa gambar atau teks. Untuk menggunakan iklan ini, semua caranya hampir sama dengan search ads. Yang membedakan adalah ketika Anda menggunakan iklan ini maka perlu memperhatikan persyaratan iklan berupa teks dan gambar agar tidak ditolak oleh Google.

Beberapa contoh dari persyaratan yang perlu Anda penuhi seperti tidak menggunakan GIF, tidak menggunakan animasi HD, kualitas gambar memiliki stAndart tertentu, dan lainnya. Ini merupakan jenis iklan yang cocok untuk Anda ketika ingin membangung engagment.

5. Remarketing Ads

Penggunaan PPC lainnya yang juga bisa Anda Andalkan adalah remarketing ads. Penggunaan iklan ini akan melibatkan audiens sebagai triggernya. Nantinya,ketika ada audiens yang melihat produk Anda namun belum membeli, maka iklan yang Anda buat terkait produk tersebut akan terus muncul ketika audiens membuka web lain. Cara ini bertujuan agar audiens terus memikirkan produk yang Anda punya.

Untuk menggunakan cara iklan ini maka Anda perlu memasukan kode pelacakan di iklan yang Anda buat. Kode inilah yang akan membantu sistem untuk memahami apa yang audiens inginkan dari produk Anda.

Seberapa Efektifkah Penggunaan PPC?

Penggunaan PPC merupakan salah satu cara beriklan yang efektif di era digital saat ini. Dengan biaya yang terjangkau, namun hasil yang bisa maksimal. Dalam penggunaanya, untuk mendapatkan hasil yang efektif, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti:

1. Pemilihan Kata Kunci

Penggunaan kata kunci merupakan hal penting dalam dunia digital marketing, apapun bentuknya. Termasuk ketika Anda menggunakan PPC. Bisa dibilang, pemilihan kata kunci merupakan sebuah cara untuk membuat iklan yang Anda buat ditemukan. Di sisi lain, riset kata kunci yang tepat juga bertujuan untuk memastikan iklan yang Anda buat bisa sampai ke target audiens.

2. Pembuatan Landing Page

Ketika PPC yang Anda buat berhasil, maka pastikan semua leads yang muncul bisa terkonversi menjadi konsumen. Dan salah satu caranya adalah dengan penggunaan landing page yang tepat. Landing page akan menjadi tempat akhir apakan calon konsumen tadi akan berubah menjadi konsumen atau tidak. Itulah mengapa membuat landing page cukup penting untuk Anda perhatikan.

3. Kreatif

Hal lain yang juga perlu Anda pikirkan adalah masalah kreativitas. Hal ini akan berkaitan dengan bagaimana audiens tertarik dengan iklan yang Anda buat. Semakin kreatif tentu akan semakin baik. Kreatifitas ini juga termasuk ketika Anda akan membuat landing page. Gunakan copywriting yang baik, desain yang menarik, dan juga CTA yang jelas agar bisa menarik konsumen.

PPC Adalah Strategi Efektif untuk Mempromosikan Bisnis

PPC adalah cara efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Tentunya, dengan penggunaan yang tepat, maka hasil yang akan Anda dapatkan juga akan maksimal.

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development